Sarang Semut Papua, Tanaman Khas yang Dipercaya Manjur Obati Kanker Serta Tumor

Mendengar istilah sarang semut, sebagian dari Anda mungkin langsung berpikiran tentang rumah yang dimiliki oleh serangga kecil yang doyan hidup berkoloni. Namun, tahukah Anda bahwa sarang semut sebenarnya lebih mengacu pada sebuah tanaman asli papua yang dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan beragam penyakit berat?

Tumbuhan bernama latin myrmecodia ini adalah tanaman yang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan area kepulauan yang membentang hingga ke Benua Australia. Mengartikan istilah latinnya, tanaman ini memiliki arti sebagai tumbuhan yang mirip semut atau banyak dikerumuni oleh hewan tersebut. 

Sarang semut adalah tumbuhan yang menempel pada tanaman lain, atau biasa disebut sebagai tanaman epifit. Namun, tanaman ini hanya memanfaatkan tanaman lain yang ditempelinya sebagai tempat bernaung saja. Jadi, sarang semut bukanlah tanaman yang bersifat parasit. 

Dengan tampilan fisik yang berongga dan menyerupai labirin yang rumit, sarang semut banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman dengan sejuta khasiat. Bahkan, beberapa penelitian ilmiah percaya jika penyakit kronis seperti kanker dan tumor dapat disembuhkan tanaman tersebut. Berikut adalah daftar khasiat sarang semut bagi kesehatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

11 Manfaat Sarang Semut Papua Bagi Manusia

loader

1. Menjaga Jantung Tetap Fit

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Jika kesehatan jantung terganggu, besar kemungkinan kinerja organ tubuh yang akan menjadi menurun. Bahkan, jika jantung berada dalam kondisi yang buruk, bukan tidak mungkin nyawa seseorang akan menjadi terancam. 

Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung amat disarankan oleh semua pakar kesehatan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sarang semut yang memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. 

Jadi, bagi penderita penyakit jantung, tanaman ini dipercaya dapat mencegah dan mengurangi gejala penyakit tersebut. 

2. Mengempeskan Benjolan pada Payudara

Setiap wanita tentu menginginkan bentuk payudara yang normal. Namun, ada kalanya pada organ perempuan tersebut muncul sebuah benjolan yang mungkin saja adalah tanda tumbuhnya tumor atau gejala kanker payudara. Hal ini tentu dapat menjadi momok tersendiri bagi kaum hawa.

Karena memiliki kandungan flavonoid, sarang semut dipercaya dapat mengempeskan benjolan yang muncul pada payudara wanita. Oleh karena itu, jika Anda ataupun pasangan mendadak mengetahui adanya benjolan pada payudara, segera konsultasikan ke dokter dan mintalah saran tentang cara konsumsi tumbuhan sarang semut.

3. Meringankan Penyakit Ambeien

Masih berbicara seputar kandungan flavonoid dalam sarang semut, senyawa tersebut ternyata tidak hanya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker saja. Pasalnya, kandungan unik tersebut juga mampu meringankan penyakit ambeien. 

Ambeien adalah salah satu jenis penyakit yang jika dibiarkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, tanpa ditangani dengan serius, bukan tidak mungkin penderita ambeien akan mengalami kondisi tubuh yang lebih mengkhawatirkan.

Untuk itu, agar penyakit ambeien dapat teratasi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi tanaman ini sebagai pengobatan alternatifnya.

4. Mencegah Terjadinya Penyakit Darah Tinggi

Menjadi penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat masa kini, tak sedikit orang yang mencari cara untuk sembuh dari penyakit darah tinggi. Tak peduli usia muda atau lanjut, darah tinggi dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Penyebabnya tak lain adalah kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat dan memiliki kadar kolesterol berlebih.

Nah, bagi penderita darah tinggi, tanaman ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Kandungan flavonoid serta tokoferol dalam tanaman tersebut dapat mencegah penyakit darah tinggi kambuh dan mengganggu kesehatan. Jadi, sebagai alternatif pengobatan, sarang semut disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit darah tinggi. 

5. Mengurangi Kadar Gula dalam Darah

Pola makan tidak sehat juga dapat menimbulkan penyakit diabetes. Konsumsi makanan dengan sembarangan dapat membuat kandungan gula atau glukosa dalam tubuh menjadi berlebihan. 

Penderita diabetes memiliki kondisi pankreas yang kurang sehat dan tidak dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh manusia disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup untuk mengurai gula dalam darah. 

Agar pankreas dapat menghasilkan insulin lebih banyak, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi sarang semut papua. Alasannya karena tanaman ini mampu mendorong kinerja organ tersebut.

6. Menyembuhkan Rematik

Rematik adalah jenis penyakit yang sering dijangkit para lansia. Peradangan serta pembekakan pada bagian otot dan juga sendi adalah penyebab utama munculnya penyakit rematik. 

Nah, karena memiliki kandungan flavonoid, tokoferol, dan antioksidan, sarang semut mampu menyembuhkan penyakit rematik jika dikonsumsi secara berkala. 

Baca Juga: Tips Finansial untuk Persiapan Pemeriksaan Kesehatan

7. Menghilangkan Sakit Kepala atau Migrain

Sakit kepala atau migrain memang seringkali menyerang dan mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan. Untuk mengobatinya, penderita migrain dapat mengonsumsi sarang semut. Kandungan flavonoid, natrium, kalsium, serta magnesium pada tanaman tersebut mampu meredakan sakit kepala yang tak tertahankan. 

8. Menjadi Antibiotik dalam Tubuh

Antibiotik merupakan jenis obat yang mampu mengatasi serta mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tubuh. Tanpa memiliki jumlah antibiotik yang cukup dalam tubuh, bakteri akan lebih cepat mengganggu kondisi kesehatan seseorang. Untuk itu, agar tubuh lebih kebal terhadap serangan bakteri jahat, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan penghasil antibiotik seperti sarang semut.

9. Menguatkan Metabolisme

Tak hanya dapat memberikan asupan antibiotik dalam tubuh, sarang semut juga memiliki kandungan multi mineral dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga penyakit tidak gampang hinggap. 

10. Mengobati Penyakit Kanker Tanpa Efek Samping

Hingga kini, obat untuk menyembuhkan penderita kanker yang mujarab memang belum ditemukan. Namun, dengan mengonsumsi sarang semut, pertumbuhan sel kanker dalam tubuh akan menjadi terhambat. Penyebabnya tak lain adalah kandungan flavonoid dalam tumbuhan tersebut.

Tak hanya itu, sarang semut juga menjadi obat penghambat pertumbuhan sel kanker yang tidak memiliki efek samping lain yang membahayakan. Oleh karenanya, tak sedikit orang yang menggunakan tumbuhan tersebut sebagai cara untuk menyembuhkan penderita kanker.

11. Harga Jual Tanaman Sarang Semut di Indonesia

Memiliki khasiat yang mujarab, sarang semut papua termasuk sebagai tanaman obat yang dibanderol dengan harga cukup tinggi. Obat sarang semut biasanya diolah menjadi bentuk ekstrak yang kemudian dikemas dalam bentuk kapsul berukuran puluhan hingga ratusan buah.

Harga jual dari ekstrak tumbuhan ini cukup beragam karena terdapat beberapa merek yang memproduksinya. Terlihat dari beberapa penjual di marketplace online, untuk ukuran 40 kapsul, harga jual ekstrak sarang semut adalah 65 ribu sampai 100 ribuan Rupiah, tergantung kualitas produknya.

Sedangkan untuk yang ukuran 100 kapsul, ekstrak sarang semut dibanderol dengan harga diatas 200 ribu Rupiah per kemasannya. Harga dari kapsul sarang semut ini tentu sebanding dengan khasiat yang dimiliki oleh jenis tanaman ini.

Namun, jika ingin mendapat khasiat sarang semut dengan harga lebih terjangkau, Anda dapat membeli yang diolah menjadi produk teh. Sarang semut yang dijadikan sebagai olahan minuman teh banyak dijual dengan harga sekitar 20 ribu hingga 50 ribu Rupiah untuk ukuran 100 gram. Jadi, siapapun masih dapat merasakan khasiat yang dimiliki oleh tanaman asli tanah timur tersebut.

Baca Juga: Sehat Enggak Harus Mahal, Rasakan Manfaat Dahsyat Gowes Sepeda

Tanaman Sarang Semut Papua yang Mampu Mengobati Banyak Penyakit Kecil Hingga Kronis

loader

Sumber: lifestyle.okezone.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sarang semut adalah jenis tanaman yang memiliki kandungan untuk mengobati beragam penyakit. Tak hanya penyakit ringan, tumbuhan tersebut mampu mengatasi penyakit berat, seperti diabetes, jantung, serta menghambat bertumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Jika rutin dikonsumsi, sarang semut juga dapat memberikan asupan antibiotik dan meningkatkan sistem daya tahan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan multi mineral serta flavonoid yang memberikan kemampuan pengobatan yang manjur tersebut.

Dengan sistem pengolahan yang modern, tanaman ini juga dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul yang banyak dijual di apotik maupun toko online dalam negeri. Jika ingin mendapatkan khasiat sarang semut dengan harga lebih murah, Anda dapat membelinya dalam bentuk olahan teh. Dengan begitu, tidak ada alasan lagi bagi seseorang untuk tidak bisa merasakan manfaat sarang semut dalam mengobati penyakit yang dideritanya.