Tambah Kemampuan Anda dengan Belajar Online di Situs-Situs Ini

Menjadi seorang mahasiswa dan memiliki banyak waktu luang di luar kuliah, tentu akan membuat Anda berpikir untuk mencari berbagai macam kesibukan lainnya. Hal ini sangat wajar, sebab di usia yang masih sangat muda tentu semua orang ingin memiliki segudang aktivitas dan menghabiskan banyak waktu untuk berbagai hal yang berguna.

Sebagian orang mungkin akan memilih untuk mengambil pekerjaan sampingan, terutama mereka yang memang memiliki kemampuan untuk mengatur waktu mereka dengan sangat baik tanpa mengganggu aktivitas utama dalam belajar.

sedangkan sebagian lainnya bahkan ada yang telah memulai bisnis mereka sejak di bangku kuliah, di mana mereka telah terbiasa mengelola sejumlah pekerjaan dan juga uang mereka sendiri, atau lebih tepatnya sudah belajar untuk mandiri. Kedua hal tersebut tentu cukup layak untuk dipertimbangkan, jika Anda memang berkeinginan untuk mendapatkan pengalaman dan sejumlah uang tambahan.

Bekerja di saat masih kuliah memang cukup layak untuk dijadikan sebagai pertimbangan, terutama bagi Anda yang memiliki manajemen waktu yang cukup baik. Namun tentu saja tidak semua orang menginginkan hal tersebut dengan pertimbangan berbagai hal. Lalu, bagaimana dengan Anda sendiri, apa yang akan Anda lakukan di sela-sela waktu luang Anda?

Manfaat yang Anda Dapatkan dari Sebuah Pelatihan

Bagi Anda yang tetap ingin fokus kuliah dan fokus dalam mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja yang sebenarnya setelah lulus nanti, maka tidak ada salahnya Anda membekali diri dengan berbagai skill yang akan menambah pengetahuan dan juga kemampuan akademik Anda. Anda bisa mulai mencari dan menemukan tempat pelatihan yang bisa menambah skill dan juga berbagai hal lainnya yang Anda anggap penting bagi karir Anda di masa depan.

Ada banyak tempat pelatihan yang bisa Anda datangi dan jadikan sebagai sumber ilmu yang akan mempertajam skill yang Anda miliki saat ini. Berbagai keterampilan diajarkan di sana, baik itu dalam bentuk formal ataupun dalam bentuk non formal. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti pelatihan tersebut, antara lain:

  • Anda akan lebih menguasai skill tertentu yang memang Anda minati dan Anda anggap penting di dalam perkembangan karir Anda di masa depan.
  • Di tempat pelatihan Anda bisa menemukan berbagai skill yang tepat, yang mungkin saja tidak diajarkan oleh tempat kuliah Anda.
  • Dengan mengambil pelatihan, Anda bisa belajar lebih fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan bidang yang memang akan Anda geluti nantinya sebagai pekerjaan utama.
  • Tempat pelatihan akan memberi Anda berbagai persiapan yang tepat dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya setelah lulus nanti.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Temukan Pelatihan Online yang Tepat

Zaman sudah berubah, saat ini Anda tidak perlu bepergian atau mencari tempat-tempat pelatihan yang jaraknya jauh atau bahkan berada di luar negeri. Semua bisa Anda temukan secara online, di mana Anda bisa mencari dan memilih tempat pelatihan yang paling tepat untukmu. Bukan hanya itu saja, Anda bahkan bisa menemukan banyak tempat pelatihan online yang tidak berbayar (gratis), jadi Anda bisa menambah ilmu tanpa perlu mengeluarkan sejumlah biaya, bukan?

Jangan hanya terpaku pada tugas-tugas kuliah saja, manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin untuk mencari dan menambah skill juga kemampuan di dunia kerja nantinya. Hal ini akan sangat berguna dan bisa Anda jadikan sebagai bekal dalam menghadapi berbagai tantangan kerja setelah lulus nanti.

Beberapa tempat pelatihan karir online di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menemukan tempat pelaitihan yang paling tepat untukmu:

1. Khanacademy.org

loader Khanacademy.org via cqmsjt.com

Situs ini akan menjadi pilihan bagi Anda yang memang menginginkan pelatihan online yang tidak berbayar. Anda bisa menemukan berbagai materi yang Anda minati dan Anda ingin pelajari, sebab situs ini memuat lebih dari 3000 video yang berisikan berbagai macam materi, seperti: kosmologi, sejarah, kalkulus, bahkan seni dan berbagai materi lainnya tersedia di sini.

Situs ini juga memudahkan Anda dalam memilih dan mengatur sendiri jadwal yang Anda inginkan, sebab mereka menyediakan beberapa jadwal kursus tersebut dalam beberapa bagian.

Bukan hanya itu saja, situs ini juga memberi Anda kesempatan untuk meninggalkan komentar atau menanyakan berbagai hal terkait dengan materi yang belum Anda kuasai / mengerti. Anda bisa menemukan dan berinteraksi dengan pengelola situs ini dengan mudah melalui kolom komentar yang mereka sediakan, sangat lengkap bukan?

Baca Juga : Ikuti 7 Tips Ini Agar Karir Anda Kian Melesat

2. TED.com

loader
TED.com via www.thailibrary.in.th

Situs yang dikenal dengan sebutan TED Talks ini menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang ingin menambah skill di bidang public speaking, desain dan berbagai hal lainnya yang banyak dinikmati dan sedang menjadi tren.

Di sini Anda akan menemukan banyak pembicara yang berasal dari berbagai universitas di seluruh dunia, di mana orang-orang tersebut memang ahli dalam topik yang dimaterikan tersebut. Anda akan menemukan banyak pembicara handal di situs ini dan tentunya Anda bisa banyak belajar dari mereka.

3. oedb.org

loader
oedb.org via dig.do

Dalam situs online yang bisa Anda akses secara gratis ini, Anda bisa menemukan banyak sekali pelatihan dalam berbagai materi sekaligus. Situs ini memuat banyak materi yang diminati oleh anak muda, antara lain: keuangan, pemerintahan, kesenian, bisnis, dan bahkan berbagai ilmu pendidikan lainnya bisa Anda temukan di sini.

4. alison.com

loader
alison.com via cdn-media-1.lifehack.org

Di ALISON Anda bisa menemukan dan mempelajari berbagai materi yang berasal dari berbagai jenis kurikulum di dunia, jadi Anda bisa memilih mana yang paling tepat dan Anda anggap sesuai dengan kebutuhan Anda tentunya.

Bukan hanya itu saja, situs ini juga memberikan pelatihan dalam beberapa bahasa sekaligus, antara lain: bahasa Inggris, Prancis, dan juga Jerman. Di sini Anda bisa menemukan banyak sekali materi yang diajarkan, seperti: beragam skill yang dibutuhkan oleh perusahaan, bisnis, keuangan, kesehatan, akuntansi, manajemen, dan juga beragam materi lainnya yang diajarkan sebagai kurikulum di berbagai belahan dunia.

Baca Juga : Kerja Keras Saja Tidak Cukup, Ini Cara Memaksimalkannya

5. 99u.com

loader
99u.com via thumbs.statvoo.com

99U akan menjadi tempat pelatihan yang sangat tepat bagi Anda yang memiliki minat di bidang bisnis dan berniat untuk menjadi seorang entrepreneur. Berbagai macam materi mengenai pengembangan bisnis akan dibahas di tempat ini, dan hal tersebut akan sangat berguna bagi Anda yang ingin menjadi seorang pebisnis muda nantinya, karena Anda bisa mendapatkan banyak sekali skill mengenai hal tersebut di tempat ini.

6. coursera.org

loader
coursera.org via www.bottomlineperformance.com

Tempat kursus ini akan memberimu berbagai ilmu yang berguna dengan cara-cara yang berbeda, di mana Anda bisa belajar dengan lebih menyenangkan. Anda tidak akan bosan dengan metode unik yang mereka terapkan, misalnya: Anda akan melengkapi kuis online mereka dengan cara seolah-olah tengah bermain game dan dibatasi dengan timer tertentu. Hal tersebut tentu akan sangat menyenangkan dan membuat Anda tidak malas belajar, meskipun sebenarnya semua kegiatan tetap akan diawasi oleh seorang profesor.

Tempat ini menyediakan berbagai materi yang berasal dari tempat-tempat kursus ternama, yang untuk mengikutinya Anda harus mengeluarkan sejumlah uang yang besar. Menyenangkan bukan, jika ternyata Anda bisa mempelajari materi-materi tersebut di COURSERA saja, tanpa harus membayar sejumlah biaya yang mahal?

7. teamtreehouse.com

loader teamtreehouse.com via unmatchedstyle.com

Situs yang telah banyak dikenal ini memiliki berbagai materi pelatihan yang akan membuat skill Anda bertambah. Materi di sini akan membuat Anda memiliki kemampuan dalam membangun karir di masa depan. Di sini Anda bisa mempelajari banyak hal, seperti: marketing, desain, bisnis, bahkan cara membangun sebuah website sekalipun tersedia di TEAMTREEHOUSE. Jadi tidak ada salahnya jika Anda menjadikan situs ini sebagai tempat untuk menjalani pelatihan online, sebab ada banyak hal yang akan Anda ketahui dan pelajari di sini.

8. w3schools.com

loader

w3schools.com via www.matrixgroup.net

W3schools.com sejauh ini merupakan situs  untuk belajar pemrograman komputer online yang terbaik jika dilihat dari pendekatan sistematis dan sangat cocok untuk pemula dan sama sekali tidak perlu membayar sejumlah dana untuk dapat belajar pemograman komputer melalui website ini.

Website ini juga menyediakan aplikasi text editor untuk berlatih programming secara langsung, yang terbukti merupakan cara baik untuk belajar programming.

9. Nikon

loader

Perusahaan multinasional yang berpusat di Tokyo, Jepang yaitu Nikon, memberikan pelatihan secara online untuk yang hobi dan mencintai dunia fotografi. Untuk bisa mendapatkan kursus gratis dari Nikon, bisa mengunjungi langsung websitenya yaitu https://www.nikonevents.com/us/live/nikon-school-online/.

Kelas streaming menyajikan beberapa konten video, seperti cara memotret menggunakan kamera DSLR, memotret suatu objek, hingga teknik memakai speedlight. Tak hanya itu, disajikan juga materi mengenai dasar-dasar fotografi yang dipandu oleh instruktur dan fotografer profesional Nikon Reed Hoffmann.

10. edX

loader

Situs edx.org menyediakan ribuan kelas online dari 140 institusi ternama, termasuk di dalam daftarnya adalah Harvard University, Berkeley University of California, Boston University dan lainnya.

Kelas online yang disediakan pun terdiri dari berbagai bidang materi seperti: Ilmu Komputer, Bahasa, Ilmu Data Manajemen bisnis, Teknik, Sastra, Ekonomi dan keuangan.

11.  Speaky

loader
Spaky via speaky.com

Speaky merupakan jejaring sosial untuk belajar bahasa dari berbagai negara dan memberikan Anda untuk kesempatan bertemu dengan orang-orang dari seluruh dunia. Komunitas pembelajaran bahasa ini menyajikan lebih dari 110 bahasa di dunia untuk dipelajari.

Selain itu, Anda juga dapat mengobrol atau melakukan panggilan langsung dari browser masing-masing. Speaky juga tersedia dalam aplikasi yang dapat diunduh di Android maupun iOS.

Untuk info lengkap mengenai Speaky bisa langsung mengunjungi websitenya yaitu https://www.speaky.com/.

12. Microsoft

loader

Perusahaan teknologi nomor 1 didunia yang berpusat di Amerika, Microsoft juga menyediakan pelatihan secara online. Anda dapat mengembangkan keahlian yang telah dimiliki sebelumnya mengenai server, dekstop, aplikasi, hingga basis data.

Bisa kunjungi link ini https://www.microsoft.com/en-us/learning/default.aspx untuk informasi lebih lengkap mengenai kelas online yang disediakan oleh Microsoft.

13. Google

loader

Google menyediakan kursus online yang dapat diakses secara gratis bagi siapa saja yang berkeinginan mengembangkan bisnis atau ingin memulai karir. Anda dapat memilih modul pembelajaran sesuai keinginan.

Fokus kursus online terbagi menjadi beberapa kategori seperti pemasaran digital, data hingga pengembangan karier. Durasi tiap pelatihan pun berbeda-beda, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan keadaan masing-masing.

Adapun materi atau bidang yang disajikan antara lain: Dasar-dasar pemasaran digital, Bisnis online, Mempromosikan bisnis dengan iklan online, Memperluas bisnis ke negara lain, Membuat konten promosi, Menganalisis kebutuhan pelanggan dan perilaku online dan lainnya.

Pelatihan yang Tepat untuk Karir yang Tepat

Sudah bukan rahasia lagi jika ketatnya persaingan dunia kerja saat ini akan membuat Anda sedikit was-was dalam menghadapinya, meski saat ini mungkin Anda masih dalam masa kuliah.

Salah satu langkah yang paling tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara mempersiapkan diri dengan berbagai skill yang memang dibutuhkan dan diminati.

Temukan berbagai pelatihan online yang bisa Anda ikuti dengan mudah, pilih jenis pelatihan yang paling tepat untukmu dan persiapkan dirimu dengan matang untuk menghadapi ketatnya persaingan di dunia kerja.

Baca Juga : 7 Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang