Inilah Obat Kolesterol Alami yang Gampang Ditemukan di Rumah

Banyak orang tidak menyadari bahwa kebiasaan serta pola makan yang setiap hari dilakukan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Karena terbuai dengan kesibukan kerja, malas berolahraga, atau tidak menjaga makanan yang dikonsumsi, tanpa disadari beragam penyakit berbahaya tengah mengintai.

Salah satu penyakit yang berisiko menyerang akibat kebiasaan tidak sehat tersebut adalah kolesterol. Penyakit tersebut terjadi akibat kadar kolesterol dalam tubuh penderitanya yang terlampau tinggi sehingga meningkatkan risiko serangan jantung maupun stroke. Sudah banyak dipahami jika kedua penyakit akibat kolesterol tinggi tersebut merupakan penyakit mematikan dan sebisa mungkin dihindari.

Sebenarnya, tubuh manusia sendiri membutuhkan kandungan kolesterol agar tetap sehat. Fungsi dari kolesterol tersebut adalah untuk membuat sel tubuh yang baru dan juga mendorong tubuh untuk bisa menghasilkan asupan vitamin D serta asam empedu. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, dampaknya bagi tubuh juga tidak baik.

Lantas, bagaimana cara agar bisa terhindar dari masalah kesehatan tersebut? Disadari atau tidak, kolesterol tinggi ternyata bisa diatasi dengan menggunakan banyak bahan alami yang mudah ditemukan di dapur rumah. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Beragam Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh!

6 Obat Kolesterol Alami yang Gampang Ditemukan di Rumah

loader

  1. Bawang Putih

    Sudah dapat dipastikan jika seluruh masyarakat Indonesia menyimpan salah satu bumbu dapur utama yang satu ini. Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur favorit orang Indonesia karena biasa digunakan untuk menyedapkan berbagai macam kuliner asli dalam negeri. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk selalu memastikan bahwa stok bawang putih di rumah selalu tersedia.

    Nah, mengetahui hal tersebut, bawang putih ternyata juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, loh!. Selain dijadikan sebagai penyedap makanan, bawang putih juga cukup populer dijadikan sebagai bahan pembuatan obat herbal.

    TIdak sulit untuk bisa mendapatkan manfaat dari bawang putih yang satu ini. Dengan langsung memakan 3 sampai 4 siung bawang putih setiap hari, Anda sudah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

    Namun, saat rutin mengonsumsi bawang putih, pastikan tubuh mendapatkan asupan air yang cukup. Pasalnya, bawang putih memiliki efek samping untuk membuat tubuh merasakan dehidrasi akibat adanya kandungan zat diuretik di dalamnya. 

  2. Seledri

    Selain bawang putih, obat kolesterol alami yang mudah ditemukan di rumah adalah seledri. Sama halnya dengan bawang putih, seledri juga seringkali distok di rumah karena banyak digunakan sebagai bahan campuran pada masakan Indonesia.

    Bagi yang belum tahu, manfaat yang dimiliki seledri adalah secara efektif menurunkan kolesterol dan hipertensi dalam tubuh. Khasiat tersebut dapat diberikan oleh seledri karena mengandung ekstrak heksana. Kandungan dari seledri itulah yang membuat tekanan darah dalam tubuh dapat diturunkan. 

    Tidak hanya itu, seledri juga mengandung etanol serta methanol. Kedua kandungan tersebut berguna untuk menjadikan sirkulasi darah menjadi lebih lancar serta mengatasi peradangan yang mungkin saja terjadi di pembuluh darah.

    Untuk bisa mendapatkan manfaat dari seledri tersebut, Anda hanya tinggal mengolahnya menjadi jus. Dengan meminumnya paling tidak satu gelas per hari, tekanan darah dalam tubuh akan menjadi lebih terkontrol dan menurunkan risiko penyakit kolesterol tinggi. 

  3. Biji Ketumbar

    Obat kolesterol alami selanjutnya adalah biji ketumbar. Dalam biji ketumbar, terdapat banyak sekali kandungan asam. Beberapa di antaranya adalah asam oleat, linoleate, palmitat, askorbat, dan juga stearate.

    Semua jenis asam yang terkandung pada biji ketumbar tersebut berguna untuk mengontrol kadar kolesterol darah. Bahkan, kandungan kolesterol jahat dalam tubuh dapat diturunkan oleh biji ketumbar, tanpa harus menghilangkan kadar kolesterol baik. Jadi, tubuh tetap bisa mendapatkan manfaat dari kadar kolesterol baik untuk kesehatan.

    Agar bisa mendapatkan manfaat biji ketumbar ini, Anda bisa mencampurkan sekitar 2 sendok teh biji ketumbar dalam bentuk bubuk dengan segelas air. Setelah itu, rebus air bubuk biji ketumbar tersebut hingga mendidih. Saring, dan ramuan biji ketumbar tersebut siap untuk dikonsumsi dan dapat diminum 2 kali dalam sehari.

  4. Kunyit

    Siapa yang tidak kenal dengan salah satu jenis empon-empon yang satu ini? Ya, kunyit merupakan jenis tanaman empon-empon yang cukup populer di banyak kalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, tanaman herbal yang identik dengan warna kuning ini banyak dijadikan sebagai bahan dasar kuliner serta jamu-jamuan.

    Kunyit mengandung sebuah senyawa yang disebut dengan kurkumin. Kandungan kurkumin pada kunyit inilah yang menjadi sumber warna kuning pada tanaman tersebut. Khasiat dari kurkumin tersebut juga sudah tidak perlu diragukan lagi, yakni sebagai pembersih asam empedu. 

    Inilah mengapa makanan yang memiliki bahan kunyit di dalamnya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Pasalnya, dengan mengonsumsi kunyit, dampak buruk dari kandungan lemak jenuh dalam tubuh dapat ditekan dan dikurangi.

    Bagi yang belum tahu, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk menetralkan kandungan kolesterol pada makanan yang mengandung santan. Jadi, bagi penderita kolesterol tinggi namun ingin mengonsumsi makanan bersantan, pastikan untuk mencampurkan bumbu kunyit agar tetap bisa aman dikonsumsi. 

  5. Cuka Apel

    Obat alami penurun kolesterol yang dapat ditemukan di rumah selanjutnya adalah cuka apel. Cuka jenis ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan meningkatkan kandungan kolesterol baik dalam tubuh. 

    Cuka apel juga mengandung serat larut yang mampu menyerap lemak serta kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh. Manfaat dari serat larut tersebut juga mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga pola makan dapat lebih terjaga. Ditambah dengan kandungan asam amino, kolesterol jahat dapat dinetralkan oleh cuka apel dan dikeluarkan dari tubuh.

    Cara untuk bisa mendapatkan khasiat dari cuka apel ini cukup mudah, yakni dengan mencampurkannya ke dalam segelas air atau teh. Dengan meminumnya sebanyak 2 hingga 3 kali sehari, Anda dapat mendapatkan manfaat dari minuman tersebut secara lebih optimal.  

  6. Daun Salam

    Obat kolesterol alami yang bisa ditemukan di rumah adalah daun salam. Anda pasti pernah membuat atau memakan masakan yang tercampur dengan daun salam di dalamnya. Fungsi utama dari daun salam untuk masakan tersebut adalah penambah rasa atau aroma.

    Namun, di samping itu, manfaat daun salam nyatanya juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi, dengan banyak mengonsumsi makanan berbahan daun salam, secara tidak langsung Anda telah mendapatkan obat alami untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

    Tidak hanya melalui masakan, manfaat daun salam juga bisa didapatkan dengan cara direbus. Siapkan 10 sampai 15 lembar daun tersebut yang telah dibersihkan dan rebus menggunakan 3 gelas air. Saat air rebusan tersebut tersisa sekitar 1 gelas, saring dan rebusan daun salam tersebut siap untuk dikonsumsi. 

Baca Juga: Cuka Apel, Rahasia Mendapatkan Tubuh yang Sehat dan Memaksimalkan Penampilan

Rahasia Hidup Sehat Ternyata Bisa Ditemukan di Sekitar Kita

Tidak dapat dipungkiri jika kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling mengancam masyarakat masa kini. Dengan kebiasaan yang kurang tepat serta konsumsi yang tidak terjaga, kolesterol tinggi dapat mengintai siapa saja.

Namun, tidak perlu takut, sebab obat alami untuk mencegah datangnya penyakit tersebut ternyata bisa dengan mudah ditemukan di rumah. Beberapa di antaranya adalah yang sudah disebutkan di atas. Jadi, agar tubuh senantiasa terhindar dari risiko penyakit kolesterol, biasakan diri untuk mengonsumsi makanan dengan bahan masakan tersebut. 

Baca Juga: Turunkan Kolesterol Melalui Makanan Lezat Berikut Ini