Tips Membangun Bisnis Menjadi Sukses dari Metode Ikigai

Siapa bilang membangun bisnis itu mudah? Pada dasarnya butuh basic dalam dunia bisnis, sehingga seseorang dapat mengelola bisnis dengan baik. Merancang bisnis juga lebih mudah dengan basic yang dimiliki.

Satu metode dalam berbisnis yang patut dicoba adalah Ikigai. Sudah pernah mendengarnya? Kalau belum, berikut penjelasannya dan tips-tips apa saja yang dibutuhkan untuk membangun bisnis menggunakan metode ini. 

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Apa Itu Metode Ikigai?

loader

Ikigai adalah suatu metode kerja yang diperkenalkan oleh orang Jepang dengan tujuan untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup. Ikigai ini menjadi alasan kenapa kamu perlu bangun pagi setiap harinya. 

Jika dipikir secara realistis, bangun pagi ini membuatmu jauh lebih produktif menjalani hari-hari. Kamu bisa melakukan banyak hal dan mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum memulai aktivitas.

Ikigai juga mengajarkan bagaimana cara kamu menyeimbangkan aspek penting dalam dunia kerja. Mulai dari menyeimbangkan passion, keperluan dunia, kesukaanmu, dan keahlian untuk mendapatkan uang.

Tertarik untuk menerapkan metode Ikigai dalam bisnis? Simak beberapa tips yang akan memudahkan prakteknya seperti di bawah ini.

Baca Juga: Peluang Bisnis dari Tren Gaya Hidup Sehat

Apa Saja Tips Membangun Bisnis dari Metode Ikigai?

loader

1. Pilih bisnis sesuai passion

Punya passion, kan? Dalam hal apa? Inilah yang pertama-tama harus ditanyakan pada diri sendiri untuk memudahkanmu dalam menjalankan bisnis. Sebab, passion kamu dan orang lain berbeda. 

Kamu tidak bisa mencuri ide bisnis orang lain untuk perjalanan bisnis. Hasilnya sia-sia karena pada dasarnya ketertarikanmu bukan pada bidang itu.

Kalau misalnya kamu sudah kuliner, maka bisnis kuliner inilah yang bisa dicoba. Pelajari bagaimana cara kerja bisnis ini agar hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan.

Bisa jadi passion yang ada dalam dirimu tidak hanya satu, melainkan banyak. Namun, tidak semuanya memenuhi kriteria dalam metode Ikigai. Apalagi kamu juga harus menghubungkannya dengan pelanggan karena mereka inilah yang menjadi sasaran bisnis.

2. Pilih yang sesuai keahlian

Anggaplah kamu punya empat passion, tapi tidak semua bisa dikuasai dengan baik. Mungkin hanya satu yang bisa penguasaannya sempurna. Dan inilah yang sebaiknya dipilih untuk mencapai keberhasilan bisnis.

Sebab, hasilnya sia-sia kalau kamu menjalankan suatu bisnis, tapi tidak ahli pada bidang tersebut. Waktu, tenaga, dan uangmu terbuang dengan sia-sia. Sementara yang kamu dapatkan nihil.

Inilah yang metode Ikigai coba jelaskan. Agar kamu tidak melakukan sesuatu cuma karena menyukainya saja, tapi juga harus ahli di bidang tersebut.

Kalau memang belum ahli, apa salahnya pelajari ilmunya lebih dalam lagi. Ikuti kursus atau seminar agar kamu semakin mahir dalam bidang yang bersangkutan. 

3. Pilih bisnis yang dibutuhkan dunia

Kesuksesan suatu bisnis tidak hanya diukur berdasarkan jumlah penjualan dan keuntungan yang berhasil didapatkan. Tetapi, juga dari kinerja bisnis tersebut dalam menciptakan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sebab, target penjualan dan keuntungan bisa dicapai kalau seandainya produk yang diciptakan tepat sasaran. Akan sia-sia semua pengorbanan yang dilakukan apabila produknya tidak laku di pasaran. 

Maka dari itu, penting pula dilakukan suatu riset untuk mengamati kebutuhan pasar. Alhasil, kamu tidak asal-asalan dalam menciptakan suatu produk.

Pastikan kamu tahu konsumen seperti apa yang diincar. Apakah konsumen dari kalangan anak-anak, remaja, anak muda, atau orang tua. Jangan ragu libatkan internet untuk memudahkan pencarian target pasar yang sesuai dengan pasar bisnis.

4. Pilih monetisasi yang tepat

Menemukan passion? Sudah, begitu pula dengan keahlian dan pangsa pasar. Satu hal yang tidak boleh ketinggalan adalah bagaimana caramu memonetisasi bisnis agar mendapat keuntungan maksimal.

Monetisasi ini sendiri adalah bagaimana caramu mengubah sesuatu menjadi pundi-pundi uang. Jangan pikirkan tentang berapa banyak keuntungan, tapi seberapa cepat kamu bisa balik modal. 

Kalau monetisasi gagal, itu artinya kamu belum bisa menjadi orang sukses seperti yang diharapkan. Kamu masih perlu belajar lagi. 

Untungnya, monetisasi dapat dipelajari secara perlahan. Manfaatkan media cetak maupun elektronik untuk mendalami ilmunya.

Baca Juga: Trik Berbisnis Makanan Supaya Laris Manis. Patut Dicoba, Nih!

Apa Saja Hal yang Harus Dihindari dalam Metode Ikigai?

loader

1. Bermalas-malasan

Tahu kenapa metode Ikigai berhasil diterapkan di Jepang? Hal ini tidak lepas dari budaya kerja mereka yang pekerja keras. Makanya saat menerapkan metode ini, kamu dituntut melakukan hal yang sama.

Buang jauh-jauh sikapmu yang suka malas, apalagi bangun pagi. Carilah cara mengobati rasa malas agar kamu sukses menerapkan Ikigai sebagai metode untuk raih kesuksesan dan kebahagiaan hidup.

2. Tidak mau belajar

Bisnis bukan dunia tempatmu bermain atau coba-coba. Ini adalah dunia yang harus dipelajari karena di sini kamu mempertaruhkan uangmu. Jangan karena sikap malas, uang terbuang secara sia-sia.

Belajar tidak hanya dari teori saja, tapi juga pengalaman. Jadi, jangan langsung putus asa kalau kamu mengalami kegagalan dalam bisnis. Teruslah belajar sampai kesalahanmu berubah menjadi suatu hal yang benar. 

Tetap Realistis dalam Menjalani Bisnis

Metode Ikigai memang akan membantumu mencapai kesuksesan dan kebahagiaan hidup. Tapi, di sini kamu juga harus bisa bersikap realistis dalam menjalankan bisnis. Berapa besar yang dikorbankan, seperti itu jugalah yang didapatkan. 

Baca Juga: Tren Fashion 2021 Bisa Jadi Ide Bisnis yang Menguntungkan, Mau? Simak Tipsnya