Tak Disangka! Kini Tajir Melintir, Begini Lika-Liku Perjalanan Karier Aktor Muda Rizky Billar

Muhammad Rizky Billar telah dikenal luas sebagai model, penyanyi, dan aktor muda good looking yang berbakat. Pria kelahiran Medan, 12 Juli 1995 ini telah membintangi beraneka ragam iklan, sinetron, dan film layar lebar.

Terjun ke dunia hiburan sejak tahun 2014, pemain film Miscall (2015) dan Ashiap Man (2020) tersebut sukses berkarier sebagai entertainer. Berbagai judul sinetron dan film televisi (FTV) yang dilakoninya telah berhasil meroketkan namanya.

Kendati demikian, tak banyak yang tahu jika perjalanan karier Billar tak berjalan semulus itu. Demi menapaki puncak kesuksesan, ada banyak rintangan yang telah dilalui pria berdarah blasteran Arab-Indonesia ini.

Baca Juga: Berkenalan dengan Millen Cyrus, Keponakan Ashanty yang Kini Sukses Jadi Selebgram

Perjuangan Panjang Merintis Karier

Di awal kariernya, Rizky sempat mengalami berbagai rintangan. Ia mengawali karier pada tahun 2014 dengan menapaki dunia model. Waktu itu, sebuah agensi modeling melirik Rizky yang sedang jalan-jalan di sebuah mall.

Mulanya, ia merasa tidak tertarik untuk berkiprah di industri entertainment. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ia pun luluh dan akhirnya berniat untuk mencoba peruntungannya menjadi entertainer.

Saat itu, ada beberapa hal yang memotivasi Rizky terjun menjadi model. Tak sekadar ingin menambah pengalaman. Ia juga ingin memperluas jejaring dan menambah pertemanan. 

Jadi seorang finalis cover majalah dalam sebuah kontes, Rizky pun menunjukkan keseriusannya dengan hijrah dari Medan ke Jakarta. Di ibukota, ia menjalani karantina hingga akhirnya mengikuti berbagai casting dan audisi lainnya.

Alami Penolakan Ketika Casting

Memulai kariernya dari nol, Rizky tak keberatan menerima peran pendukung sampai akhirnya ia berhasil menjadi mendapat kepercayaan untuk memainkan tokoh utama. Namun pada awalnya, kemajuan karier Rizky berjalan alot. 

Ia bahkan sempat mengalami beberapa kali penolakan ketika mengikuti casting. Logat Bataknya saat itu menjadi salah satu kendala sehingga banyak yang menyepelekannya.

Sempat hendak menyerah, Rizky akhirnya berhasil bermain dalam Rajawali dan Aku Anak Indonesia. Kedua sinetron tersebut tayang pada tahun 2015. Terus mengasah kemampuan, ia kemudian berhasil membintangi sejumlah FTV hingga merambah ke layar lebar.

Tak hanya membintangi FTV berjudul Rahasia Tuhan: Air Terjun Pemisah Jodoh, Rizky semakin menunjukkan kebolehannya berakting dan bermain dalam film Miscall (2015).

Sukses Berkarier dalam Seni Peran

Semakin digandrungi penggemar, publik menaruh perhatian pada sosok Rizky yang tampan dan berbakat. Beberapa judul FTV pernah ia bintangi, seperti Cintaku Buat Mas Bro dan Lovepedia: Love Game di tahun 2016. Di tahun yang sama, ia juga melakoni sinetron Jinny Oh Jinny Datang Lagi dan Anak Jalanan.

Pada tahun 2017, ia terus aktif bermain dalam FTV Rahasia Cinta Pelangi serta dua sinetron berjudul Pangeran 2 dan Apa Kata Dunia. Sedangkan di tahun 2018, ia muncul dalam FTV Cinta Jangan Kasih Kendor, Cintaku Pendek Tapi Kece, I Love You To The Moon And Back, dan Sate Ayam Bumbu Cinta. Tahun itu, ia juga membintangi sinetron Ada Dua Cinta.

Memasuki 2019, ia melakoni FTV Berakit Ke Hulu Berenang Ke Hatimu hingga sinetron Istri-Istri Akhir Zaman serta mini seri Topeng Kaca. Pada tahun 2020 ini, Rizky dengan popularitasnya yang telah meroket kini menjadi bintang dalam Cinta Karena Cinta, Jangan Panggil Gue Pak Haji, dan Cinta Nikita.

Hadapi Frustrasi Hingga Tak Kesampaian Jadi Atlet

Terlepas dari kariernya yang bersinar cemerlang, tak banyak yang tahu bahwa Rizky tak pernah bercita-cita untuk menjadi aktor. Sebaliknya, cita-cita awalnya justru tak kesampaian.

Awalnya tak pernah terpikirkan oleh Rizky bahwa ia akan menjadi seorang entertainer. Malahan, pria yang hobinya berolahraga ini justru ingin menjadi pemain sepakbola.

Sayang, cita-citanya yang diidamkan sejak remaja itu tak kesampaian. Keinginannya untuk menjadi atlet harus pupus lantaran ia sempat terkena penyakit typhus. Padahal, ia sudah menekuni sekolah bola demi keseriusan mengejar profesi idamannya.

Selain itu, ia juga sempat kelimpungan karena merasa stagnan. Di tahun 2017, pernah terbersit di benaknya untuk mundur dari dunia hiburan. Pasalnya, ia tak merasa industri ini tempat yang cocok baginya untuk berkarya.

Ia bahkan sudah berancang-ancang untuk mencari nafkah ke Negeri Sakura. Meski terbilang merupakan jenis pekerjaan yang berat, tapi Rizky ingin mencobanya. 

Namun kini, ia bersyukur rasa frustrasi itu sudah pergi. Pria yang sesekali masih bermain bola karena hobi ini bersyukur, bahwa salah satu titik paling rendah dalam hidupnya itu sudah mampu ia lalui. 

Menjajal Bisnis Batu Mulia

Tak hanya berbakat sebagai aktor, Rizky Billar juga telah merambah dunia bisnis. Selain menjadi bintang iklan dan endorsement beraneka brand, Rizky diketahui merintis usahanya dengan brand bernama MRB Jewelry. 

Brand tersebut menyediakan berbagai cincin serta gelang dengan batu mulia permata sebagai hiasannya. MRB Jewelry juga menyediakan beragam jenis diamond dan tentunya menerima order berbagai perhiasan termasuk wedding ring.

Baca Juga: Sukses Jadi Aktor dan Sutradara, Adipati Dolken Pernah Bercita-Cita Jadi Atlet Sepakbola

Merambah Dunia Tarik Suara

Baru-baru ini, Rizky telah menunjukkan kualitasnya sebagai entertainer serba bisa. Agustus lalu, ia memulai debutnya sebagai penyanyi. Single berjudul Melihatmu Bahagia telah dirilis dan menuai sukses di pasaran.

Menjadi trending di platform YouTube, lagu ciptaan Tengku Shafick tersebut seolah mewakili isi hatinya. Seperti diketahui, publik dikejutkan dengan pernikahan ta’aruf antara Dinda Hauw dan Rey Mbayang. Padahal sebelumnya, Dinda dikabarkan dekat dengan Rizky Billar.

Terkait kedekatan tersebut, Dinda memaparkan kepada Atta Halilintar bahwa dia dan Billar hanya sekadar sahabat. Sebelumnya, Dinda dan Billar pernah menjadi lawan main saat membintangi sebuah sinetron.

Popularitas Kian Meroket di Internet

Semakin populer, akun Instagram Rizky telah diikuti oleh lebih dari 6 juta followers. Tak heran jika banyak pihak yang mengajaknya bekerja sama dalam bentuk endorsement.

Selain itu, bintang iklan Oppo, Beng Beng Share It dan Men’s Biore ini juga aktif sebagai vlogger di kanal YouTube dirinya. Dengan subscribers lebih dari dua juta, namanya pun semakin diperhitungkan sebagai salah satu aktor muda berbakat Indonesia.

Kehidupannya sebagai public figure pun kian disorot, terutama karena baru-baru ini ia sedang dekat dengan penyanyi Dangdut, Lesti Kejora

Selalu Berikan yang Terbaik

Kini nama Rizky Billar telah menambah jajaran aktor muda dengan kekayaan yang besar. Dari social media, tampak dirinya mengenakan berbagai produk fashion harga fantastis dari berbagai brand kenamaan mancanegara.

Demi serius berkarier sebagai aktor, Rizky Billar bahkan rela meninggalkan bangku kuliahnya dan total berjuang sebagai entertainer. Meski cita-citanya sebagai atlet tak kesampaian, namun ia mensyukuri perjalanan kariernya yang lebih bersinar di dunia hiburan.

Alih-alih berhenti, ia menerima dengan ikhlas, melanjutkan hidup, dan tetap memberikan yang terbaik. Kini ia hanya menikmati main bola sebagai hobi. Sedangkan pekerjaan di bidang keartisan terus digelutinya dengan profesional.

Seperti kisah Billar, banyak dari kita yang mungkin mengalami kekecewaan. Hidup tak selalu berjalan sesuai rencana dan terkadang memiliki alurnya sendiri yang tak terduga. 

Alih-alih terpuruk berlama-lama, cepatlah beradaptasi dan tekuni skill baru saat cita-cita Anda tak kesampaian di bidang yang lama. Siapa tahu justru rezeki yang lebih besar tengah menanti di tempat lain.

Baca Juga: Ingin Sukses? Yuk, Baca Kumpulan Quote Sukses dari Pengusaha Sukses