Sukses Berkiprah di Industri Musik, Afgan Juga Kelola Berbagai Bisnis yang Menjanjikan

Sebagai salah satu solois pria papan atas, Afgansyah Reza sudah lama malang melintang di dunia entertainment Indonesia. Mengusung musik bergenre Pop, Afgan dikenal dengan warna vokal baritonnya yang memiliki ciri khas tersendiri. 

Tak hanya kemampuan olah vokalnya saja yang menawan hati. Afgan juga tampil dengan wajah ganteng dan lesung pipit yang manis. Tak pelak, banyak fans yang terpesona pada pelantun tembang Terima Kasih Cinta ini.

Baca Juga: Kini Jadi Ratu Soundtrack yang Legendaris, Melly Goeslaw Pernah Alami Album Gagal di Pasaran

Gemar Bernyanyi dari Kecil

Anak kedua dari empat bersaudara ini terlahir dan tumbuh dalam keluarga yang mendukungnya bermusik. Dikelilingi para anggota keluarga yang menikmati musik membuat bakat menyanyi yang dimiliki Afgan lebih mudah menemukan jalan kesuksesan. Pria kelahiran Jakarta, 27 Mei 1989 ini konon sudah sering diminta bernyanyi sejak duduk di bangku sekolah menengah. 

Suaranya yang khas bahkan sudah terdengar matang meski ia baru menginjak usia 18 tahun. Saat itulah pria lulusan SD dan SLTP Islam Sudirman serta SMAN 34 Jakarta ini tertarik untuk mengirimkan rekaman hasil suaranya saat berkaraoke. Tak disangka, keisengan tersebut menjadi pembuka jalan baginya untuk berkarier sebagai penyanyi di industri musik.

Pernah Korbankan Pendidikan Demi Berkarier

Sempat kesulitan mengelola waktu, Afgan memutuskan hengkang dulu dari dunia pendidikan demi kariernya. Saat itu, Afgan disibukkan dengan produksi dan rilisan album perdananya, sehingga ia pun terpaksa undur diri dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) di tahun 2008.

Namun semua itu terbayarkan ketika akhirnya ia berhasil lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi (Bachelor of Economy) dari kampus bergengsi, Monash University. Menurut pengakuannya kepada media, pria yang merupakan putra dari pasangan dokter ahli anestesi Loyd Yahya dan dokter spesialis anak Lola Purnama ini mempersembahkan kelulusannya tersebut untuk ibunda tercinta.

Rajin Merilis Karya-Karya Istimewa

Sejauh ini Afgan telah merilis berbagai karya apik nan istimewa. Setelah meluncurkan album Confession No. 1 (2008) yang meledak di pasaran, ia kemudian merilis EP bertajuk Bersihkan Dirimu setahun berikutnya. Kesuksesan terus membuntutinya, terbukti lagu-lagu Afgan menjadi hits di berbagai radio dan menduduki posisi puncak berbagai chart.

Memasuki tahun 2010, ia mengeluarkan album rekaman selanjutnya yang berjudul The One. Lagu Bukan Cinta Biasa yang terdapat di dalamnya kemudian menjadi soundtrack dari film layar lebar dengan judul yang sama. Bahkan, film yang dibintangi oleh aktris Olivia Lubis Jensen itu juga ikut menampilkan Afgan sebagai peran figuran. 

Bintangi Film Layar Lebar

Setelah muncul dalam Bukan Cinta Biasa (2009), Afgan menunjukkan kemampuan aktingnya dan merambah dunia film. Ia telah membintangi Cinta 2 Hati (2010) serta Pond’s Perfect 10 (2013). Selain itu, ia bermain dalam Refrain (2013) dan juga Afganisme (2015).

Alhasil, Afgan pun semakin tenar dan sukses sebagai salah satu entertainer papan atas Tanah Air. Sebagaimana diketahui, pendukung dan penggemar Afgan belakangan menyebut diri mereka sebagai Afganisme. Nama Afgan pun kian diperhitungkan.

Baca Juga: Kisah Ariel Noah dan Popularitasnya yang Tidak Pernah Pudar

Merintis Karier Gemilang hingga Sepuluh Tahun

Adapun di tahun 2013, ia kembali merilis L1ve to Love, Love to L1ve. Album tersebut ikut menampilkan kolaborasi Afgan dengan Sherina dalam Demi Kamu dan Aku. Selain itu, lagu yang diciptakan oleh David dari band Noah berjudul Untukmu Aku Bertahan juga menjadi andalan.

Tiga tahun berselang, Afgan terus melanjutkan kiprahnya dengan perilisan album Sides (2016). Album ini menyajikan lagu-lagu seperti Berani Sadari yang dikolaborasikan dengan Rayi putra dan Yura Yunita. Demikian juga dengan lagu X yang dibawakan bersama SonaOne.

Menandai sepuluh tahun berkarier sebagai penyanyi solo, Afgan lantas merilis Dekade. Ia menggandeng penyanyi Isyana Sarasvati serta Rendy Pandugo untuk lagu Heaven. 

Afgan juga bekerja sama dengan penyanyi kondang Negeri Jiran, Sheila Madjid untuk lagu Bawalah Cintaku. Di samping itu, lagu-lagu andalan lainnya seperti Sadis, Bukan Cinta Biasa, hingga Jodoh Pasti Bertemu juga terdapat dalam album yang rilis tahun 2018 tersebut.

Menangkan Berbagai Penghargaan Bergengsi

Prestasi seorang Afgan sudah tak perlu diragukan lagi. Dengan suara emasnya, ia mampu membius para penikmat musik dan dibuat terhibur berkat penjiwaannya. Sejumlah prestasi telah ia torehkan dalam belantika musik tanah air, salah satunya ialah AMI Award untuk Lagu Pop 2012 lewat Panah Asmara yang ia nyanyikan.

Berkat lagu Panah Asmara, ia juga menyabet penghargaan AMI Award untuk Tim Produksi Suara Terbaik tahun 2012. Adapun dari Indonesia KCA, Afgan telah memenangkan penghargaan Penyanyi Pria Terfavorit di tahun 2008, 2009, dan 2010 berturut-turut. Selain itu, Afgan membawa pulang AMI Award untuk kategori Artis Solo Pria Pop Terbaik di tahun 2009 dan 2012. 

Mendapat Tempat di Hati Masyarakat

Lagunya yang berjudul Percayalah (featuring Raisa Andriana) meraih Kolaborasi Terdahsyat dari Dahsyatnya Award untuk Duet 2016. Lagu ciptaan Afgan, Raisa, Adrian Rahmat Purwanto, dan diaransemen oleh Ari Aru Renaldi ini juga diganjar dengan raihan Karya Produksi Kolaborasi Terbaik 2015. 

Menariknya lagi, lagu yang bernuansa romantis tersebut lantas menjadi OST dari film London Love Story yang diproduksi oleh Screenplay. Dengan deskripsi lirik yang manis dan optimis, lagu tersebut menjadi salah satu track Indonesia yang paling sering diputar di Spotify tahun 2015. Lagu itu juga telah diputar lebih dari 16 juta kali di platform YouTube. 

Di tahun berikutnya, 2016, Afgan lagi-lagi mengantongi penghargaan yang sama untuk kolaborasi yang tak kalah apiknya bersama Rossa, yakni dalam lagu Kamu Yang Kutunggu. Kemudian, salah satu lagunya yang berjudul Kunci Hati berhasil mendapat ganjaran Lagu Terdahsyat dari Dahsyatnya Award 2017.

Untuk prestasi lainnya, Afgan yang merupakan brand ambassador dari Good Day dan Vivo ini juga menyabet penghargaan keren lainnya. Di tahun 2016, ia mendapatkan Personaliti Luar Negara Melodi dari Anugerah Melodi TV3. Menyusul di tahun 2017, Afgan menyabet Best Solo Artist dari SCTV Awards.

Pada tahun yang sama, ia juga memboyong Best Collaboration Artist dengan SonaOne dari Anugerah Planet Muzik, Most Friendly Male Artist dari OZ Radio Bandung FMA, Bintang Iklan Terfavorit dari Bright Awards, serta Prominent Figure with Positive Sentiment in Social Media dari Social Media Awards.

Andal Berbisnis dan Kelola Keuangan

Setelah menjajal bisnis fashion dalam clothing line bertajuk Carnival, Afgan juga merambah berbagai usaha seperti waralaba karaoke hingga investasi properti. Menghasilkan omzet ratusan juta Rupiah, bisnis franchise karaoke De’ Tones by Afgan Family Karaoke telah dikelolanya sejak 2010 lalu. Hingga kini, bisnis tersebut telah memiliki banyak cabang, terutama di kota-kota besar Indonesia.

Kepada wartawan, ia sempat bercerita mengenai bisnis penyewaan dua rumah tinggal beserta keenam apartemen yang dimilikinya. Afgan diketahui mempunyai empat apartemen kelas premium. Sementara dua apartemen lainnya tergolong kelas menengah.

Tak hanya itu saja, ia juga diketahui mempunyai bisnis kuliner berupa restoran serta penyelenggara acara (Event Organizer) yang dikelola dengan keluarga. Baginya, berbisnis ialah passion lain yang senang ia jelajahi selain dunia tarik suara dan pendidikan.

Kiat Sukses Ala Afgan

Melalui industri hiburan, Afgan telah berhasil mengumpulkan banyak kekayaan. Pundi-pundi uang itu kemudian dijadikannya sebagai modal untuk membuka berbagai usaha. 

Menurutnya, generasi muda tak hanya harus andal menghasilkan uang. Mereka juga harus pintar mengelola keuangan dengan baik untuk investasi dana di hari tua. Dengan demikian, niscaya hari tua dapat lebih terjamin dan sejahtera.

Baca Juga: Boleh Kok Beli Tiket Konser Pakai Kartu Kredit, Asal Lakukan 4 Hal Ini