Peluang Usaha dengan Untung Berlimpah, Begini Cara Sukses Memulai Bisnis Sabun Organik

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda termasuk untuk urusan kecantikan dan kesehatan kulit. Ada beberapa orang yang cocok dengan merk-merk sabun mandi yang banyak dijual dipasaran, tapi ada juga yang memerlukan sabun mandi dengan komposisi tertentu karena masalah kesehatan kulit, alergi atau faktor lainnya.

Karena kebutuhan khusus terhadap kulit tersebut lah yang membuat bisnis sabun mandi organik memiliki potensi cuan yang wangi sewangi produknya. Terlebih lagi, saat ini dengan tingginya kesadaran masyarakat akan bahan kimia apa yang bagus dan tidak dengan kondisi tubuh mereka membuat mereka semakin berhati-hati dalam memilih sabun mandi yang cocok untuk mereka.

Sabun mandi organik sendiri awalnya populer bukan karena bahan kandungannya tapi motif nya yang cantik dan wanginya yang lebih menyenangkan daripada sabun mandi dipasaran. Tapi dengan semakin tereksposnya sabun organik dan manfaatnya untuk kesehatan, membuat sabun organik tidak hanya sebagai hobi yang menyenangkan dan menyehatkan tapi juga menguntungkan.

Tertarik untuk berbisnis sabun mandi organik? Ini dia tipsnya:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Siapkan Modalnya

Tenang modal untuk memulai bisnis sabun organik tidak mahal kok, asal kamu sudah memiliki skill dan ilmu dalam membuat sabun organik, modal untuk persiapan alat dan bahan dari membuat sabun mandi organic tidak lah terlalu mahal. Berikut rinciannya:

Bahan/Alat

Kisaran Harga

Minyak zaitun 1 liter

Rp50.000

Minyak kelapa sawit untuk pembuatan sabun 1 liter

Rp20.000

Minyak kelapa 1 liter

Rp40.000

Soda api 1 kg

Rp70.000

Hand blender

Rp100.000

Cetakan sabun silicon

Rp55.000

Timbangan digital

Rp35.000

Takaran plastik untuk minyak/air 100ml

Rp10.000

Bibit parfum/pewangi sabun 50ml

Rp25.000

Pewarna/pigment sabun per10gr

Rp20.000

Sarung tangan latex 100pcs

Rp95.000

Alat pemotong sabun

Rp250.000

Air demineral 48x250ml merk Cleo

Rp40.000

Packaging box kecil 8 x 8 x 3 cm

Rp3000

Kertas pembungkus sabun 50pcs

Rp190.000

2. Membuat konten edukasi manfaat sabun mandi handmade organik 

Sebagai langkah awal promosi, ada baiknya untuk memulainya dengan membuat konten edukasi di akun media sosial mengenai kebaikan/manfaat menggunakan sabun mandi organik. Seperti bebas bahan kimia, cocok untuk yang memiliki alergi dan mempercantik kulit lebih cepat tanpa efek samping.

Kamu bisa membuat konten dalam bentuk video untuk diupload di Instagram atau tiktok. Dan berbentuk artikel tips di blog atau facebook. Intinya sesuaikan format konten dengan apa yang sedang populer di media sosial tersebut.

Baca Juga: 7 Trik Membuka Usaha Bakso Bakar yang Menguntungkan

3. Buka layanan custom sabun

loader

Untuk memperluas target konsumen, kamu bisa membuka layanan spesial. Yaitu layanan custom sabun mandi organik. Dimana kamu memperbolehkan konsumen untuk meracik sendiri sabun organik yang diinginkan. Seperti komposisinya, warnanya, bentuknya sampai wanginya.

Dengan lebih menyesuaikan keinginan pembeli mengenai apa yang mereka inginkan dari produk tersebut. Semakin tinggi kesempatan kamu untuk tidak hanya memperbanyak pembeli tapi mempertahankan pembeli alias pelanggan setia.

4. Upload konten video aestetik di media sosial

Salah satu daya tarik utama dari sabun organik adalah bentuk dan warnanya yang cantik dan aestik. Bahkan ada beberapa orang yang menganggap sabun organic handmade seperti sebuah barang pajangan. Karena perpaduan warnanya yang cantik.

Kamu bisa memanfaatkan ini sebagai wajah utama dari bisnis kamu. Tampilkan video dengan pengambilan yang aestetik di tiktok atau diinstagram. Bisa juga membuat akun youtube untuk sekaligus membuat video tutorial membuat sabun handmade organic untuk pemula.

Baca Juga: Tertarik Bisnis Apotek atau Toko Obat di Rumah? Segini Biayanya

5. Jual di banyak platform online

loader

Selain berjualan di e-commerce dan Instagram, sekarang kamu juga sudah bisa berjualan di tiktok dan grab mart atau go mart pada aplikasi Grab dan Gojek. Intinya manfaatkan media sosial dan platform online lainnya semaksimal mungkin untuk berjualan dan melakukan promosi menarik. Jangan lupa juga adakan event dan diskon-diskon menarik agar bisa menarik lebih banyak pembeli.

6. Selalu berinovasi

Karena sabun mandi handmade organik termasuk kedalam kategori kosmetik. Artinya kamu jangan hanya cukup memproduksi sabun handmade untuk badan saja. Tapi produksi juga sabun handmade organik khusus untuk cuci muka dan daerah kewanitaan.

Selain itu, untuk soal bentuk sabun jangan hanya terpaku pada bentuk batangan saja. Coba lah belajar untuk memproduksi sabun handmade organic dalam bentuk cair.

Disiplin, Komitmen dan Pantang Menyerah

Bisnis yang sukses itu jalannya berliku-liku lho! Tidak ada bisnis yang sukses tanpa bayangan kegagalan. Itu kenapa sikap disiplin dan komitmen yang tinggi diperlukan dalam berbisnis guna untuk tetap menjaga kualitas produk dan pelayanan kepada konsumen.

Selalu belajar dari kegagalan dan jangan menyerah yah. Selamat berbisnis!

Baca Juga: Mau Sukses Ubah Hobi Tanaman Hias Jadi Duit? Perhatikan 7 Cara Manjur Ini