Pernah Coba Bunuh Diri, Bisnis Rachel Vennya Malah Makin Menggurita

Dalam era digital seperti sekarang, banyak orang yang berhasil mendulang rezeki dari media sosial. Salah satunya ialah si cantik Rachel Vennya. Wanita kelahiran Jakarta pada 23 September 1995 ini telah menjadi wanita Indonesia yang sukses sebagai pengusaha dan selebgram di usia muda.

Bersama suami tercintanya, Niko Al Hakim, Rachel telah merintis bisnis kuliner dan membuka restoran. Tak hanya itu, ia juga dikenal dengan Slim Beauty Product by Rachel Vennya, sebuah obat pelangsing yang terbukti manjur bagi banyak orang.

Selain itu, ia juga merilis clothing line miliknya yang bernama Ravenisodd serta produk hijab sebagai bisnisnya di bidang fashion. Namun tak banyak yang tahu jika di balik sukses besarnya, Rachel pernah kena bully, mengalami keterpurukan ekonomi, mencoba bunuh diri, serta menderita gangguan kesehatan mental.

Baca Juga: Berkenalan dengan YouTuber Fadil Jaidi, Mantan Aktor Cilik yang Tolak Alphard dari Raffi Ahmad

Dari Terpuruk Hingga Berhasil Sukses

View this post on Instagram

A post shared by @rachelvennya

Sejak menjadi anak broken home, Rachel hidup terpisah dari ayahnya. Hanya hidup berdua dengan sang mama, ia harus rela mengalami susahnya terpuruk secara finansial. Padahal, sebelumnya hidup Rachel terbilang nyaman, serba cukup dan sejahtera.

Ia pun bertekad untuk kembali mengecap kesejahteraan finansial seperti sedia kala. Dari situlah ia memulai usahanya dengan menjajal berbagai pekerjaan. Tak hanya menjadi makeup artist, ia juga mulai aktif berjualan secara online. 

Ketika itu, Rachel hanya dibayar sebesar Rp200 ribu untuk jasa merias wajahnya. Sebelumnya, ia sempat mengecap sekolah tata rias MUA di La Salle College Internasional. Sedangkan dalam hal berjualan, wanita lulusan London School of Public Relations ini menyediakan produk fashion hingga obat pelangsing racikan ibunya sendiri. 

Saat usia remaja SMA, Rachel memang sempat mengalami kelebihan berat badan dan mengalami perundungan. Untuk mengatasi masalah berat badannya, sang mama memberikan putrinya jamu. Tak disangka, jamu tersebut sukses membuatnya menjadi langsing setelah dikonsumsi selama beberapa bulan.

Pandai Melihat Peluang Bisnis

View this post on Instagram

A post shared by @rachelvennya

Melihat perubahan fisik yang terjadi pada Rachel, teman-temannya jadi tertarik untuk mengetahui rahasianya. Akhirnya, ia pun berinovasi dan menjadikan jamu tersebut dikemas dalam bentuk pil pelangsing agar lebih mudah dikonsumsi.

Dari satu ide obat penurun berat badan tersebut, terbukalah beraneka ide lainnya bagi Rachel menjajal bisnis. Meski dimulai dengan usaha kecil-kecilan, namun kini putri dari Vien Tasman dan Andrea Roland ini telah fasih mengelola berbagai bisnis yang sangat menguntungkan.

Memulai Ketenarannya di Dunia Maya

View this post on Instagram

A post shared by @rachelvennya

Di lain pihak, publik mulai mengenali eksistensi Rachel di dunia maya. Melalui jejaring sosial, nama Rachel Vennya mulai dikenal oleh generasi muda sebagai selebritas di ranah internet. 

Saat itu, ia menyita perhatian publik lantaran kisah cintanya yang kerap putus-nyambung dengan pria yang kini menjadi suaminya, Niko Al Hakim. Niko sempat melamarnya namun keduanya putus lantaran isu Niko berselingkuh.

Namun keduanya lantas mengikat janji pernikahan pada awal tahun 2017 lalu dengan gelaran pesta nan mewah lagi meriah. Kini, rumah tangga Rachel dan Niko telah dikaruniai dua orang anak. Mereka ialah Xabiru Oshe Al Hakim dan Aurorae Chava Al Hakim.

Pernah Mau Bunuh Diri

View this post on Instagram

A post shared by @rachelvennya

Tak banyak yang tahu bahwa Rachel Vennya pernah terguncang begitu hebat sehingga ia ingin mengakhiri hidupnya. Sejak kecil, mental Rachel berada dalam kondisi yang tak sehat. Hal ini membuatnya kerap bersikap emosional terutama saat sedang marah.

Ia bahkan kerap melampiaskan emosi negatifnya dengan cara yang tak sehat seperti menghantamkan kepalanya sendiri ke tembok. Ia juga sering menangis histeris dan tak terkendali. 

Puncaknya terjadi pada tahun 2013, ketika Rachel tak sanggup menghadapi rumitnya kehidupan dengan segala problematika yang mengadangnya. Mencoba bunuh diri, pihak keluarga sempat mengiranya dirasuki roh jahat. 

Ketika itu, ia juga sempat menjalani rawat inap di Rumah Sakit Jiwa. Namun pengobatan tersebut dibarengi pula dengan treatment lainnya yang berkenaan dengan kepercayaan agama.

Baca Juga: Berkat Endorsement, Ini 6 Selebgram Terkaya di Indonesia

Derita Gangguan Mental

View this post on Instagram

A post shared by @rachelvennya

Selain anger issue, ternyata Rachel juga mengidap gangguan mental yang berkenaan dengan perubahan mood (suasana hati). Gangguan yang sifatnya jangka panjang tersebut dikenal dengan istilah bipolar disorder.

Penderita bipolar disorder umumnya akan mengalami sejumlah periode perubahan suasana hati yang terjadi seperti siklus. Periode demi periode itu dapat memanjang jika penderita tidak diberikan pengobatan yang tepat.

Sempat tak bisa menerima kondisinya, kini Rachel telah semakin legawa dengan kesehatan mentalnya. Terlebih belakangan ia mengetahui bahwa sang suami juga ternyata mengidap suatu gangguan kecemasan yang disebut Generalize Anxiety Disorder (GAD).

Niko menderita GAD yang membuatnya mengalami gejala psikosomatis seperti sesak napas saat dirinya dilanda kecemasan. Kendati keduanya menderita gangguan kesehatan mental, namun Rachel dan Niko hidup rukun berdampingan. 

Saling mendukung, Rachel bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan memperbaiki diri demi sang suami dan keluarga kecilnya. Kendati dirundung masalah kesehatan terkait kondisi kejiwaannya, namun keduanya berusaha untuk menjalani hidup dengan sebaik mungkin.

Kelola Bisnis yang Menggurita

View this post on Instagram

A post shared by @rachelvennya

Tak hanya aktif sebagai selebgram dengan sejumlah endorsement tarif selangit, Rachel sukses mengelola sejumlah bisnisnya yang menggurita. Tak hanya merambah bisnis di bidang kecantikan dan fashion, ia juga menjajal usahanya di ranah kuliner.

Sejumlah bisnis kuliner kekiniannya terdiri dari Ngikan Yuk, Rumah Sedep, dan Sate Taichan Goreng. Sedangkan bisnis perdananya, obat pelangsing dengan brand bernama Slim Beauty Product masih berjalan sampai sekarang.

Adapun di bidang fashion, Rachel mempunyai Vel The Modest serta Mahika Kids yang menyediakan berbagai produk busana anak. 

Kiat Sukses Rachel Vennya

Walaupun awalnya Rachel dikenal publik karena drama kisah cintanya, namun tak dapat dipungkiri ia berhasil membuktikan sepak terjangnya sebagai business woman tanah air. Dengan background keluarga yang broken home serta gangguan kesehatan mental yang dideritanya, ia tetap dapat mencapai puncak kesuksesan.

Dan kini, meski sibuk dengan berbagai bisnis serta endorsement, namun Rachel masih memperlihatkan kepeduliannya pada lingkungan dan sesama. Salah satunya dengan menggalang dana untuk membantu petugas medis terkait kondisi pandemic yang tengah melanda dunia saat ini.

Mengenai sukses besar yang berhasil diraihnya di usia muda, Rachel membocorkan apa saja rahasianya. Ia membeberkan bahwa memanfaatkan kesempatan yang ada merupakan salah satu kuncinya. Menurutnya, berani berkompetisi dengan cara sehat dalam berbisnis dapat mendorongnya untuk terus maju.

Rachel bahkan mengajak para generasi muda untuk yakin memulai usahanya sejak usia belia. Mengingat kondisi kesehatan serta hidupnya yang penuh tantangan, ia punya banyak alasan untuk menyerah. 

Namun sebaliknya, ia terus berusaha dan akhirnya menggapai sukses hingga berhasil mapan finansial. Selama kita mau terus berkreasi dan berinovasi dengan pantang menyerah, yakinlah cepat atau lambat kesuksesan pasti dapat diraih dalam genggaman.

Baca Juga: Ingin Jadi Influencer Sukses? Kenali Dulu Influencer Marketing dan Ikuti Tipsnya