Tips Kecantikan Kulit, Rambut, dan Kuku, Biar Kamu Selalu Tampil Cantik Maksimal!

Tampil cantik dan menawan di setiap kesempatan menjadi impian setiap perempuan. Namun untuk menjaga kecantikan, kamu perlu merawat dan memelihara kesehatan tubuh serta pikiran karena kedua hal tersebut sangat berkaitan.

Selain itu, terdapat beberapa tip kecantikan yang juga perlu diterapkan. Berikut tips tips kecantikan yang bisa kamu ikuti.

Baca Juga: Hi Ladies, Yuk Coba 5 Aplikasi Kecantikan ini Biar Makin Cantik

13 Tips Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh, Rambut, hingga Kuku

loader

Tips Kecantikan

  1. Hati-hati dalam Membeli Produk

    Tip kecantikan yang pertama adalah pemilihan produk. Untuk urusan kosmetik dan skincare, jangan mudah termakan promosi iklan. Sebaiknya, lakukan tes terlebih dahulu mengingat tidak semua produk akan cocok untuk kondisi kulitmu. 

    Dapatkan informasi sebanyak mungkin sebagai bahan pertimbangan untuk kosmetik dan skincare yang hendak dipakai. Pastikan komposisinya aman dan memang sesuai dengan yang kulitmu butuhkan.

    Coba dulu sampel produk bila perlu. Produk kosmetik dan skincare yang tak cocok hanya akan menimbulkan jerawat. Bahkan jika kulitmu sensitif, iritasi kulit bisa terjadi akibat kandungan formula tertentu. 

  2. Rutin Bersihkan Wajah

    Kulit wajah yang bersih dan sehat akan memudahkan kamu dalam menggunakan riasan. Selalu rutin bersihkan kulit dengan cairan pembersih riasan (milk cleanser, toner). Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

    Setelah dikeringkan dengan handuk bersih, kamu bisa menggunakan pelembap, krim wajah, tabir surya atau produk skincare lainnya sesuai kebutuhan. Dengan begitu, dijamin kulit wajahmu akan tampak berseri dan bebas dari jerawat/ komedo.

  3. Tonjolkan Bagian Tercantik dari Wajahmu

    Saat menggunakan makeup, kamu bisa menonjolkan bagian terbaik dari wajahmu agar tampak lebih cantik. Pulas riasan di bagian mata, bibir, dan juga tulang pipi untuk memaksimalkan kecantikan wajahmu.

    Kamu bisa memilih salah satu yang paling ingin ditonjolkan. Misalnya dengan menggunakan smokey eyes pada riasan mata agar tampak bold dan lipstik warna nude untuk menyeimbangkannya.

    Mau coba bereksperimen dengan berbagai warna lipstik dan blush on? Bubuhkan warna pink dan peach yang glossy untuk tampilan fresh sekaligus girl.

  4. Poleskan Cushion/ Foundation?

    Khusus untuk kulit wajah, hindari menggunakan alas bedak/ foundation secara berlebihan. Terutamanya jika wajahmu sedang berjerawat. 

    Sebagai alternatif lain, kamu bisa coba menggunakan cushion, BB cream, atau compact powder yang sesuai. Hasil akhir dari kedua produk ini notabene akan lebih ringan dengan coverage yang medium ketimbang foundation. 

    Cushion dengan coverage yang sedang juga akan memberikan tampilan ‘no makeup’ look dengan hasil akhir yang dewy. Sangat cocok dan praktis untuk sehari-hari.

  5. Lakukan Eksfoliasi Bibir dengan Rutin

    Agar tetap lembut dan tak kusam, bibir pun memerlukan perawatan ekstra. Kamu bisa melakukan eksfoliasi pada bibir dengan menggunakan scrub yang sesuai untuk mengangkat sel-sel kulit mati. 

    Namun jangan lakukan setiap hari. Idealnya, lakukan kurang lebih satu hingga dua kali dalam seminggu. 

    Gosok permukaan kulit bibir dengan lembut dan menyeluruh. Agar terhindar dari luka dan iritasi, jangan terlewat keras mengingat permukaan bibir tergolong lebih sensitif. 

    Sebagai sentuhan akhir, oleskan lipbalm favoritmu seusai eksfoliasi. Selain untuk menenangkan permukaan kulit, lipbalm dapat menambah nutrisi agar kulit bibir makin lembut, cerah, dan lembap.

  6. Stop Gunakan Makeup yang Sudah Expired

    Tak bisa dianggap sepele, penggunaan riasan yang sudah tak layak tersebut dapat menimbulkan terjadinya kanker pada kulit. Jadi alangkah baiknya jika kamu menghindari menggunakan makeup yang sudah melewati tanggal kadaluarsa. 

    Meski dibuang sayang, namun makeup yang sudah expired dapat menyebabkan alergi hingga iritasi seperti ruam merah, bintik-bintik, bengkak, dan pengelupasan kulit. 

    Jadi buang saja makeup yang sudah melampaui tanggal kadaluarsa, demikian juga dengan yang umurnya sudah lebih dari setahun. Dengan begitu, kulitmu akan tetap sehat dan cantik.

  7. Gunakan Tabir Surya pada Wajah dan Tubuh

    Jangan lewatkan tips kecantikan yang satu ini. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuhmu, pastikan kamu selalu menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

    Sunscreen akan melindungi kulit dari terik panas sinar matahari. Oleskan sunscreen kurang lebih setengah jam sebelum menggunakan lotion atau kosmetik lainnya. 

    Baca Juga: Mau Dapatkan Kulit Sehat, Cantik, dan Berseri? Coba Lakukan Ini

  8. Basmi Jerawat dengan Bahan Alami

    Problem jerawat dijumpai tak hanya di kalangan remaja, tapi juga usia lainnya. Jerawat pada wajah dan tubuh bisa dibasmi dengan bahan alami. Kamu cukup oleskan (pilih salah satu):

    • Parutan lemon / kunyit.
    • Irisan tomat.
    • Putih telur.
    • Lidah buaya. 
  9. Manjakan Tubuh dengan Scrub

    Menggunakan scrub tak hanya mampu meningkatkan mood dan relaksasi. Scrub dapat membantu proses eksfoliasi agar kulit tetap flawless and glowing. 

    Agar prosesnya efektif, basuh tubuh terlebih dahulu dengan air hangat. Air hangat suam kuku dapat membantu pori kulit terbuka. 

    Kemudian dengan tangan bersih, oleskan body scrub dengan pijatan memutar selama kurang lebih sepuluh menit. Bilas seluruh tubuh dengan air dingin. Setelahnya, oleskan moisturizer untuk menjaga kelembapannya. 

    Jangan terlalu keras memijat area kulit. Jika berlebihan, body scrub dapat mengakibatkan kulit makin kering, muncul kemerahan, tampak tak sehat, hingga sensasi nyeri dan rasa seperti terbakar. Jadi lakukan secukupnya saja, ya. 

  10. Potongan Rambut Ringkas Namun Stylish

    Kamu bisa tetap tampil stylish dengan haircuts yang ringkas dan tak merepotkan. Agar tak mengganggu aktivitasmu yang padat, potongan layer yang cantik bisa dijadikan pilihan.

    Potongan rambut yang satu ini tak hanya simple tapi juga cocok untuk segala suasana. Layer cuts juga sesuai dengan beraneka fashion style sehingga fleksibel untuk mendukung penampilan terbaikmu.

    Selain layer, bob haircuts bisa juga menjadi alternatif lain yang tak kalah menarik. Potongan rambut yang pendek ini akan membuatmu tampil fresh dan gaya tanpa harus ribet berlebihan.

  11. Rajin Gunakan Conditioner Selain Shampoo

    Perhatikan penggunaan shampoo dan kondisioner yang benar. Shampoo dapat digunakan di seluruh kulit kepala, akar rambut sampai ujungnya. Namun tidak demikian dengan kondisioner. 

    Idealnya, oleskan conditioner hanya dari bagian tengah sampai ke ujung rambut. Jangan oleskan kondisioner di permukaan kulit kepala untuk menguatkan akar. Karena cara ini malah hanya akan membuat rambut jadi lepek dan berminyak. 

  12. Perawatan Kuku Jangan Ketinggalan

    Agar tetap cantik mempesona, perawatan kuku pun tak boleh ketinggalan. Gunting dan kikir dengan teratur. Selalu oleskan pelembap pada kutikula kuku.

    Lalu aplikasikan base coat agar kuku tampak indah, sehat, dan bersih. Tambahkan cat kuku dengan warna kesukaanmu. Meski begitu, jangan terlalu sering menggunakan nail polish agar kuku tetap berkilau dan tak berubah kekuningan.

    Selain itu, gunakan potongan bawang putih lalu gosokkan di setiap kuku. Diamkan kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air bersih. Kukumu akan tetap sehat dan kuat.

  13. Selalu Terapkan Gaya Hidup Sehat

    Pada dasarnya, menghindari stress dan menganut gaya hidup sehat dapat membantu memelihara kecantikan luar dalammu. Perhatikan pula asupan makanan yang dikonsumsi. Karena beberapa makanan dan minuman bisa menimbulkan jerawat hingga berbagai masalah kecantikan lainnya.

    Kamu bisa rajin mengonsumsi Omega-3 yang bermanfaat untuk melindungi, mengatasi berbagai masalah kulit, mencegah terjadinya iritasi, serta menambah kelembapannya. Makanan yang tinggi Omega-3 antara lain, ikan salmon, tiram, kacang-kacang, serta sayuran hijau.

    Agar terhindar dari kulit kering dan dehidrasi, minum air putih minimal delapan gelas per hari. Berolahraga secara teratur dan tidak sering tidur larut malam akan membuat kulitmu tetap sehat. Pasalnya, begadang membuat tubuh tak punya waktu yang cukup untuk meregenerasi sel, termasuk juga sel kulit. 

    Hindari mengonsumsi rokok, narkoba, hingga alkohol karena itu pun tak baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Demikianlah tips cantik kecantikan yang bermanfaat untuk diaplikasikan sehari-hari. 

Baca Juga: Makin Cantik, ini Tips Berhijab Sesuai Bentuk Wajah