Tips Membangun Bisnis Ekspedisi dan Rincian Modalnya

Jika sebagian bisnis mengalami dampak negatif karena pandemi Covid-19 dan harus tutup lapak, maka sebagian lainnya justru memiliki peluang yang sebaliknya. Bisnis ekspedisi misalnya, di tengah-tengah kondisi pandemi yang serba sulit, bisnis yang satu ini justru bisa bertumbuh pesat. 

Tren belanja online selama masa pandemi ini, justru membuat peluang bisnis ekspedisi menjadi jauh lebih menjanjikan. Ini bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat, untuk Anda yang berniat memulai bisnis yang baru. 

Namun sebagai bisnis dengan peluang besar, jelas akan memiliki banyak saingan di luar sana. Pastikan Anda merencanakan dan benar-benar siap untuk terjun ke bisnis ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Rencanakan dan siapkan modal bisnis yang tepat

loader

Jika serius ingin terjun ke dalam bisnis ekspedisi, maka pastikan memiliki rencana yang tepat sejak awal. Hal ini penting, agar kelak bisa mengelola berbagai risiko yang ada di dalam bisnis tersebut. Selain itu, persiapkan juga modal bisnis dalam jumlah yang tepat, agar segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar.

Bila pada tahap awal ini hanya ingin menjalankan bisnis ekspedisi dalam skala kecil, maka bisa menjadi mitra dari salah satu perusahaan ekspedisi yang sekarang cukup besar. Ini bisa dimulai dengan modal yang kecil, bahkan mulai dari Rp 5 jutaan saja. 

Namun jika berniat untuk membangun sendiri bisnis ekspedisi dalam skala yang besar, maka Anda tentu harus memiliki modal yang lebih besar. Berikut ini adalah rincian modal yang perlu Anda keluarkan untuk membangun bisnis ekspedisi: 

Estimasi biaya investasi:

  • Biaya sewa lokasi bisnis: Rp 15 juta
  • Biaya pembelian transportasi bisnis (mobil/ motor): Rp 100 juta.
  • Biaya peralatan (meja, kursi, rak): Rp 10 juta.
  • Pembelian timbangan dan peralatan pendukung lainnya: Rp 6 juta.
  • Biaya pengurusan izin usaha: Rp 1 juta 

Total estimasi biaya investasi: Rp 132 juta.

Estimasi biaya operasional

  • Gaji 2 orang pegawai: Rp 5 juta
  • Biaya listrik, air, telepon dan juga internet: Rp 1 juta.
  • Biaya tak terduga: Rp 1 juta

Total estimasi biaya operasional: Rp 7 juta

Berdasarkan perhitungan di atas, maka total biaya yang Anda butuhkan untuk membangun bisnis ekspedisi adalah sekitar Rp 139 juta. 

Baca Juga: 9 Cara Mantap Menata Keuangan Bisnis bagi Pemula, Anti Rugi

Tips sukses membangun bisnis ekspedisi

loader

Selain menyusun rencana yang tepat, Anda juga harus menjalankan bisnis ini dengan terobosan yang cerdas. Hal ini akan memungikinkan Anda mengelola berbagai resiko dengan baik dan sekaligus mengupayakan berbagai langkah untuk mensukseskan bisnis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam membangun bisnis ekspedisi: 

1. Tentukan layanan jasa pengiriman 

Hal pertama yang wajib diputuskan adalah terkait layanan jasa pengiriman apa yang akan Anda sediakan di dalam bisnis. Ada beberapa layanan yang bisa dipertimbangkan, antara lain: 

  • Layanan pengiriman barang.
  • Layanan pengiriman antar wilayah dan provinsi.
  • Layanan pengiriman dalam dan luar negeri.

Anda bisa memilih satu atau mengkombinasikan dua dari layanan diatas, tentunya yang sesuai dengan kapasitas dan rencana bisnis tersebut.

2. Tentukan target pasar

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan target pasar untuk bisnis ekspedisi tersebut. Hal ini bisa Anda lakukan dengan melihat potensi atau peluang dari pasar tertentu. 

Misalnya: jika menargetkan para pelaku bisnis atau online shop sebagai pelanggan, maka mungkin perlu fokus pada layanan antar wilayah atau provinsi dalam bisnis ini. 

Baca Juga: Content Mapping: Ini Manfaat dan Tips Membuatnya Biar Tepat Target Pasar

3. Menentukan jumlah modal yang dibutuhkan

Setelah kedua langkah di atas, maka Anda sudah bisa mulai menentukan kisaran modal yang akan dibutuhkan dalam memulai bisnis ini. Selain itu, Anda juga harus segera mengatur pengadaan modal tersebut, agar bisnis bisa segera dimulai. 

Jika hanya memiliki modal terbatas, maka bisa mengajak orang lain bergabung atau mencari tambahan pinjaman modal dari pihak lain. Siapkan modal ini dengan perhitungan tepat, agar bisa menjalankan bisnis dengan aman dan lancar.

4. Tentukan lokasi bisnis

Jangan lupa untuk memilih lokasi bisnis yang tepat, agar bisnis bisa berkembang dengan baik. Upayakan untuk mendapatkan lokasi yang strategi dan sesuai dengan budget yang dimiliki. Hal ini akan memudahkan Anda mendapatkan pelanggan dan sekaligus mengelola modal dengan ketat.

5. Tentukan pengaturan hukum dan izin

Anda juga harus memahami dengan baik aturan hukum yang mengatur tentang bisnis ekspedisi. Hal ini sangat penting, terutama jika membangun bisnis ekspedisi sendiri dalam bentuk perusahaan. Selain itu, lengkapi juga bisnis dengan izin usaha yang tepat, agar kelak bebas masalah dan bisa berjalan dengan baik kedepannya.

6. Bangun tim kerja

Jika semua langkah di atas sudah selesai dengan baik, maka Anda sudah bisa mulai membangun tim kerja di dalam bisnis. Selain merekrut orang yang kompeten di bidangnya, Anda juga perlu menerapkan aturan kerja yang jelas di dalam bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Rencanakan dan Bangun Bisnis Ekspedisi dengan Sukses

Bagi yang berminat terjun ke dunia bisnis, memilih bisnis ekspedisi bisa menjadi pertimbangan. Anda bisa memulai hal ini dengan menyusun perencanaan dan mempersiapkan modal yang tepat terlebih dahulu. Rencanakan bisnis dengan matang dan bangun dengan langkah yang tepat, agar bisa sukses besar.

Baca Juga: 6 Langkah Sukses Menjadi Agen Sembako