Profil Reliance Sekuritas, Perusahaan Sekuritas Terbuka dan Terjamin Keamanannya bagi Investor

Reliance Sekuritas adalah sebuah perusahaan terbuka yang bergerak di sektor sekuritas Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2003 dan terus aktif menawarkan layanan di bidang pasar modal dan investasi kepada investor di dalam negeri hingga sekarang ini. Perusahaan sekuritas ini merupakan bagian dari Reliance Group yang dikenal sebagai grup ternama pada industri finansial di Tanah Air.

Pasca 2 tahun beroperasi, tepatnya di bulan Juli 2005, Sekuritas mengambil langkah bisnis untuk menjadi sebuah perusahaan publik yang memiliki kode efek RELI. Menjadi perusahaan sekuritas terbuka, Reliance menawarkan sederet layanan pada beragam instrumen di pasar modal, di antaranya, saham atau equity, reksa dana, hingga aplikasi trading. 

Tentunya, karena termasuk sebagai perusahaan terbuka dan telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, perusahaan sekuritas ini bisa dijadikan pilihan platform investasi bagi investor. Karena itu, jika ingin tahu lebih lanjut tentang profil dari Reliance Sekuritas, keunggulan, ragam produk investasi yang ditawarkan, hingga cara membuka rekening efek melalui layanan tersebut, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Pengertian Dealer dalam Saham

Profil Reliance Sekuritas

loader

Reliance Sekuritas

Reliance Sekuritas adalah sebuah perusahaan efek atau broker efek serta underwriting. Perusahaan yang didirikan di tahun 2003 ini merupakan bagian dari Reliance Group, sebuah grup industri finansial yang aktif beroperasi di Indonesia. Induk perusahaan sekuritas ini adalah Reliance Capital Management yang berlokasi di Jakarta.

Perusahaan ini mendapatkan lisensi sebagai sebuah broker efek serta underwriter pada Bursa Efek Indonesia atau BEI dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK di tahun 2005, tepatnya tanggal 5 Juli. Perusahaan sekuritas ini juga telah mendapatkan lisensi agar bisa menjalankan transaksi margin.

Tidak hanya bergerak pada bidang investasi melalui Reliance Sekuritas, Reliance Group juga memiliki anak perusahaan lainnya dan bergerak pada sektor proteksi finansial dengan Asuransi Reliance Life, serta Asuransi Reliance Umum.

Kantor pusat Reliance Sekuritas beralamatkan di Jakarta Barat, dengan beberapa kantor cabang yang tersebar di Bali, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, hingga Jawa Barat.

Visi yang dimiliki oleh sekuritas ini adalah menjadi perusahaan jasa finansial berkelas dunia dan memiliki standar kinerja layanan berkualitas memiliki nilai integritas yang tinggi atau reliable. Sementara untuk misi yang dimiliki oleh perusahaan ini, antara lain:

  • Memperluas kemampuan dalam memberi solusi finansial secara komprehensif.
  • Berfokus pada pengembangan kemampuan dari sumber daya manusianya.
  • Mengembangkan infrastruktur pelayanan yang terintegrasi.

Sejarah Singkat Reliance Sekuritas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Reliance Sekuritas adalah perusahaan sekuritas yang telah berdiri sejak 22 Februari tahun 1993 di Jakarta. Awalnya, sekuritas ini menyandang nama Istethmar Finas Asia. Lalu, di tahun 1999, tepatnya di bulan September, perusahaan ini melakukan pergantian nama menjadi Ludlow Securities.

Beberapa tahun berselang, perusahaan ini berganti nama kembali menjadi Reliance Securities serta bergabung dengan Reliance Group di tanggal 07 Maret 2003. Per 13 Juli tahun 2005, Reliance Sekuritas mencatatkan diri pada bursa saham Indonesia dan memiliki kode saham RELI.

Kemudian, lebih dari 1 dekade berjalan, perusahaan ini kembali melakukan penggantian nama menjadi Reliance Sekuritas Indonesia yang terus dikenal hingga saat ini. Proses penggantian nama tersebut dilakukan oleh perusahaan ini di tanggal 17 April 2017.

Keunggulan Reliance Sekuritas

Jika tertarik memasuki dunia pasar modal dan mulai berinvestasi saham, kamu wajib menggunakan jasa perusahaan sekuritas dan membuka rekening saham untuk menjembatani aktivitas tersebut. Salah satu contoh sekuritas terpercaya dan ternama yang dapat dipertimbangkan untuk dipilih adalah Reliance Sekuritas.

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk memilihnya, alangkah baiknya jika memahami terlebih dulu apa saja kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh sekuritas ini. Secara umum, berikut adalah sederet keunggulan Reliance Sekuritas bagi investor.

  1. Merupakan Perusahaan Terbuka

    Reliance Sekuritas merupakan perusahaan yang terdaftar di BEI. Seluruh transaksi dan aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh investor pasti dijamin keamanannya oleh Reliance Sekuritas. Perusahaan ini juga menerapkan prinsip GCG, yaitu transparan, responsible, wajar, akuntabel, dan mandiri.

  2. Menyediakan Layanan One Stop Service

    Pelayanan finansial bagi investor oleh perusahaan ini disediakan secara terpadu. Artinya, setiap investor yang ingin menanam modal juga bisa melakukan pembiayaan maupun perlindungan aset. Alasannya karena perusahaan sekuritas ini merupakan bagian dari Reliance Indonesia Group.

  3. Channel Distribution

    Sekuritas ini memiliki beberapa jalur atau channel dalam pembelian produk keuangan yang mampu memudahkan investor mendapatkan layanan. Pembelian produk keuangan di Reliance Sekuritas bisa dilakukan via kantor perwakilan serta galeri investasi dengan jumlah hingga 34 kantor, serta via aplikasi bernama Reli Mobile dan Reli Trade.

  4. Fully Owned

    Setiap kantor cabang yang dimiliki sekuritas ini fully owned oleh perusahaan. Jadi, investor tak perlu khawatir tentang risiko tindakan fraud maupun kejahatan finansial karena keamanannya terjamin.

  5. Mempunyai Komunitas Investor

    Reliance juga mempunyai komunitas investor pada setiap kantor perwakilan. Aktivitas komunitas tersebut dilakukan rutin untuk memberi edukasi terkait situasi pasar modal serta cara mengoptimalkan return investasi.

  6. Pelayanan yang Mumpuni

    Setiap SDM dari sekuritas ini mampu memberi layanan yang prima pada setiap investornya.

  7. Menyediakan Tim Riset untuk Bantu Investor Bertransaksi Saham

    Reliance juga mempunyai tim riset yang mampu membantu investor bertransaksi saham. Tim riset ini bahkan menerbitkan hasil analisis dan riset terkait pasar modal secara rutin, termasuk rekomendasi bagi para investor.

  8. Layanan Online dan Real Time

    Bagi investor yang ingin bertransaksi efek secara online serta real time, Reliance menyediakan platform bernama Reli Trade. Beragam fitur menarik tersedia pada layanan tersebut untuk memudahkan pengguna berinvestasi.

  9. Memberi Akses pada Pasar Global

    Terakhir, nasabah Reliance Sekuritas juga bisa mendapatkan akses pada pasar global alias bursa efek internasional. Maka, pilihan investasi pengguna menjadi lebih luas dan mampu mengoptimalkan return yang mungkin didapatkan.

Ragam Layanan yang Ditawarkan Reliance Sekuritas

Ada beragam layanan yang tersedia di sekuritas ini, antara lain:

  1. Perantara Perdagangan Efek

    Sebagai perantara perdagangan efek atau broker saham, sekuritas ini berfokus pada market ritel domestik. Kini, perusahaan ini mengembangkan investor via penambahan kantor perwakilan seluruh Indonesia, dan layanan trading online serta mobile trading menggunakan Reli Mobile dan Reli.

  2. Penjamin Emisi Efek

    Sekuritas ini juga menyediakan pelayanan penjamin emisi efek bagi calon emiten serta membantunya dalam mempersiapkan serta menyelenggarakan IPO atau Initial Public Offering, baik itu obligasi, saham, maupun penerbitan efek utang lain sesuai aturan dan kewajiban regulator untuk Go Public.

  3. Pendapatan Tetap

    Produk ini tersedia di sekuritas dan mencakup obligasi pemerintah serta korporasi, repo, dan sukuk. Namun, produk serta aktivitas tersebut umumnya dilakukan pada sekuritisasi aset, pasar surat utang, dan pemasaran serta distribusi penjualan perdana dari obligasi pemerintah.

  4. Agen Penjualan Efek Reksa Dana atau APERD

    >Reliance juga mempunyai beberapa reksa dana dan melayani penjualan serta pemasaran reksa dana dari sejumlah perusahaan manajemen aset sesuai izin OJK. Beragam jenis reksa dana tersebut meliputi reksa dana saham, pendapatan tetap, campuran, pasar uang, obligasi pemerintah, sampai Dana Investasi Real Estate atau DIRE.

  5. Menyediakan Hasil Riset Seputar Investasi

    Tidak hanya itu, sekuritas ini juga menyediakan berbagai hasil riset dan bisa dijadikan sebagai acuan ataupun bahan pertimbangan bagi investor. Contoh hasil riset tersebut adalah IPO Summary, Daily Insight atau Price Action, Market Outlook, dan Company Update.

Cara Membuka Rekening Efek via Reliance Sekuritas

Berikut adalah cara membuka rekening efek via Reliance Sekuritas.

  • Kunjungi situs resmi Reliance di relitrade.com.
  • Lengkapi data dan informasi diri yang diminta dengan akurat.
  • Tentukan password atau kata sandi dan username.
  • Lakukan aktivasi akun melalui link yang disediakan.
  • Isi kembali identitas yang diminta.
  • Lakukan validasi aktivasi akun dan data diri.
  • Lanjutkan proses “Run Online Trading”
  • Unduh aplikasi Reli Trade dan layanan sekuritas sudah siap untuk digunakan bertransaksi saham.

Baca juga: Pialang Saham: Pengertian, Tugas, dan Daftar Perusahaannya

Nyaman Berinvestasi di Pasar Modal dengan Reliance

Itulah penjelasan mengenai Reliance Sekuritas, sejarah singkat, ragam layanan, hingga keunggulan yang ditawarkannya. Keberadaan layanan ini mampu membuka kesempatan bagi investor untuk bisa lebih mudah dan praktis berinvestasi di pasar modal. Tetap sesuaikan aktivitas tersebut dengan tujuan investasi dan kebutuhan agar mampu mendapatkan hasil yang maksimal.