Ciri dan Tips Membuka Toko Bangunan dan Toko Material

Memiliki hunian yang nyaman dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan tentu menjadi impian semua orang. Alasannya karena selain menjadi tempat tinggal, rumah juga menjadi tempat untuk bekerja, berkumpul bersama keluarga, maupun sekadar bersantai dan beristirahat menenangkan pikiran. Maka dari itu, semua orang pasti berlomba merealisasikan mimpi memiliki rumah impian sebaik dan senyaman mungkin sesuai versi masing-masing. 

Namun, perlu diketahui bahwa dalam membangun atau merenovasi rumah tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Diperlukan banyak pertimbangan dan perhitungan yang tepat agar rencana tersebut dapat berjalan lancar, apalagi sampai tersendat karena terkendala masalah biaya. 

Nah, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat berencana membangun atau merenovasi rumah adalah memilih toko bangunan yang tepat. Lalu, apa saja ciri toko bangunan yang kredibel dan tepercaya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini. 

Baca Juga: Tips Renovasi Rumah Biar Makin Betah dan Bahagia di Rumah Aja

Keuntungan Membuka Toko Bahan Bangunan dan Material

Namanya membuka usaha, pasti butuh perencanaan yang matang. Jika berhasil, banyak keuntungan yang bisa didapatkan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Kira-kira apa saja keuntungan usaha ini?

  1. Bahan Bangunan Tidak Mengalami Penyusutan

    Bisnis toko bangunan berbeda dengan bisnis makanan, fashion, atau koleksi barang antik yang memiliki masa berlaku sesuai dengan tren yang ada. Sebab, akan selalu terdapat barag dibutuhkan. Bahan bangunan tidak, seperti pasir, kerikil, batu, dan semen tidak memiliki masa kedaluarsa apalagi mengalami penyusutan.

    Hal ini menjadi salah satu keuntungan yang patut dipertimbangkan. Kamu tidak perlu khawatir apabila bahan bangunan tidak laku. Selagi masih terbungkus rapi pasti akan dibeli oleh pembeli.

  2. Selalu Dibutuhkan

    Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia dari dulu hingga sekarang. Untuk membangun sebuah rumah, dibutuhkan bahan bangunan yang jenisnya berbeda-beda untuk setiap kebutuhan. Makin spesial rumah yang ingin dibangun, makin beragam pula bahan yang dibutuhkan.

    Kenyataan ini menjadi keuntungan tersendiri karena bahan bangunan akan selalu dibutuhkan. Pangsa pasarnya mungkin terbatas, yaitu orang-orang yang sedang membangun rumah. Namun, keuntungan yang didapatkan lumayan besar setiap kali ada pembelian.

  3. Harga Bahan Bangunan Terus Naik

    Seperti yang diketahui, harga bahan bangunan terus naik, ditambah pertumbuhan bisnis properti yang sangat pesat. Kenyataan ini otomatis menambah keuntungan yang diperoleh.

    Keuntungan yang didapatkan akan terus bertambah apabila kamu mampu menjalin kerjasama dengan kontraktor. Setiap kali kontraktor mendapatkan proyek pembangunan, maka toko bahan bangunan milikmu akan dijadikan pemasok. Kamu berhasil mendapatkan omzet penjualan yang lebih besar daripada bulan sebelumnya.

  4. Perputaran Uang Lancar

    Tidak semua orang berpikir untuk membuka usaha bahan bangunan mengingat jumlah modal awalnya yang cukup besar. Bagi yang bisa memanfaatkan peluang, hal ini tentu menjadi hal yang menguntungkan. Sedikitnya jumlah pesaing otomatis meningkatkan jumlah keuntungan sehingga perputaran uang menjadi lancar.

    Jika dibandingkan dengan bisnis lain, usaha toko bangunan sangat menguntungkan. Jauh lebih bertahan lama juga sehingga peluang untuk mengembangkan usahanya sangat besar. Hal ini tentu harus dibarengi dengan tekad berbisnis yang kuat.

Risiko Membuka Toko Bahan Bangunan dan Material

Nyatanya, membuka usaha toko bangunan tidak selamanya menguntungkan. Terdapat beberapa risiko yang harus dipertimbangkan jika tertarik untuk berkecimpung di dunia usaha yang satu ini. Apa saja risikonya?

  • Lokasinya Harus Strategis

    Demi kelancaran usaha, kamu harus mencari satu lokasi strategis untuk memulai usaha bangunan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan, apalagi lahan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini cukup luas.

    Seandainya dapat lokasi strategis pun, kamu harus siap bayar biaya sewa yang cukup mahal. Hal ini tentu menjadi bahan pertimbangan, karena biaya sewa otomatis membuat harga jual material lebih mahal agar tidak rugi. Sebaiknya hitung sebaik mungkin agar tetap untung selama menjalankan usaha.

  • Harga Material Naik Turun

    Buka usaha toko bangunan memang menggiurkan, tapi harga material yang naik turun menjadi tantangan. Jika tidak memahaminya sejak awal, akan berdampak buruk terhadap kelancaran usaha. Bukan untung, melainkan buntung yang didapatkan.

    Guna mengantisipasi hal ini, kamu harus sering mengecek harga material di supplier. Jangan terlalu murah agar tidak rugi. Jangan juga terlalu mahal agar pembeli tidak lari ke toko sebelah.

  • Akan Ada Masa Sepi Pembeli

    Mengingat pasarnya cukup terbatas, akan ada saat toko bangunan menjadi sepi. Apalagi kalau kebanyakan proyek pembangunan telah selesai. Jika hal ini tidak diantisipasi dengan baik, maka bisa berdampak buruk bagi kelancaran usaha.

    Pastikan kamu sudah mempunyai pembeli tetap agar omzet penjualan tetap ada setiap waktu. Jangan ragu untuk menjalin relasi dengan pihak kontraktor atau pekerja bangunan guna mempromosikan toko bahan bangunan. Jika beruntung, jumlah pembeli di tokomu bisa lebih banyak daripada sebelumnya.

  • Pemasaran Agak Sulit

    Jika ingin sukses, teknik pemasaran yang digunakan untuk berjualan harus efektif dan efisien. Sebab faktanya, membuka usaha toko bangunan lebih sulit dibandingkan usaha lain, apalagi kalau toko baru berdiri beberapa bulan atau tahun. Pasalnya, kebanyakan orang sudah mempunyai toko bangunan langganan. Mau

    Agar lebih dikenal, gunakan sosial media untuk mempromosikan toko bangunan. Perluas juga pemasaran lewat e-commerce. Semakin besar area yang dijangkau, maka semakin besar pula peluang untuk meningkatkan omzet.

Modal Usaha yang Perlu Disiapkan

Sebagai pemula, kamu perlu memperhitungkan modal usaha untuk membuka toko bahan bangunan. Apalagi modalnya tidak sedikit, jadi kamu bisa menabung jauh-jauh hari agar impian untuk membuka usaha ini dapat terealisasi. Berikut rincian modal usaha yang perlu disiapkan.

Modal awal

  • Mobil pick up untuk transportasi: Rp100.000.000
  • Bahan-bahan bangunan: Rp250.000.000
  • Etalase: Rp5.000.000
  • Lemari kayu: Rp2.500.000

Total: Rp357.500.000

Biaya Bulanan

  • Gaji karyawan 3 orang x Rp2.000.000 = Rp6.000.000
  • Listrik dan air: Rp300.000
  • Sewa tempat: Rp4.000.000 per bulan

Total: Rp10.300.000

Total modal yang perlu disiapkan adalah Rp357.500.000 + Rp10.300.000 = Rp367.800.000.

Potensi keuntungan yang diperoleh

Anggaplah rata-rata keuntungan yang didapatkan dari setiap material yang dijual sebesar 15%. Dengan modal Rp250.000.000, maka total keuntungan yang berhasil didapatkan sebesar Rp37.500.000 per bulan. Jumlah yang fantastis, bukan?

Ciri Toko Bangunan Tepercaya

Ketika memutuskan membangun rumah, selain letak dan desain bangunan, hal yang perlu dipastikan adalah memilih toko bahan bangunan yang tepat. Alasannya karena toko bahan bangunan tersebut yang akan menyediakan segala kebutuhan yang diperlukan. Jika dipilih dengan sembarangan, sudah pasti akan berdampak pada kualitas bangunan yang dikerjakan, termasuk risiko overbudget

Agar tak keliru, berikut beberapa ciri dan tips yang bisa dijadikan acuan saat memilih toko bahan bangunan yang kredibel.

  1. Review di Internet

    Semenjak kehadiran internet, semua orang pasti setuju jika banyak hal terasa lebih mudah dilakukan. Segala informasi bisa didapat dengan mudah dan praktis melalui teknologi tersebut. Tak hanya tentang nama toko atau tempat, bahkan alamat, nomor telepon, serta review dari pengunjung pun bisa terlacak di sana.

    Hal ini bisa juga dilakukan ketika hendak memilih toko bahan bangunan. Ada baiknya periksa terlebih dahulu review di internet sebagai referensi agar semakin yakin dan tak menyesal tentang kualitasnya di kemudian hari. 

    Jika komentar yang ditinggalkan lebih banyak yang positif, maka dapat disimpulkan jika toko tersebut memiliki layanan dan kualitas yang patut dipertimbangkan. Sebaliknya, jika komentar negatif lebih mendominasi, maka kamu sangat perlu berpikir ulang dan sebaiknya tak memilih toko bangunan tersebut sebagai supplier bahan bangunan. 

  2. Kelengkapan Produk

    Selanjutnya, hal yang tak bisa diabaikan tentu saja ketersediaan dan kelengkapan jenis produk. Beberapa toko bangunan online maupun offline hanya menyediakan item tertentu, tak lengkap dengan ‘printilan’ atau aksesoris dekorasi yang mungkin bakal kamu perlukan nanti. Hal ini tentu saja cukup merepotkan karena pembeli harus berpindah tempat untuk mencari bahan bangunan yang dibutuhkannya.

    Mungkin, bagi sebagian orang hal tersebut bukanlah masalah yang besar. Tapi, bagi yang tak punya banyak waktu, hal ini tentu terasa kurang efisien, apalagi jika produk yang ditawarkan terkesan monoton, tak bervariasi, dan tak sesuai selera. 

    Hal ini pasti akan sangat memengaruhi kenyamanan untuk berbelanja bahan bangunan di toko tersebut. Jadi, akan sangat menguntungkan jika kamu bisa mendapatkan kebutuhan bahan bangunan di satu tempat saja. 

  3. Layanan Delivery Order

    Kriteria selanjutnya yang tak kalah penting dalam memilih toko bangunan adalah ketersediaan akan layanan delivery order. Kriteria ini bisa sangat mempermudah hidup karena bahan bangunan yang dibutuhkan kuantitasnya cukup banyak, pun ukurannya juga relatif memakan tempat. Tanpa kendaraan yang bisa mengangkutnya, mustahil bagi kamu untuk bisa membawa bahan bangunan ke lokasi tujuan.

    Apalagi jika di tengah pengerjaan, bahan yang dibutuhkan habis. Tentu akan sangat merepotkan jika harus bolak-balik datang ke toko. Jika sampai terjadi, hal tersebut sudah pasti akan menyita waktu dan tenaga, bukan?

    Nah, inilah pentingnya memerhatikan layanan delivery order saat memilih toko bahan bangunan. Akan jauh lebih baik lagi jika tersedia pula laman website yang bisa membantu pembeli untuk memesan produk secara online. Dengan begitu, pembeli hanya perlu melakukan pemesanan melalui katalog, melengkapi data, melakukan pembayaran, dan menunggu barang datang. 

  4. Harga yang Bersaing

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam membangun rumah, biaya yang dikeluarkan bisa sangat menguras kantong. Jika salah perhitungan, bukan tidak mungkin pengeluaran akan membengkak dan melampaui budget yang ditentukan. 

    Untuk itu, perlu rasanya memilih dan memilah produk yang digunakan sebagai bahan bangunan. Pastikan memilih produk yang berkualitas tapi memiliki harga yang bersaing. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan riset sederhana mengenai harga pasaran material sebelum memutuskan untuk membelinya. 

    Selain itu, sesuaikan material dengan kebutuhan dan anggaran. Maksudnya, tak melulu harus menggunakan bahan berkualitas paling baik dan unggulan sebab beberapa bahan bangunan memiliki kualitas yang cukup baik tapi harganya jauh lebih terjangkau. Selain itu, ada baiknya sebelum memutuskan untuk membeli, konsultasikan dahulu kepada pihak toko agar mendapat gambaran yang lebih jelas perihal jenis dan kualitas bahan bangunan yang diinginkan. 

    Baca Juga: Butuh Uang Cepat untuk Renovasi, Pilih KTA atau Kredit Renovasi Rumah?

Tips Usaha Toko Bahan Bangunan dan Material

Meskipun mencari lokasi strategis lumayan sulit, tapi peluang usaha toko bangunan masih cukup menjanjikan di daerah perkotaan. Sebaiknya barengi dengan tips membuka usaha toko bangunan agar usaha berjalan lancar seperti yang diharapkan. Apa saja tipsnya?

  1. Tentukan Target Material

    Tips pertama adalah menentukan target material apa saja yang akan dijual mengingat bahan bangunan ada banyak jenisnya. Bukan berarti material yang dijual hanya satu atau dia jenis saja. Tetap semua, tapi kamu bisa fokus pada material yang paling banyak dicari.

    Fokus pada beberapa produk itu penting untuk meningkatkan keuntungan. Jika semua jenis produk yang disediakan berjumlah sama, besar kemungkinan beberapa produk cepat laku sementara sisanya sulit laku. Setelah itu baru tentukan target pasar, apakah ingin menjual kepada perorangan atau proyek.

  2. Cari Lokasi yang Cocok

    Tidak semua bahan bangunan cocok untuk semua wilayah. Misalnya, semen yang paling cocok dijual di daerah yang baru saja berkembang. Sebab, di daerah tersebut akan ada banyak proyek pembangunan yang akan dilakukan pemerintah maupun swasta dalam jangka panjang.

    Maka, carilah lokasi yang cocok untuk membuka usaha toko bangunan. Jangan berkecil hati kalau seandainya tidak dapat di daerah strategis. Selagi daerahnya dilalui banyak kendaraan dan memiliki potensi untuk maju, kamu bisa mencari lokasi di sana untuk membuka usaha.

  3. Cari Pemasok

    Ada banyak pemasok yang bisa menyediakan material bangunan. Namun, apakah semuanya bisa dipercaya? Apakah semuanya mau bekerjasama dan memiliki tujuan yang sama dengan kamu?

    Hal ini menjadi PR tersendiri untuk yang baru merintis usaha toko bangunan. Sebaiknya cari pemasok yang kredibel, bisa diajak bekerja sama, dan menawarkan harga material yang murah. Jika demikian, jalinlah hubungan yang baik agar hubungan dengan pemasok berkelanjutan.

  4. Promosikan Toko Milikmu

    Tips terakhir adalah mempromosikan toko milikmu. Berbagai metode promosi yang bisa dilakukan, seperti dari mulut ke mulut, media cetak, elektronik, atau sosial media. Jangkaulah pasar yang lebih luas untuk meningkatkan potensi dikenal oleh masyarakat luas.

    Jangan lupa luangkan waktu untuk menjalin hubungan baik dengan para kontraktor. Kamu bisa tawarkan kesepatan secara langsung untuk menunjukkan kredibilitas marketing. Siapa tahu kontraktor tersebut mau menjadikan toko milikmu sebagai pemasok material untuk proyek pembangunan, kan?

Rekomendasi Toko Bangunan Online dan Offline

  1. Depo Bangunan

    loader

    Depo Bangunan (Sumber: www.asrinesia.com)

    Toko bahan bangunan yang cukup termasyhur di Indonesia apalagi kalau bukan Depo Bangunan. Bisa dibilang jika Depo Bangunan merupakan pelopor swalayan bahan bangunan terbesar yang sekarang dapat dikunjungi dengan mudah di berbagai kota, bahkan tak terpaku di pulau Jawa saja. 

    Sebagai pilihan yang utama, tentu saja toko ini menyediakan bahan bangunan yang cukup lengkap dengan berbagai model dan variasi. Untuk kualitasnya sendiri juga tak perlu diragukan karena mayoritas produknya didatangkan langsung dari produsen utamanya. Hal tersebut membuat pula produk yang ditawarkan dibanderol dengan harga bersaing. Jadi, toko bahan bangunan ini selalu bisa menjadi pilihan utama bagi kamu yang berencana membangun atau merenovasi rumah. 

  2. Mitra10

    loader

    Mitra10 (Sumber: news.detik.com)

    Di antara begitu banyak toko bangunan yang ada di pasaran, rekomendasi selanjutnya jatuh pada Mitra10. Toko bahan bangunan ini termasuk salah satu yang paling besar dan bisa ditemukan di kawasan Jabodetabek maupun kota-kota besar lainnya di Indonesia. 

    Karena berskala nasional, produk yang ditawarkan oleh toko ini pun kualitasnya tak sembarangan. Hanya produk ternama dan lolos seleksi yang akan di-display dan ditawarkan di toko ini. Itulah sebabnya banyak yang merekomendasikan toko bangunan ini pada seseorang yang membutuhkan bahan bangunan. 

    Alasan lain memilih Mitra10 adalah konsep layanannya yang praktis, yaitu one stop shopping yang artinya pembeli bisa mendapatkan kebutuhan bahan bangunan mereka dalam satu toko. Dalam kata lain, konsumen tidak perlu repot berganti toko untuk memenuhi segala kebutuhan renovasi rumahnya.

    Sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan, Mitra10 juga menjalankan bisnis secara online melalui mitra10.com. Pelanggan bisa memilih kebutuhan secara online tanpa harus datang secara langsung. Stok dan jenis barang selalu di-update, serta selalu ada promo menarik setiap harinya yang mampu membuat aktivitas berbelanja lebih menguntungkan.

  3. Ruparupa.com

    loader

    Ruparupa.com

    Situs belanja online yang satu ini menjual berbagai kebutuhan bahan bangunan dengan kualitas terbaik dan tepercaya. Soal harga juga boleh dibandingkan dengan toko bangunan lain yang berbasis offline.

    Sejak didirikan pada tahun 2016, Ruparupa.com telah memiliki pelanggan setia yang terus bertambah seiring berjalannya waktu. Selain lebih simpel, berbelanja online di Ruparupa.com juga bisa menghemat waktu dan mendapatkan potongan diskon yang menguntungkan. Tak hanya menawarkan bahan bangunan dan perlengkapannya, Ruparupa.com juga menyediakan berbagai aksesoris kebutuhan rumah tangga, furnitur, bahkan kebutuhan si kecil. 

  4. Monotaro.id

    loader

    Monotaro.id

    Satu lagi toko bangunan online yang sangat direkomendasikan yaitu monotaro.id, yang meskipun tergolong baru, pelanggan situs ini dapat dibilang cukup banyak. Salah satu penyebabnya karena situs belanja ini menyediakan berbagai perlengkapan perkantoran, perabotan, bahkan bahan bangunan industri. Harga yang ditawarkan pun termasuk harga grosir, sehingga sangat patut untuk dipilih. 

    Biasanya, di beberapa event tertentu, monotaro.id akan membuka booth untuk kepentingan pemasaran sehingga akan sangat memudahkan pelanggan untuk mencari tahu informasi mengenai situs yang satu ini. Selain itu, pada website juga akan dijelaskan langkah yang perlu dilakukan untuk berbelanja dan bertransaksi bagi para pelanggannya guna menghindari potensi kebingungan.

Realisasikan Rencana Miliki Hunian Impian dengan Memilih Toko Bangunan yang Tepat

Di antara begitu banyak toko bahan bangunan yang bisa dipilih, memilih yang kredibel dan tepercaya memang bukan hal mudah. Baik itu konvensional maupun berbasis online, setiap toko pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itulah pentingnya bersikap bijak dan selektif agar tak sampai salah memilih. 

Selain itu, yang tak kalah penting, sesuaikan kebutuhan dan anggaran saat membeli bahan bangunan. Jangan sampai hanya karena tergiur promo atau potongan diskon, kamu menjadi kalap dan berbelanja produk ini sampai overbudget. Untuk menyiasatinya, pastikan untuk membuat rencana dan daftar bahan bangunan yang diperlukan sebelum membelinya.

Baca Juga: Tips dan Trik Renovasi Rumah untuk Anda yang “Low-budget”