Selain Belajar, Lakukan 3 Hal ini Saat Kuliah Agar Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, pendidikan formal hingga ke perguruan tinggi masih menjadi modal utama yang dibutuhkan sebelum menapaki dunia kerja. Hal ini dikarenakan keberadaan ijazah dari universitas masih menjadi patokan yang kuat untuk mengukur kemampuan sumber daya manusia di dunia kerja.

Agar bisa mendapatkan pengakuan akademis secara formal lewat ijazah, banyak para mahasiswa yang tekun belajar untuk mendapatkan nilai bagus agar bisa cepat lulus kuliah. Fokus mengejar nilai dan “Indeks Prestasi” memang tidak salah, namun apakah hal tersebut cukup menjadi modal saat mencari kerja?

Jawabannya adalah “tidak”. Masih banyak diluar sana, orang-orang yang memiliki sederet prestasi akademis namun masih sulit mencari pekerjaan. Mengapa bisa terjadi? Tentu saja karena mengandalkan prestasi akademis saja tidak bisa menjamin kamu cepat mendapat pekerjaan. 

Ada hal lain yang harus dipersiapkan selain memiliki prestasi akademis yang baik. Untuk kamu yang masih menjadi mahasiswa, pastikan kamu lakukan 3 hal berikut ini agar setelah lulus kuliah kamu bisa cepat dapat kerja.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kembangkan Keahlian Komunikasi Lewat Organisasi Kampus

komunnikasi
Keahlian komunikasi

Dalam dunia kerja, yang tidak kalah penting selain memiliki kompetensi akademis adalah kemampuan komunikasi yang luwes.

Secerdas apapun kamu, apabila tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik tentu akan sulit ketika ingin melamar kerja. Kemampuan berkomunikasi yang baik dibutuhkan agar kamu bisa berbaur dengan rekan kerja dan atasan untuk menyelesaikan masalah di dunia kerja.

Untuk melatih dan meningkatkan keahlian  komunikasi ini bisa dimulai dengan mengikuti atau menjadi bagian dari organisasi kampus karena di sebuah perusahaan besar sangat mirip dengan organisasi. 

Dengan ikut serta dalam organisasi kampus, kamu akan belajar bagaimana menjadi bagian dari sebuah komunitas yang bekerja bersama serta memiliki visi dan misi untuk mencapai tujuan tertentu. Kamu juga bisa belajar untuk berkomunikasi dengan efektif antar sesama anggota organisasi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang muncul. Kemampuan komunikasi inilah yang nantinya menjadi modal utama saat melamar kerja.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Kenapa Kuliah Itu Wajib Untuk Karir Kamu!

2. Bersihkan Media Sosial dari Hal Negatif

media sosial
Bersihkan media sosial dari hal negatif

Memiliki citra yang baik di dalam media sosial menjadi salah satu pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan di era modern seperti sekarang. Karena itu, sebisa mungkin isilah media sosial milikmu dengan berbagai kegiatan positif selama kuliah.

Di zaman sekarang, lewat media sosial kita bisa sedikit banyak mengetahui karakter dan minat seseorang. Hal ini juga tentu menjadi pertimbangan tersendiri dalam dunia kerja. Perusahaan tentu tidak mau merekrut seseorang yang hanya mengisi media sosialnya dengan berbagi kegiatan negatif.

Kegiatan positif ini mencerminkan hobi atau minat kamu sehari-hari. Memiliki citra yang baik sebagai pribadi yang aktif mengikuti berbagai kegiatan kampus seperti seminar, pelatihan, atau pembelajaran tentu akan membantu kamu dalam membangun karakter yang lebih disukai. 

Baca Juga: 7 Cara Cerdas Lulus Kuliah Tepat Waktu Bagi Mahasiswa

3. Belajar Bersikap Profesional

profesional
Belajar bersikap profesional

Memiliki etika dan sikap profesional juga menjadi modal utama agar bisa cepat diterima di dunia kerja. Hal ini bisa mulai dilatih selama kamu mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus.

Saat di kampus, kamu pasti dihadapkan dengan berbagai tugas yang harus diselesaikan. Kembangkan sikap profesional dengan mulai mengerjakan setiap tugas yang kamu terima dengan tepat waktu dan biasakan untuk mengerjakannya dengan serius sesuai kemampuan sendiri. 

Belajar menggunakan tata bahasa yang baik saat membuat makalah atau presentasi. Buatlah juga alamat email pribadi yang  profesional sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang saat nanti akan melamar kerja. Hal ini tentu akan sangat berguna saat kamu akan menyusun Curriculum Vitae (CV) nantinya ketika dibutuhkan.

Hindari juga kebiasaan-kebiasaan buruk seperti mencontek atau menyalin pekerjaan saat kuliah agar kamu terbiasa bekerja sendiri sesuai dengan kemampuan. Hal ini bertujuan agar kamu tetap bisa bekerja secara profesional dan baik ketika bekerja nantinya.

Kembangkan Potensi dan Terus Belajar 

Memiliki mindset dan sikap yang baik saat kuliah adalah langkah pertama yang perlu kamu lakukan agar bisa cepat mendapatkan pekerjaan saat lulus nanti. Selalu kembangkan kemampuan dan sikap positif selama kuliah agar kamu bisa menjadi pribadi yang siap kerja. 

Menggali potensi diri da adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Akan tetapi apabila dimulai sejak kuliah, tentunya bisa menjadikanmu pribadi yang menarik, positif, serta cerdas yang dicari-cari oleh banyak perusahaan.

Baca Juga: 5 Cara Mencari Kerja Setelah Lulus Kuliah