Cara Ampuh Singkirkan Rayap dari Rumah

Ada yang pernah atau bahkan mungkin masih bermasalah dengan rayap sampai saat ini? Serangga yang satu ini memang telah menjadi salah satu hama yang sangat mengganggu. Pasalnya, berbagai barang yang terbuat dari kayu bisa habis dilalap oleh rayap.

Jika sudah demikian tentu akan ada banyak kerugian yang harus ditanggung. Apalagi jika di dalam perabot kayu itu tersimpan barang berharga seperti uang, ijazah, atau mungkin surat tanah. Hal ini pasti akan membuat orang jadi pusing tujuh keliling.

Kejadian seperti itu kemudian membuat pemilik rumah membeli obat-obatan kimia untuk menyingkirkan rayap. Padahal sebenarnya, ada beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk menyingkirkan hewan yang hidup secara berkoloni ini.

Cara alami ini dianggap lebih aman bagi kesehatan dan lingkungan. Berikut 15 cara membasmi rayap secara alami yang bisa kamu coba di rumah.

Baca Juga: 6 Pertimbangan Penting untuk Menggunakan Furniture Kayu di Rumah

15 Cara Membasmi Rayap Kayu Secara Alami

loader

Cara Membasmi Rayap Kayu Secara Alami

  1. Rutin Jemur Perabotan Kayu

    Perabotan kayu sering menjadi sasaran empuk bagi rayap ketika dalam kondisi lembap. Karena itu, sangat penting untuk menjaga barang-barang tersebut selalu dalam kondisi kering. Caranya adalah dengan sering menjemur perabotan di bawah sinar matahari yang terik.

    Lakukan penjemuran ini selama beberapa jam sampai semua bagian dari perabotan tidak lagi lembap. Kamu juga perlu memoleskan pernis setiap beberapa waktu agar benda-benda kayu di rumah tidak mudah lembap. 

    Untuk mencegah rayap kayu menghinggapi perabot, kamu juga perlu memberikan jarak antara dinding dengan perabot kayu. Hal ini agar rayap yang mungkin bersembunyi di retakan dinding tidak meloncat berpindah ke perabot.

  2. Tidak Meletakkan Perabot Kayu Langsung ke Tanah

    Jika rumah yang kamu tinggali masih memiliki bagian yang terbuat dari kayu, penting untuk memastikannya tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Buat jarak antara tanah dengan kayu. Hal ini berguna untuk mencegah rayap masuk ke dalam rumah.

    Pasalnya, kayu bisa menjadi media yang sangat baik bagi rayap untuk diam-diam masuk ke dalam rumah. Apalagi jika jenis kayu yang digunakan tidak diolah dengan baik. Kayu bisa jadi gampang lembap sehingga jadi tempat yang sangat cocok untuk rayap berkembang biak.

  3. Perbaiki Semua Retakan di Rumah

    Tidak sedikit orang yang lupa untuk mengecek apakah ada retakan atau tidak di dinding rumahnya. Padahal, adanya retakan di rumah ini bisa membuat air dari luar merembes atau lebih buruknya, ini bisa menjadi pintu masuk bagi rayap.

    Karena itu, rutin lakukan pengecekan terhadap semua dinding dan lantai di rumah. Jika menemukan retakan, segera perbaiki. Kamu bisa menutupnya dengan semen atau menggunakan pasta dempul dinding agar rayap tidak bisa masuk.

  4. Perbaiki Pipa atau Keramik Rusak 

    Tidak hanya tembok atau dinding yang retak, keramik yang rusak juga bisa menjadi penyebab uap air masuk ke dalam rumah. Jika sudah begitu, maka rumah jadi lebih lembap. 

    Ketika ada bagian pipa yang bocor, maka rembesan air akan membuat dinding atau bagian lain dari rumah jadi lebih lembap. Jika demikian, maka rayap tentu akan lebih mudah masuk dan merusak perabotan di rumahmu.

    Agar hal ini tidak terjadi, kamu perlu lebih dahulu melakukan perbaikan pada pipa atau keramik yang mengalami kerusakan. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menghalau rayap masuk ke dalam rumah. 

  5. Jangan Biarkan Ada Genangan di Sekitar Rumah

    Saat musim penghujan, rayap biasanya akan semakin sering muncul di sekitar rumah. Serangga ini akan terlihat senang saat ada genangan air. Sebab, ini bisa menjadi tempat yang ideal bagi mereka untuk berkembang biak.

    Karena itu, pastikan jika di kanan, kiri, depan, dan belakang rumah tidak memiliki cekungan yang dapat membuat air tergenang. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan saluran air secara rutin.

  6. Buat Banyak Ventilasi

    Rumah yang memiliki kondisi lembap adalah tempat yang sangat bagus bagi rayap untuk bekembang biak. Karena itu, ketika kamu mempunyai rumah berbahan kayu, atau perabot dari kayu, usahakan untuk membuat banyak ventilasi.

    Hal ini penting agar sinar matahari bisa lebih banyak masuk ke rumah sehingga perabot kayu di dalamnya tidak lembap dan terhindar dari rayap.

  7. Bersihkan Kayu di Sekitar Rumah

    Jika tempat kamu tinggal memiliki banyak pohon di sekitarnya, pastikan ranting-ranting kering yang terjatuh selalu rutin dibersihkan. Pasalnya, kondisi seperti itu akan jadi tempat yang sangat disukai oleh rayap.

    Ketika ranting-ranting kering ini basah dan lembap, rayap akan dengan cepat datang dan membuat tempat tinggal di sekitarnya. Ini tentu akan membuat rumah jadi lebih berisiko dimasuki rayap.

  8. Jebak dengan Kardus Basah

    Jika kamu menemukan rayap sudah mulai masuk rumah dan menggerogoti perabotan, coba gunakan kardus basah sebagai jebakan. Rayap biasanya menyukai sesuatu yang lembap. Jadi ketika kamu menyiapkan kardus basah di sekitar perabot, diharapkan rayap jadi terpikat dan berpindah.

    Saat koloni serangga itu sudah berpindah ke kardus, kamu bisa langsung membuang dan menghancurkannya tanpa sisa. Jika ada banyak rayap di rumah, kamu bisa menggunakan cara ini berkali-kali sampai tidak ada lagi yang tersisa.

  9. Turunkan Suhu Ruangan

    Khusus buat kamu yang rumahnya memiliki pendingin ruangan alias AC, mengganti suhu ruangan secara ekstrim juga berguna menyingkirkan rayap dari rumah. Sebab, ketika suhu diganti menjadi sangat dingin, rayap akan secara perlahan mati dengan sendirinya.

    Jadi cobalah untuk menurunkan suhunya menjadi paling dingin di ruangan yang terdapat perabot kayu. Jika ada rayap tersembunyi, mereka akan satu persatu mati sehingga kamu hanya perlu membersihkannya.

  10. Gunakan Air Sabun

    Air sabun tidak hanya bisa membersihkan badan, tetapi juga dapat digunakan untuk menyingkirkan rayap kayu dari rumah. Pasalnya, ketika rayap terkena semprotan air sabun, mereka akan kekurangan pasokan oksigen karena sistem pernapasannya sangat sensitif dengan cairan ini.

    Kamu hanya perlu mencairkan sabun dengan air ke dalam botol semprot. Setelah itu semprotkan larutan tersebut ke tempat perabot yang dipenuhi rayap dan tunggu sampai serangga tersebut tumbang.

  11. Singkirkan dengan Garam

    Membuat larutan garam juga bisa menjadi cara menghilangkan rayap yang ampuh. Kamu hanya perlu mencampurkan bumbu dapur ini dengan air dalam botol semprot. Setelah itu tinggal semprotkan saja ke tempat yang sudah ditinggali rayap.

    Garam akan menyebabkan tubuh rayap mengalami kesakitan sehingga pelan-pelan mereka akan mati.

  12. Manfaatkan Minyak Jeruk

    Menurut penelitian, kandungan d-limonene pada minyak jeruk ampuh membasmi rayap. Hal ini dikarenakan zat tersebut oleh para serangga, termasuk rayap, dianggap sebagai racun. Kamu hanya perlu menuangkan minyak jeruk ke dalam rumah rayap dan mereka akan mati.

  13. Letakkan Kapur Barus

    Benda yang satu ini memang cukup multifungsi. Tidak hanya membuat ruangan jadi wangi, kapur barus juga bisa digunakan untuk menyingkirkan serangga dari rumahmu. Adanya kandungan naftalena pada kapur barus sangat bagus untuk membunuh rayap.

    Jadi, pastikan kamu selalu meletakkan kapur barus di dalam perabot kayu serta sudut rumah untuk menjauhkan rayap dari furnitur kesayanganmu.

  14. Manfaatkan Kemangi dan Daun Salam

    Kamu juga bisa memanfaatkan kemangi dan daun salam untuk mengusir rayap. Caranya juga sangat gampang, cukup taruh kemangi dan salam di perabotan kayu dan biarkan di sana selama beberapa hari.

    Aroma dari kedua daun-daunan ini sangat kuat sehingga membuat rayap enggan untuk mampir.

  15. Gunakan Air Cucian Beras

    Saat kamu akan memasak beras, jangan buang air cuciannya. Air cucian beras ini ampuh untuk menyingkirkan rayap dari perabotan rumah kamu. Cukup semprotkan air cucian beras ke bagian furnitur yang dijadikan rumah untuk rayap dan mereka tidak akan betah.

Baca Juga: Uang Rusak Dimakan Rayap, ini Kriteria Uang Rusak yang Bisa Ditukar di Bank

Lebih Aman dan Hemat dengan Bahan Alami

loader

Contoh Kayu yang Dimakan Rayap

Untuk mencegah atau menyingkirkan rayap, penggunaan bahan alami memang sangat direkomendasikan. Selain lebih aman untuk kesehatan dan lingkungan, bahan-bahan alami biasanya juga lebih mudah didapatkan dan harganya lebih murah. 

Baca Juga: 6 Tips Aman Menyimpan Uang di Bank Biar Hati Tenang