Tak Punya Asuransi Mobil, Ini Risiko dan Kerugiannya Bila Terjadi Kecelakaan

Kecelakaan saat berkendara merupakan hal yang sering terjadi di jalanan. Kecelakaan ini dapat mengakibatkan berbagai kerusakan berupa penyok, baret, atau bahkan kerusakan komponen mesin pada kendaraan. Tentunya perbaikan-perbaikan ini dapat menyebabkan kerugian finansial, apalagi bila tidak memiliki asuransi mobil.

Tak hanya kerugian finansial, ada berbagai risiko merugikan lain yang dapat terjadi bila tidak memiliki asuransi mobil. Penasaran apa saja? Simak penjelasan berikut ini!

Rugi Tidak Punya Asuransi Mobil

loader

Rugi tidak punya asuransi mobil kalau terjadi kecelakaan

Kalau kamu membeli asuransi mobil, risiko akan berbagai kerusakan akan terjamin. Ada dua jenis asuransi mobil yaitu  all risk dan TLO. Kedua jenis ini sama-sama berfungsi untuk menjamin biaya perbaikan pada kerusakan mobil, hanya berbeda persyaratannya saja

Bagaimana jika tidak punya asuransi mobil? Ya otomatis kamu sendiri yang menanggung kerugian tersebut. Selain tidak memiliki perlindungan, kerugian tidak punya asuransi mobil adalah:

  1. Keuangan Bisa Terganggu

    Seperti yang telah disinggung, biaya perbaikan kendaraan akan ditanggung oleh kamu sendiri apabila tidak memiliki asuransi mobil. Tentunya hal ini akan menganggu keuangan karena biaya perbaikan yang mahal apalagi bila kerusakannya besar

    Akan tetapi beda cerita bila memiliki asuransi mobil, biaya perbaikan akan ditanggung oleh asuransi. Sehingga dengan begitu keuangan tetap aman.

  2. Tak Bisa Berkendara dengan Tenang

    Tidak punya asuransi, jelas tidak ada perlindungan. Berkendara di jalan pasti akan diliputi rasa cemas dan was-was dengan berbagai risiko di jalan raya.

    Bila memiliki asuransi mobil, berkendara jadi lebih tenang dan aman. Jika terjadi kecelakaan, tak perlu lagi khawatir memikirkan biaya perbaikan yang harus ditanggung bila mengalami kecelakaan di jalan.

  3. Tak Punya Manfaat Tambahan

    Bila perlindungan utama saja tidak punya, apalagi perlindungan tambahan. Manfaat tambahan ini juga penting jika punya asuransi mobil sebagai contoh kerugian yang diakibatkan bencana alam, huru-hara, terorisme dan sabotase, serta hal lainnya. 

    Kalau tidak memiliki asuransi mobil, maka kerugian-kerugian tersebut harus kamu hadapi sendiri. Pastinya hal ini membuat repot dan memakan biaya yang mahal.

  4. Harga Jual Mobil Anjlok

    Mobil termasuk aset yang mengalami penyusutan atau penurunan nilai. Kalau punya asuransi, mobil yang rusak karena kecelakaan bisa diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

    Ketika mobil dijual, mobil bekas kecelakaan yang tidak memiliki asuransi akan terjual dengan harga yang lebih rendah.

Miliki Asuransi Mobil Sedini Mungkin

Pepatah mengatakan, "sedia payung sebelum hujan". Maka miliki asuransi mobil sebelum terjadinya kecelakaan atau kerusakan pada mobil kesayangan kamu.

Jadikan asuransi mobil sebagai sarana yang menjaga kendaraan dari berbagai risiko, sehingga kamu menjadi pengendara yang untung, bukan buntung karena menghiraukan pentingnya asuransi mobil.