Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y12

Kemajuan teknologi membuat perangkat berspesifikasi tinggi tidak selalu berharga mahal. Vivo Y12 menjadi salah satu contoh yang hadir di Indonesia. Dibanderol mulai harga 1-2 jutaan Rupiah, perangkat ini sudah membenamkan RAM 3 GB.

Tidak hanya RAM nya saja yang cukup besar. Kapasitas baterai yang dibekalkan pun mencapai 5000 mAh. Sebagai ponsel masa kini pun Vivo Y12 sudah hadir dengan tiga buah kamera yang siap diandalkan untuk memotret. Penasaran? Berikut ulasannya.

Masih dengan Desain Glossy dan Gradasi

loader

Sebagai ponsel murah, Vivo Y12 hadir dengan desain yang tidak jauh beda dengan dua pendahulunya, Y17 dan Y15. Gradasi warna yang glossy pun masih tetap menjadi andalan sebagai sentuhan akhir untuk cover bodi belakang perangkat.

Dua pilihan warna berupa burgundy red dan aqua blue bisa dibawa pulang. Tidak hanya menarik dari segi warna, bodi perangkat ini juga sudah mengusung desain 2,5D dengan tepian membulat. Hal ini membuat perangkat jadi semakin nyaman dalam genggaman.

Tidak hanya bagian belakang, sisi depan gawai juga tampak stylish dengan keberadaan desain poni kekinian. Mengusung poni berbentuk tetesan air, tempat ini juga sekaligus menjadi rumah bagi kamera depan tanpa ditemani lampu flash LED.

Lampu flash LED tersebut baru bisa ditemukan di bagian belakang gawai menemani kamera utama. Vivo pun sudah menempatkan tiga buah kamera sekaligus di atas lampu flash LED tersebut. Bergeser sedikit ke tengah, ada sebuah sensor pemindai sidik jari yang berbentuk kotak. 

Sisi kanan gawai masih tetap dihuni oleh tombol volume dan power. Sementara bagian kiri terdapat slot untuk memasang kartu SIM dan microSD. Bagian bawah gawai terlihat cukup padat dengan keberadaan speaker yang bersebelahan dengan port USB dan juga jack audio 3,5mm. 

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y91

Layar Tampak Luas

loader

Memukaunya desain yang diusung oleh Vivo Y12 ini juga dilengkapi dengan layar yang cukup mumpuni. Ketika membeli perangkat ini, pengguna akan disuguhi dengan layar Ultra All Screen seluas 6.35 inch.

Layar jadi tampak semakin luas dengan adanya desain poni tetesan air dan juga bezel tipis yang mengelilingi layar. Apalagi, layar yang mengandalkan panel IPS LCD ini memiliki rasio layar ke bodi hingga 89%. 

Ketika digunakan pengguna sudah disuguhi dengan layar beresolusi HD +. Resolusi tersebut sudah mampu menghasilkan gambar yang cukup baik. Menonton video maupun bermain game dapat lebih dinikmati.

Hal yang cukup disayangkan adalah tidak adanya lapisan pelindung bawaan seperti Corning Gorilla Glass yang dibenamkan. Pengguna harus menambahkannya sendiri agar layar lebih aman dari goresan benda tajam maupun benturan ringan.

Performa yang Mumpuni

loader

Dibanderol dengan harga murah, jeroan yang dibekalkan untuk seri ini terbilang sudah cukup mumpuni. Chipset MediaTek Helio P22 dengan fabrikasi 12 nm menjadi otak yang diandalkan pada seri ini. Chipset ini didukung CPU octa-core Cortex-A53 yang memiliki kecepatan 2 GHz.

Dapur pacu tersebut dilengkapi dengan unit pemrosesan grafis PowerVR GE 8320. Performanya pun sudah bisa diandalkan untuk menemani beragam aktivitas harian. Mulai dari menikmati konten video hingga multitasking dapat dilakukan dengan lancar.

Selain itu, ponsel ini juga sudah cukup bisa diandalkan untuk bermain game dengan grafis ringan. Untuk membuat pengalaman bermain semakin menyenangkan ada juga fitur Dual Turbo serta Ultra Game yang dapat meminimalisir frame-drop saat bermain.

Performa yang cukup bersaing ini didukung dengan RAM 3 GB dengan dua pilihan memori internal. Pengguna bisa memilih memori 32 GB atau 64 GB sesuai dengan kebutuhan. Jika masih kurang, memori bisa ditambah hingga 256 GB.

Selain memiliki jeroan yang cukup bersaing, perangkat ini juga dibekali dengan antarmuka Funtouch 9 berbasis Android Pie 9.0. Hadir sejak 2019, seri ini memang belum dibekali dengan sistem operasi terbaru Android 10.

Hal yang cukup menarik di seri ini adalah keberadaan teknologi Bluetooth 5.0. Proses pemindahan data dapat berjalan dengan lebih cepat. Selain itu, penggunaan earphone TWS maupun bluetooth tidak lagi menjadi masalah.

Keamanan data pengguna ponsel ini juga semakin terjamin dengan adanya fitur keamanan biometrik. Selain password dan pola, pengguna bisa menggunakan sidik jari untuk mengamankan data.

Hadir dengan Triple Kamera

loader

Salah satu hal yang diunggulkan oleh Vivo di seri ini adalah kemampuan kameranya yang dapat diandalkan. Baik kamera belakang maupun kamera depan sama-sama mengusung lensa yang cukup besar.

Di bagian depan, Vivo membenamkan sebuah kamera dengan resolusi 8 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Teknologi kecerdasan buatan AI Face Beauty juga turut dibekalkan. Fitur ini mampu secara otomatis memaksimalkan hasil foto sesuai dengan karakter pengguna.

Sementara di bagian belakang, ada tiga buah kamera sekaligus yang bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan berbagai momen penting. Tiga buah kamera tersebut memiliki sensor dan fungsi yang berbeda-beda.

Sensor terkecil 2MP memiliki fungsi untuk menghadirkan efek bokeh secara instan saat memotret. Sensor 8MP ultra wide hadir untuk menjadikan jangkauan memotret menjadi lebih luas hingga 120 derajat. 

Sementara sensor 13MP menjadi kamera utama yang cukup bisa diandalkan. Ketiga kamera ini pun sudah dibekali dengan fitur kecerdasan buatan seperti kamera depannya. Hasil jepretannya juga sudah cukup memuaskan dan layak dipajang di semua media sosial.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y93 Terbaru

Kapasitas Baterai Lebih Besar

Ponsel murah dengan kapasitas baterai super mungkin menjadi julukan yang tepat untuk seri ini. Di saat beberapa pesaingnya menggunakan baterai berkapasitas 4000 mAh untuk kelas yang sama, Vivo Y12 berani menawarkan 5000 mAh kepada penggunanya.

Dengan baterai sebesar itu, tentu jangka waktu penggunaan ponsel bisa bertahan lebih lama dibanding dengan pesaingnya. Namun sayang, baterai besar ini tidak dilengkapi dengan fitur fast charging. Pengguna pun harus sabar menunggu ketika harus mengisi kembali daya ponsel.

Spesifikasi Vivo Y12

Berikut adalah tabel spesifikasi Vivo Y12:

Tabel Spesifikasi Vivo Y12

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Funtouch OS 9 (Android 9.0 Oreo)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm) Octa-core Cortex-A53

Kecepatan CPU

2.0 GHz

Storage

32 GB/64 GB

RAM

3 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

5000 mAh

Ukuran Layar

6,35 inci

Resolusi Layar

HD+ 720 x 1554 pixels

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM B2/3/5/8

3G

WCDMA B1/2/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

13 MP + 8 MP + 2 MP

Kamera Depan

8 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack, Splash-Resistant

Dimensi dan Ukuran

159.43 x 76.77 x 8.92 mm

Berat

190.5 g

Harga Vivo Y12

Jika melihat harga Vivo Y12 yang berada pada kisaran 1-2 jutaan Rupiah, rasanya ponsel ini layak untuk dijadikan pilihan. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, Vivo ingin memberikan pengalaman berbeda untuk semua kalangan.

Ponsel Berkualitas, Harga Pas

Hadir meramaikan pasaran ponsel 1-2 jutaan Rupiah, Vivo Y12 memang menjadi pesaing yang cukup diperhitungkan. Triple kamera yang diusung di perangkat ini menjadi keunggulan yang ditonjolkan. Selain itu, keberadaan baterai 5000 mAh jelas membuat banyak orang merasa tertarik.

Dengan spesifikasi tersebut, Vivo Y12 rasanya layak dibeli oleh para pecinta selfie yang doyan pamer di sosial media. Begitu juga dengan orang-orang yang membutuhkan ponsel dengan baterai besar dan kemampuan cukup mumpuni bisa membawa pulang seri ini.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!