Tes Psikologi Jadi Syarat Utama Bikin SIM? Tenang, Ikuti Tips Ini Biar Lulus

Sejak Juni 2020, lulus tes psikologi adalah persyaratan utama untuk bisa mendapatkan dan memperpanjang SIM (surat izin mengemudi).

Latar belakang ditambahkannya tes psikologi menjadi salah satu bentuk tes lain untuk seseorang layak mendapatkan SIM adalah demi menghindari mereka yang memiliki gangguan psikis atau kesehatan mental untuk tidak dikeluarkan SIM nya demi keselamatan dirinya sendiri dan pengguna jalan yang lain.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2019 Tetang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Salah satu persyaratan pendaftaran SIM adalah calon pengemudi harus melalui tes baik kesehatan, jasmani dan rohani.

Itu mengapa, untuk Anda yang ingin membuat atau memperpanjang SIM, mempersiapkan diri hanya untuk tes tertulis dan praktik saja tapi juga tes psikologi.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Bocoran Tes Psikologi Ujian SIM biar Persiapan Semakin Matang

Tes Psikologi Ujian SIM di Polda Metro Jaya
Tes Psikologi Ujian SIM di Polda Metro Jaya via detik.com

Berbagai soal yang harus diisi oleh pemohon SIM baru atau yang akan memperpanjang SIM untuk tes psikologi terbagi kedalam 6 kategori yaitu:

  • Kemampuan konsentrasi
  • Kecermatan
  • Stabilitas emosi
  • Pengendalian diri
  • Kemampuan penyelesaian diri
  • Ketahanan kerja

Untuk total pertanyaan yang harus diisi jumlah soal yang diberikan berbeda untuk pemohon baru dan yang akan memperpanjang. Pemohon baru akan diberikan 24 soal dan yang akan memperpanjang diberikan 18 soal.

Bayangan soal tes psikologi adalah pertanyaan seperti:

  • Saya suka berkendara dnegan kecepatan tinggi (YA/TIDAK)
  • Saya sering emosi ketika di klakson pengendara lain (YA/TIDAK)
  • Jarak pandang saya berkurang ketika malam hari (YA/TIDAK)

Kisaran waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal adalah 30 detik untuk menyelesaikan 1 soal. Jadi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh soal adalah sekitar 10-15 menit.

Tes psikologi diselenggarakan di setiap kantor polisi yang menyediakan jasa layanan pembuatan dan perpanjangan SIM. Biaya yang harus disiapkan untuk mendaftar tes psikologi ujian SIM adalah Rp35 ribu dan dibayarkan setelah peserta dinyatakan lolos.

Tes psikologi ini pun diterapkan untuk ujian pemohon baru dan perpanjangan SIM A, BI, BII, C dan D.

Baca Juga: Gak Perlu Bingung, Begini Cara Bikin SIM Baru dan Perpanjangan di Masa New Normal

Tips Mengerjakan Tes Psikologi untuk Ujian SIM Biar Lulus

tes psikolgi sim

Sama seperti tes yang jadi bagian dari ujian SIM lainnya. Mempersiapkan diri untuk tes psikologi juga sangat penting untuk dilakukan.

Walaupun soal yang diberikan tidak sebanyak dengan soal yang ada pada tes tertulis lainnya di ujian SIM. Tapi daya konsentrasi yang baik sangat dibutuhkan dalam mengisi setiap soal yang ada di tes psikologi ujian SIM.

Pengisian yang asal-asalan akan memberikan hasil yang kurang memuaskan, hasil yang kurang baik tentu akan membuat Anda kesulitan mendapatkan atau memperpanjang SIM.

Berikut tips yang bisa dilakukan ketika akan melaksanakan tes psikologis untuk ujian SIM:

1. Datang Lebih Pagi

Mengantri lebih lama untuk tes biasanya akan membuat kondisi emosi seseorang menjadi sedikit temperamental baik karena harus menunggu kelamaan atau karena urgent dan terburu-buru.

Kondisi emosional seperti itu akan membuat daya konsentrasi berkurang dan bisa membuat kita menjadi asal-asalan dalam mengisi soal tes.

2. Kondisi Tubuh Sehat dan Bugar

Tubuh yang sehar dan bugar akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri dan lebih baik dalam mengisi soal tes. Dengan kondisi fisik yang sehat pikiran menjadi lebih segar, daya focus meningkat dan lebih cepat dalam mengisi soal.

Untuk itu, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup sebelum esoknya menjalani tes psikologi.

3. Jangan Melakukan Tes dalam Keadaan Lapar

Kondisi perut yang lapar akan mengurangi daya fokus dan konsentrasi. Kurangnya kedua hal tersebut akan membuat Anda semakin kesulitan dalam mengisi soal.

4. Membaca dengan Baik Setiap Soal

Karena isi pertanyaan kebanyakan adalah soal dengan pilihan ganda (2-4 pilihan). Maka hindari untuk mengisi pertanyaan secara terburu-buru. Baca pertanyaan dengan baik-baik, tidak perlu mengejar waktu dalam mengerjakan soal. Gunakan waktu 30 detik per soal yang diberikan semaksimal mungkin.

5. Jangan Sungkan Bertanya

Jika ada kejanggalan pada pertanyaan atau pilihan jawaban yang Anda temukan dalam tes psikologi. Jangan ragu untuk menanyakannya kepada petugas. Hambatan seperti eror pada pertanyaan bukanlah kesalahan peserta.

Jadi jangan sampai takut atau malu bertanya kepada petugas terkait hambatan yang ditemukan pada seluruh proses tes baik pertanyaan atau pilihan jawaban membuat Anda gagal mendapatkan atau memperpanjang SIM.

Baca Juga: Cara Membuat SIM Internasional dan Biayanya Biar Bisa Keliling Dunia

Pastikan Dokumen Persyaratan Lengkap sebelum Tes

Kelengkapan dokumen baik untuk permohonan SIM baru atau memperpanjang adalah hal yang paling utama untuk dipersiapkan. Jika persayaratan dokumen ada yang kurang maka proses berikutya untuk permohonan SIM atau memperpanjang SIM tidak akan dikabulkan.

Jadi siapkan persyaratan dokumennya dari jauh-jauh hari yah seperti E-KTP dan fotokopinya, surat keterangan Dokter/KIR Dkoter dan rumus sidik jari. Biar tidak ada yang ketinggalan dan bikin Anda bolak-balik dan membuang-buang waktu saja.

Baca Juga: Penampakan Smart SIM Besutan Polri, Serta Cara Mendapatkan dan Biayanya