Kumpulan Quotes untuk Diri Sendiri

Saat sedang sedih atau down, siapa yang kamu jadikan andalan untuk membangkitkan mood kamu lagi? Apakah curhat ke seorang sahabat? Apakah bercerita ke pacar? Mendengarkan hiburan dari orang lain tentu terasa menenangkan, namun kamu tidak dapat mengandalkan orang lain terus-menerus. Tidak semua pertemanan atau hubungan berlangsung selamanya, akan ada momen-momen di mana kamu akan sendirian. 

Lantas, siapa yang dapat memotivasimu saat kamu sendirian? Apakah kamu harus menunggu kehadiran dan bantuan orang lain? Tentu tidak! Kamu bisa melakukan self-help dengan memotivasi diri sendiri. Oleh karena itu, yuk simak kumpulan quotes untuk diri sendiri berikut ini.

Quotes untuk Diri Sendiri saat Lelah dan Patah Hati

loader

Quotes untuk Diri Sendiri saat Lelah dan Patah Hati

1. Jangan Kalah dengan Lelah

Pastikan rasa lelahmu tidak membuatmu kalah.

Tips: Jangan menyerah dengan keadaanmu, meskipun kamu serasa berada di titik penghabisan. Rasa lelah tidak boleh membuatmu lembek dan pasrah terhadap kesulitan.

2. Jangan Lelah untuk Kebaikan

Jangan pernah lelah untuk jadi orang baik, jangan pernah lelah untuk memedulikan sesama. 

Tips: Memedulikan orang lain sering kali berarti mengorbankan diri sendiri. Meskipun rasanya melelahkan dan menyakitkan, ketahuilah bahwa kamu sedang mengubah kehidupan-kehidupan orang lain melalui lelahmu.

3. Lelah untuk Orang Lemah

Lelah hanyalah sebuah kata untuk orang-orang lemah yang mulai pasrah dengan keadaan!

Tips: Jangan pasrah terhadap keadaan dan kesulitan yang sedang terjadi. Terus miliki fighting spirit dan melangkah maju dalam saat-saat kelam sekalipun.

4. Tetap Memiliki Harapan Meskipun Sudah Lelah

Letih kaki ini melangkah. Sedih hati ini merasa. Namun aku tetap memiliki harapan. Walaupun kecil ia adalah cahaya.

Tips: Harapan sekecil apapun dalam sebuah kesulitan adalah percikan cahaya yang dapat mengobarkan sebuah api besar. Pastikan harapan itu terus ada di dalam hatimu di saat-saat pahit.

5. Setiap Orang Membutuhkan Tempat untuk Bersandar

Orang lain mungkin melihatmu sebagai orang yang sangat kuat, padahal kamu juga butuh tempat untuk bersandar pada saat lelah. 

Tips: Tidak perlu terus-menerus memasang topeng di hadapan semua orang. Jika sedang sedih, menangislah. JIka sedang lelah, beristirahatlah. Jika sedang terluka, carilah pertolongan. Kamu tidak harus selalu jadi orang paling kuat dan berani saat ada masalah.

6. Tidak Perlu Melakukan Apapun

Ada kalanya kita tidak perlu melakukan apa-apa, melainkan memasrahkan segala sesuatu kepada rencana Tuhan. 

Tips: Meskipun kamu merasa dapat mengatur dan melakukan segala hal, terkadang kamu lupa kalau Tuhanlah yang mengatur setiap langkah hidupmu. Serahkan semuanya kepada Tuhan dan jangan takut untuk melepas kendali akan beberapa hal. Tuhan sudah merencanakan yang terbaik untuk umat-Nya.

7. Kuat Tidak Berarti Tidak Lelah

Menjadi kuat bukan berarti kamu tidak pernah lelah. Itu berarti kamu memiliki kekuatan untuk bangkit lagi setelah jatuh.

Tips: ‘Kuat’ bukan berarti kamu tidak pernah jatuh. ‘Kuat’ bukan berarti hidupmu berjalan lancar-lancar saja. ‘Kuat’ bukan berarti kamu tidak menangis saat terluka. ‘Kuat’ adalah kamu yang mengobati luka-lukamu sendiri dan bangkit dengan cepat setelah terjatuh. ‘Kuat’ adalah kamu yang terus melanjutkan kehidupan di saat rasanya sudah tidak ada lagi alasan untuk hidup. ‘Kuat’ adalah kamu yang terus mencoba.

8. Berusahalah untuk Mempertahankan Harapan

Bukankah melelahkan berkali-kali dipatahkan harapan? Aku manusia, bukan dewa. Aku harus tetap berusaha. Aku tidak mau sia-sia.

Tips: Terkadang masalah terasa begitu berat dan kita hanya ingin menangis dan mengasihani diri sendiri. Tapi, apakah kamu mau menyerah begitu saja pada keadaan? Bukankah kamu orang yang kuat? Apakah kamu akan membiarkan perjuanganmu selama ini sia-sia? 

9. Tidak Apa-apa untuk Menangis, Bangkitlah setelah Itu

Ketika memiliki jiwa yang lelah, menangislah. Satu hari. Dua hari. Tiga hari. Setelah itu berbahagialah, karena waktu dan dunia tak menunggumu agar ia bisa berputar.

Tips: Tidak ada yang salah dari bersedih dan menangis. Tidak ada yang salah untuk beristirahat sementara waktu. Tidak ada yang salah, namun jangan sampai kamu berlarut-larut dalam kesedihanmu. Dunia dan segala urusannya tidak berhenti saat kamu beristirahat. Orang-orang lain yang terus berusaha akan mendapatkan kesempatan lebih untuk berhasil di saat kamu sedang bersedih. Apakah kamu ingin kehilangan kesempatan karena terlalu lama bersedih?

10. Jangan Menyerah, Bangunlah Tekad

Menyerah berarti menerima bahwa kamu lelah. Tetapi, untuk beristirahat dan mencoba lagi adalah tanda sebuah tekad. 

Tips: Jangan berhenti berjuang saat kamu lelah. ‘Lelah’ adalah sebuah titik, bukan sebuah garis akhir. Terus bangkit dan coba lagi, tidak ada kata berhenti sampai kamu melintasi garis akhir.

11. Mulailah Kisah Baru setelah Hati Sembuh

Sembuhkan dulu hatimu sebelum memulai kisah yang baru lagi.

Tips: Ketika hatimu dihancurkan oleh seseorang, hati tersebut tidak akan langsung sempurna dalam sekejap waktu. Obati terlebih dahulu.

12. Orang Baik akan Bertemu Orang Baik Lainnya

Setelah kamu pergi, aku menjadi sadar bahwa orang baik akan bersanding dengan orang yang baik pula.

Tips: Ingat frasa ‘you deserve better’? Sering kali kita tidak sadar bahwa kita pantas mendapatkan orang yang lebih baik, dan baru tersadarkan ketika kita sudah meninggalkan orang yang buruk dan melihatnya dari kejauhan.

13. Memantapkan Kelebihan dan Perbaiki Kekurangan

Ada kelebihan dan kekurangan pada diri tiap orang, yang perlu dilakukan adalah memantapkan kelebihan yang kita miliki, bukan meratapi kekurangan yang ada.

Tips: Kita sering menyalahkan diri sendiri ketika tidak mendapatkan apa yang dimau, dan mengkritik kelemahan-kelemahan yang dimiliki. Mengapa kita tidak fokus mengembangkan kelebihan yang ada saja, dibandingkan memerhatikan kelemahan kita secara berlebihan?

14. Waktu untuk Berharap dan Berhenti

Ada waktu untuk berharap, dan ada waktu untuk berhenti. Ada masa untuk memperjuangkan, namun ada juga untuk mengikhlaskan.

Tips: Memperjuangkan seseorang secara terus-menerus tidak menjamin kita akan mendapatkan orang tersebut. Terkadang solusi terbaik adalah mengikhlaskan kepergian orang tersebut demi diri kita sendiri.

15. Sendiri

Lebih baik dalam kesendirian daripada dalam hubungan yang buruk.

Tips: Jomblo tidaklah selalu buruk. Dibandingkan terjebak dalam hubungan yang toxic atau abusive, kesendirian adalah pilihan yang jauh lebih baik. Gunakan kebijaksanaan dalam memilih pasangan, sehingga tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Gunakan Quotes untuk Diri Sendiri sebagai Motivasimu Bangkit Kembali

Itulah quotes untuk diri sendiri saat sedang lelah atau patah hati. Ayo, tunggu apa lagi? Tidak perlu orang lain untuk ‘menyembuhkan’ kesedihanmu, karena kamu punya dirimu sendiri!

Baca Juga Kumpulan Quotes Lainnya: