Reksadana OVO: Layanan, Jenis Produk, Keunggulan, Serta Cara Belinya

Siapa yang tidak mendambakan aktivitas investasi yang mudah, modal murah, dan imbal hasil melimpah? Hal tersebut tentu menjadi impian dari semua investor yang menanamkan modalnya dengan tujuan untuk melipatgandakan kekayaannya di masa depan. Kenyataannya, kemudahan investasi dengan modal terjangkau dan peluang keuntungan menjanjikan bisa didapatkan dengan investasi reksadana.

Reksadana sendiri adalah suatu instrumen investasi unggulan dan primadona dari hampir semua kalangan investor. Pasalnya, instrumen ini memiliki cara kerja investasi yang praktis dan simpel karena pengelolaannya dilakukan oleh Manajer Investasi atau MI. Selain itu, siapa saja juga dijamin mampu menjangkau layanan investasi ini karena untuk memulainya, kamu hanya perlu menyiapkan modal dari 10 ribu atau 100 ribuan saja.

Di samping itu, penyedia layanan investasi reksadana di Indonesia juga bisa dibilang cukup menjamur dengan tawaran keunggulan dan keuntungannya masing-masing. Salah satu contoh penyedia layanan investasi reksadana yang terpercaya dan legal di Indonesia adalah Reksadana OVO.

Reksadana OVO menjadi salah satu platform investasi reksadana terkemuka dan telah banyak dimanfaatkan oleh investor di dalam negeri. Meski begitu, pastikan untuk mengetahui dulu seluk beluk layanannya sebelum memutuskan untuk berinvestasi reksadana di OVO. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan tentang layanan Reksadana OVO, jenis produk, keunggulan, sampai cara belinya.

Baca juga: Ini 12 Aplikasi Investasi Terbaik 2022 dan Tercatat di OJK

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Apa Itu Reksadana OVO?

loader

Reksadana OVO

Sebelum membahas tentang apa itu Reksadana OVO atau OVO Invest, kamu perlu memahami dulu tentang apa itu OVO. Pada dasarnya, OVO merupakan suatu aplikasi digital wallet atau dompet digital dan bisa digunakan untuk memudahkan berbagai aktivitas transaksi yang dilakukan oleh pelanggannya.

Nah, salah satu layanan yang tersedia di aplikasi tersebut adalah Reksadana OVO atau bisa juga disebut sebagai OVO Invest. Merupakan hasil sinergi dari OVO dengan Bareksa, layanan investasi reksadana ini bisa diakses melalui aplikasi OVO. Layanan investasi reksadana ini juga baru diluncurkan pada tanggal 26 Januari tahun 2021.

Melalui laman OVO Invest, pengguna bisa mengakses sejumlah fitur investasi pada para penggunanya agar dapat menjadi seorang investor ataupun calon investor. Karena tersemat pada aplikasi dompet digital tersebut, aktivitas transaksi investasi yang dilakukan oleh investor tentu jauh lebih praktis dan bisa menggunakan metode pembayaran OVO.

Untuk saat ini, instrumen investasi yang tersedia pada layanan OVO Invest ialah reksadana. Walaupun begitu, tak lama pasca diluncurkan, Reksadana OVO telah berhasil menggaet pengguna mencapai 250 ribu orang lebih. Sebab, layanan investasi pada platform ini menawarkan banyak keuntungan dan keunggulan yang menarik untuk didapatkan oleh para investor di dalam negeri.

Baca juga: Investasi Reksadana: Jenis, Keuntungan dan Risikonya

Jenis Produk di Reksadana OVO

Sebagai salah satu penyedia layanan investasi reksadana ternama di Indonesia, Reksadana OVO atau OVO Invest menyediakan sejumlah produk unggulan yang bisa dipilih oleh investor. Masing-masing produk tersebut tentu memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan investasi.

Ada 3, berikut adalah penjelasan mengenai jenis produk yang tersedia di Reksadana OVO.

  • Bahana MES Syariah Fund Class O

    Produk yang pertama ini adalah hasil sinergi antara Bahana TCW Manajemen Investasi dengan Bareksa. Sebagai jenis reksadana pendapatan tetap, produk ini menawarkan opsi pada investor yang mempunyai profil risiko menengah atau moderat.

    Diluncurkan di tanggal 08 September 2021, produk ini bisa dengan mudah dibeli di aplikasi investasi OVO dengan modal mulai dari 10 ribu saja. Reksadana ini memiliki bank kustodian yaitu Standard Chartered Bank.

    Secara umum, tujuan investasi dari Bahana MES Syariah Fund ini adalah untuk menggalang dukungan keuangan dari masyarakat guna berpartisipasi pada beragam program bisnis percepatan perkembangan serta penerapan ekonomi. Selain itu, produk reksadana syariah ini juga berusaha untuk mencapai etika bisnis yang sesuai prinsip syariah agama Islam yang mana dijalankan oleh MES atau Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah.

  • Manulife OVO Bareksa Likuid

    Selanjutnya, produk yang juga bisa disebut sebagai Mobli ini merupakan jenis reksadana pasar uang. Produk ini diluncurkan berkat hasil kerja sama dari Manulife Aset Manajemen Indonesia atau MAMI, Bareksa, dan OVO.

    Secara khusus, produk reksadana ini ditujukan pada investor yang memiliki profil risiko konservatif atau rendah. Sehingga, produk ini juga cocok dipilih oleh investor pemula yang masih belum memiliki banyak pengalaman seputar dunia investasi dan ingin bermain aman. Mobli bisa dibeli dengan nilai transaksi mulai dari 10 ribu saja dengan bank kustodian Standard Chartered.

  • Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

    Merupakan jenis reksadana pasar uang syariah, produk ini cocok dipilih oleh investor yang menginginkan aktivitas investasi dengan berpegang pada prinsip syariah. Diluncurkan tanggal 14 Juni 2021, pengguna OVO dapat berinvestasi di produk ini dengan modal mulai dari 10 ribu saja.

    Produk investasi reksadana yang muncul berkat kerja sama dari OVO, Bareksa, dan juga PT Syailendra Capital ini menawarkan beragam fitur yang menguntungkan investor. Salah satunya adalah pencairan dana yang sangat cepat sehingga membuat kenyamanan investasi lebih terjamin.

Baca juga: 5 Aplikasi Reksadana Terbaik dan Fitur Menariknya!

Keunggulan Investasi di Reksadana OVO

Selain beragam produk investasi reksadana yang tersedia, Reksadana OVO juga menawarkan berbagai keunggulan yang tentunya menarik di mata investor. Selengkapnya, berikut adalah 5 keunggulan berinvestasi di OVO Invest.

  1. Daftar Mudah

    Proses pendaftaran layanan Reksadana OVO bisa dibilang cukup mudah dan praktis. Dalam hitungan menit saja, kamu bisa menyelesaikan proses pendaftaran dan mulai berinvestasi di layanan ini. Proses pendaftaran pun sepenuhnya dilakukan secara online dengan mengumpulkan segala berkas dan dokumen yang diminta.

  2. Pembayaran Praktis

    Menggunakan OVO Cash, transaksi pembelian reksadana bisa dilakukan dengan simpel. Karena tak perlu melakukan transfer dari rekening bank, investor tidak akan dibebani dengan biaya transfer sehingga membuat aktivitas investasi lebih menguntungkan.

  3. Proses Pencairan Ringkas

    Selain pembelian, proses penjualan atau pencairan dana investasi di layanan ini juga sangat ringkas. Kamu hanya perlu melakukan penarikan dana dari portofolio investasi menjadi OVO Cash ataupun secara langsung dikirim ke alamat rekening pribadi milik investor tanpa dibebani biaya admin. Menarik, bukan?

  4. Mudah Memantau Aktivitas Investasi

    Karena bisa diakses melalui aplikasi OVO yang terpasang di smartphone, investor Reksadana OVO akan lebih mudah dalam memantau aktivitas investasi. Investor dapat mencermati pergerakan NAB yang secara otomatis diperbaharui sehingga mampu lebih optimal dalam mengelola dana investasi. Jadi, peluang keuntungan investasi bisa dimaksimalkan sekaligus mampu meminimalkan risikonya.

  5. Keamanan Terjamin

    Keunggulan yang terakhir, OVO Invest merupakan layanan investasi yang telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Artinya, segala aktivitas di dalamnya selalu diawasi lembaga tersebut. Selain itu, proses pengamanan akun nasabah juga telah terjamin melalui sejumlah teknologi digital canggih, seperti security code dan lain sebagainya.

Cara Berinvestasi di Reksadana OVO

Tidak kalah pentingnya, kamu tentu penasaran dengan bagaimana cara memulai investasi di Reksadana OVO ini. Cukup mudah, berikut adalah cara membeli produk reksadana pada OVO Invest.

  • Di halaman utama layanan OVO Invest, pilih produk reksadana yang mau dibeli.
  • Cek segala detail informasi seputar produk reksadana tersebut, dan pilih tombol Beli jika telah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
  • Setelah itu, masukkan nominal pembelian yang pastinya di atas batas minimal pembelian yang telah ditentukan.
  • Setelah menekan opsi Lanjutkan, lakukan pembayaran sesuai arahan yang diberikan, dan pilih Setuju.
  • Pastikan jika saldo OVO Cash yang dimiliki mencukupi, lalu masukkan kode keamanan atau PIN agar pembelian bisa diproses.
  • Permintaan pembelian reksadana akan langsung diproses dan informasi terkait transaksi tersebut bisa dilihat pada laman Riwayat Transaksi.

Baca juga: Cara Menghitung Keuntungan Reksadana, Lengkap dengan Contoh

Investasi di Reksadana OVO agar Peluang Keuntungannya Optimal

Itulah penjelasan tentang apa itu Reksadana OVO, produk yang ditawarkan, keunggulan, hingga cara berinvestasi pada layanannya. Sesuaikan strategi investasi dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Dengan begitu, peluang keuntungan yang mungkin didapatkan akan lebih maksimal dan optimal.