Perjalanan Karier Nayeon Twice, Pernah Gagal Debut hingga Jadi Member Girlband Terkaya

Berbagai fakta dari si cantik Nayeon (girlband Twice) memang selalu menarik untuk disimak. Tak hanya diberkahi dengan visual yang jelita dan menawan. Wanita kelahiran 22 September 1995 ini juga memiliki segudang bakat yang mencengangkan.

Kiprah Nayeon di industri musik tak lepas dari Twice yang merupakan bentukan JYP Entertainment. Ia bergabung dengan Twice setelah dirinya mengikuti Sixteen, sebuah reality show di tahun 2015 silam.

Kemudian pada tahun 2017 dan 2018, Nayeon menjadi idol urutan keenam paling tenar versi Gallup Korea. Sementara di tahun 2019, ia naik satu peringkat ke posisi lima. Memasuki tahun 2020, ia tak hanya berhasil meraih beragam pencapaian tapi juga mereguk kekayaan mencapai 1,5 – 2 juta Dollar AS (Rp21,4 – 27,8 miliar).

Baca Juga: Begini Kisah Momo Twice dari Bukan Siapa-Siapa Hingga Sukses Jadi Superstar

Sering Ikut Casting Sejak Kanak-Kanak

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram)

Meski kini Nayeon Twice telah memiliki karier yang bersinar, namun prosesnya menuju puncak ketenaran tak selalu berjalan mulus. Popularitasnya yang mendunia pun tidak didapatkan secara instan. Bahkan ia pernah mengalami kegagalan sebelum akhirnya bisa mengecap hasil kerja kerasnya.

Sejak kecil, wanita yang terlahir dengan nama Im Nayeon ini kerap mengikuti berbagai perlombaan modeling cilik. Senang tampil di depan umum, ia bahkan pernah mengikuti dan lulus audisi model cilik yang diselenggarakan oleh JYP Entertainment. 

Orang Tua Sempat Tidak Memberi Izin

Karena ketika itu usia Nayeon masih begitu kecil, orang tuanya sempat tak mengizinkan putri mereka untuk menjadi trainer. Kendati demikian, ia tak patah semangat. Terlepas dari usianya yang masih belum cukup besar, ternyata ia memang berkeinginan kuat untuk bergabung dalam agensi.

Belakangan, ia mengikuti sebuah audisi tanpa sepengetahuan sang ibu. Hasilnya, Nayeon langsung lolos dalam satu kali audisi yang diadakan JYP Entertainment.

Training yang Berproses Hingga Gagal Debut dengan 6mix

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram)

Setelah lulus audisi, Nayeon pun memulai perjalanannya sebagai seorang trainee. Di tahun 2013, ia dipersiapkan menjadi salah satu member dari 6mix.

Tadinya, JYP Entertainment mempersiapkan 6mix untuk melakukan debut. Namun karena satu dan lain hal, rencana tersebut tak pernah terealisasi menjadi nyata. Nayeon masih tetap berlatih sebagai trainee.

Selain disibukkan dengan jadwal padatnya mengikuti training, ia juga sempat menjadi peran figuran dalam serial drama Dream High 2. Drama tersebut ditayangkan oleh KBS2 di tahun 2012.

Menang dalam Ajang Sixteen dan Debut Bersama Twice

Memasuki tahun 2015, Nayeon kemudian ambil bagian dalam Sixteen (sebuah reality show yang menampilkan kompetisi untuk menentukan member dari Twice). Nayeon lantas meraih kemenangan dan akhirnya dapat bergabung dengan Twice.

Lima tahun menjadi trainee serta gagalnya debut bersama 6mix pun terbayarkan dengan manis. Twice kemudian meluncurkan mini album perdana mereka pada Oktober tahun 2015. EP Album tersebut bertajuk The Story Begin.

Baca Juga: Percantik Diri dengan Tutorial Make Up Korea dari 5 Beauty Vlogger Ini

Jadi Lead Vocal, Main Dancer, dan Ikut Mencipta Lagu

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram)

Girlband Twice tampil memukau dengan digawangi oleh formasi Nayeon, Chaeyoung, Dahyun, Tzuyu, Mina, Jihyo, Jeongyeon, Momo, dan Sana. Walaupun menjadi personel yang paling tua di antara sembilan orang member, namun nyatanya Nayeon tetap bersinar.

Ia tak hanya menjadi salah satu visual Twice. Nayeon dikenal andal bernyanyi serta lincah dan mahir menari. Itulah sebabnya ia dipercaya untuk menjadi vokalis sekaligus penari utama dalam grupnya. 

Tak jarang, Nayeon kerap mengisi center position selagi mereka tampil dan melakukan dance. Tak hanya itu saja, ia juga diketahui menulis beberapa lagu untuk Twice. Bersama sejumlah anggota lainnya, ia ikut berpartisipasi dalam penulisan lagu 24/7 dalam album Twicetagram (2017).

Selain itu, lagu Rainbow dan 21:29 dari Feel Special (2019) juga melibatkan Nayeon dalam proses penciptaannya. Sementara pada tahun 2020 kemarin, Nayeon yang menjadi host dari acara Idol Star Athletics Championships 2018 ini pun berkontribusi dalam pembuatan lagu Make Me Go yang terdapat di album More & More.

Punya Segudang Prestasi dan Pencapaian

Sejauh ini, Twice telah merilis lima mini album, dua studio album, 18 video musik serta satu album video. Twice yang mengusung genre Bubblegum Pop, K-Pop, Dance-Pop, EDM, dan J-Pop ini juga menjadi artis perempuan dengan trofi kemenangan paling banyak (101 buah) di sepanjang sejarah industri musik K-Pop.

Totalnya, Twice berhasil mengumpulkan sebanyak 107 penghargaan serta 73 trofi dari beraneka program musik secara global dan mancanegara. Di tahun 2018 misalnya, Twice meraih The Female Group, Best Global Performance dan The Top Best Selling Artist dari Genie Music Awards.

Pada tahun berikutnya, mereka kembali meraih The Female Group dan The Top Best Selling Artist dari ajang penghargaan yang sama. Twice juga berlangganan penghargaan dari Mnet Asian Music Award untuk kategori Lagu Tahun Ini berturut-turut sejak 2016, 2017, dan 2018.

Dari penghargaan yang sama, Twice juga meraih Worldwide Fans’ Choice tiga tahun berturut-turut sejak 2018, 2019, dan 2020. Tak hanya itu saja, penghargaan Musik Seoul Piala Bonsang pun diraih Twice pada tahun 2018, 2019, dan 2020.

Selama tiga tahun berturut-turut, Twice juga memboyong Golden Disk Award untuk kategori Song Division. Mereka berhasil membawa pulang predikat Grup Wanita Terbaik dari Mnet Asian Music Award di tahun 2016, 2018 dan 2020. Dari ajang yang sama, Twice juga mendapat penghargaan Grup Wanita Tarian Terbaik di tahun 2017, 2018, dan 2019.

Digemari dan Diapresiasi Hingga ke Mancanegara

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram)

Sepak terjang Twice tak hanya mendapat apresiasi dari para penikmat musik Negeri Ginseng. Gaung kesuksesan mereka pun diapresiasi hingga ke mancanegara, termasuk Jepang dan Indonesia. 

Pada tahun 2018, Twice berhasil meraih penghargaan dari Japan Record Award. Lagu mereka yang berjudul Wake Me Up meraih predikat The Best Song. Dari kawasan Asia, Nayeon bersama Twice memboyong penghargaan Artis Wanita Baru Terbaik dari Mnet Asian Music Award.

Di tahun 2018, 2019 dan 2020, Twice juga mengantongi penghargaan dari Golden Disk Award untuk album Feel Special, What Is Love?, dan Twicetagram. Demikian juga dengan Golden Disk Award CecI Asia Icon, Mnet Asian Music Award (Favorite Dance Female Artist) yang dikantongi pada tahun 2018. 

Sementara di tahun 2019, mereka mendapat Mnet Asian Music Award for Qoo10 Favorite Female Artist. Terakhir, di tahun 2020, Twice memboyong Shorty Award untuk kategori Best in Music, Golden Disc Award Cosmopolitan Artist Award, dan Mnet Asian Music Award for the Most Popular Artist.

Kegagalan adalah Batu Loncatan

Kini Nayeon sudah bisa menikmati hasil kerja kerasnya yang memakan waktu tak sebentar. Twice telah menjadi grup musik wanita asal Korea Selatan yang paling kaya di dunia. Kekayaan mereka telah menembus lebih dari Rp400 miliar. 

Sejak kecil, Nayeon Twice telah menunjukkan semangat pantang menyerah. Ketika mendapatkan penolakan, ia terus mencoba sampai akhirnya berhasil. 

Kisah perjalanan karier Nayeon Twice yang inspiratif dapat menjadi teladan positif. Saat menghadapi kegagalan, cobalah sekali lagi dan upayakan yang terbaik. Jadikan hal tersebut sebagai batu loncatan untuk meraih sukses.

Baca Juga: Fashion Ala K-pop Idol yang Paling Banyak Ditiru oleh Para Kpopers