Tips Meriahkan Natal dengan ‘Dessert Table’ Kece Tapi Tetap Hemat

Pesta Natal sudah ada di depan mata. Pastikan perayaan pesta ini lebih berkesan dengan acara yang unik bersama keluarga dan sahabat. Untuk itu, mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik menjadi satu keharusan.

Tidak perlu mahal, hanya butuh lebih kreatif lagi untuk menciptakan pesta Natal yang meriah bersama. Sehingga momen kebersamaan menjadi semakin berkesan dan patut untuk dikenang. Meski hanya punya dana yang terbatas, menciptakan pesta meriah bukanlah hambatan.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menambah kemeriahan pesta Natal nantinya?

Salah satu pesta Natal yang tak pernah terlewatkan adalah menikmati sejumlah hidangan. Karena pesta Natal rasanya tidak akan lengkap sebelum menikmati berbagai makanan utama yang hangat, aneka kue, puding, dan lainnya.

Nah, agar membuat pesta Natal kamu semakin meriah bersama orang-orang terkasih, cobalah untuk menghadirkan dessert table unik alias kece dan menarik perhatian. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips membuat dessert table pesta Natal kamu yang kece tapi tetap hemat:

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Sesuaikan Dessert dengan Bujet

Bujet Pesta
Pastikan bujet perayaan Natal kamu sesuai

Ini penting. Sebab kecukupan dana untuk membuat pesta Natal tetap bisa dirayakan dengan meriah tanpa harus merogoh kocek yang besar juga perlu jadi perhatian. Bagaimana caranya?

Tentu caranya tidak harus dengan barang dan hidangan penutup yang mahal. Kamu bisa membuat dessert table dengan sejumlah cake dan penganan lainnya yang sederhana namun tetap lezat.

Kamu bisa mencari referensi mengenai cake shop yang memiliki sejumlah produk lezat dan unik, tapi harganya masih dikisaran harga yang masuk akal. Ada baiknya meluangkan waktu khusus untuk mencari cake shop terbaik dengan harga sesuai bujet.

Dalam pemilihan cake ini, Anda tidak cukup hanya memastikan bahwa cake yang digunakan nanti adalah cake cantic yang menarik dan terlihat menggoda. Namun, di luar semua itu, kamu juga wajib memastikan bahwa cake tersebut memang lezat dan dapat dinikmati semua. Cermati hal ini dengan baik, agar dessert table kamu tidak mengecewakan nantinya.

2. Buat Tema yang Sesuai dengan Natal

Pesta Natal
Sesuaikan dessert table dengan tema Natal via i.pinimg.com

Dalam membuat dessert table yang unik, Anda mungkin saja akan mengalami kesulitan untuk menemukan sebuah tema yang tepat. Hal seperti ini cukup banyak dirasakan oleh orang-orang, dan mereka justru malah tidak bisa menyesuaikan tema pesta tersebut dengan dessert tablet yang mereka sediakan. Anda tentunya tidak berharap hal seperti ini terjadi, bukan?

Salah satu langkah yang paling tepat untuk dilakukan ketika mencari tema adalah dengan cara mencari referensi dan mengumpulkan berbagai gambar yang menurut kamu menarik.

Karena ini pesta Natal, maka otomatis kamu harus mencari gambar-gambar yang sesuai. Caranya, kumpulkan gambar dari berbagai referensi. Kamu bisa mencari referensi dari berbagai media seperti majalah, situs web (website) atau blog-blog pribadi, pinterest, Instagram, facebook, dan media sosial lainnya.

Kegiatan ini akan sangat membantu kamu untuk memilih penataan dessert table pesta Natal nantinya. Perlu diperhatikan juga adalah kategori warna, jenis makanan, dan hal terkait lainnya mesti terlihat senada.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Hadiah Natal

3. Pilih dan Gunakan Warna dengan Leluasa

Merayakan Natal
Pilih warna untuk rayakan Natal dengan sesuka hati via pinterest.com

Jangan hanya terpaku pada warna yang itu-itu saja, alias hanya mengikuti kata orang bahwa pesta itu identik dengan warna merah muda (pink), merah, atau putih saja, Tak ada salahnya bila kamu memadu-padankan berbagai warna di dessert table nantinya. Asalkan warna-warna tersebut dikombinasikan dalam porsi yang tepat.

Jangan sampai kamu menggunakan semua warna gelap pada dessert table. Karena itu akan membuat tampak suram dan tidak menarik untuk dilihat. Tidak perlu selalu bermain “aman” dalam pemilihan warna ini, terutama bila kamu memang ingin menonjolkan warna tertentu di dalam pesta tersebut. Anda juga dapat menyesuaikan warna dessert table ini dengan berbagai komponen lainnya dalam pesta tersebut, sehingga semuanya terlihat senada dan lebih indah.

4. Gunakan Perlengkapan yang Tepat

Kue Natal
Banyak pilihan peralatan yang unik untuk wadah hidangan penutup 

Hal lainnya yang tak kalah penting untuk Anda persiapkan dengan baik adalah sejumlah perlengkapan yang tepat untuk dessert table tersebut. Pemilihan perlengkapan yang terbuat dari kristal dan berwarna transparan akan mendukung keindahan dari dessert table.

Peralatan seperti ini juga akan sesuai dengan berbagai macam tema, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk menyesuaikannya lagi. Namun jika ternyata kamu tidak memiliki peralatan ini, maka bisa menggunakan bahan lainnya yang berwarna transparan. Atau bisa juga menggunakan wadah yang unik lainnya, seperti mangkuk kayu, piring kayu, dan lainnya.

Baca Juga: Ide Pesta Ulang Tahun Anak dengan Budget Hemat

5. Atur Posisi Dessert Table dengan Baik

Christmast party
Posisi dessert table yang tepat akan membuat pesta Natal lebih menarik

Mengatur posisi ini penting, selain akan membuat terlihat menarik,juga akan menjadikan dessert table kamu nyaman untuk orang-orang yang berada di ruangan. Jika kamu salah menempatkan dessert table, bisa jadi akan berakibat fatal dengan rusaknya berbagai cake dan penganan lain serta tidak indah dilihat.

Perlu juga dipastikan bahwa dessert table harus berada di tempat yang tidak terlalu panas, agar aneka hidangan penutup tetap cantik dan tidak meleleh. Ruangan berpendingin (AC/Air Conditioner) akan lebih menjamin hal itu. Tentu bila pesta ini diadakan di dalam ruangan.

Meski demikian, kalau pun kamu mengadakan pesta di luar ruangan, kamu tetap dapat mengupayakan agar dessert table berada di tempat yang sejuk dan tidak terkena matahari langsung, kalau pesta di siang atau sore hari. Tentunya kalau diadakan di malam hari, tak perlu khawatirkan soal ini.

Meski demikian, agar lebih amannya, kamu bisa mengatur pemilihan cake dan hidangan penutup lainnya sejak awal. Kamu harus menyesuaikannya dengan kondisi venue (lokasi)  pesta. Sehingga dessert table kamu tetap cantik dan menarik untuk dinikmati.

6. Maksimalkan Tampilan dengan Rangkaian Bunga

Bunga Natal
Pilih bunga yang diinginkan untuk menambah cantik dessert table Natal

Bunga memang selalu menjadi poin yang menambah nilai sebuah obyek, termasuk di dalam dessert table juga. Kamu bisa memilih dan menggunakan bunga untuk mempercantik tampilan karena akan memberikan kesan segar dan natural secara langsung.

Untuk jenis bunga, kamu bisa bunga segar maupun bunga plastik. Namun lebih baik pilih bunga segar karena akan memberikan kesan alami, sedangkan bunga plastik hanya akan membuatnya terkesan kaku.

Beberapa jenis bunga mungkin bisa dijadikan pilihan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan bunga tulip saja. Sebab, selain cantik, bunga tulip juga begitu mudah ditata, bahkan meski kamu hanya menaruhnya begitu saja pada vas kristal atau vas bunga transparan lainnya.

Jangan lupa selalu menjaga kesegaran bunga ini dengan baik sebelum digunakan untuk acara pesta Natal nanti. Kamu bisa menyimpan selama beberapa waktu di lemari pendingin (chiller), agar kesegarannya tetap terjaga dengan baik dan tidak layu saat digunakan.

7. Tambahkan Pernak-Pernik Natal

Ornamen Christmast
Tambahkan ornamen Natal supaya lebih menarik

Kamu juga bisa menambahkan berbagai macam pernak-pernik atau ornamen sebagai hiasan yang biasanya ada pada momen perayaan Natal, seperti pohon atau daun cemara kecil, lilin, pita merah, lonceng, boneka santa, dan masih banyak lagi. Ini akan semakin menambah kesan meriah dan indah di dessert table kamu nantinya.

Ciptakan Pesta Natal Berkesan dengan Dessert Table Kece

Membuat dessert table tentu bukan sebuah pekerjaan mudah, pun demikian juga bukan hal sulit untuk dilakukan. Dengan tips-tips pengaturan dessert table di atas, ciptakan pesta Natal berjalan dengan meriah dan menyenangkan, terlebih lagi adalah berkesan. Dengan bujet yang sesuai, tapi dengan perencanaan dan cara yang tepat, maka pesta akan berjalan dengan baik dan menarik.

Baca Juga: 10 Tradisi Natal Unik di Seluruh Dunia