Pahami Dulu Skor Kredit agar Anda Mudah Mengajukan Pinjaman

Anda ingin atau sedang mengajukan pinjaman ke bank saat ini? Ya, pada dasarnya siapapun bisa melakukan hal tersebut. Namun praktiknya, selain meminta persyaratan yang diperlukan, bank akan melihat maupun menganalisa skor kredit (score credit) Anda sebelum menyetujui pinjaman Anda.

Baca Juga: Cara Melihat dan Membersihkan BI Checking agar Pengajuan Kredit Lolos

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pengertian Skor Kredit

loader
Pengertian Skor Kredit

Skor kredit merupakan sistem penilaian yang diterapkan perbankan untuk melihat kelayakan atau kemampuan Anda sebagai calon debitur terhadap pinjaman yang diajukan. Bisa juga untuk mengakses berbagai fasilitas pinjaman lain.

Skor kredit ditunjukkan dengan angka 300 sampai 850. Bila skor kredit Anda berada di atas angka 720, maka masuk dalam kriteria bagus atau aman. Akan tetapi, kalau di bawah 640 ini yang akan jadi perhatian bank. Mungkin saja Anda akan kesulitan mendapatkan pinjaman baru.

Sementara pembagian kategori kredit berdasarkan skornya yang bisa dicek di BI Checking:

  • Skor 1: Kredit Lancar, artinya debitur selalu memenuhi kewajibannya untuk membayar cicilan setiap bulan beserta bunganya hingga lunas tanpa pernah menunggak.
  • Skor 2: Kredit DPK atau Kredit dalam Perhatian Khusus, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 1-90 hari
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 121-180 hari
  • Skor 5: Kredit Macet, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit lebih 180 hari.

Skor kredit ini terekam jika Anda memiliki rekening di sebuah bank atas nama Anda. Bahkan muncul dari riwayat kredit Anda selama ini dalam mengajukan maupun menyelesaikan pinjaman atau kredit sebelumnya, seperti kartu kredit, KTA (Kredit Tanpa Agunan), dan lainnya.

Pihak bank memang menjadikan skor kredit nasabah sebagai salah satu pertimbangan utama apakah pengajuan kredit Anda disetujui atau ditolak. Jadi begitu pentingnya skor kredit ini sehingga Anda perlu menjaganya agar tetap dalam posisi yang baik.

Skor kredit sebagai penentu keputusan dan limit yang diberikan

loader
Skor Kredit Mempengaruhi Limit Pinjaman

Pihak bank juga tidak mau sembarangan menerima pengajuan pinjaman baru nasabah yang memiliki skor kredit buruk. Jika salah langkah, yang ada malah kredit macet. Apalagi nilai kredit yang diajukan lebih besar dari pinjaman sebelumnya. Oleh karena itu, bank tentu akan menelusuri dan menilai bagaimana cara Anda bertanggung jawab terhadap pinjaman atau kredit selama ini. Di antaranya kedisiplinan pembayaran, sisa utang, kemampuan membayar, termasuk kemampuan keuangan Anda untuk menanggung utang baru.

Selain itu, skor kredit juga akan mempengaruhi besaran limit atau jumlah pinjaman yang akan Anda dapatkan. Bila selama ini Anda kurang disiplin membayar cicilan kredit dan sering kena denda, bisa saja bank hanya akan memberikan pinjaman dengan nilai yang lebih kecil daripada pengajuan. Namun sebaliknya, bila kelayakan skor kredit Anda baik yang ditunjukkan dengan riwayat kredit yang bagus, bank akan menyetujui pengajuan nilai pinjaman Anda. Bonusnya malah bisa dapat bunga pinjaman lebih ringan.

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman Tunai untuk Bisnis

Langkah Tepat Tingkatkan Skor Kredit

loader
Meningkatkan Skor Kredit

Jika skor kredit Anda selama ini kurang baik di catatan perbankan, maka lakukanlah perbaikan. Tujuannya untuk mendongkrak skor kredit Anda. Apalagi bila Anda berniat mengajukan pinjaman dalam waktu dekat. Ada kok cara untuk meningkatkan skor kredit, antara lain:

  • Aktif Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit menjadi jalan bagi Anda untuk meningkatkan skor kredit dengan cepat. Kalau selama ini, Anda punya kartu kredit, tapi jarang digunakan untuk transaksi, mulai sekarang coba dimanfaatkan. Tentu saja memakai kartu kredit secara bijak, misalnya belanja di merchant yang bekerja sama dengan bank dan memberikan berbagai promo menarik. Selain mendapatkan kemudahan bertransaksi, Anda juga bisa memperbaiki skor kredit.

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

Jika sudah mulai aktif menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, paling penting lagi adalah membayar tagihan kartu kredit tepat waktu atau sebelum jatuh tempo. Jangan sampai terlambat yang mengakibatkan Anda terkena denda. Apalagi sampai menunggak pembayaran tagihan sehingga utang semakin menumpuk karena beban bunga dan akhirnya skor kredit Anda jeblok lagi.

  • Benahi Keuangan dan Ajukan di Waktu yang Tepat

Coba benahi keuangan Anda, apakah Anda memiliki catatan utang di atas 30% dari penghasilan sebulan. Jadi coba bayar dan lunasi cicilan utang sebelumnya sehingga porsi utang menurun. Jika sudah yakin kemampuan keuangan Anda membaik, Anda bisa mengajukan pinjaman atau kredit ke bank.

Jaga Skor Kredit Anda di Zona Aman

Mengajukan pinjaman atau berutang sebenarnya sah-sah saja asal disiplin membayar tagihan. Dengan begitu, skor kredit Anda tetap baik, berada di zona aman sehingga Anda dapat percaya diri mengajukan pinjaman baru ke bank.

Baca Juga: Keuangan Makin Hemat Pakai Kartu Kredit, Cermati Promo Kartu Kredit Terbaru 2019