Shopee PayLater, Belanja Sekarang Bayar Bulan Depan

Mayoritas masyarakat Indonesia dewasa ini tentu sudah mulai merasa lihai dan terbiasa dalam melakukan kegiatan belanja online. Bagaimana tidak, kepraktisan dalam kegiatan belanja online memang tidak perlu diragukan lagi. Hanya dengan klik-klik’ layar komputer atau ‘tap-tap’ layar smartphone, barang yang diinginkan dapat datang langsung ke tangan pembeli. Keunggulan inilah yang membuat belanja online mulai banyak digandrungi oleh masyarakat, terutama yang tinggal di area perkotaan. 

Namun, tahukah Anda bahwa kepraktisan dari belanja online tidak setop sampai di situ saja? Semua marketplace populer di dalam negeri berlomba-lomba untuk memberikan layanan dan fitur yang dapat memanjakan para pengguna setianya. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah fitur PayLater yang sudah mulai ditawarkan oleh hampir semua situs belanja online di Indonesia. 

Untuk bahasa awamnya, fitur PayLater ini memungkinkan para penikmat belanja online untuk ngutang dahulu saat sedang berbelanja online. Dengan tidak membebankan jaminan atau bahkan kartu kredit, fitur PayLater ini dapat membuat kegiatan belanja online menjadi jauh lebih praktis serta prosesnya yang lebih cepat. 

Salah satu marketplace yang sudah mencanangkan fitur ini adalah Shopee. Dengan layanan Shopee PayLater, barang yang Anda inginkan bisa segera berada di tangan dan baru melunasi pembayarannya nanti.

Lantas, bagaimana sih praktik berbelanja online dengan memanfaatkan fitur Shopee PayLater ini? Tidak perlu bingung, berikut adalah ulasannya.  

Apa Itu Fitur Shopee PayLater?

Sumber: coldeja.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, fitur PayLater milik Shopee adalah sebuah layanan yang bertujuan untuk memudahkan proses belanja online para penggunanya. Sesuai dengan namanya, fitur Shopee PayLater memberikan bantuan berupa pinjaman instan bagi pengguna yang ingin melakukan pembelian di situs tersebut. 

Dalam kata lain, dengan menggunakan fitur ini, pengguna Shopee tidak perlu menunda proses transaksi akibat dana yang belum ada atau menunggu hari gajian. Pasalnya, kegiatan transaksi tetap dapat dilakukan oleh pembeli meski pembayarannya baru akan dilakukan di lain waktu. Sangat praktis dan menarik bukan?

Namun, perlu dipahami jika fitur Shopee PayLater ini memiliki sistem yang mirip dengan kartu kredit pada umumnya. Pemilik akun Shopee akan diberikan limit pinjaman yang bisa digunakan dan juga bunga yang harus dibayarkan setiap kali menggunakan fitur tersebut. Jadi, pastikan dana yang Anda miliki nantinya cukup untuk melunasi barang yang dibeli menggunakan fitur Shopee PayLater ini. 

Keunggulan Shopee PayLater

Karena perannya yang mampu untuk melancarkan proses transaksi serta membuat kegiatan pembelian lebih banyak dilakukan, hampir semua marketplace yang ada di Indonesia telah mencanangkan fitur PayLater ini. Namun, apakah keunggulan dari fitur Shopee PayLater dibanding dengan para pesaingnya?

  1. Dapat Membeli Barang yang Diinginkan Secara Langsung

    Yang pertama tentunya adalah kemudahan serta kepraktisan saat melakukan belanja online di Shopee. Bukan rahasia umum jika setiap marketplace atau situs belanja online pasti akan melakukan beragam flash sale yang menawarkan beragam jenis produk dengan harga yang menggiurkan. 

    Nah, saat ada suatu produk yang menarik perhatian Anda namun belum memiliki cukup dana, fitur Shopee PayLater dapat menjadi penyelamat. Dengan menggunakan fitur Shopee PayLater, barang yang diinginkan pada flash sale tersebut dapat langsung dibeli dengan adanya pinjaman instan. 

  2. Bunga Sangat Ringan

    Tentunya, bunga yang dibebankan sangat terjangkau. Jadi, tidak perlu takut tagihan akan membengkak karena beban bunga pada fitur Shopee PayLater sangatlah minim.

  3. Limit yang Disesuaikan dengan Kemampuan Pengguna 

    Selain itu, pengguna fitur tersebut juga akan mendapatkan limit pinjaman yang akan disesuaikan dengan seberapa sering melakukan transaksi di Shopee. Hal ini tentu menjadikan risiko kalap saat berbelanja yang dapat mengacaukan keuangan lebih kecil terjadi. Oleh sebab itu, meski dapat memudahkan kegiatan belanja online, fitur Shopee PayLater tetap memastikan kemampuan pembayaran dari setiap penggunanya. 

Cara Daftar dan Aktivasi Shopee PayLater

Perlu dipahami jika fitur ini tidak bisa dimiliki oleh sembarang pengguna marketplace tersebut. Pengguna Shopee harus melakukan beragam tahapan sebelum fitur Shopee PayLater dapat aktif dalam akun yang dimilikinya. 

Namun, tidak perlu ragu untuk coba mengaktifkan fitur ini pada akun Anda. Sebab, selama akun tersebut sering melakukan transaksi di Shopee, peluang untuk menjadi pengguna terpilih yang bisa menggunakan fitur Shopee PayLater pun menjadi semakin besar. Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan pendaftaran dan aktivasi fitur Shopee PayLater. 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengaktifkan fitur Shopee PayLater adalah:

  • Klik menu Saya dan pilih ShopeePayLater. 

Sumber: help.shopee.co.id

  • Setelah itu, klik Aktifkan Sekarang. 

Sumber: help.shopee.co.id

  • Ketik kode OTP yang diterima. 

Sumber: help.shopee.co.id

  • Tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengunggah foto KTP sesuai dengan ketentuan. Pastikan data yang tercantum serta foto KTP nampak jelas dan tidak buram. 

Sumber: help.shopee.co.id

  • Setelah foto KTP berhasil diunggah, tuliskan nama serta Nomor Induk Kependudukan yang sesuai dengan foto KTP tersebut. 
  • Masukkan nomor atau kontak darurat yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu akun Shopee Anda mengalami masalah atau disalahgunakan oleh oknum tertentu. 

Sumber: help.shopee.co.id

  • Selesai mengisi kontak darurat, Anda akan diminta untuk memverifikasi wajah. Pihak Shopee akan memberikan frame foto sebagai penunjuk tentang bagaimana wajah harus diperlihatkan. Usahakan pencahayaan pada wajah cukup terang sehingga membuat foto menjadi lebih mudah dilihat. 

Sumber: help.shopee.co.id

  • Selesai melakukan proses verifikasi wajah tersebut, pengajuan fitur Shopee PayLater pada akun Shopee akan diproses. 
  • Jika disetujui, pihak Shopee akan mengirimkan notifikasi bahwa fitur Shopee PayLater telah aktif dan bisa digunakan. Dengan begitu, kegiatan berbelanja online di Shopee akan menjadi lebih mudah dan praktis tanpa perlu takut kelewatan promo yang sedang berlaku. 

Cara Menggunakan dan Proses Pembayaran Bagi Pengguna Fitur Shopee PayLater

Mengetahui fitur Shopee PayLater telah aktif, tentu sudah tidak sabar untuk segera menggunakannya berbelanja secara online. Tetapi, bagaimana cara menggunakan dan proses pembayaran dari barang yang dibeli dengan menggunakan fitur Shopee PayLater tersebut?

Tidak sulit, cara menggunakan fitur tersebut tidak jauh berbeda dengan cara pembelian barang di Shopee seperti biasanya.

  • Saat membeli suatu produk dan akan membayarnya, pengguna dapat memilih metode pembayaran yang dikehendaki. Nah, dalam metode pembayaran tersebut, pengguna dapat memiliki opsi ShopeePayLater.

Sumber: shopee.co.id/inspirasi-shopee

  • Setelah itu, pengguna akan diminta untuk memasukkan PIN ShopeePay. Bagi yang belum mengaktifkan fitur ShopeePay dan belum memiliki PIN, pengguna akan mendapatkan kode verifikasi atau kode OTP. Hal ini tentu bertujuan untuk mengamankan proses transaksi dan pengguna harus bisa menjaga kerahasiaan kode OTP tersebut. 

Pasca mengisi PIN atau kode verifikasi, pembayaran akan langsung terkonfirmasi dan pihak penjual akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan proses pengiriman barang yang dipesan. Dengan begitu, penggunaan fitur Shopee PayLater telah selesai dilakukan dan pengguna diharap mampu melunasi tagihan tersebut paling lambat di tanggal 5 bulan setelahnya. 

Fitur Shopee PayLater tersebut bisa tetap terus digunakan asal limit pinjaman masih tersedia dan tidak ada tagihan yang melebihi batas waktu pelunasannya. Jadi, pastikan untuk tidak berlebihan dalam berbelanja dan lunasi tagihan belanja online sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. 

Fakta Shopee PayLater yang Harus Dipahami Penggunanya

Fitur PayLater yang dimiliki oleh Shopee memang dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi. Namun, sebelum memutuskan untuk memanfaatkan fitur tersebut, alangkah baiknya untuk mengetahui beberapa faktanya. 

  1. Diawasi oleh OJK

    Yang pertama adalah proses verifikasi identitas pada saat akan mengaktifkan fitur Shopee PayLater diawasi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini bisa saja berkaitan dengan rekam finansial Anda jikalau nantinya ada tagihan yang tidak bisa dilunasi dan lain sebagainya. 

  2. Hanya untuk 1 KTP

    Selanjutnya, hanya ada 1 KTP yang bisa didaftarkan pada akun shopee untuk bisa menggunakan fitur Shopee PayLater. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan saat bertransaksi dan mengecilkan risiko penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. 

  3. Tingkatkan Transaksi untuk Mendapatkan Limit yang Lebih Tinggi

    Untuk limit pinjamannya, pihak Shopee menentukannya sesuai dengan seberapa sering pengguna melakukan transaksi. Dalam kata lain, semakin banyak transaksi yang dilakukan, semakin besar pula limit pinjaman pada fitur Shopee PayLater yang bisa didapatkan. Namun, untuk kisarannya paling sedikit adalah 750 ribu dan maksimal 1,8 juta Rupiah.

  4. Rincian Tagihan diupdate Setiap Tanggal 25

    Rincian tagihan dari barang yang dibeli menggunakan fitur Shopee PayLater dapat dilihat per tanggal 25 di bulan berjalan. Saat mendapatkan rincian tagihan tersebut, barulah batas waktu 5 bulan untuk melunasi pembayaran mulai berjalan. Jadi, ingat kembali kapan rincian tagihan diterima dan lakukan pembayarannya tidak lebih dari batas waktu yang telah diberikan. 

  5. Proses Refund Jika Menggunakan Shopee PayLater

    Limit Shopee PayLater yang telah digunakan akan dikembalikan ketika proses pengembalian telah disetujui juga oleh   pihak penjual. Begitupun jika penjual yang melakukan pembatalan pesanan, maka limit Shopee PayLater Anda akan dikembalikan (sesuai nominal yang digunakan).

Kemudahan Bertransaksi Tidak Serta-Merta Berarti untuk Terus Berbelanja Setiap Waktu

Adanya fitur Shopee PayLater tentu dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi. Namun, perlu disadari jika sistem kerja dari fitur tersebut tidak jauh berbeda dengan sistem kartu kredit dan harus dilunasi di kemudian hari. 

Yang pasti, di balik kemudahan kegiatan berbelanja tersebut terdapat berbagai risiko finansial yang mengintai. Oleh sebab itu, sikap bijak dalam berbelanja masih perlu ditanam dalam diri agar kondisi keuangan Anda tetap terjaga. 

Baca Juga Artikel PayLater Lainnya: