15 Quote Motivasi yang Bakal Bikin Kamu Jadi Lebih Semangat Menjalani Hidup

Kehidupan manusia itu berputar seperti roda, kadang ada di atas kadang ada di bawah. Dunia tampak selalu tersenyum ketika seseorang sedang ada di posisi atas. Namun saat kehidupan berputar ke bawah, rasanya tidak ada satu hal pun yang menarik.

Dalam kondisi seperti ini, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk bisa bangkit. Ada yang membutuhkan nasihat dan dukungan dari orang terdekat, tetapi ada pula yang bisa kembali bersemangat hanya karena membaca quote motivasi.

Bagi orang-orang tersebut, quote motivasi seperti mantra yang bisa kembali menyatukan semangat yang sudah tercerai-berai karena sebuah kegagalan. Sebuah kalimat sederhana yang terkadang punya kekuatan luar biasa untuk mengubah hidup seseorang.

Tidak hanya untuk menyemangati diri sendiri, quote motivasi juga sering digunakan untuk memberikan kekuatan pada orang-orang terdekat untuk bisa kembali bangkit. Buat kamu yang saat ini sedang menghadapi masa sulit, berikut deretan quote motivasi yang bisa menjadi penyemangat untuk terus berjuang.

Baca Juga: 15 Quotes Indonesia Buat Bikin Status dan Unggahan Media Sosialmu Jadi Makin Keren

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Kumpulan Quote Motivasi yang akan Menambah Semangat

  loader

Tambah Semangatmu dengan Quote Motivasi Berikut Ini

  1. Yakin Pada Diri Sendiri

    “Keraguan membunuh lebih banyak mimpi daripada kegagalan.” – Suzy Kassem

    Tips: Keraguan seringkali membuat seseorang takut untuk mencoba. Tidak berani mencoba berarti kalah sebelum berperang. Karena itu, hilangkanlah rasa ragu dalam hatimu dan mulailah mengejar mimpi dengan sepenuh hati. Lebih baik gagal karena mencoba daripada menyesal karena selalu ragu untuk memulai.

  2. Ambil Setiap Kesempatan yang Ada

    “Kesempatan itu mirip seperti matahari terbit. Kalau kau menunggu terlalu lama, kau bisa melewatkannya.” – William Arthur Ward

    Tips: Kesempatan tidak selalu datang dua kali dalam hidup. Karena itu, kamu harus bisa memanfaatkan dengan baik setiap kesempatan yang datang. Bisa jadi, kesempatan yang menurutmu sederhana bisa menjadi pintu utama menuju tujuan besar dalam hidupmu.

  3. Manfaatkan Waktu dengan Baik

    “Waktu lebih berharga daripada uang. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak uang, tetapi kamu tidak bisa mendapatkan lebih banyak waktu.” – Jim Rohn

    Tips: Orang seringkali bekerja keras sampai lupa dengan waktu. Padahal sebanyak apapun uang yang dimiliki tidak akan pernah bisa digunakan untuk mengembalikan waktu. Karena itu, manfaatkanlah waktumu dengan baik. Seimbangkan antara waktu untuk bekerja, diri sendiri, dan keluarga agar tidak ada penyesalan di masa depan.

  4. Hidup Bukan Soal Kompetisi

    Tidaklah menjadi masalah selambat apa kita dalam menjalani hidup selama kita tidak berhenti berusaha.” – Confucius

    Tips: Terkadang orang memandang hidup itu sebagai sebuah kompetisi. Kondisi ini membuat orang jadi merasa gagal saat pencapaian yang didapat belum seperti orang-orang di sekitarnya. Padahal hidup sesungguhnya bukan tentang berkompetisi, tetapi tentang terus berusaha dan tidak menyerah.

  5. Jangan Mengandalkan Orang Lain dalam Hidup

    “Jika kita ingin menjalani hidup dengan baik, gantungkan hidupmu pada tujuan, bukan bergantung pada manusia ataupun sesuatu.” – Albert Einstein

    Tips: Manusia memang dilahirkan sebagai makhluk sosial, tetapi itu bukan berarti jika kamu harus selalu menggantungkan hidupmu pada orang lain. Ketika terlalu bergantung pada orang lain atau sesuatu, hidupmu akan sangat sulit saat itu tidak ada. Lebih baik kamu fokus pada tujuan hidup dan berusaha sebaik mungkin dengan kemampuan yang dimiliki. Jika ada orang yang datang membantu, anggaplah itu sebagai bonus dan bukan jalan utama.

  6. Selalu Optimis dalam Melakukan Sesuatu

    “Optimisme adalah keyakinan yang mengarah pada prestasi. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan kepercayaan diri.” – Hellen Keller

    Tips: Apapun yang akan kamu lakukan, seberat apa pun jalan yang harus ditempuh, optimisme adalah kunci untuk bisa sampai di tujuan. Optimisme akan mencegahmu untuk berhenti di tengah jalan saat ada kerikil kecil yang menghalangi. Dengan adanya harapan dan kepercayaan diri, sesulit apapun tujuan yang ingin dicapai, akan selalu ada jalan yang terbuka untuk menggapainya.

  7. Mulailah Melakukan Sesuatu

    “Ambil tindakan. Satu inci gerakan akan membawa kamu lebih dekat ke tujuan daripada satu mil niat.” – Steve Maraboli

    Tips: Sehebat apapun ide dan gagasan hanya akan tetap ada di angan jika kamu tidak mulai bergerak. Karena itu, jangan biasakan menumpuk ide dan menunda untuk mewujudkannya. Kamu harus mulai bergerak melakukan sesuatu ketika sebuah ide cemerlang melintas di benak.

  8. Tidak Perlu Selalu Sama dengan Orang Lain

    “Dua jalan bercabang di hutan, dan aku mengambil jalan yang jarang dilalui, dan itu membuat semua perbedaan.” – Robert Frost

    Tips: Ingatlah jika setiap orang memiliki takdir dan jalan hidup yan berbeda. Kamu tidak selalu harus melewati jalan yang sama untuk bisa mencapai kesuksesan yang didapat orang lain. Beranilah untuk mengambil jalan yang berbeda dalam menggapai tujuanmu. Perbedaan jalan belum tentu membuatmu gagal, bisa jadi itu malah akan membuatmu lebih kaya pengalaman.

  9. Jangan Pasrah Pada Keadaan

    “Satu-satunya hal yang mengatasi nasib buruk adalah kerja keras.” – Harry Golden

    Tips: Jika saat ini hidupmu sedang berada di fase bawah, jangan putus asa. Teruslah berusaha dan bekerja keras karena dengan cara itu kamu bisa membalikkan nasib buruk jadi lebih baik. Hanya dengan berdiam diri tidak akan mengubah apapun dalam hidupmu, bahkan mungkin itu bisa memperburuk yang sudah kamu alami.

  10. Berbeda Bukan Berarti Buruk

    “Ketika segala sesuatu tampak bertentangan dengan Kamu, ingatlah bahwa pesawat lepas landas melawan angin, bukan mengikutinya.” - Henry Ford

    Tips: Banyak orang yang memaksakan diri untuk selalu bisa sama dengan orang lain. Padahal, hal itu mungkin membuat kamu tidak nyaman dan bahkan berdampak negatif untuk kehidupanmu. Ingatlah bahwa selama apa yang kamu lakukan tidak melanggar norma apapun atau merugikan orang lain, tetaplah ikuti apa yang kamu anggap benar.

  11. Kegagalan Bukanlah Akhir

    “Orang sukses tidak takut kegagalan, tetapi mengerti bahwa kegagalan adalah hal yang penting untuk dipelajari dan tumbuh darinya.” Robert Kiyosaki.

    Tips: Banyak orang yang berhenti untuk mencoba ketika gagal. Padahal kenyataannya, banyak orang yang berhasil sukses karena telah melewati kegagalan yang tidak sedikit. Dari kegagalan orang juga bisa belajar dan mengambil langkah yang lebih baik untuk menghindari kesalahan.

  12. Percaya dengan Kemampuanmu Sendiri

    " Lebih baik gagal dalam orisinalitas daripada berhasil meniru." - Herman Melville

    Tips: Banyak orang yang rela melakukan apapun demi sebuah kesuksesan, termasuk dengan meniru atau bahkan mencuri karya orang lain. Padahal, konsekuensi yang akan kamu dapat dengan melakukan kecurangan ini akan sangat merugikan. Karena itu, percayalah dengan kemampuanmu sendiri dan sajikan karya orisinil. Seandainya belum berhasil, setidaknya kamu gagal dengan terhormat.

  13. Selesaikan Sampai Akhir

    "Miliki cukup keberanian untuk memulai dan cukup hati untuk menyelesaikan." - Jessica NS Yourko-

    Tips: Memulai sesuatu itu hal yang tidak mudah, tetapi lebih sulit untuk tetap bertahan sampai akhir. Banyak orang yang berhasil memulai untuk melakukan sesuatu, tetapi gagal mempertahankan sampai akhir. Konsisten sangat diperlukan agar kamu bisa memetik hasil yang manis dari apa yang sudah dimulai.

  14. Fokus Pada Hal yang Kamu Bisa

    "Jangan biarkan apa yang tidak dapat kamu lakukan mengganggu apa yang dapat kamu lakukan." - John R. Wooden

    Tips: Orang seringkali hanya berfokus pada apa yang tidak bisa dilakukan dan melupakan apa yang sebenarnya bisa dilakukan. Misalnya saat kamu ingin memulai usaha minuman, fokusmu hanya pada modal untuk membeli gerai. Padahal, dibanding sibuk memikirkan cara untuk memiliki gerai dengan harga yang mahal, kamu bisa memulainya dengan membuka warung di depan rumah.

  15. Hal yang Indah Tidak Didapat dengan Mudah

    “Jangan lupa bahwa sunset yang indah membutuhkan awan yang kelabu.” - Paulo Coelho

    Tips: Setiap hasil yang indah didapat dengan kerja keras. Terkadang ada kegagalan dan juga kesulitan yang dihadapi. Tetapi percayalah, pada akhirnya kamu akan memetik hasil yang memuaskan.

     Baca Juga: 38 Kata Motivasi Hidup untuk Membangun Semangat

Bisa Juga untuk Caption di Media Sosial

Tidak selamanya orang mencari quote motivasi untuk memberi semangat diri sendiri. Terkadang, quote tersebut dicari hanya untuk dijadikan caption di media sosial seperti Instagram. Selain untuk memberi motivasi bagi diri sendiri dan orang lain, quote di atas juga bisa membuat unggahanmu di media sosial jadi lebih menarik.

Baca Juga: 50+ Kata-kata Motivasi Sukses untuk Diri Sendiri