Sering Terlambat ke Kantor Karena Macet Jakarta? Berikut Ini 4 Tips Menghindarinya

Macet merupakan permasalahan yang paling sering dialami oleh pengguna jalanan ibukota. Keadaan ini paling sering terjadi pada jam sibuk seperti pagi hari ketika masyarakat akan berangkat kerja atau di sore hari ketika pulang kerja.

Pemerintah sendiri sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi macet Jakarta namun belum membuahkan hasil yang maksimal. Pasalnya, masih banyak terjadi kemacetan di berbagai wilayah Jakarta setiap harinya. Banyak hal yang bisa menyebabkan macet seperti terlalu banyaknya kendaraan di jalanan, putaran balik, hingga parkir liar.

Hal-hal tersebut tentu saja cukup merugikan untuk para pekerja yang ingin pergi ke kantor di pagi hari. Seringkali kemacetan jalanan Jakarta bisa membuat mereka terlambat untuk sampai di tempat kerja. Apakah Kamu salah satu yang sering telat karena macet? Jika iya, berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari macet di ibukota:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cari Kos yang Dekat dengan Kantor

kos dekat dengan kantor

Jika Kamu belum berkeluarga, solusi terbaik untuk menghindari macet Jakarta adalah dengan mencari kos yang berdekatan dengan lokasi kantor. Pasalnya, untuk sampai ke kantor Kamu hanya perlu berjalan kaki saja. Jadi usahakan kosmu bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki. 

Selain menghindari macet, ada cukup banyak dampak positif lain yang bisa Kamu dapatkan jika tinggal dekat dengan kantor. Contohnya yaitu Kamu bisa bangun lebih siang karena tidak perlu takut macet, mudah kembali ke kos jika ada dokumen penting yang tertinggal, dan lain sebagainya. 

Namun sebelum memilih tips ini, Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu terutama gaji. Sebab, pengeluaran yang harus Kamu gunakan setiap bulannya pasti akan lebih banyak dibandingkan jika tinggal dengan orang tua sehingga jika gaji tidak mencukupi untuk kos akan cukup menyulitkan keuangan. Meski keadaanmu sekarang tidak mendukung untuk di kosan, namun masih ada cara lain untuk menghindari macetnya Jakarta.

2. Pakailah Motor Saat Akan ke Kantor

naik motor ke kantor

Karena berukuran lebih kecil, tentu saja kendaraan roda dua akan lebih efektif untuk menembus kemacetan dibandingkan dengan kendaraan roda empat. Selain mudah menembus kemacetan, motor juga lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan mobil sehingga pengeluaran bulananmu bisa berkurang.

Tips ini paling cocok untuk Kamu yang memiliki jadwal kerja sibuk dan harus selalu tepat waktu. Dengan menggunakan motor maka waktu tempuh untuk ke kantor akan lebih cepat sehingga Kamu tidak akan telat untuk mengerjakan pekerjaan yang harus segera selesai.

Namun Kamu harus selalu sedia jas hujan dan sendal terutama saat musim hujan. Dengan begitu, Kamu tidak akan kerepotan jika hujan turun secara tiba-tiba selama perjalanan.

Baca Juga: Ini Cara Terbaik untuk Mengatasi kolega yang Bersikap Negatif di Kantor 

3. Perhitungkan Waktu dengan Baik

perhitungkan waktu dengan baik

Memperhitungkan waktu dengan baik wajib dilakukan terutama untuk Kamu yang melalui jalur rawan macet saat akan ke kantor. Caranya yaitu dengan berangkat kerja lebih pagi agar tidak terkena macet. Meskipun terkena macet, ketika Kamu berangkat pagi maka waktu yang dimiliki masih cukup panjang sehingga tidak akan terlambat sampai di kantor.

Sedangkan untuk pulangnya, Kamu bisa pulang sedikit lebih telat dari waktu biasanya atau lebih malam. Jika pulang lebih lama maka Kamu tidak akan pulang bersama karyawan lain sehingga bisa menghindari macet.

Meskipun Kamu harus berada di kantor lebih lama, namun hal tersebut akan lebih nyaman dibandingkan harus menghadapi kemacetan. Pasalnya, menunggu macet di jalanan cukup melelahkan juga sedangkan menunggu di kantor bisa dilakukan sambil beristirahat setelah lelah bekerja. Cara ini paling cocok untuk Kamu yang menggunakan mobil ketika datang ke kantor karena lebih rawan macet dibandingkan kendaraan roda dua.

4. Manfaatkan Aplikasi Smartphone

aplikasi smartphone

Sebenarnya, tidak semua jalur di Jakarta mengalami kemacetan parah yang bisa membuat Kamu telat untuk sampai di kantor. Ada beberapa titik di Jakarta yang memiliki kemacetan parah sehingga Kamu sebenarnya bisa menghindarinya dengan memilih jalan alternatif. Lantas bagaimana caranya untuk mengetahui jalur alternatif tersebut?

Caranya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang ada di smartphone Kamu. Kecanggihan teknologi saat ini dapat memudahkan aktivitas masyarakat. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi maps untuk mencari jalur alternatif agar sampai di kantor tanpa macet. jika beruntung, Kamu bisa mendapatkan jalur pintas sehingga lebih cepat juga untuk sampai ke kantor.

Meskipun jalur tersebut sedikit lebih jauh pun dibandingkan jalur biasa namun jika tidak ada macet maka Kamu bisa sampai di kantor lebih cepat. Kamu juga tidak akan kelelahan di jalan akibat macet jika menggunakan jalur alternatif. Kelelahan akibat macet bisa membuat semangat kerjamu menurun sehingga menjadi kurang produktif.

Baca Juga: Langkah Menjadi Seorang Copywriter Handal dan Banyak Dicari Orang 

Hindari Macet Agar Tidak Telat datang Ke Kantor

Meskipun macet belum bisa diatasi namun Kamu masih bisa menghindarinya dengan beberapa tips di atas. Pilih salah satu tips yang menurutmu paling efektif dan efisien untuk membantumu datang ke kantor tepat waktu. Semoga artikel ini membantumu yang memiliki masalah dalam menghindari kemacetan Jakarta.

Baca Juga: Melamar Kerja Lewat Website Perusahaan atau Situs Pencari Kerja? Pahami ini Dulu, Yuk!