Begini Perjalanan Karir Twice yang Fenomenal

Nama Twice dikenal sebagai salah satu girlband KPop paling sukses di dunia. Selalu jadi sorotan, Twice yang memulai debutnya di tahun 2015 ini bergerak di bawah naungan asuhan JYP Entertainment. Sejumlah hits single mereka selalu disambut meriah para penggemarnya.

Berbekal visual yang menarik serta lagu dan koreografi tari yang ciamik, tak heran apabila Twice kerap menjadi trending di dunia. Bahkan, girlband yang beranggotakan 9 orang member ini telah memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi dari berbagai ajang.

Padahal, usia para personelnya yang terdiri dari Nayeon, Momo, Jeongyeon, Sana, Dahyun, Chaeyoung, Jihyo, Tzuyu dan Mina ini masih terbilang muda. Buat Anda para penggemar Twice, yuk simak ulasan mengenai perjalanan karir mereka di industri entertainment Pop Korea.

Awal Pembentukan yang Memakan Proses

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram) on

Tak banyak yang tahu jika pembentukan Twice hingga menjadi sebesar sekarang memakan waktu yang cukup lama. Melalui reality girl group survival show yang bernama Sixteen, Twice dibentuk secara bertahap sejak 2014 dengan terus menambahkan member.

Dari yang tadinya hanya beranggotakan 6 member saja, hingga kemudian total menjadi 9 orang, hal ini sempat menimbulkan kontroversi. Pasalnya, JYP secara mengejutkan lalu menambahkan Momo dan Tzuyu sebagai 2 member terbaru. 

Keduanya terpilih berdasarkan vote tertinggi penonton, meski sebelumnya telah tereliminasi. Tzuyu terpilih lantaran mendapat suara paling tinggi. Sedangkan Momo dipilih mengingat kemampuan vocal dan dancenya yang mumpuni.

Baca Juga: Blackpink, Girl Group Korea Pertama yang Menghiasi Cover Majalah Billboard

Debut Perdana yang Fenomenal

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram) on

Dengan 9 member, Twice merilis debut mini album perdananya di tahun 2015 yang bertajuk The Story Begins. Lagu andalan mereka, Like OOH-AHH, merupakan karya composer ternama, Black Eyed Pilseung yang juga menulis lagu untuk girlband miss A.

Lagu andalan Twice ini langsung sukses besar. Menembus lebih dari 50 juta penonton di kanal YouTube, video klip lagu itu disebut mengalahkan popularitas video Fire yang dibawakan oleh girlband 2NE1.

Meraih kesuksesan yang fenomenal, keberuntungan terus berpihak pada Twice. Selain mendapat banyak kontrak dan iklan, nama Twice menjadi nominasi Artist of the Year serta Best New Female Artist dari Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2015. Hanya dalam jangka waktu dua bulan dari debutnya, mereka langsung meraih penghargaan Best New Female Artist.

Terus Mendulang Sukses Hingga Ekspansi ke Negeri Sakura

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram) on

Setelah sukses dengan mini album pertama yang bertajuk The Story Begins yang rilis 20 Oktober 2015, Twice lalu kembali mendulang sukses dengan karya mereka berikutnya. Mini album mereka yang diberi nama Page Two diluncurkan ke pasaran pada 25 April 2016.

Kesuksesan mereka terus berlanjut dengan dirilisnya TwiceCoaster: Lane 1 dan TwiceCoaster: Lane 2. Kemudian disusul dengan Signal, Twicegram, Merry & Happy, What Is Love?, Summer Night, Yes or Yes, The Year of Yes, serta Fancy You.

Melakukan ekspansi ke Negeri Sakura, Twice juga merilis album versi Jepang setelah sukses dengan konser solo pertama mereka yang bertajuk Twice 1st Tour: Twiceland The Opening (Februari 2017). Album Signal yang diluncurkan pada Mei 2017 juga ikut dibawakan dalam versi Jepang dan lagi-lagi meraih kesuksesan.

Namun yang kemudian lebih menggebrak ialah Twicetagram dengan single andalan berjudul Likey. Pasalnya, Likey berhasil bertengger di peringkat teratas Billboard's World Albums and World Digital Song Sales.

Tak hanya menarik perhatian karena  campur tangan composer ternama, Black Eyed Pilseung, single tersebut menjadi sorotan lantaran shooting video klip mereka yang dilakukan di Vancouver, Kanada. Alhasil, nama Twice menghiasi sejumlah headline berbagai berita televisi Kanada.

Termasuk ke dalam 6 Band KPop Terkaya

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram) on

Berdasarkan Majalah Money yang dikutip dari The Richest, rupanya Twice menjadi girlband KPop terkaya sedunia dengan total kekayaan sebesar Rp422 miliar. Sementara itu, BTS menduduki posisi teratas dengan jumlah total kekayaan yang diperkirakan mencapai 60 juta USD, atau kurang lebih Rp 844 miliar. 

Mengalahkan Blackpink yang jumlah kekayaannya diperkirakan mencapai Rp351 miliar per tahun, Twice tak hanya menjadi girlband Korea Selatan paling sukses sepanjang masa. Mereka juga berhasil menjual jutaan album di berbagai penjuru dunia.

Baca Juga: Kisah Sukses Itzy, Girlband KPop Terkini yang Dongkrak Pendapatan JYP Entertainment

Mencetak Banyak Prestasi Membanggakan

View this post on Instagram

A post shared by TWICE (@twicetagram) on

Meski di satu sisi Twice kerap dihujani hujatan dan berbagai tudingan, namun tak dapat dipungkiri jika girlband ini telah mencetak begitu banyak prestasi. Seperti diintip melalui channel YouTube resmi mereka, hampir setiap video musiknya selalu dibanjiri jumlah penonton hingga ratusan juta.

Twice juga berhasil meraih begitu banyak trofi dan penghargaan dari berbagai acara musik bergengsi, baik lokal dan juga internasional. Berhasil mencapai puncak tangga lagu, Twice terhitung sudah lebih dari dua puluh kali memboyong trofi.

Bagaimana dengan penjualan album mereka? Fantastis. Meski platform musik digital kian menjamur dewasa ini, namun penjualan album Twice tetap konsisten hingga 200 ribu keping. Semua itu terjadi dalam waktu singkat, yakni tiga minggu pada tahun 2016 lalu. Sedangkan di tahun 2018, penjualan album mereka menembus angka jutaan. 

Yang juga bikin berdecak kagum, Twice kerap berlangganan meraih Golden Disc Awards dari tahun 2016 di setiap tahunnya sampai sekarang. Tak hanya menyabet New Artist of the Year, mereka juga membawa pulang Disc Bonsang yang prestisius di tahun 2018.

Twice yang pernah tampil di Indonesia pada Agustus 2018 ini juga telah menyapu bersih 5 piala dari Japan Golden Disc Awards. Tak hanya meraih New Artist of the Year dan Best 3 New Artist, mereka juga memboyong Best 3 Albums, Album of the Year, serta Song of the Year by Download.

Sukses Menembus Pasar Jepang dan Tiongkok

Soal penggemar, Twice juga menjadi girlband KPop yang paling digandrungi di Negeri Tiongkok dan Negeri Sakura. Dan seperti diketahui, Jepang dan Tiongkok dikenal dengan persaingan sangat ketat dalam industri hiburan mereka. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi artis luar negeri yang ingin sukses di situ.

Namun rupanya Twice berhasil menembus pasar entertainment kedua negara tersebut dengan sukses. Terbukti, mereka secara konsisten berhasil menelurkan album versi Jepangnya tersendiri. Selain itu, Twice juga telah menggelar tur konser pertama mereka di Jepang pada Januari 2018.

Tur tersebut dilangsungkan berbarengan dengan diluncurkannya single Candy Pop yang belakangan terjual laris menembus lebih dari 300 ribu kopi. Tur konser berikutnya lantas digelar pada bulan Maret-April 2019. Acara musik akbar tersebut merupakan tur konser Dome pertama di Jepang yang berhasil menembus 220 ribu penonton dalam pertunjukan di kelima kotanya.

Dengan segudang prestasi besar dan pamor yang tinggi, tak mengherankan jika mereka kemudian menjadi kiblat inspirasi fashion bagi para remaja putri. Berkat personal branding yang dikemas apik dari setiap personelnya, setiap gaya busana dan fashion item yang dikenakan para member Twice menjadi favorit yang diburu anak muda. Bahkan hingga sold out dan habis tak bersisa.

Tak Terhentikan Meski Banyak Dihujat

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula angin yang menerpanya. Demikian juga dengan kesuksesan Twice yang tak hanya mengundang banyak fans, tapi juga haters. 

Kemampuan vocal mereka sempat menjadi bahan perbincangan sengit para netizen. Pasalnya, meskipun semua anggotanya tampak memesona, namun vokalis utama Jihyo dan Nayeon kerap dicap buruk dalam hal olah vokal jika dibandingkan dengan girlband KPop lainnya. 

Selain itu, penampilan Twice juga dihujat lantaran kamera fans pernah merekam aksi lipsync mereka di panggung. Mulai dari tuduhan rasis hingga beberapa tudingan kepada member yang penampilan tariannya tak begitu memuaskan penggemar, Twice sudah mengalaminya.

Meski begitu, mereka terus maju dan mencetak banyak prestasi yang membanggakan. Bekerja keras dengan pujian sebagai dukungan tentu akan mengasyikkan. Namun, terus bertahan dan tetap berjaya meski dihujani kecaman membutuhkan kekuatan mental dan emosional yang tak biasa.

Tak selamanya orang akan terus mendukung Anda dalam meraih kesuksesan. Seperti Twice, Anda pun bisa terus bertahan untuk tetap kuat dan melanjutkan perjuangan.

Baca Juga: Berkenalan dengan Izone, Girlband Keren Terkini yang Jadi Saingannya Twice