Mengenal Palladium, Logam Mulia yang Miliki Banyak Keunggulan Dibanding Emas

Kebanyakan orang pasti memahami jika emas dan perak merupakan logam mulia yang memiliki nilai jual tinggi serta laris manis di pasaran. Tapi, tahukah kamu jika selain emas dan perak, ada beragam jenis logam mulia lain yang juga bernilai jual tinggi, namun kurang populer dikenal masyarakat umum? Salah satu contoh logam mulia yang mungkin masih jarang kamu dengar namanya adalah palladium. 

Sebenarnya, palladium adalah suatu jenis logam mulia dan berasal dari kelompok platinum metal. Kelompok platinum metal sendiri terdiri atas 6 tipe logam mulia berbeda, seperti rutenium, rodium, iridium, platinum, osmium, dan palladium. Di antara sederet logam mulia dari grup tersebut, beberapa yang mungkin banyak dikenal adalah platinum dan rodium yang kerap digunakan sebagai campuran emas serta perak pada perhiasan. 

Padahal, sebagai logam mulia yang biasa dijadikan sebagai produk perhiasan, palladium mempunyai beragam keunggulan yang tak kalah dengan jenis logam mulia lain, tak terkecuali emas. Nah, jika kamu ingin tahu tentang palladium, termasuk keunggulan dan kekurangan, produk cincin palladium, hingga harganya di pasaran, simak rangkuman ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Ini Pengertian Paper Gold, Keunggulan, Risiko, hingga Perbedaannya dengan Tabungan Emas

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Selengkapnya Tentang Palladium

loader

Logam Palladium

Seperti yang sempat dijelaskan sedikit sebelumnya, palladium adalah suatu jenis logam mulia yang tak kalah berharga dengan emas. Termasuk pada kelompok logam platinum, harga palladium bisa dibilang cukup mahal. Per tanggal 30 Agustus 2023, mengutip dari Bullion Rates, per gram palladium dibanderol dengan harga 610 ribu rupiah.

Jika kamu membandingkan harga antara palladium dengan emas, perbedaannya memang tidak terlalu signifikan. Selain itu, harga palladium juga seiring waktu mengalami fluktuasi selayaknya harga emas sehingga perlu diperhatikan jika kamu berencana untuk membelinya. 

Sama halnya dengan emas, logam mulia ini juga tidak jarang dijadikan sebagai bahan untuk membuat perhiasan. Namun, ketika telah diolah menjadi produk perhiasan, misalnya cincin, palladium juga bukan tidak mungkin memiliki harga jual yang berbeda. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengecek harganya di pasaran lebih dulu sebelum berencana untuk membeli logam mulia ini, terutama ketika telah diubah menjadi cincin palladium. 

Dengan karakteristiknya yang keras dan sulit untuk dibentuk menjadi desain yang rumit, cincin palladium populer dijadikan sebagai produk perhiasan oleh kaum pria. Alasannya karena biasanya produk perhiasan dari logam mulia ini didesain dengan lebih simpel. Bahkan, di Amerika Serikat dan Eropa, jenis perhiasan ini sering kali dijadikan koleksi dan lebih umum dijadikan pilihan dibanding dengan emas. 

Beda Cincin Palladium dan Cincin Emas

loader

Cincin Palladium

Baik palladium atau emas keduanya termasuk sebagai logam mulia yang kerap diolah untuk dijadikan sebagai produk perhiasan, salah satunya adalah cincin. Tentunya, antara cincin palladium dan cincin emas terdapat sejumlah perbedaan yang penting untuk diketahui. 

Salah satunya adalah terkait harga yang tentunya didasarkan dari harga dari logam mulia yang bersangkutan. Artinya, jika harga palladium atau emas mengalami fluktuasi, baik itu menurun atau meningkat, harga produk cincinnya juga sudah pasti ikut berubah. 

Perubahan harga cincin tersebut juga didasarkan dari kadar logam mulia yang terdapat di dalamnya, atau pada istilahnya karat. Semakin tinggi kadar palladium atau emas yang ada di sebuah perhiasan, harganya juga pasti mahal menyesuaikan harganya di pasaran. Desain cincin juga sering kali menjadi faktor yang membuat harga palladium atau emas sebagai produk perhiasan tersebut berbeda tergantung dari tingkat kerumitan pembuatannya.

Keunggulan Cincin Palladium

Jika dibandingkan dengan emas, cincin palladium mempunyai beragam keunggulan yang membuatnya lebih menarik dijadikan pilihan. Berikut adalah keunggulan dari produk perhiasan cincin palladium. 

  1. Daya Tahan Lebih Lama

    Ketika dijadikan sebagai perhiasan, palladium mempunyai daya tahan yang lebih baik dan tak gampang rusak. Hal ini dikarenakan logam mulia tersebut tahan terhadap korosi dan oksidasi sehingga tidak mudah timbul karat atau perubahan warna. 

  2. Lebih Gampang Dibersihkan

    Karena daya tahannya yang lebih tinggi, proses pembersihan cincin palladium juga menjadi lebih mudah. Tak butuh peralatan yang rumit, membersihkan perhiasan ini bisa langsung dilakukan menggunakan air dan sabun saja. Tapi, guna memastikan kualitasnya tetap terjaga, usahakan untuk membersihkan cincin ini menggunakan air hangat. 

  3. Tak Memicu Alergi

    Keunggulan terakhir, menggunakan cincin palladium juga jarang sekali menyebabkan alergi pada kulit, seperti gatal-gatal atau muncul ruam kemerahan. Sehingga, perhiasan ini disarankan bagi mereka yang mempunyai masalah kulit sensitif. Selain itu, bagi kamu yang beragama Islam, logam mulia ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif atau pengganti perhiasan emas yang dilarang untuk digunakan oleh pria.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Rose Gold, Warna Perhiasan yang Populer di Indonesia

Kekurangan Cincin Palladium

Meski mempunyai beragam keunggulan di atas, cincin palladium tetap mempunyai sejumlah kekurangan yang juga penting diketahui sebelum membelinya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 2 kekurangan utama dari produk perhiasan cincin palladium.

  1. Pilihan Desain yang Lebih Terbatas

    Dibanding dengan beragam jenis logam mulia lain, palladium tergolong memiliki tekstur yang lebih keras. Hal tersebut membuat logam mulia ini lebih sulit untuk diolah sebagai produk perhiasan dengan berbagai bentuk. Alhasil, desain cincin palladium umumnya lebih terbatas dan tak bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli. 

    Biasanya, desain dari cincin palladium yang dijajakan di pasaran terbilang simpel dan tak rumit. Akan tetapi, di sejumlah toko perhiasan, ada jasa untuk membuat cincin palladium dengan desain atau bentuk custom. Tentunya, hal tersebut membutuhkan biaya yang membuat harganya lebih mahal dan perlu disesuaikan dengan budget pembeli. 

  2. Likuiditasnya Lebih Rendah Dibanding Emas

    Kekurangan lainnya, cincin palladium juga memiliki kecenderungan untuk sulit dijual kembali alias likuiditasnya tergolong rendah. Berbeda dengan emas, mungkin masih sedikit toko perhiasan yang bersedia untuk membeli cincin palladium. Sehingga, jika sewaktu-waktu ingin mencairkan perhiasan ini, kamu mungkin perlu berusaha ekstra keras mencari toko perhiasan yang menerima penjualannya kembali.

Tips Merawat Cincin Palladium

Sebagai salah satu keunggulannya, cincin palladium memang lebih mudah untuk dibersihkan dan dirawat. Hal ini dikarenakan logam mulia ini memiliki tekstur yang lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan emas atau jenis logam mulia lain. Meski begitu, kamu tetap perlu memahami bagaimana tips merawat cincin palladium dengan tepat, antara lain:

  • Hindari menggunakan cincin palladium ini saat sedang melakukan aktivitas atau pekerjaan berat. Pasalnya, benturan fisik tetap mampu menyebabkan goresan dan kerusakan pada cincin kendati teksturnya yang lebih kuat dan keras. 
  • Selain itu, usahakan untuk melepaskan cincin saat mencuci baju. Sebab, jika terkena pemutih pakaian atau detergen, bahan kimia di dalamnya mampu menjadikan warna cincin memudar dan menghilang. 
  • Agar daya tahan cincin palladium tetap terjaga dan tak kehilangan faktor estetikanya, pahami bagaimana cara tepat membersihkannya. Misalnya, kamu dapat menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan sabun cair untuk membersihkan perhiasan ini tanpa perlu khawatir warnanya memudar. Tak perlu digosok atau diusap, membersihkan perhiasan ini cukup dilakukan dengan merendamnya di air hangat yang telah dicampur dengan sabun. Setelah direndam di dalam air sabun, setidaknya selama 10 sampai 15 menit, segera ambil perhiasan tersebut dari wadah dan keringkan dengan menggunakan kain lembut atau tisu. Tentunya, usap lembut cincin palladium dengan kain bersih dan pastikan tidak ada partikel yang berisiko menimbulkan goresan. 
  • Tips lainnya, membersihkan cincin palladium juga bisa menggunakan air soda dan perasan lemon yang telah dicampur. Mudah saja, kamu hanya perlu mengoleskan campuran air soda dan perasan lemon tersebut ke permukaan cincin secara merata. Kemudian, tunggu selama beberapa menit, lalu bilas cincin tersebut dengan air bersih yang mengalir dari keran agar bisa dibersihkan secara menyeluruh.

Bingung Pilih Alternatif Perhiasan Emas? Palladium Pilihannya!

Itulah ulasan tentang beragam hal penting seputar logam palladium, keunggulan dan kekurangan, hingga tips merawatnya. Pada dasarnya, palladium adalah jenis logam mulia dengan beragam kelebihan yang tidak kalah dengan emas dan sering kali digunakan pada produk perhiasan. Nah, jika kamu bingung mencari alternatif perhiasan emas, produk perhiasan dari palladium ini selalu bisa dijadikan pilihannya. 

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Harga Perhiasan Platinum Mengalahkan Emas