Pelamar Kerja, Ini 3 Penyebab Lamaran Kerja Selalu Berakhir Tanpa Panggilan

Semangat untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang bagus di perusahaan idaman, tentu akan membuat Anda lebih rajin mengirimkan lamaran pekerjaan. 

Namun, bagaimana jika ternyata lamaran yang dikirim selalu berakhir tanpa panggilan? Hal ini mungkin akan membuat Anda kecewa, apalagi jika Anda sudah mengirimkan cukup banyak surat lamaran selama ini. 

Kecewa boleh saja, akan tetapi jangan sampai berlarut lama. Sebaiknya, Anda segera cari tahu apa saja yang menyebabkan lamaran yang dikirim ke perusahaan selalu berakhir tanpa panggilan. Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki kesalahan yang ada pada surat lamaran. 

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa surat lamaran tidak mendapat panggilan dari perusahaan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tidak sesuai dengan kualifikasi

kualifikasi
Tidak sesuai dengan kualifikasi

Bagi pihak perusahaan, menemukan karyawan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan merupakan poin wajib yang selalu diutamakan. Perusahaan tentu enggan mempekerjakan karyawan yang berasal dari bidang berbeda atau bahkan yang tidak memiliki kemampuan sesuai dengan jabatan yang mereka tawarkan. 

Semua ini tentu dilakukan dengan alasan yang kuat, yakni untuk memastikan seluruh pekerjaan di perusahaan bisa tertangani dengan baik. Hal ini juga jelas harus menjadi perhatian yang penting bagi setiap pelamar. Artinya, jika Anda tidak memenuhi kualifikasi untuk lowongan yang ditawarkan perusahaan, maka peluang untuk diterima tentu akan sangat kecil. 

Perusahaan bahkan bisa saja tidak merespon surat lamaran yang dikirimkan. Jika sudah begini, maka tak ada gunanya lagi Anda mengirimkan surat lamaran tersebut, sebab panggilan juga tidak akan kunjung datang. Hal ini menjadi salah satu penyebab utama mengapa pelamar tak kunjung mendapatkan panggilan dari pihak perusahaan.

Baca Juga: Wahai Fresh Graduate, Kamu Wajib Tahu Beda CV dan Resume Lamaran Kerja

2. Tidak mencantumkan informasi yang lengkap

Lamaran yang menumpuk merupakan hal yang biasa, apalagi untuk perusahaan besar dan sudah menjadi perusahaan incaran bagi para pelamar. Hal ini akan menyita banyak waktu pihak perusahaan, sehingga mereka hanya akan memiliki waktu yang sangat terbatas untuk menangani setiap surat lamaran ini.

Idealnya, surat lamaran memang harus lengkap dan sesuai dengan permintaan pihak perusahaan. Anda wajib mengisi informasi data diri dan hal lainnya, termasuk semua dokumen yang diminta oleh pihak perusahaan. 

Jika Anda mengirimkan lamaran yang tidak lengkap, maka sudah tentu pihak perusahaan enggan untuk meneruskan lamaran tersebut ke proses selanjutnya. Hal ini akan membuat Anda kehilangan kesempatan baik untuk bergabung di perusahaan tersebut.

Maka dari itu, penting untuk selalu teliti dalam menulis surat lamaran, termasuk melengkapi semua dokumen yang diminta oleh perusahaan. Selain itu, informasi kontak yang lengkap juga harus lengkap dan benar, sehingga memudahkan pihak perusahaan untuk menghubungi Anda untuk proses selanjutnya. 

Baca Juga: Lamaran Kerja Ditolak? Tidak Perlu Bersedih, Stay Positive!

3. Mengirim lamaran yang asal-asalan

lamaran kerja
Mengirim lamaran yang asal-asalan

Terlalu bersemangat, tidak memahami kriteria lamaran yang baik, tidak memenuhi syarat yang diminta, dan berbagai hal lainnya kerap membuat surat lamaran tidak sesuai standar perusahaan. 

Lamaran yang dikirimkan dengan asal-asalan seperti ini tentu tidak profesional dan sesuai dengan harapan perusahaan. Meski sebagian perusahaan memungkinkan Anda mengirimkan lamaran yang praktis melalui email, tentu harus memenuhi etika melamar sebagai seorang profesional yang benar-benar siap bekerja. 

Surat lamaran yang dikirimkan dengan asal-asalan akan membuat pihak perusahaan enggan untuk memberi respon. Hal ini berlaku untuk semua jenis lamaran, baik itu dalam bentuk konvensional maupun lamaran melalui email perusahaan. 

Jika Anda ingin direspon dan mendapatkan panggilan, maka pastikan Anda memahami etika dalam mengirimkan surat lamaran ini. Hal ini sangat penting dan akan mempermudah Anda mendapatkan panggilan dari pihak perusahaan. 

Kirimkan Lamaran Terbaik dengan Cara Profesional

Mengajukan lamaran ke perusahaan merupakan tahap penting dalam mendapatkan pekerjaan. Jangan menganggap ini sebagai hal yang sepele dan bisa dilakukan seenaknya. Hindari semua kesalahan dalam mengirimkan surat lamaran kerja ini, agar pihak perusahaan bisa melihat dan merespon lamaran tersebut dengan segera. Kirimkan surat lamaran yang profesional dan bersiaplah untuk mendapatkan panggilan kerja dari perusahaan impianmu dalam waktu dekat.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Tepat