Tak Punya Asuransi Mobil, Ini Risiko dan Kerugiannya Bila Terjadi Kecelakaan

Anda pernah melihat peristiwa kecelakaan di jalan raya, atau justru mengalaminya sendiri? Entah itu tabrakan, membentur sesuatu, terbalik, tergelincir, maupun terperosok ke sungai atau jurang.

Pasti mobil akan rusak. Mungkin juga bodi mobil sudah tidak berbentuk lagi saking parahnya. Jika diperbaiki, bisa menghabiskan banyak uang. Puluhan juta, bahkan ratusan juta sama seperti Anda membeli mobil baru.

Anda dapat terbebas dari kerugian tersebut bila telah memiliki asuransi mobil. Adalah perlindungan dari berbagai risiko yang mungkin timbul, salah satunya kecelakaan.

Mendekap asuransi mobil saat ini begitu penting. Sebab berkendara di jalan penuh dengan risiko kecelakaan. Risiko ini tidak ada yang tahu kapan datangnya. Bisa terjadi sewaktu-waktu meski Anda sudah berhati-hati mengendarai mobil sekalipun.

Baca Juga: Berapa Jumlah Ideal yang Harus Dialokasikan dari Gaji untuk Asuransi Mobil?

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Risiko yang Harus Ditanggung akibat Kecelakaan

Asuransi Mobil
Risiko yang harus ditanggung jika terjadi kecelakaan 

Tidak sedikit orang yang menyepelekan asuransi mobil. Begitu kejadian, baru deh nangis bombay karena perlu keluar uang dalam jumlah besar sekaligus untuk perbaikan mobil.

1. Mobil rusak berat

Kecelakaan bisa disebabkan banyak faktor, seperti kelalaian pengendara akibat main gadget, mendengarkan musik dengan volume tinggi, berkendara dalam kondisi mengantuk, ngebut atau ugal-ugalan, serta tidak menaati rambu lalu lintas dan marka jalan.

Kecelakaan tak terhindarkan, tabrakan tunggal, tabrakan beruntun, menabrak pembatas jalan, jatuh ke sungai atau jurang, terbalik, dan lainnya. Akibat kecelakaan, mobil mengalami rusak berat seperti bodi penyok.

2. Mobil terbakar

Kecelakaan, seperti terguling dapat menimbulkan percikan api akibat gesekan besi dan aspal jalanan. Kemudian, bensin tumpah atau bocor sehingga mobil terbakar.

Pemicu mobil terbakar saat kecelakaan adalah kebocoran tangki atau saluran bahan bakar maupun mesin. Ini lebih tragis lagi, mobil Anda bisa ludes dalam sekejap dilahap si jago merah.

3. Nyawa melayang

Setiap hari ada saja kecelakaan yang merenggut korban jiwa. Baik itu diri sendiri, penumpang, maupun orang lain.

Data Polri menyebut, rata-rata 3 orang meninggal setiap jam akibat kecelakaan di jalan. Penyebab terbesar, karena faktor manusia, kelayakan kendaraan, serta faktor prasarana dan lingkungan.

Baca Juga: Asuransi Mobil Taksi Online, Bagaimana Cara Memilihnya?

Rugi Gak Punya Asuransi Mobil

Asuransi Mobil
Rugi tidak punya asuransi mobil kalau terjadi kecelakaan

Jika persoalan nyawa, ada asuransi jiwa yang menanggung. Untuk urusan kendaraan mobil, dapat di cover asuransi mobil.

Kalau Anda membeli asuransi mobil, risiko kerusakan dan mobil terbakar karena kecelakaan pasti bakal ditanggung perusahaan asuransi.

Bagaimana jika tidak punya? Ya otomatis Anda sendiri yang menanggung kerugian tersebut. Dan jangan kaget dengan tagihan servisnya ya.

Selain tidak memiliki perlindungan, kerugian tidak punya asuransi mobil adalah:

  • Keuangan terganggu

Asuransi mobil sifatnya seperti dana darurat. Ketika terjadi kecelakaan, Anda tinggal klaim ke perusahaan asuransi untuk mencairkan dana ganti rugi.

Dengan begitu, keuangan Anda tetap aman karena tidak terganggu untuk biaya perbaikan mobil akibat kecelakaan.

  • Tak bisa berkendara dengan tenang

Tidak punya asuransi, jelas tidak ada perlindungan. Berkendara di jalan pasti akan diliputi rasa cemas dan was-was dengan berbagai risiko di jalan raya.

Coba kalau ada asuransi mobil, berkendara jadi lebih tenang dan aman. Jika amit-amit kecelakaan, tak perlu lagi khawatir memikirkan biaya yang harus ditanggung. Kan ada perusahaan asuransi yang akan meng-cover sesuai polis.

Baca Juga: Survei: 64% Masyarakat Ingin Beli Mobil Mulai April 2021

  • Tak punya manfaat tambahan

Perlindungan yang utama saja tidak punya, apalagi manfaat tambahan. Manfaat tambahan ini juga penting jika punya asuransi mobil, seperti asuransi jiwa serta bonus dan hadiah menarik ketika membeli asuransi.

  • Harga jual mobil anjlok

Mobil termasuk aset yang mengalami penyusutan atau penurunan nilai. Kalau punya asuransi, mobil yang rusak karena kecelakaan bisa diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Jadi pas dijual, harganya tidak terlalu turun drastis. Tetapi jika tidak ada asuransi, mobil bekas kecelakaan bisa dijual dengan harga rendah, apalagi jika diperbaiki seadanya karena keterbatasan dana.

Miliki Asuransi Mobil Sedini Mungkin

Sedia payung sebelum hujan, begitu pepatah mengatakan. Miliki asuransi mobil sebelum terjadinya kecelakaan atau kerusakan pada mobil kesayangan Anda.

Jadikan asuransi mobil sebagai sarana investasi yang menjaga aset Anda, sehingga Anda menjadi pengendara yang untung, bukan buntung karena menghiraukan pentingnya asuransi mobil.

Baca Juga: 4 Tips Jitu agar Klaim Asuransi Mobil Anda Gak Ditolak