8 Tempat Jual Beli Emas yang Paling Aman

Sudah sejak berpuluh-puluh tahun lalu emas dianggap sebagai investasi yang menguntungkan. Bahkan, emas dijadikan salah satu bentuk investasi paling populer di Indonesia. Ada banyak orang yang sukses dalam dunia investasi, di mana mereka memulainya dari sejumlah investasi dengan minim risiko yakni dalam bentuk emas.

Investasi emas bisa dilakukan dengan mudah, khusunya bagi kamu yang belum memiliki kemampuan dalam mengelola sejumlah investasi dalam bentuk instrumen lainnya.

Investasi dalam bentuk emas juga bisa dilakukan dengan sejumlah modal yang tidak terlalu besar. Terlebih, emas mudah didapatkan dan dijual kembali jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana dalam waktu yang singkat. 

Biar investasi emasmu makin lancar dan terhindari dari penipuan investasi emas bodong. Berikut beberapa tempat jual beli emas yang bisa kamu datangi untuk melakukan investasi emas dalam bentuk logam mulia.

Baca Juga: Menabung Emas, Untung atau Rugi?

8 Pilihan Tempat Jual Beli Emas

  1. Cermati.com

    Yang pertama, tentu saja Cermati dong. Lewat aplikasi dan situs Cermati, sekarang kamu sudah bisa jual dan beli emas digital secara online. Cukup akses aplikasi Cermati atau pergi ke halaman https://www.cermati.com/app/emas-digital kamu sudah bisa mulai jual beli dan investasi emas mulai dari Rp10 ribu saja. Pastinya transaksi emas digital di Cermati bisa dilakukan secara real-time dan aman.

    Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

  2. Pegadaian

    loader

    Pegadaian merupakan salah satu tempat yang paling banyak didatangi oleh orang-orang yang berniat untuk melakukan investasi emas. Di sini kamu dimungkinkan untuk membeli sejumlah emas dalam bentuk tunai atau kredit (melalui program tabungan emas).

    Pembelian emas dalam bentuk tunai dapat dilakukan di Pegadaian dengan cara online dan offline. Pegadaian memiliki outlet Galeri 24, sedangkan untuk Pegadaian yang berbentuk kantor cabang di daerah-daerah biasanya hanya akan melayani pembelian secara kredit.

    Bukan hanya pembelian saja, Pegadaian juga memberikan kemudahan dalam melakukan penjualan terhadap emas yang kamu beli dari mereka. Di mana Pegadaian memberikan jaminan harga pembelian kembali atau buyback yang lebih tinggi dari pasaran.

  3. Butik Emas ANTAM

    loader

    PT ANTAM juga memiliki sebuah Butik Emas yang terdapat di gedung ANTAM yang berlokasi di Jl. Simatupang, Jakarta. Di tempat ini kamu bisa melakukan pembelian dan juga penjualan emas. 

    Namun, harga yang ditawarkan memang sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga di Unit Bisnis ANTAM. Naik atau turunnya harga emas logam mulia juga memengaruhi minat pembeli, oleh sebab itu tempat ini jauh lebih sepi daripada Unit Bisnis ANTAM. Sedangkan, untuk harga jual kembali di Butik ini sama dengan harga jual yang terdapat di Unit Bisnis ANTAM.

  4. Unit Bisnis ANTAM

    Selain di Pegadaian dan Butik Emas ANTAM, emas logam mulia juga bisa kamu dapatkan di Unit Bisnis ANTAM. Di tempat ini, PT ANTAM memberikan pelayanan jual beli emas batangan olahan mereka secara langsung, di mana harga yang ditawarkan merupakan harga jual termurah jika dibandingkan dengan tempat penjualan emas lainnya.

    Hal ini jugalah yang menyebabkan tingginya angka pembeli di tempat ini. Jumlah pembeli yang terbilang sangat banyak, membuat antrean di sini cukup panjang. Pihak perusahaan juga melakukan pemeriksaan yang cukup ketat terhadap pembeli yang datang, hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap hal-hal/tindakan yang tidak diinginkan.

    Terkait dengan harga penjualan kembali, PT ANTAM menerapkan harga yang kompetitif.

  5. Cabang Butik Emas ANTAM

    ANTAM juga memiliki sejumlah cabang / Butik Emas yang tersebar di beberapa daerah, dan hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan emas. Beberapa Butik Emas ANTAM terdapat di kota Bandung, Makassar, dan Surabaya. 

    Harga emas di setiap cabang atau Butik Emas ANTAM di semua daerah sama. Namun, harga ini sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga emas di Unit Bisnis ANTAM dan juga Butik ANTAM di Jakarta.

    Pembelian emas di daerah juga terbilang tinggi, sehingga antrean juga akan panjang pada setiap kantor cabang.

    Baca Juga: Ini Pengertian Paper Gold, Keunggulan, Risiko, hingga Perbedaannya dengan Tabungan Emas

  6. Website Logam Mulia 

    loader

    Pembelian emas logam mulia atau emas batangan untuk investasi kini bisa dengan mudah, aman, dan cepat dilakukan melalui website resmi logam mulia ANTAM, yakni logammulia.com. Selain itu, kamu juga bisa melakukan penjualan / buyback pada website tersebut.

    Kamu dapat memilih opsi pengambilan emas langsung di Butik Emas Logam Mulia atau pengiriman oleh perusahaan jasa ekspedisi yang bekerja sama dengan Perusahaan ANTAM. 

  7. Bank Syariah

    loader

    Selain tempat-tempat di atas, beberapa bank syariah juga memberikan layanan pembelian emas, di mana kamu bisa melakukan pembelian emas dengan mengikuti prinsip syariah. Bank syariah bahkan memberikan layanan pembelian kredit yang bisa dicicil setiap bulannya.

  8. Toko Emas

    loader

    Berbeda dengan emas yang dijual oleh PT ANTAM, emas yang dijual di toko emas pada umumnya berbentuk perhiasan. Hal ini membuat harga emas di toko akan lebih mahal, karena membutuhkan sejumlah biaya dalam pembuatan/pengolahannya.

    Namun biasanya, ada juga toko emas yang menjual produk emas logam mulia. Untuk hal ini tidak banyak toko emas yang mengeluarkan produk emas batangan logam mulia, jadi kamu juga perlu hati-hati. Pastikan kamu membeli logam mulia dengan sertifikat dan cek ke-sah-an logam mulianya.

    Contoh toko emas yang juga menjual logam mulia selain ANTAM adalah Logam Mulia UBS. UBS Gold adalah perusahaan produksi emas dan logam mulia yang milik PT Untung Bersama Sejahtera. Berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya. Situs resmi UBS: https://ubslifestyle.com/

    Hindari membeli emas perhiasan untuk investasi sebab harga jual emas perhiasan akan jauh lebih rendah dari harga belinya karena ada potongan biaya ongkos pembuatan perhiasan. Lebih baik kamu beli logam mulia saja. 

  9. Marketplace

    loader

    Beli emas perhiasan maupun logam mulia juga bisa dibeli secara online melalui situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Bahkan, mereka juga menyediakan program untuk beli emas dengan cara nyicil yakni seperti tabungan emas digital.

    Hal yang paling penting saat kamu mau beli emas atau investasi emas melalui marketplace adalah pastikan kamu memilih toko emas yang sudah terpercaya.

    Baca Juga: Lebih Untung Mana, Nabung Emas Jangka Pendek vs Jangka Panjang?

Jangan Tunda Investasi

Investasi dalam bentuk emas merupakan investasi yang mudah dilakukan, di mana hal ini tidak selalu membutuhkan jumlah dana yang besar. Kamu juga bisa melakukannya dengan mudah karena investasi emas memiliki akses yang terbilang cukup banyak. Ketika memiliki dana, jangan pernah ragu untuk segera menginvestasikannya, karena emas adalah salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Baca Juga: Gadai Emas di Pegadaian, Ini Hal yang Harus Diketahui