8 Manfaat Memiliki Asuransi Mobil

Zaman sekarang, masih banyak orang yang menganggap asuransi mobil belum terlalu penting untuk dimiliki. Padahal, memiliki asuransi mobil sangatlah penting! Biasanya, asuransi mobil ini akan sangat diperlukan apabila terjadi hal-hal pada mobil yang memang ada di luar kendali kita. Contohnya mobil ditabrak atau terserempet kendaraan lain.

Lalu, kenapa kebanyakan orang malas untuk mengasuransikan mobilnya? Karena banyak orang menganggap proses klaim asuransi mobil akan ribet. Padahal, aslinya proses klaim asuransi ini akan berjalan dengan cepat dengan syarat seluruh dokumen dan syarat sudah dipenuhi dengan sesuai. 

Baca Juga: Tak Punya Asuransi Mobil, Ini Risiko dan Kerugiannya Bila Terjadi Kecelakaan

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Manfaat Memiliki Asuransi Mobil

loader

Manfaat Memiliki Asuransi Mobil itu Banyak

Asuransi mobil sangat perlu untuk dimiliki karena merupakan bentuk perlindungan yang bisa menjamin kerugian, kehilangan, dan kerusakan yang terjadi pada mobil. Selain dari hal tersebut, asuransi mobil juga dapat membawa berbagai manfaat lain. Berikut ini adalah manfaat memiliki asuransi mobil:

  1. Memberikan Perlindungan bagi Kendaraan Segala Risiko Kerusakan

    Asuransi mobil akan menjamin risiko-risiko kecelakaan baik itu terperosok, kebakaran, tabrakan dan lain-lain. Proteksi ini dipengaruhi oleh jenis asuransi mobil yang dipilih, baik all risk (komprehensif) yang menjamin kerusakan kecil sampai besar atau TLO (Total Loss Only) yang mengganti apabila kerusakan mencapai >75% nilai mobil. Hal inila yang menjadi pertimbangan nasabah untuk mengambil jenis proteksi sesuai kebutuhan.

  2. Memberikan Ketenangan dan Keamanan

    Ketika terjadi kerusakan, pemilik kendaraan tidak perlu lagi memikirkan adanya biaya yang harus dikeluarkan ketika ada kerusakan. Hanya perlu mengajukan klaim asuransi dan perusahaan asuransi akan menanggung risiko tersebut sesuai dengan biaya asuransi polis yang sudah disetujui dari awal.

    Walaupun begitu, pengendara tetaplah harus menjaga keselamatan baik untuk diri sendiri, kendaraannya, maupun orang lain yang sedang berkendara. Jadi pastikan agar berkendara dengan hati-hati ya!

  3. Adanya Fitur Layanan Tambahan dari Perluasan Asuransi Mobil atau Kendaraan

    Untuk fitur layanan tambahan ini, dapat digunakan pada asuransi all risk atau TLO. Dengan memilih jenis perluasan asuransi seperti ini, tentu akan memberikan proteksi tambahan baik kerusakan kecil maupun besar. Tentunya perluasan ini akan memengaruhi besaran premi karena adanya proteksi tambahan yang diberikan. Maka dari itu, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

    Sebagai contoh nasabah menggunakan asuransi mobil TLO di dua tahun pertama, kemudian di tahun ketiga pemilik mobil menambah dengan asuransi all risk. Kedua jenis ini dapat dikombinasikan bersamaan.

  4. Membantu Menjaga Harga Jual

    Seperti yang kita tau, harga mobil akan turun jika kita sudah menggunakannya. Namun jika memiliki asuransi kendaraan, nilai jual mobil kamu akan lebih terjaga karena penurunannya tidak terlalu besar. Maka dari itu memiliki asuransi kendaraan sangatlah penting dan akan tetap menjaga nilai jual mobil.

  5. Menjaga Keuangan Agar Tidak Habis Mendadak

    Apabila memiliki asuransi mobil, kerusakan mobil akan diklaim oleh asuransi sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk memperbaikinya. Hanya cukup membayar biaya klaim sebesar Rp300.000 saja. 

    Akan tetapi bila mobil kita tidak memiliki asuransi dan suatu ketika terjadi kecelakaan yang mengharuskan kita memasukkan mobilnya ke bengkel. Anggap saja untuk memperbaiki bumper dan spion elektrik dapat menghabiskan biaya Rp3 juta lebih. Tentunya hal ini akan membuat kita mengeluarkan uang pribadi untuk memperbaikinya. Namun dengan memiliki asuransi mobil, keuangan akan tetap aman dan tidak terganggu untuk kejadian tidak terduga seperti itu.

  6. Memberikan Proteksi Apabila Terjadi Kehilangan yang Diakibatkan oleh Pencurian

    Jika mobil hilang dan memiliki asuransi, maka kamu bisa mengajukan klaim ini pada asuransi untuk mendapatkan pertanggungan terhadap kerugian yang menimpa kendaraan yang diasuransikan. Apabila proteksi terhadap kehilangan kendaraan karena pencurian menjadi salah satu benefit-nya, maka kamu hanya perlu mengajukan klaim sesegera mungkin dengan memenuhi beberapa persyaratan klaim asuransinya. Maka dari itu, kamu perlu menanyakan benefit atau proteksi apa yang ditawarkan atau disetujui. 

  7. Perbaikan yang Lebih Terjamin melalui Bengkel Rekanan

    Biasanya, perusahaan asuransi yang memiliki nama dan terpercaya akan memiliki bengkel rekanan. Jadi seluruh perbaikan yang dilakukan pada mobil kita pun akan terjamin. Baik itu goresan kecil, akan diklaim oleh asuransi dan dikerjakan oleh bengkel rekanan. 

    Tetapi seperti yang sudah dibahas, kamu tetap harus berhati-hati dalam mengambil sebuah asuransi yang mana perlu diketahui betul-betul apa saja jaminan proteksinya agar untuk mengetahuinya dengan detail.

  8. Membantu Menangani Tanggungan Pihak Ketiga

    Saat berkendara di jalan raya, pastinya akan ada risiko kecelakaan yang bisa saja merugikan pihak ketiga. Jika sampai melibatkan pihak ketiga, asuransi mobil akan membantu untuk membantu mengatasi hal tersebut sehingga kamu akan bebas dari tanggungan pihak ketiga.

    Sedangkan jika tidak memiliki asuransi, berarti tanggungan pihak ketiga harus diselesaikan secara pribadi sesuai dengan kesepakatan. Akan tetapi, polis tanggungan pihak ketiga ini bersifat tambahan sehingga akan mempengaruhi besaran premi.

Manfaat Asuransi Mobil itu Beragam dan Pastinya Menguntungkan

loader

Asuransi Mobil akan Membuatmu Lebih Tenang Berkendara

Asuransi mobil sangatlah penting agar saat mobil digunakan untuk sehari-hari, kamu akan tenang dalam berkendara. Karena jika tidak memilikinya, semakin parah rusaknya maka semakin besar juga pengeluaran yang harus dibayar. 

Dengan asuransi mobil, tidak perlu takut lagi bila mobil lecet, kecelakaan, atau hilang. semuanya akan diklaim asuransi dan tergantung premi mana yang kamu ambil. Tapi ingat, tetaplah berhati-hati dalam berkendara ya!

Baca Juga: Manfaat Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)