Perjalanan Karier Aktor dan Model Kim Woo Bin yang Pernah Hiatus karena Kanker

Nama Kim Woo Bin disebut sebagai salah satu model merangkap aktor yang paling sukses dari Korea. Pria tampan kelahiran 16 Juli 1989 ini telah merintis kariernya di dunia model sejak tahun 2006 lalu. 

Kesuksesan tersebut kemudian bertambah masif ketika ia memutuskan untuk mengembangkan minat bakatnya di dunia akting. Selain berhasil membintangi The Heirs, ia kerap diidentikkan dengan berbagai judul drama seperti White Christmas, A Gentleman’s Dignity, School 2013, dan masih banyak lagi. 

Namanya sebagai aktor kian mencuat setelah penampilan kerennya dalam Friend: The Great Legacy, The Con Artists, Twenty, hingga Uncontrollably Fond. Kini ia tak hanya dikenal sebagai model dari Seoul Fashion Week, tapi juga Hallyu Star dan aktor papan atas Korea Selatan. 

Baca Juga: Inilah Perjalanan Karier Yoo Yeon Seok, Aktor Korea yang Mahir Perankan Berbagai Karakter

Menyukai Modeling Sedari Kecil

Terlahir dengan nama Kim Hyun-Joong, alumnus Universitas Jeonju ini sudah jatuh hati pada akting dan modeling sedari kecil. Terhitung sejak debut resminya sebagai model di tahun 2006, sudah tak terhitung berapa panggung yang dilaluinya.

Beberapa peragaan busana yang pernah digarapnya di antaranya yaitu Lone Costume (2006), Seoul F/W 2008 dan 2009, serta Pret a Porter S/S, Seoul Collection S/S, dan Maxim Fashion Show di tahun 2009.

Di tahun 2010, ia memeragakan busana untuk Seoul Collection F/W dan Seoul Collection S/S. Demikian juga di tahun 2011, di mana ia menjadi model untuk Pret a Porter F/W, Seoul Collection F/W, Pret a porter S/S, Seoul Collection S/S, dan Seoul Fashion Week D.GNAK by Kang D.

Selain itu, Woo Bin juga menjadi model dalam Seoul Fashion Week Vanhart di Albazar dan Seoul Fashion Week Dominic’s Way 2012. Di tahun yang sama, ia pun tampil dalam Seoul Fashion Week D.GNAK by Kang D.

Laris Manis Sebagai Model

Kerap dipercaya memeragakan busana di atas catwalk, Woo Bin juga berpartisipasi dalam Seoul Fashion Week Vanhart di Albazar by Jung Du-Young tahun 2013. Tahun itu, ia juga tampil dalam peragaan busana Seoul Fashion Week D.GNAK by Kang D, Seoul Fashion Week Dominic’s Way, serta Seoul Fashion Week F/W 2013: Kim Seo-Ryong Homme.

Beberapa helatan yang ikut menampilkan Kim Woo Bin antara lain seperti Loewe, Guess Underwear Launching Show, Porsche, Lie Sang Bong, dan Louis Quatorze Show

Tidak Menggunakan Nama Lahir

Kim Woo Bin menjadi name stage yang dipilih dengan pertimbangan beberapa faktor. Menurut berbagai media, sang bintang sengaja menggunakan nama Woo Bin agar lebih mudah dikenali.

Pasalnya, leader dari SS501 (boyband Korea) juga mempunyai kemiripan nama dengannya, yakni Kim Hyun Joong. Selain itu, sudah ada aktor senior lainnya yang bernama sama.

Kini diakui Woo Bin bahwa dirinya telah terbiasa dengan name stage yang mengantarkannya pada kesuksesan kariernya tersebut. Saking terbiasanya, ia bahkan malah merasa jadi tak nyaman ketika dipanggil dengan nama lahirnya.

Sukses Menjajal Layar Lebar

Tak hanya wara-wiri di televisi dan bintangi berbagai drama series. Kim Woo Bin juga ikut muncul dalam jajaran film layar lebar yang sayang jika dilewatkan. 

Dalam Runway Cop yang rilis tahun 2012, Woo Bin muncul sebagai cameo. Kemudian di tahun berikutnya, ia bermain dalam Friend: The Great Legacy (2013).

Memasuki 2014, ia berperan sebagai Ji-Hyuk dalam The Con Artists dan melakoni sebuah web series bertajuk Love Cells. Demikian juga dengan film Twenty (2015) dan Master (2016) yang ikut menampilkan kepiawaiannya dalam berakting.

Baca Juga: Awalnya Ditentang Orang Tua, Kini Aktor Hyun Bin Jadi Bintang dengan Bayaran Paling Mahal

Tampan, Berbakat, dan Berprestasi

Memenangkan beragam penghargaan bergengsi dan menjadi nominasi berbagai ajang, Woo Bin meraih predikat Best Model dari Korean Advertisers Association Awards 2016. Sebelumnya, ia meraih Best Dresser Award dari 30th Korea Best Dresser Swan Awards serta Popularity Award dari Korean Film Actors’ Guild Awards di tahun 2015.

Demikian juga di tahun 2014 yang menjadi momen pencapaian banyak prestasi baginya. Tahun itu, ia memenangkan Popular Star Award dari 35th Blue Dragon Film Awards. Ia juga meraih Hana Financial Group Star Award dari 52st Grand Bell Awards

Masih di tahun yang sama, ia berhasil mengantongi Fantasia Award dari 18th Puchon International Fantastic Film Festival. Selain itu, predikat Asia Star Award dari 9th Asia Model Festival Awards juga jatuh ke tangannya.

Berkat penampilannya yang menawan dalam The Heirs (2013), Woo Bin lagi-lagi meraih sejumlah prestasi. Gelar Best New Actor dari 2nd Daejeon Drama Festival APAN Star Awards berhasil dibawanya pulang. 

Demikian juga dengan raihan Popular Foreign Actor versi Anhui TV Drama Awards dan Top 10 Stars dari SBS Drama Awards. Di tahun 2013 tersebut, ia juga memenangkan New Star Award dari 8th Asia Model Festival Awards.

Mandiri Finansial dari Modeling

Meskipun berasal dari keluarga kelas menengah ke atas, namun Kim Woo Bin berhasil membangun kondisi keuangan yang mandiri berkat hasil upayanya sendiri. Dengan kesuksesan kariernya yang cemerlang, Kim Woo Bin berhasil meraup kekayaan sebesar 2 juta Dollar AS, atau setara dengan Rp28,5 miliar per tahun 2020.

Penghasilan yang luar biasa fantastis itu didapatkannya dari menjadi aktor, model di beraneka peragaan busana, bintang iklan dan kegiatan profesionalnya di industri modeling. Kini, bintang iklan Buckaroo Jeans, Gatsby Hair Wax, Diadora, Samsung, Giordano, Merrell dan Sieg ini telah menjadi salah satu model tersukses di Negeri Ginseng.

Divonis Kena Kanker dan Vakum

Malangnya, Kim Woo Bin mendapat diagnosa kanker nasofaring di tahun 2017 lalu. Menurut keterangan dari agensinya, Sidus HQ, awalnya sang aktor merasa tak sehat kemudian memeriksakan kondisinya ke dokter. 

Dari situ diketahui bahwa kondisi kesehatannya memburuk karena terserang kanker. Sebagai konsekuensinya, ia pun harus melalui serangkaian treatment yang diperlukan sejak saat itu.

Namun beruntung, tahun ini ia dinyatakan telah sehat kembali. Kini ia telah bangkit dari masa vakumnya dengan kesehatan yang lebih prima serta beraktivitas kembali seperti biasa. 

Miliki Semangat Juang yang Tinggi

Tentunya tak ada siapapun dari kita yang berencana untuk jatuh sakit dengan parahnya atau dihadang oleh berbagai cobaan lainnya. Namun dalam hidup, jarang sekali sebuah rencana dapat berjalan dengan baik dan mulus lancar tanpa hambatan.

Selain senantiasa mensyukuri segala kemudahan yang datang, menjadi tabah, tegar dan fleksibel dalam menghadapi ujian kehidupan dapat menjadi landasan yang mantap untuk mempertahankan kesuksesan. 

Seperti kisah Kim Woo Bin yang berusaha bangkit dan kembali sehat, ia tak hanya pantang menyerah. Pria dengan tubuh menjulang setinggi 188 cm ini masih optimis meneruskan perjalanan karier dan hidupnya. 

Dengan berani, ia melanjutkan langkahnya untuk kembali meraih kesuksesan tanpa gentar. Hanya dengan semangat juang yang tinggi dan kebesaran hatilah kesulitan hidup dapat dilalui. Tetap semangat dan terus lanjutkan perjuangan meraih kesuksesan, ya!

Baca Juga: Ajarkan Nilai Positif, 6 Serial Drama Korea Ini Wajib Ditonton