Tips Merawat Anjing dan Kucing Peliharaan di Musim Hujan

Anjing dan kucing merupakan dua hewan peliharaan paling menggemaskan. Menjaga keduanya agar tetap sehat merupakan salah satu tanggung jawab kita selaku pemiliknya. Seandainya hewan peliharaan sakit, kita juga yang nantinya akan kesusahan sendiri.

Penjagaan ekstra sangat diperlukan saat musim hujan telah tiba. Sebab, suhu udara yang dingin dan tingkat kelembapan yang tinggi dipercaya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan hewan peliharaan.

Agar anjing dan kucing tetap sehat di musim hujan, berikut beberapa tips perawatan yang bisa kita lakukan di rumah.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Jauhkan dari air kotor

loader

Jangankan hewan peliharaan, kita saja terkadang bisa sakit kulit kalau kecipratan air kotor atau terkena genangan air. Sebisa mungkin jauhkan hewan peliharaan dari air yang kotor karena dapat menyebabkan infeksi pada ususnya. Pada akhirnya menyebabkan hewan muntah, diare, bahkan hilang nafsu makan.

Jika sudah terlanjur terkontaminasi, maka infeksi biasanya berlangsung selama kurang lebih seminggu. Lebih dari ini, lebih baik bawa hewan peliharaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

2. Cakar atau kuku tetap kering

loader

Kelembaban yang terjadi selama musim penghujan rentan menyebabkan pododermatitis pada hewan. Pododermatitis ini sendiri seperti suatu peradangan yang terjadi pada sela kaki atau telapak tangan anjing maupun kucing. Ujung-ujungnya dapat menyebabkan penyakit kulit yang serius.

Maka pastikan agar cakar atau kuku hewan peliharaan tetap dalam keadaan kering. Lap dengan kain lembut, lalu bersihkan sela-sela kaki dan tangan dari kotoran yang menempel. Dengan demikian, hewan peliharaan tetap terjaga kesehatannya.

Baca Juga:  Ketahui Pentingnya Asuransi untuk Hewan Peliharaan, Benefit dan Cara Klaimnya

3. Tempat tidurnya harus kering juga

loader

Anjing maupun kucing juga butuh yang namanya kandang dan tempat tidur sebagai tempat peristirahatan. Nah, kita bisa siapkan tempat khusus untuknya selama musim hujan agar tubuhnya tetap dalam keadaan hangat. Kita mesti pastikan tempat tidurnya kering, sehingga hewan peliharaan tidak kedinginan.

Ketika suhu udara di luar dan di dalam kandang dingin, ini akan berdampak pada kesehatan sendi hewan peliharaan. Membuat kondisinya menjadi kurang sehat. 

4. Makan secara teratur

loader

Makanan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Berikan makanan khusus anjing dan kucing, pastikan makannya tiga kali dalam sehari juga supaya tubuhnya tetap kuat selama musim hujan.

Jangan lupa bersihkan tempat makanannya juga setiap hari. Sebab, sisa makanan yang menempel dapat menjadi sumber virus atau kuman. Jika tidak dibersihkan, bisa-bisa anjing dan kucing malah sakit pada keesokan harinya saat makan.

5. Jaga bulunya agar tetap kering

loader

Bulu-bulu anjing maupun kucing berguna untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat. Mengingat kondisi udara di musim hujan cukup lembab dan cenderung dingin, maka penting untuk memastikan agar bulu-bulu hewan peliharaan kita dalam keadaan kering. Alhasil, kehangatan tubuhnya tetap terjaga.

Untuk menjaga aroma bulunya tetap sedap, kita juga bisa menambahkan bedak khusus hewan, lalu mengaplikasikannya ke seluruh badan. Aplikasikan secukupnya saja, yang penting bau badannya tidak terlalu tercium.

Baca Juga: Begini Caranya biar Hewan Peliharaan Bisa Ikut Liburan Keliling Dunia

6. Membersihkan telinga

loader

Infeksi khususnya pada telinga menjadi salah satu penyakit yang sering kali terjadi pada anjing maupun kucing di musim hujan. Sebab, kelembapan udara dari luar dengan mudahnya mengendap di telinga hewan peliharaan yang tertutup. 

Untuk menghindari infeksi, sebaiknya bersihkan telinga secara rutin menggunakan cotton bud. Tentunya tidak setiap hari, ya! Cukup sekali dalam sebulan saja agar telinga anjing maupun kucing selalu dalam keadaan bersih, infeksi pun menjauh.

7. Bermain di dalam rumah

loader

Baik anjing maupun kucing, keduanya sangat senang bermain di alam terbuka. Namun, mengingat musimnya tidak mendukung, ada baiknya mengajak hewan peliharaan bermain di dalam rumah saja. Selain terhindar dari udara lembab, keduanya juga terhindar dari kuman atau kotoran yang ada di luar.

Kita bisa sediakan bola atau tulang untuk alat bermainnya. Atau bisa mengajaknya keliling di dalam apartemen saja, sehingga anjing atau kucing tidak bosan berada di dalam ruangan yang sama terus.

8. Rutin membawanya ke dokter hewan

loader

Telaten merawat hewan peliharaan sudah, tapi ini saja tidaklah cukup. Kita juga perlu rutin membawanya ke dokter hewan untuk melakukan cek kesehatan. Juga untuk memotong kukunya yang panjang, menyisir dan merawat bulunya agar tetap sehat.

Perawatan bisa dilakukan sekali dalam sebulan ke dokter hewan kepercayaan kita. Dengan begini, kita bisa tahu seperti apa perkembangan kesehatan hewan peliharaan. Walaupun sakit, dapat segera diobati agar tidak bertambah parah.

Luangkan Waktu dan Tenaga Ekstra untuk Perawatan

Ibaratkan manusia yang butuh dirawat dan disayangi, anjing atau kucing pun sama. Kita harus meluangkan waktu dan tenaga ekstra untuk merawat keduanya agar tetap sehat. Kalau memang belum sanggup, lebih baik jangan merawat anjing atau kucing daripada ujung-ujungnya tak terawat dan sakit. 

Baca Juga: Karakter Seseorang Bisa Dilihat dari Hewan Peliharaannya. Yuk, Cek Disini!