Punya Usaha Coffee Shop? Ini 4 Alasan Kenapa Harus Ada Fasilitas WiFi

KOMPAS.com - Sekarang ini menemukan coffee shop atau kedai kopi yang asyik buat nongkrong bukanlah hal yang sulit. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya animo masyarakat yang cukup signifikan dengan tren ngopi dan nongkrong di coffee shop dan bukan hanya sekedar tempat untuk menikmati kopi atau menu unik lainnya.

Tapi juga tempat seru dan nyaman buat nongkrong bersama teman atau kolega bisnis, hingga melakukan co-working space. Jangan heran jika banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba menghadirkan tempat ngopi yang keren dengan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap.

Salah satunya dengan menyediakan akses internet yang sangat memadai. Apalagi, internet sudah jadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat saat ini. Sehingga hampir semua tempat hangout berbayar saat ini pasti akan menyediakan akses internet.

Namun memang, saat ini belum banyak pelaku bisnis kedai kopi yang paham tentang pentingnya menyediakan akses internet ini. Sehingga ketersediaan fasilitas ini masih belum diperhatikan secara serius.

Bagi Anda yang penasaran mengapa internet menjadi salah satu fasilitas wajib ada di coffee shop, simak ulasan dari Cermati.com berikut ini:

1. Menjadi Daya Tawar di Mata Konsumen

Dengan adanya akses internet di coffee shop, ini akan membuat pelanggan lebih tertarik untuk datang. Apalagi jika akses internet tersebut diberikan tanpa biaya apapun alias gratis. Tak bisa dipungkiri jika keberadaan akses internet jadi salah satu nilai tambah yang mampu menarik minat calon pelanggan coffee shop.

Tentunya siapa sih yang ingin pelanggannya lari ke tempat kompetitor? Jadi, dengan menyiapkan fasilitas internet yang memadai, ini bisa jadi satu kelebihan dibanding yang lain. Sehingga membuat pelanggan pun makin betah berlama-lama nongkrong di kedai kopi tersebut.

2. Mengumpulkan Data Pelanggan

Dengan adanya akses internet, Anda bisa lebih mudah memperoleh dan mengumpulkan data pelanggan yang diperlukan. Contoh mengetahui perilaku pengunjung ketika berkunjung ke coffee shop milik Anda. Termasuk mengetahui menu-menu apa saja yang difavoritkan, hingga pengalaman mereka ketika berada di tempat tersebut. Nantinya, data-data ini bisa digunakan untuk meningkatkan hal-hal apa saja yang dirasa kurang dalam bisnis.

Baca juga: Ingin Bisnis Kopi? Pahami Dulu Cara Menghitung Target Penjualannya 

3. Pengelolaan Manajemen Operasional Jadi Lebih Baik

Selain jadi daya tawar untuk pelanggan, akses internet juga tak kalah penting untuk menunjang operasional bisnis. Dengan jaringan internet yang memadai, Anda bisa dengan mudah memanfaatkan berbagai teknologi digital. Seperti, menambahkan software kasir online, pembayaran secara online dan sebagainya.

Dengan begitu, pengelolaan operasional bisnis bisa berjalan secara lebih efektif dan mudah. Sehingga, akan mengurangi potensi terjadinya kesalahan yang memungkinkan terjadinya kerugian secara materi.

4. Mendukung Kesuksesan Strategi Marketing

Melalui internet, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dan data secara konkret. Hal inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk mendukung penerapan strategi marketing di masa mendatang. Termasuk beberapa strategi promosi melalui website, media sosial dan sebagainya.

Keberadaan akses internet yang memadai akan semakin memuluskan strategi pemasaran yang sudah direncanakan. Di samping itu, Anda juga harus memperhatikan fasilitas internet tidak hanya untuk pelanggan yang hadir tapi juga dapat mendukung bisnis.

Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam memilih penyedia layanan internet, kecepatan akses, hingga keamanan jaringan internet sebagai langkah mengoptimalkan layanan.