Review, Spesifikasi, dan Harga Oppo Reno4 F

Mendekati akhir tahun, semakin banyak vendor yang mengeluarkan produk barunya ke pasaran. Salah satunya adalah Oppo yang merilis Reno4 F. Ponsel terbaru Oppo ini tampaknya menyasar kaum muda yang hobi membuat konten.

Tidak heran jika ponsel ini dilengkapi dengan enam buah kamera yang siap digunakan oleh para konten kreator. Kamera ini juga memiliki beragam fitur yang akan membantu menghasilkan konten yang menarik untuk dibagikan di berbagai platform.

Bukan hanya kameranya saja yang mumpuni, perangkat ini juga dibekali jeroan yang dapat memanjakan penggunanya. Daripada penasaran seperti apa spesifikasi lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Review dan Spesifikasi Oppo A9 2020

Desain Tipis yang Elegan

desain oppo reno4 f

Desain Oppo Reno4 F

Dari sisi desain, Oppo Reno4 F hadir dengan bodi yang yang begitu tipis dan juga ringan. Bobotnya hanya 164 gram saja dengan ketebalan cuma 7,48. Desain tersebut membuat seri terbaru dari Oppo Reno ini menjadi yang paling tipis dibanding saudara-saudaranya.

Dengan bentuk yang begitu tipis dan sangat ringan, ponsel jadi lebih mudah untuk disimpan di dalam saku tanpa khawatir mengganggu. Ukuran ini juga membuat perangkat tetap terasa nyaman saat berada dalam genggaman.

Walau ukurannya tipis, tetapi bodi perangkat ini didesain dengan tepi membulat dengan sudut 220 derajat. Ini membuat tepian jadi lebih halus dan tidak tajam sehingga sangat nyaman saat berada di tangan.

Meski cover bodi belakang terlihat berkilau, tetapi Oppo memberikan sentuhan akhir shiny matte color yang membuat gawai terlihat mewah tanpa khawatir ada bekas sidik jari yang menempel. Pengguna juga diberi dua pilihan warna matte black dan metallic white. 

Sebagai salah satu ponsel keluaran terbaru, port yang dibawakan pada perangkat ini juga cukup lengkap. Pada bagian kanan hanya ada tombol power sementara di sisi sebaliknya dihuni oleh slot untuk SIMCard dan microSD serta tombol volume.

Di sisi atas hanya ada mikrofon. Sedangkan di bagian sisi bawah terlihat lebih ramai dengan keberadaan mikrofon, jack audio 3.5 mm, port USB Type-C, dan speaker. Di bagian depan ada dua buah kamera selfie yang diletakkan pada sudut kiri atas. Sedangkan di belakang ada 4 buah kamera yang disusun berbentuk kotak.

Layar Serupa dengan Seri Sebelumnya

layar oppo reno4 f

Layar Oppo Reno4 F

Soal urusan layar, versi termurah dari Oppo Reno4 ini tidak berbeda dengan saudara-saudaranya. Ponsel ini sama-sama mengusung panel Super AMOLED yang sudah membawa resolusi layar full HD+.

Di bagian depan gawai ini, Oppo menggunakan desain dual punch-hole display yang membuat layar 6,43 inci jadi semakin lega. Kualitas gambarnya pun sudah memuaskan, membuat pengalaman menonton video maupun bermain game jadi semakin menyenangkan. 

Saat digunakan di bawah sinar matahari pun layar masih bisa terlihat dengan cukup jelas. Untuk para pengguna yang membutuhkan menatap layar ponsel berlama-lama pun tidak perlu khawatir. Sudah ada sertifikasi TUV Rheinland yang mengurangi emisi cahaya biru.

Keamanan layar juga sudah cukup terjamin dengan keberadaan Corning Gorilla Glass 3+ yang siap melindungi layar dari goresan dan benturan ringan.

Performa yang Cukup Mumpuni

performa oppo reno4 f

Performa Oppo Reno4 F

Sebagai versi termurah dari Reno4, perangkat ini tidak dibekali chipset buatan Qualcomm seperti saudaranya. Sebagai gantinya, hanya ada MediaTek Helio P95 Octa-core dengan kecepatan mencapai 2.2 GHz yang dibuat dengan fabrikasi 12 nm. 

Jeroan ini dipadukan dengan RAM 8GB dengan memori penyimpanan internal 128GB. Kombinasi tersebut sudah mampu digunakan untuk berbagai aktivitas harian dengan lancar. 

Apalagi, gawai juga dibenamkan anti-lag algorithm yang membuat pemrosesan lebih halus. Fitur ini akan membuat ponsel mampu mendeteksi dan membersihkan data yang menyebabkan kesalahan memori. Dengan begitu, gawai jadi tidak mengalami kendala saat digunakan.

Saat digunakan untuk bermain game pun perangkat bisa berjalan dengan mulus asal pengaturannya disesuaikan. Teknologi HyperEngine yang dibawakan mampu menghadirkan visual yang apik dengan jaringan cerdas yang membuat pengalaman bermain lebih menyenangkan.

Ponsel ini juga didukung dengan antarmuka ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Oppo Reno4 F juga masih memungkinkan pengguna mengangkat telepon hanya dengan lambaian tangan berkat sensor kamera sekunder di bagian depan.

Baca Juga: Kredit HP Oppo: 10 Handphone Oppo dengan Harga Kurang dari 3,5 Jutaan Terbaik

Quad Cameras

kamera oppo reno4 f

Kamera Oppo Reno4 F

Hal yang cukup menarik dari seri ini adalah keberadaan dua kamera di sisi depan. Kamera utama memiliki sensor 16MP dan didampingi kamera sekunder dengan sensor 2MP. Kamera selfie ini juga sudah dibekali selfie gesture yang memungkinkan pengguna mengambil foto hanya dengan memperlihatkan telapak tangan.

Seperti kebanyakan ponsel keluaran Oppo lainnya, kamera swafoto yang dibenamkan pada seri ini juga sudah cukup memuaskan. Apalagi dengan keberadaan kecerdasan buatan. Hasil jepretannya jelas sudah layak untuk dijadikan bahan konten di media sosial. 

Sementara di bagian belakang, ada konfigurasi empat buah kamera yang dibawakan. Sebagai kamera utama ada sensor 48MP yang siap diandalkan untuk memotret berbagai momen. Selain itu, ada juga sensor ultra-wide 8MP serta dua sensor mono 2MP.

Sejumlah fitur pun ditanamkan untuk membuat pengalaman pengguna dalam mengabadikan momen jadi lebih memuaskan. Selain mampu menangkap gambar dengan kualitas tinggi, pengambilan video melalui ponsel ini juga lebih stabil.

Hal ini dikarenakan pada kamera belakang disematkan ultra steady video sedangkan di kamera depan ada video stabil. Saat melakukan perekaman pun jadi lebih halus dan mulus. Ada pula fitur yang membuat video bergerak lambat dan juga video bokeh.

Kapasitas Baterai yang Tidak Terlalu Besar

baterai oppo reno4 f

Baterai Oppo Reno4 F

Dengan mengunggulkan desain bodi yang sangat tipis di keluarganya, ukuran baterai yang dibenamkan juga turut menipis. Hanya ada baterai berkapasitas 4.000 mAh yang menjadi sumber tenaga untuk perangkat ini. Cukup kecil jika dibandingkan para pesaing di harga yang sama.

Untungnya, ada dukungan pengisi daya cepat 18W yang siap mengembalikan baterai menjadi penuh hanya dalam waktu kurang dari 2 jam saja. Selain itu ada pula fitur AI Night Charging yang dapat mengatur waktu pengisian sehingga baterai baru akan mendapat pengisian mendekati 100 % saat waktu bangun.

Saat baterai kritis dan jauh dari sumber listrik pun tidak perlu khawatir. Ada fitur Super Saving Mode yang membuat baterai 5 persen tetap bisa digunakan untuk mengakses aplikasi ojek online, Google Maps, dan WhatsApp selama lebih dari setengah jam.

Spesifikasi Oppo Reno4 F

Tabel Spesifikasi Oppo Reno4 F
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, ColorOS 7.2
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Mediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)
Kecepatan CPU 2x2.2 GHz Cortex-A75 & 6x2.0 GHz Cortex-A55
Storage 128GB
RAM 8GB
External Storage microSDXC
Baterai 4.000 mAh
Ukuran Layar 6,43 inci
Resolusi Layar FHD+ 2400 x 1080 pixels, Super AMOLED
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G WCDMA Bands 1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TD-LTE
Kamera Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 16MP + 2MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 160.1 x 73.8 x 7.5 mm
Berat 164 g

Harga Oppo Reno4 F

Oppo Reno4 F dibanderol dengan harga yang tidak terlalu murah. Harga Oppo Reno4 F saat ini masih berada pada kisaran 4 juta Rupiah. 

Cocok untuk Penggunaan Harian

Sebagai ponsel termurah dari Reno4, Oppo memang memangkas beberapa fitur unggulan yang ada di seri lain yang lebih tinggi. Meski begitu, performa yang dihasilkan dari seri ini masih bisa bersaing di kelasnya. Apalagi urusan fotografi dan pengambilan video yang sangat dimanjakan lewat Reno4 F.

Dengan kemampuan kamera yang memuaskan, para pembuat konten rasanya layak membawa pulang perangkat ini. Para penggemar fotografi ponsel pun bisa menjadikannya sebagai pilihan. Termasuk juga toko-toko online yang membutuhkan gawai untuk melakukan foto produk.

Baca Juga: Jangan Sampai Rugi, Cek 4 Hal Ini Sebelum Ambil Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit