Tanpa Obat-Obatan, Kolesterol Bisa Turun dengan 7 Tips Ini!

Setiap orang mungkin mempunyai bibit kolesterol dalam tubuhnya, terutama untuk orang yang hobi mengonsumsi makanan berlemak. Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol tinggi apabila jumlahnya melebihi 200 mg/DL. Jika tidak segera dikurangi, maka kolesterol berpotensi menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. 

Hampir semua orang yang mengidap kolesterol tinggi, mereka akan mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkan koleterol. Padahal, jika terlalu sering mengonsumsi obat juga tidak baik untuk kesehatan terutama pada ginjal. Hal ini tentunya akan menambah penyakit baru.

Lantas, bagaimana cara yang aman untuk menurunkan kolesterol?

Dilansir dari Healthline, berikut tips mudah turunkan kolesterol tanpa mengonsumsi obat-obatan. Anda bisa langsung praktekkan kalau memang punya kadar kolesterol yang tinggi.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Tips Mudah Turunkan Kolesterol Tanpa Obat-obatan

1. Hindari konsumsi lemak trans

loader
Hindari konsumsi lemak

Kadar kolesterol dalam tubuh tergantung dari makanan yang masuk ke tubuh. Sebisa mungkin hindari konsumsi lemak trans karena sifatnya stabil, jadi lebih sulit dicerna oleh tubuh. Makanan seperti hamburger, donat, kentang goreng, dan mentega termasuk dalam kategori lemak trans. 

Sebuah studi menyatakan bahwa 8% kematian disebabkan karena konsumsi lemak trans. Jika kamu sering mengonsumsi hamburger, misalnya, sekarang sudah bisa dikurangi. 

Agar konsumen mengetahui kandungan apa saja yang masuk ke tubuh, ahli gizi menyarankan agar perusahaan pengolah makanan mencantumkan bahan-bahan pembuat makanannya. Jadi, konsumen bisa lebih hati memilih produk makanan.

2. Perbanyak asupan serat

Jika di atas dianjurkan untuk mengurangi, pada poin ini kamu diajak untuk menambah asupan. Tentunya asupan kandungan yang lebih sehat, yaitu serat. Serat dipercaya mengandung bakteri probiotik yang ampuh mengurangi kadar lipoprotein, VLDL, dan LDL.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi 3 gram serat setiap hari selama 12 minggu dapat mengurangi LDL sebesar 18%. Studi ini diuji cobakan pada 30 orang dewasa sekaligus dan berhasil. Studi lain mengungkapkan bahwa kandungan serat yang ditambahkan dalam menu sarapan sehari-hari dapat mengurangi kadar LDL sebesar 4%. 

3. Turunkan berat badan

loader
Menurunkan berat badan

Jika berat badanmu dirasa berlebihan, tidak ada salahnya dikurangi untuk mencegah kolesterol. Selain itu, berkurangnya berat badan dapat meningkatkan HDL baik dan mengurangi LDL yang berbahaya. Rasa percaya diri juga bertambah jika berat badanmu ideal. 

Tidak perlu ekstrem, kamu bisa coba menurunkan berat badan dengan cara makan secara teratur, menghindari makan malam, makan dengan porsi sedikit tapi lebih sering, kurangi konsumsi gorengan, dan gula. Gantikan makanan kurang sehat dengan makanan yang lebih sehat, seperti sayur-mayur, ikan, dan buah-buahan, serta istirahat yang cukup.

4. Olahraga secara rutin

Seperti yang kamu ketahui, olahraga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Selain mengurangi atau atau mempertahankan berat badan, olahraga juga ampuh mengurangi kadar kolesterol. Sebab dengan berolahraga rutin, kadar LDL (kolesterol jahat) berkurang, sedangkan kadar HDL (kolesterol baik) meningkat.

Berolahraga tidak perlu harus ke pusat kebugaran karena di rumah juga bisa, yaitu dengan sit up, push up, dan kardio. Atau bisa juga dengan jalan kaki. Intinya semakin sering olahraga, maka semakin banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuhmu secara keseluruhan.

Baca Juga: Inilah Obat Kolesterol Alami yang Gampang Ditemukan di Rumah

5. Konsumsi lemak baik

loader
Konsumsi lemak baik

Nyatanya tidak semua lemak itu jahat, ada juga lemak baik yang bisa kamu temukan dalam minyak zaitun, kacang almond, walnut, dan alpukat. Melakukan diet sehat dengan memperbanyak konsumsi lemak sehat dipercaya dapat meningkatkan kadar HDL, sedangkan kadar LDL menurun. 

Lemak baik juga bagus untuk mengurangi oksidasi lipoprotein, yang dapat menghambat aliran pembuluh darah. Maka dari itu, gantikan konsumsi lemak jahat dengan lemak baik. Dengan demikian, kandungan kolesterol dalam tubuhmu bisa berkurang secara perlahan.

6. Kurangi merokok

Beberapa perokok berkata kalau merokok dapat menghilangkan stres, tapi ketahuilah dampak negatif yang timbul setelah itu. Dalam 5-10 mendatang, misalnya, mungkin akan terjadi pelemahan tulang, imun tubuh, menimbulkan radang, dan menyumbat arteri. Sebab, sel-sel tubuh dalam tubuh perokok aktif tidak dapat menghantarkan darah dengan lancar ke jantung. 

Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Kalaupun stres, sebaiknya jangan dilampiaskan ke rokok. Carilah aktivitas lain yang bisa membuatmu merasa tenang dan rileks, seperti berolahraga, jalan sore, atau traveling. 

Baca Juga: 10 Makanan Lezat ini Bisa Bantu Anda Berhenti Merokok

7. Kurangi konsumsi alkohol

loader
Kurangi konsumsi alkohol

Healthline menyebutkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, alkohol bagus untuk meningkatkan kadar HDL guna mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, yang tidak disarankan adalah konsumsi yang berlebihan karena dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko jantung. 

Minuman beralkohol memang tidak mengandung lemak, tapi tinggi kandungan gula. Jika kamu banyak mengonsumsi alkohol, itu berarti kamu juga sudah mengonsumsi gula yang secara otomatis dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat. 

Terapkan Hidup Sehat

Kolesterol merupakan penyakit yang umum terjadi karena gaya hidup yang berantakan. Mulai dari makanan sembarangan dan jarang atau bahkan tidak pernah olahraga. Agar kolesterol hempas dalam tubuh, terapkanlah hidup sehat dengan bijak mengonsumsi makanan dan minuman dan olahraga yang teratur.

Baca Juga: Turunkan Kolesterol Melalui Makanan Lezat Berikut Ini