Tips Cepat Miliki Rumah: Bangun secara Bertahap!

Kehidupan manusia dapat dikatakan layak apabila kebutuhan pangan, sandang, dan papan dapat terpenuhi. Kemajuan teknologi masa kini pun turut memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, seperti hadirnya layanan pesan-antar makanan, laundry, hingga marketplace yang sering mengadakan event diskon besar-besaran sehingga dapat menekan pengeluaran.

Sayangnya, pemenuhan kebutuhan tempat tinggal sepertinya masih jadi PR bagi masyarakat. Harga hunian yang kian mahal kerap menjadi alasan masyarakat belum bisa memiliki tempat tinggal permanen. Apalagi, untuk masyarakat yang berpenghasilan pas-pasan atau para sandwich generation yang memiliki banyak tanggungan, tentu diperlukan effort ekstra untuk bisa memiliki rumah.

Jika kamu merasa bahwa memiliki rumah di masa kini adalah hal yang sulit, salah satu upaya yang dapat dilakukan selain mengajukan KPR yaitu melakukan pembangunan rumah secara bertahap. Bagaimana caranya? Apa saja yang harus dipersiapkan? Simak jawabannya berikut ini!

Baca Juga: Rincian Biaya Bangun Rumah Tipe Minimalis 1 dan 2 Lantai

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Tips Membangun Rumah secara Bertahap

loader

Tips Membangun Rumah

  1. Rencanakan dengan Matang

    Buatlah perencanaan yang matang, mulai dari ukuran bangunan, model yang diinginkan, bahan dan modal yang dibutuhkan, hingga lama waktu pengerjaan yang kamu harapkan.

    Karena semakin jelas perencanaan yang dibuat, semakin mudah pula mempersiapkan anggarannya. Selain itu, adanya perencanaan yang matang juga dapat menghindarimu dari over budget.

  2. Survei Bahan Bangunan

    Bahan bangunan memiliki pengaruh yang besar terhadap anggaran pembangunan. Sudah pasti bahwa material dengan kualitas premium memakan cost lebih besar dibandingkan jika kamu memilih material berkualitas standar.

    Selain itu, kamu juga bisa memilih material bangunan lokal dibandingkan dengan impor, karena harganya yang cenderung lebih murah. Kendati begitu, usahakan untuk tetap memilih bahan yang layak dan sesuai dengan kebutuhan, agar rumah dapat berdiri kokoh.

  3. Pilih Jasa Tukang Bangunan Borongan

    Ketika berencana melakukan pembangunan rumah secara bertahap, cobalah untuk mencari tenaga kerja atau tukang bangunan yang sistemnya borongan. Biasanya, pekerjaan yang dilakukan dengan sistem borongan dapat membuat proses pembangunan selesai lebih cepat.

    Sebab jika pembangunan selesai lebih cepat, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk makan pekerja dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang bahkan mungkin tidak tercantum dalam anggaran. Namun, pastikan untuk memilih pekerja dengan reputasi yang baik, agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

  4. Dahulukan Pembuatan Fondasi

    Sebab pembangunan dilakukan secara bertahap, bagian yang perlu didahulukan yaitu pembuatan fondasi rumah. Selanjutnya, kamu bisa menyesuaikan pembangunan berdasarkan rencana yang telah dibuat.

    Keuntungan lain dari membangun rumah secara bertahap yaitu kamu bisa memanfaatkan sisa material untuk proses yang selanjutnya, sehingga tidak ada bahan yang mubazir atau tidak terpakai.

  5. Perhatikan Pembangunan Kamar Mandi

    Walaupun bukan ruang utama yang harus diperhatikan estetika dan pemenuhan fungsinya, pembangunan bagian kamar mandi juga membutuhkan perencanaan yang matang. Walaupun ukurannya tidak besar, faktanya pengeluaran untuk pembangunan kamar mandi cukup banyak, lho. Mulai dari anti air, furnitur di dalam kamar mandi, keran otomatis, dan lain sebagainya. 

    Tips: Pemilihan shower dibanding bak mandi adalah salah satu alternatif yang dapat kamu lakukan untuk menekan pengeluaran, karena lebih praktis dibandingkan kamar mandi dengan bak.

  6. Terapkan Konsep Industrial

    Salah satu style bangunan yang sederhana namun artistik yaitu industrial. Selain terkesan lebih sederhana, pembangunan rumah dengan konsep industrial juga berperan untuk menekan pengeluaran karena kamu tidak perlu mengecat dinding rumah.

    Agar tidak terkesan ‘rumah belum jadi’, padukan hunian industrial kamu dengan furniture atau aksesori lain yang menonjolkan estetika dari konsep industrial, seperti perabot minimalis berbahan kayu furnish, tanaman rumah, dan lain sebagainya. Jadi, selain bernilai seni, konsep ini juga membuat pembangunan menjadi lebih ekonomis. 

  7. Desain Simpel, Namun Tetap Fungsional

    Rumah dengan desain yang simpel atau minimalis kerap diminati masyarakat masa kini. Selain lebih ringkas, pembangunan rumah yang sederhana cenderung memakan biaya lebih sedikit jika dibandingkan dengan rumah yang memiliki banyak ornamen. 

    Tidak hanya itu saja, rumah minimalis juga bersifat multifungsi. Artinya, satu ruangan bisa digunakan untuk berbagai keperluan atau aktivitas. Dengan begitu, pembangunan pun bisa menjadi lebih efektif, bukan?

Baca Juga: Estimasi Biaya Bikin Dapur Minimalis Modern Mewah, Intip Yuk!

Budget Minim Tidak Jadi Kendala untuk Bangun Rumah

Kini, budget minim tidak lagi jadi kendala untuk memiliki rumah, bukan? Kamu bisa memulai dengan menyusun rencana pembangunan secara rinci terlebih dahulu. Lalu, lakukan survey material, pekerja bangunan, desain rumah, dan hal-hal lainnya untuk memudahkan realisasi pembangunan rumah secara bertahap. Mudah sekali, bukan? Selamat mencoba!

Baca Juga: Ingin Membeli Rumah Kedua? Berikut Tips Memilih yang Lebih Baik