Rasakan Lagi Keseruan Nonton Konser Tanpa Khawatir Keuangan Boncos dengan Tips Nabung Ini

Lebih dari 2 tahun pandemi virus Corona menyerang, para penikmat festival dan konser musik diharuskan gigit jari karena tidak ada satupun acara yang dihelat dalam kurun waktu tersebut. Untungnya, dengan dibukanya kembali perjalanan internasional pada sejumlah negara, termasuk Indonesia, acara konser serta festival musik mulai banyak digelar. 

Bagi kamu yang telah update dengan kabar tersebut tentu menyadari jika ada banyak rencana festival maupun konser musik yang bakal diadakan secara bertubi-tubi beberapa waktu ke depan. Untuk para pecinta musik, hal tersebut tentu menjadi kesempatan emas mengeluarkan kembali jiwa bermusik dan menikmati keseruannya. 

Hanya saja, tidak jarang banyaknya acara musik yang digelar ini membuat penikmatnya bingung karena tabungan yang masih terbatas. Tapi tak perlu ragu, asal mengaplikasikan cara menabung yang tepat dan ideal, kamu pasti bisa kok mendatangi dan nonton konser apapun yang diinginkan. 

Nah, jika ingin tahu cara dan tips nabung konser agar keuangan tetap aman, simak penjelasannya berikut ini. 

Baca Juga: Khusus Sobat Cashless, Begini 6 Cara Tepat Menabung Biar Keuangan Aman

Tips Nabung Konser Sesuai Target dan Kondisi Keuangan

loader

Dengan banyaknya jadwal konser yang bakal dihelat di akhir tahun ini dan mulai tahun depan, kamu mungkin bingung bagaimana cara menabung konser agar semua acara tersebut bisa didatangi dan menyambut musisi idola. Mudah saja, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar nabung konser berjalan lancar sesuai target dan kondisi keuangan.

1. Tentukan Tujuan dan Acara Musik yang Ingin Dikunjungi

Tips pertama nabung konser adalah menentukan dulu tujuan dan acara musik yang ingin dikunjungi. Pastikan jika harga tiket dari acara musik yang ingin dibeli masih mampu dijangkau oleh keuangan. Jangan pernah memaksakan diri membeli tiket konser yang terlampau mahal sampai rela berhutang atau menjual barang berharga milikmu. 

Agar risiko overbudget tak sampai terjadi, pasang berapa pengeluaran maksimal untuk kebutuhan tiket konser ini, sebagai contoh 2,5 juta. Setelah itu, cari tahu kapan jadwal pembelian tiket dimulai dan jadikan waktu tersebut sebagai durasi menabung. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui berapa nominal dana yang harus disisihkan dan ditabung secara rutin agar tujuan atau target tersebut bisa tercapai. 

2. Rinci Target Dana dan Budget yang Harus Terkumpul

Selain itu, buat rincian pula terkait jumlah dana yang harus dikumpulkan dan jangka waktu menabungnya. Tidak hanya menyiapkan biaya tiket konser, tapi kamu juga harus mempersiapkan pengeluaran lain, seperti akomodasi, konsumsi, ataupun merchandise. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh perhitungan target dana nabung konser.

Pengeluaran 

Biaya

Tiket Konser

1.600.000

Transportasi PP

200.000

Konsumsi

200.000

Merchandise

400.000

Penginapan 1 Hari

100.000

Total

2.500.000

Berdasarkan perhitungan tersebut, bisa diketahui jika perkiraan biaya yang harus ditabung untuk nonton konser adalah 2.5 juta. Tentunya, perhitungan tersebut hanyalah contoh dan kamu perlu menyesuaikan sendiri budget untuk pengeluaran ini sesuai kebutuhan sendiri, ya! 

3. Buat Rekening Khusus untuk Nabung Konser

Tidak jarang orang yang sedang menabung tanpa sengaja menggunakan dana yang telah disisihkan untuk kebutuhan lain. Hal ini rawan terjadi saat menyimpan uang tabungan tersebut pada rekening yang sama dengan pengeluaran lain. Untuk mengantisipasinya, usahakan untuk membuat rekening khusus menabung untuk konser.

Agar lebih optimal, simpan tabungan untuk nonton konser ini di produk investasi, sebagai contoh reksa dana. Alasannya karena dana yang tersimpan pada instrumen tersebut mampu berkembang seiring berjalannya waktu, bisa dimulai dengan modal terjangkau, serta mudah disesuaikan dengan tingkat risiko. Misalnya, jika rencana nabung konser untuk tahun depan, pilih produk reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap yang fluktuasinya stabil dan minim resiko. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

4. Disiplin dan Konsisten Menabung

Tips lainnya, selalu disiplin dan konsisten dalam menabung agar target bisa tercapai tepat waktu. Jangan ragu menggunakan fitur auto debit dan menabung di awal atau di hari gajian agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Dengan begitu, rencana menabung tidak akan bolong dan keinginan menonton konser dapat terwujud sesuai rencana. 

Cara Hemat Nonton Konser Agar Finansial Tak Kewalahan

loader

Setelah memahami tips menabung di atas, kamu tentu juga ingin tahu bagaimana cara menghemat biaya nonton konser agar keuangan tak kewalahan. Berikut adalah triknya.

1. Susun Budgeting

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyaknya acara konser yang akan diadakan di waktu mendatang berisiko membuat pengeluaran jebol karena ingin mendatangi semuanya. Untuk itu, penting bagi kamu membuat budgeting agar keinginan untuk menonton konser ini lebih hemat dan tak sampai membuat finansial kewalahan. 

Selain itu, hal ini juga bisa membantumu dalam mengetahui berapa jumlah dana yang harus disisihkan secara rutin. Sebagai contoh, jika perhitungan biaya nonton konser sebesar 2,5 juta dan bakal diadakan 5 bulan mendatang, artinya kamu perlu mengumpulkan uang setidaknya 500 ribu per bulan agar target budget tersebut tercapai. 

2. Beli Tiket di Awal

Cara menghemat pengeluaran untuk nonton konser yang selanjutnya adalah dengan membeli tiket di awal atau saat early bird. Seperti yang kita tahu, semakin mepet pembelian tiket konser dilakukan, harganya biasanya akan menjadi lebih tinggi. Karenanya, usahakan untuk terus update terkait informasi penjualan tiket konser yang ingin dikunjungi dan beli di awal agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

3. Batasi Pengeluaran dan Hidup Lebih Hemat

Cara yang terakhir, batasi pengeluaran dan canangkan gaya hidup yang lebih hemat agar tujuan menabung untuk nonton konser lebih lekas tercapai. Tidak hanya itu, batasi pula harga tiket konser yang akan dibeli dan sesuaikan dengan budget, termasuk saat membeli merchandise. Walaupun mungkin menarik dan menggoda untuk dibeli, usahakan tetap menyesuaikan dengan budget saat membeli tiket konser atau merchandise yang tersedia di lokasi acara. 

Baca Juga: Begini Cara Menyelamatkan Keuanganmu Saat Ada Badai Resesi

Beragam Manfaat Nonton Konser Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

loader

Selain seru dan bisa menjadi pengalaman berharga dalam hidup, nonton konser mampu memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental, antara lain:

  1. Menurunkan Stres

    Bagi yang doyan menonton konser, apalagi dari musisi atau grup idola, kegiatan tersebut tentu bisa menjadi pelipur lara dan beban pikiran yang selama ini telah menumpuk. Dengan menghadiri konser, seseorang bisa menurunkan tingkat stres, menormalkan denyut jantung, pernafasan, tekanan darah, dan melepas kortisol maupun hormon stres lain.  

  2. Meredakan Sakit

    Berdasarkan penelitian, telah terbukti jika mendengarkan musik menjelang, selama, serta pasca operasi mampu memberi efek analgesik bagi pasien. Hal ini menjadikan rasa sakit bisa diredakan intensitasnya. Efek tersebut juga berlaku ketika menonton konser yang melepas neurotransmitter dan endorfin yang mampu mencegah rasa sakit.  

  3. Menjalin Koneksi

    Saat menonton konser bersama komunitas, kamu tentu bisa menjalin koneksi dengan orang yang memiliki hobi dan minat yang sama. Potensi untuk memiliki circle pertemanan yang tepat pun akan menjadi lebih tinggi. 

  4. Kesempatan Merenungkan Hidup

    Ketika menonton konser, umumnya musik yang dimainkan tak hanya lagu baru, tapi juga lagu lama yang mampu memberi perasaan nostalgia terhadap kehidupan di masa lampau. Mulai dari pengalaman yang menyenangkan sampai menyedihkan sekalipun bisa teringat kembali melalui alunan musik yang didengar pada konser. Selain itu, dari makna dan pesan yang tertuang dari lagu juga bisa menjadi bahan renungan terhadap kehidupanmu selama ini atau di masa mendatang. 

  5. Sarana Melatih Fisik

    Karena diharuskan untuk berdiri cukup lama dan berdesak-desakan, nonton konser secara tidak langsung juga bisa menjadi sarana melatih fisik. Selain itu, karena aktif bergerak, seperti, menari dan melompat, menonton konser bisa disetarakan dengan kegiatan olahraga untuk melatih kesehatan tubuh. 

  6. Memberi Rasa Sejahtera

    Manfaat yang terakhir dari menonton konser adalah memberi rasa sejahtera. Hal ini terbukti dari sebuah penelitian dari Australia yang mendapatkan wawasan terkait hubungan antara rasa sejahtera seseorang dengan keterlibatannya dengan musik.

Mumpung Banyak Acara Musik Dihelat, Jangan Biarkan Keinginan Menontonnya Dihambat Finansial

Walaupun sudah cukup banyak acara musik yang akan dihelat di waktu mendatang, tidak sedikit orang yang harus menundanya karena masalah keuangan. Padahal, asal menyiapkan tabungannya mulai sekarang, kamu bisa mewujudkan impian menghadiri konser musik musisi idola.

Nah, dengan mengikuti tips dan cara menabung di atas, jangan biarkan keinginan menonton konser tersebut terhambat hanya karena masalah finansial, ya!

Baca Juga: Boleh Kok Beli Tiket Konser Pakai Kartu Kredit, Asal Lakukan 4 Hal Ini