Raih Peluang Besar dalam Bisnis Perhiasan, Begini Tipsnya!

Perhiasan merupakan hal yang sangat identik dengan kaum hawa, meski tak menutup kemungkinan jika di era sekarang tak sedikit pula kaum adam yang mulai tertarik untuk turut serta mengumpulkannya sebagai koleksi ataupun investasi.

Perhiasan bukan hanya sekedar aksesoris pelengkap dalam berpenampilan. Melainkan sebagai salah satu alat yang dapat digunakan untuk menunjukkan status sosial yang dipakai mulai dari jaman nenek moyang hingga saat ini. Tak heran jika bisnis dalam bidang jual beli perhiasan menjadi hal yang cukup menjanjikan.

Hampir sama dengan bisnis dalam bidang kebutuhan pokok, bisnis perhiasan menjadi salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Selama orang memandang status dari segi materi yang tampak oleh mata, dan menjadikan perhiasan sebagai salah satu kebutuhan pokoknya, maka selama itulah bisnis perhiasan akan terus hidup dan berkembang.

Bukti dari betapa menggiurkannya bisnis ini adalah banyaknya pengusaha yang telah sukses dan mampu mengembangkan bisnis perhiasan mereka tidak hanya skala nasional tapi juga skala internasional. 

Perkembangan bisnis perhiasan juga seiring dengan perkembangan dunia fashion. Oleh karena itu, jika ingin memulai menekuni bisnis perhiasan ini, maka Anda juga diwajibkan untuk update segala informasi terbaru tentang dunia fashion yang selalu dinamis serta mengikuti permintaan pasar.

Dengan begitu, bisnis perhiasan akan semakin diincar banyak kalangan dan ini tentunya menjadi peluang besar yang harus Anda raih. Berikut tips-tips sederhana yang bisa dilakukan seperti yang dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Memperkenalkan Perhiasan di Acara Mini Party/Gathering 

perhiasan
Memperkenalkan perhiasan

Agar perhiasan dari hasil karya dikenal dan diterima banyak orang, Anda perlu membuat acara mini party atau gathering. Acara yang diadakan tidak perlu mewah, cukup sederhana tapi mampu memiliki dampak pada bisnis perhiasan. 

Cukup dengan mengundang tetangga sekitar rumah, sahabat atau teman-teman, rekan kerja dan juga para selebgram. Selanjutnya, Anda juga bisa menawarkan produk perhiasan kepada mereka dengan memberikan fasilitas lebih ataupun harga promo yang lebih murah dari harga normal.

2. Jalin Kerja Sama dengan Toko Online

Tak bisa dipungkiri, bahwa bisnis secara online saat ini sangat mendominasi. Dengan biaya yang relatif murah, produk perhiasan yang dimiliki mampu menjangkau area promosi yang sangat luas. 

Anda bisa menjalin kerja sama dengan toko-toko online yang fokus pada dunia fashion ataupun aksesoris serta pernak-pernik yang erat kaitannya dengan wanita. Anda juga bisa menawarkan berbagai kelebihan dan benefit jika toko online tersebut menjalin kerja sama dengan bisnis perhiasan.

Baca Juga: Cerita Sukses Sosialita Poppy Hayono Isman, Dari Pegawai Jadi Pengusaha Perhiasan

3. Aktif Berpartisipasi Dalam Pameran

perhiasa
Aktif berbartisipasi dalam pameran

Aktif mengikuti kegiatan pameran juga bisa dilakukan untuk mengenalkan produk-produk perhiasan yang Anda miliki. Jangan lupa, jika Anda sedang mengikuti pameran, maka buatlah stan semenarik mungkin, sediakan pula fasilitas yang biasa dibutuhkan oleh customer, misalnya saja sebuah cermin.

4. Promosi di Sosial Media dan Website

Sosial media memiliki pengaruh yang cukup besar dalam hal promosi produk. Apalagi instagram dan facebook. Selain itu, website juga menjadi cara jitu untuk melakukan promosi. Selain digunakan sebagai media promosi hard selling, sosial media dan website juga dapat digunakan sebagai media promosi soft selling

Caranya mudah, cukup dengan membagikan tips-tips sederhana seputar perhiasan atau infografis yang berisi tentang perkembangan terkini dunia perhiasan. 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis

5. Berikan Harga Diskon

diskon
Berikan harga diskon

Agar lebih menarik para customer, Anda juga bisa memberikan penawaran-penawaran diskon spesial dalam momen-momen yang spesial juga. Misalnya saja diskon menjelang hari kemerdekaan, diskon yang bertepatan dengan hari ibu, hari kartini dan momen spesial lainnya.

Ciptakan Ide Kreatif dan Berani Berinovasi

Bisnis perhiasan hanya membutuhkan dua kunci utama, yaitu mampu menciptakan ide-ide desain yang kreatif  dalam merancang model perhiasan dan teknik dalam pemasarannya serta berani untuk berinovasi agar bisnis perhiasan yang Anda jalani lebih unggul daripada yang lain.

Memahami permintaan dan penawaran pasar pun sangat penting untuk dilakukan, agar nantinya dapat menentukan target pasar yang akan dituju. Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu melalui kompetitor yang sudah ada sebelumnya serta mendalami alur bisnis yang ada pada industri perhiasan.

Baca Juga: Cara Membuat Bisnis Plan dan Kegunaannya