Peluang Bisnis Agen Perjalanan yang Melonjak Tinggi Pasca-pandemi

KOMPAS.com - Sedikit demi sedikit tempat wisata telah kembali pulih pasca-pandemi. Hal ini membuat tren pariwisata pun mengalami perubahan yang cukup drastis dan bisa menjadi peluang bisnis agen perjalanan.

Agen perjalanan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produk dan jasa terkait perjalanan wisata sesuai target marketnya. Dalam memulai bisnis agen perjalanan ini tak sekadar mengandalkan spot-spot wisata saja, melainkan juga perlu memperhatikan akomodasi seperti penginapan dan transportasi.

Memulai bisnis tersebut perlu melihat peluang jenis agen perjalanan seperti apa yang akan dipilih dan melihat target pasar yang sesuai. Simak jenis - jenis agen perjalanan berikut ini seperti dilansir dari Cermati.com :

1. Agen perjalanan bisnis

Jenis perusahaan agen perjalanan yang pertama adalah agen perjalanan bisnis atau yang juga dikenal sebagai business perjalanan agent. Umumnya, perusahaan semacam ini menyediakan paket MICE atau Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition.

Sesuai dengan namanya, agen perjalanan bisnis menyediakan paket khusus untuk memperluas bisnis. Di antaranya seperti insentif perjalanan wisata pegawai, gathering, perjalanan bisnis luar kota, dan outbond.

2. Agen perjalanan liburan

Dikenal juga dengan sebutan leisure travel agent, perusahaan perjalanan ini biasanya menyediakan banyak paket wisata. Setiap paket yang ditawarkan memiliki destinasi, durasi, dan fasilitas wisata yang cukup beragam, tetapi lokasinya tak terlalu jauh.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Travel untuk Pemula

3. Agen perjalanan wisata dengan paket khusus

Perusahaan agen perjalanan satu ini fokus di satu bidang saja. Itulah mengapa banyak orang menyebutnya sebagai niche travel agent yang menyediakan wisata satwa, religi, ekowisata, atau minat khusus lain. Agen perjalanan umrah masuk dalam jenis perusahaan semacam ini dan bisa jadi pilihan peluang usaha Anda.

4. Agen perjalanan wisata luar negeri

Jenis perusahaan agen perjalanan satu ini semakin banyak ditemukan di kota-kota besar. Tak heran jika banyak pula masyarakat urban yang beramai-ramai pergi wisata ke luar negeri dengan menggunakan jasa dari outbound travel agent semacam ini.

Secara umum, perusahaan perjalanan wisata ini menyediakan beragam paket wisata luar negeri berbentuk private trip maupun open trip. Sesuai dengan namanya, paket open trip dilakukan bersama beberapa peserta lain yang tergabung di satu agen. Dengan kata lain, Anda bakal berwisata bersama orang asing yang tak pernah dikenal sebelumnya.