5 Pelajaran Tentang Investasi dari Robert Kiyosaki

Menjalankan investasi di dalam keuangan menjadi salah satu cara sukses untuk mencapai kemapanan dalam finansial. Hal ini jugalah yang diungkapkan oleh Robert Kiyosaki, yang sudah memiliki banyak pengalaman di dunia bisnis dan juga investasi. 

Sebagai pengusaha sukses yang sudah menerbitkan beberapa buku bisnis, Robert berpendapat bahwa sangat penting untuk memulai investasi dengan cara yang tepat.

Menurutnya, investasi bisa saja dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan menjalankan bisnis. Kelak bisnis ini akan menghasilkan sejumlah keuntungan di dalam keuangan, sama halnya dengan berbagai instrumen investasi yang dimiliki. 

Namun untuk menjadi investor yang handal, kamu tentu perlu mempelajari berbagai hal mendasar terkait aktivitas keuangan yang satu ini terlebih dahulu.

Simak beberapa pelajaran penting terkait investasi berikut ini, yang bisa dipelajari dari Robert Kiyosaki:

1. Melek Finansial

loader

Jika berniat terjun ke dunia bisnis maupun investasi, maka wajib melek finansial terlebih dahulu. Kamu tidak akan bisa sukses dalam bidang investasi, jika tidak memiliki kecerdasan dalam mengelola keuangan. 

Alih-alih mengumpulkan uang dengan maksimal, kamu justru akan beresiko menghabiskan uang yang dimiliki dengan cepat. Pastikan memahami dengan baik bagaimana cara mengelola keuangan dengan cerdas terlebih dahulu.

Kamu harus memiliki kesadaran yang tinggi tentang kemampuan keuangan. Hindari kesalahan dasar terkait keuangan yang dilakukan oleh kebanyakan orang, di mana orang-orang lebih fokus pada jumlah uang yang dapat dihasilkan saja, namun tidak mengawasi pengeluaran dengan baik. 

Sementara di lain sisi, jumlah uang yang bisa disimpan merupakan hal yang jauh lebih penting. Jika mengeluarkan banyak uang, maka hanya bisa menyimpannya sedikit saja.

2. Pahami Perbedaan antara Liabilitas dengan Aset

Kebanyakan orang tidak memahami dengan baik perbedaan antara liabilitas dengan aset. Tak jarang hal ini justru menjadi penyebab masalah dalam keuangan, bahkan masalah yang cukup parah. 

Jika ingin jadi investor yang sukses, maka harus memahami perbedaan kedua hal tersebut dengan tepat. Fokuslah pada pengadaan aset dan kurangi liabilitas.

  •   Liabilitas

Liabilitas diartikan sebagai kebutuhan dasar yang tidak dapat dipisahkan atau ditiadakan dari kehidupan, seperti: biaya makan, biaya sewa rumah, belanja bulanan, belanja pakaian, dan yang lainnya. Jika hanya fokus untuk memenuhi semua ini, maka sudah tentu akan menghabiskan banyak uang dari penghasilan yang didapatkan.

  •   Aset

Aset merupakan sesuatu yang bisa mendatangkan keuntungan atau penghasilan di dalam keuangan. Aset akan membuat penghasilan bertambah banyak, terutama jika mengelolanya dengan baik. 

Ada banyak aset yang bisa memberikan pertumbuhan nilai dan keuntungan di dalam keuangan, seperti: emas, reksa dana, saham, deposito, dan yang lainnya.

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Portofolio Investasi yang Minus

3. Berinvestasi dalam Pendidikan

loader

Di antara banyak jenis investasi, pendidikan menjadi yang paling penting dan menguntungkan. Pendidikan yang baik akan mengubah banyak hal dalam diri kamu, bahkan bisa mengubah kehidupan secara keseluruhan. Kamu bisa fokus pada pendidikan yang mendukung keuangan menjadi lebih baik lagi.

4. Cerdas dalam Memilih Teman

Lingkungan pertemanan kamu merupakan gambaran dari kesuksesan. Jika berteman dengan orang-orang yang senang berbelanja dan menghabiskan uang, maka besar kemungkinan kamu juga akan senang dengan aktivitas tersebut. Hal sebaliknya juga berlaku, ketika berteman dengan orang-orang yang cerdas dalam mengelola keuangan.

Bertemanlah dengan mereka yang memiliki kemampuan dan kecerdasan dalam mengelola keuangan. Kamu bisa belajar banyak dan bertumbuh bersama orang-orang seperti ini. 

Pelajari apa saja yang bisa dilakukan dalam investasi dan apa yang perlu dihindari dari teman-teman tersebut. Semua ini akan membuat kamu lebih cerdas dan mampu mengelola keuangan dan investasi secara maksimal.

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Bisa Dinikmati dari Investasi Properti

5. Bijaklah dalam Membelanjakan Uang

loader

Cara membelanjakan uang juga akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan secara keseluruhan. Jika kamu selalu membelanjakan banyak uang setelah mendapatkan penghasilan, maka tentu akan menabung dalam jumlah yang lebih sedikit. 

Hindari pengeluaran yang bersifat konsumtif dan fokuslah pada pengeluaran yang produktif saja. Selain itu, hindari juga berhutang, sebab ini akan membebani keuangan dan resiko menimbulkan masalah keuangan.

Belajar dan Persiapkan Diri Menjadi Investor Sukses

Bagi yang ingin menjadi investor sukses, pastikan memahami berbagai hal penting di dalam keuangan terlebih dahulu. Luangkan waktu untuk belajar tentang investasi dan juga cara pengelolaan keuangan yang tepat. Semua ini akan membantu lebih siap menjadi investor sukses yang memiliki kemapanan dalam bidang finansial.

Baca Juga: Tips Investasi Bagi Pasangan yang Baru Menikah