Punya Kerajaan Bisnis, Ternyata Bintang Sepak Bola Ronaldo Pernah Hidup Kekurangan di Masa Kecilnya

Cristiano Ronaldo alias CR7 dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia, dalam sepuluh tahun terakhir. Tak hanya berhasil mencetak banyak prestasi, sosoknya yang tampan juga kerap menarik perhatian para penggemar wanita.

Di sepanjang kariernya, Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, demikian nama lengkapnya telah mencapai banyak prestasi, baik bersama tim maupun secara individu. Terhitung, ia sudah mencetak gol lebih dari 200 kali. Ronaldo juga sudah pernah bermain dalam 1000 pertandingan.

Tercatat, CR7 menjadi satu-satunya pemain sepak bola yang meraih piala pada tiga dari lima liga paling top benua Eropa. CR7 tak hanya menjuarai Premier League (Manchester United), tapi juga La Liga (Real Madrid), serta Serie A (Juventus).

Salah satu prestasi terbaik yang dimenangkan oleh mega bintang yang satu ini ialah 15 trofi untuk klub sepakbola Real Madrid. Berkat kelihaiannya di lapangan hijau, ia berhasil mengumpulkan kekayaan berlimpah. 

Disinyalir, jumlahnya kini mencapai 450 juta Dollar AS (lebih dari Rp6 triliun). Meski begitu, ternyata C. Ronaldo pernah hidup kekurangan di masa kecilnya.

Berasal dari Keluarga Kurang Mampu

View this post on Instagram

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano) on

Lahir di Madeira, Portugal di tahun 1985, Ronaldo ialah putra dari José Dinis Aveiro dan Maria Dolores dos Santos Aveiro. Ia mempunyai tiga kakak, yakni Hugo, Elma serta Liliana Cátia. Nama Ronaldo dipilih sebagai namanya karena sang ayah merupakan penggemar Ronald Reagan, Presiden AS yang ke-40.

Jika saat ini ia hidup bergelimangan harta, tidak demikian ceritanya saat ia masih kecil. Berasal dari keluarga yang kekurangan membuat Ronaldo kecil harus rela berbagi kamar dengan para kakaknya. Ia bahkan tidak punya mainan.

Bergabung dengan Klub Junior

View this post on Instagram

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano) on

Di umur delapan tahun, Ronaldo masuk ke klub sepak bola tempat ayahnya bekerja. Di klub junior lokal bernama Andorinha itu, ia bermain hingga usianya mencapai 10 tahun. 

Setelah dua tahun menjadi bagian klub sepak bola junior, Ronaldo menyetujui saran ibunya untuk berfokus penuh sebagai atlet sepak bola. Jalan perubahan pun mulai terjadi.

Baca Juga: Miris! Pemain Sepak Bola Meninggal Saat Bertanding. Ada Idolamu?

Membangun Karier Profesional

View this post on Instagram

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano) on

Bakat Ronaldo mulai tercium oleh umum. Klub paling besar di Madeira, Nacional lantas menggaetnya untuk bergabung. Di sana, ia bermain selama tiga musim lamanya.

Setelahnya, ia ditarik oleh Sporting Lisbon. Karier profesional CR7 pun mulai dibangun ketika ia berumur 13 tahun. Saat itu ia menandatangani kontrak senilai 1.500 poundsterling (sekitar Rp26 jutaan) bersama Sporting Lisbon.

Selama bergabung di sana, Ronaldo mendalami pelatihan yang lebih berkualitas dan masuk Alcochete. Seperti diketahui, sekolah ini merupakan salah satu tempat pelatihan sepak bola terbaik yang ada di dunia.

Dengan bakatnya yang cemerlang, nama Ronaldo pun kian bersinar. Kemampuannya semakin terasah dan jalan kesuksesan kian terbuka lebar. 

Cetak Prestasi dalam Sejarah

View this post on Instagram

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano) on

Salah satu prestasi membanggakan CR7 ialah menjadi satu-satunya bintang bola yang meraih trofi juara dalam tiga dari lima liga top di Eropa. CR7 pernah menjuarai Premier League (Manchester United), La Liga (Real Madrid), hingga Serie A (Juventus).

Ia juga pernah memenangkan tiga liga domestik berbeda Eropa, yaitu satu kali untuk Liga Italia, dua kali untuk Liga Spanyol dan tiga kali untuk Liga Inggris. Ia juga menjadi juara di FIFA's Player of the Year dan Ballon D'or dalam dua liga berbeda, yaitu sewaktu bertanding untuk Real Madrid dan Manchester United.

Dalam sejarah, Ronaldo merupakan pemain sepak bola pertama yang berhasil meraih Golden Boot yakni pencetak gol paling banyak di dua liga yang berbeda. Prestasi ini ia raih ketika bermain untuk Liga Spanyol dan Inggris.

Menariknya lagi, ia juga menjadi juara untuk Liga Champions dengan dua klub sekaligus—Real Madrid (tiga kali) dan Manchester United (sekali). Dalam enam musim berturut-turut, C. Ronaldo juga menjadi pemain yang mencetak gol paling banyak di Liga Champions.

Ia tak hanya menjadi juara di Liga Champions tiga kali berturut-turut dengan Real Madrid di Liga Champions, tapi juga telah meraih penghargaan Man of the Match di acara finalnya. Selain itu, CR7 berhasil mendapat gelar internasional dengan tim nasional Portugal, Piala Eropa 2016 serta UEFA Nations League di tahun 2019.

Kilas balik ke tahun 2017, ia menjadi pencetak gol internasional paling banyak dalam semusim. Jumlah total gol yang dicetaknya mencapai 32 gol dan sewaktu melawan Spanyol di Piala Dunia 2018, ayah empat anak ini berhasil mencetak hat-trick.

Punya Harta Berlimpah

View this post on Instagram

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano) on

Menurut Forbes, CR7 telah berhasil menghimpun kekayaan berlimpah mencapai 460 juta Dollar AS (Rp6,8 triliun). Gajinya dari klub Juventus per tahun 2019 mencapai 31 juta Euro (lebih dari Rp480 miliar setahun).

Di samping itu, ia juga meraup 36,9 juta poundsterling (kurang lebih Rp676 miliar) dari endorsement di media sosial Instagram. Angka ini belum termasuk fee yang ia dapatkan sebagai brand ambassador untuk beraneka produk kenamaan dunia. 

Melebihi tarif David Beckham, Lionel Messi, Zlatan Ibrahimovic, dan Neymar Jr, C. Ronaldo dikabarkan mendapat Rp11 miliar untuk sekali unggahan di platform berbagi foto tersebut. Terus bertambah, income sang mega bintang pun tak hanya mengalir dari kariernya. Ada banyak sumber pendapatan lain di luar dunia persepakbolaan. 

Baca Juga: Egy Maulana Vikri, Si Jago Gocek dari Kampung yang Direkrut Klub Polandia

Bangun Kerajaan Bisnis

View this post on Instagram

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano) on

CR7 diketahui sudah lama berencana menjadi pebisnis setelah pensiun dari lapangan hijau. Merambah dunia bisnis, ia menggandeng perusahaan pariwisata Portugal Pestana Hotel Group.

Ronaldo kemudian membuka Pestana CR7 Hotel. Ia memang ingin memakai nama CR7 untuk brand kerajaan bisnisnya. 

Ia tak hanya memiliki bisnis pariwisata, tapi juga merambah hingga ke fashion yaitu CR7 Blanket (bersama Denali) dan CR7 Denim. Ronaldo kemudian bekerja sama dengan perusahaan parfum Inggris dan merilis Eden Parfum Cristiano Ronaldo Fragrance.

Sebagai penggemar olahraga, CR7 ikut menggandeng perusahaan Crunch Franchise dan membuka usaha gym miliknya di tahun 2016, yakni CR7 Crunch Franchise. Sedangkan di bidang kuliner, Ronaldo yang berinvestasi di Grupo Mabel Capital membuka restoran elite bernama Zela di London dan Ibiza. Tak hanya CR7 yang menanam saham di Grupo Mabel Capital, tapi juga Enrique Iglesias, Rafael Nadal, hingga Pau Gasol.

Tak hanya itu saja, ia mempunyai klinik transplantasi rambut sebagai hasil kerja samanya dengan perusahaan Insparya. Tak lupa, Ronaldo juga mempunyai bisnis mencengangkan lainnya yaitu penyewaan jet pribadi. Dengan tarif menembus 3 ribu Euro (sekitar Rp46 juta) per jam untuk harga sewanya, Ronaldo meraup pundi-pundi uang hingga sejuta Euro (lebih kurang Rp15 miliar) di tahun 2018.

Tips Sukses dari CR7

Kini nama Cristiano Ronaldo telah resmi menjadi nama bandara internasional di Madeira, Portugal, kampung halamannya. Ia juga dibuatkan patung CR7 sebagai icon di lapangan terbang tersebut.

Ketekunannya selama bekerja dan belajar dari tiga negara yang berbeda budaya (Inggris, Spanyol, dan Portugal) telah membuahkan hasil yang spektakuler. Tak hanya gemilang secara profesional, CR7 juga terkenal punya kepedulian tinggi terhadap isu sosial dan lingkungan. Ia sering diberitakan memberi sumbangan bagi banyak orang yang membutuhkan.

Kesuksesan besar dalam bisnis dan karier juga membuatnya sanggup membeli sebuah pulau di wilayah Pasifik. Sehingga di sana, ia beserta seluruh keluarganya dapat dengan aman mengisolasi diri di tengah pandemic Covid-19 yang melanda dunia saat ini.

Ketika disinggung mengenai apa rahasia keberhasilannya yang masif, salah satu pemain favorit ini menjawab bahwa dedikasi dan kerja keras ialah kuncinya. 

Dengan realita kehidupan yang penuh misteri, modal bakat saja tak akan cukup untuk diandalkan. Menurutnya, berpegang pada aturan, kedisiplinan, komitmen, dan pengabdian dapat mengantarkan seseorang menuju kemenangan, cepat atau lambat.

Baca Juga: 6 Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia, yang Manakah Idolamu?