Ketahui Manfaat hingga Efek Samping Unibebi Sirup, Obat yang Sudah Ditarik dari Pasaran

Di akhir-akhir tahun 2022, nama Unibebi sirup banyak diperbincangkan. Obat ini menjadi salah satu dari puluhan obat yang ditarik dari peredaran karena mengandung cemaran etilen glikol melebihi ambang batas aman.

Tidak hanya ditarik dari peredaran, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bahkan mencabut izin edar obat buatan PT Universal Pharmaceutical Industries ini bersama dengan puluhan obat lain. Keberadaan cemaran etilen glikol melebihi batas aman di dalam obat-obatan ini diduga menyebabkan terjadinya kasus gagal ginjal akut pada ratusan anak Indonesia.

Lalu, obat apa sebenarnya Unibebi Cough Syrup itu? Apakah ada efek samping yang dirasakan ketika mengonsumsinya? Simak penjelasan berikut ini.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Mengenal Unibebi Cough Syrup

loader

Unibebi Cough Syrup (Sumber: www.klikdokter.com)

Unibebi sirup merupakan salah satu obat yang bisa dijadikan pilihan untuk mengobati anak yang sedang sakit pilek dan batuk. Obat ini tergolong obat bebas terbatas yang berarti bisa didapat tanpa resep dokter tetapi ada peringatan yang perlu diwaspadai.

Sebelum dinyatakan tercemar etilen glikol, obat ini tergolong aman digunakan selama sesuai dengan aturan pakai. Obat ini hadir dalam bentuk sirup sehingga lebih mudah diterima oleh orang-orang yang tidak suka dengan rasa pahit, seperti anak-anak.

Di dalam obat ini terkandung sejumlah senyawa aktif, seperti, guaifenesin, chlorpheniramine maleate, dan paracetamol. Bahan aktif inilah yang dapat memberikan manfaat untuk mengatasi berbagai gejala flu dan batuk.

Karena tergolong ke dalam obat bebas terbatas, Unibebi sirup bisa dengan mudah didapat di apotek. Harga yang ditawarkan untuk obat ini juga sangat terjangkau, yakni kurang dari Rp10 ribu untuk satu botolnya.

Baca Juga: Sedia Obat Setiap Waktu, Ketahui Lokasi Apotek Terdekat

Hadir Hanya dalam Satu Varian

Unibebi Cough Syrup hadir di pasaran hanya dalam satu varian saja. Obat ini dikemas dalam sebuah botol yang berukuran 60ml.

Unibebi sirup bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai gejala flu serta batuk pada anak-anak. Di dalam obat ini terkandung 1mg chlorpheniramine maleate, 25mg guaifenesin, serta 120mg paracetamol.

Manfaat Unibebi Sirup

Unibebi Cough Syrup memiliki manfaat utama sebagai obat untuk mengatasi gejala flu dan batuk pada anak-anak. Obat ini bisa menjadi pilihan ketika anak mengalami batuk berdahak. Manfaat tersebut diperoleh dari kombinasi kandungan bahan aktif yang ada di dalamnya.

Misalnya, chlorpheniramine maleate yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai reaksi alergi. Obat ini tergolong ke dalam antihistamin golongan pertama.

Kemudian ada juga guaifenesin yang berguna untuk membantu mengobati batuk berdahak. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi dahak yang menumpuk pada saluran pernapasan. 

Lalu ada juga paracetamol yang sudah dikenal luas sebagai obat penurun panas. Selain itu, paracetamol juga diketahui dapat membantu meredakan nyeri pada sejumlah area tubuh, seperti, radang sendi, nyeri otot, hingga sakit gigi.

Efek Samping Unibebi Sirup

Sebelum mengandung cemaran etilen glikol, Unibebi Cough Syrup tergolong aman untuk digunakan asal sesuai dengan aturan pakai. Meski begitu, pada beberapa orang efek samping dari penggunaan obat ini juga mungkin dirasakan.

Efek samping yang dirasakan mungkin tidak sama pada setiap orang. Ada yang ringan tetapi mungkin ada juga yang berat. Beberapa efek samping ringan yang mungkin dirasakan, seperti, jantung yang berdetak lebih cepat, berdetak tidak beraturan, sakit kepala, hingga mengantuk.

Selain itu, jika Unibebi sirup digunakan dalam waktu lama, ada risiko terjadinya gagal ginjal akut meskipun jarang. Obat ini juga bisa membuat orang mengalami mual dan muntah. Bahkan jika digunakan dalam dosis besar, risiko perdarahan lambung jadi lebih besar.

Selain itu, paracetamol yang terkandung di dalamnya jika digunakan secara berlebihan juga dapat memicu terjadinya kerusakan hati. Risiko ini akan semakin meningkat jika kamu sering mengonsumsi alkohol.

Baca Juga: Ketahui Manfaat, Efek Samping, dan Aturan Pakai Termorex

Harga Ramah Kantong, Tapi Tidak Lagi Ada di Pasaran

Unibebi Cough Syrup ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk setiap botolnya, obat ini dibanderol dengan harga kurang dari Rp10 ribu. Tidak hanya murah, obat ini dulunya juga bisa dengan mudah ditemukan di apotek.

Tetapi karena ditemukan adanya cemaran etilen glikol yang melebihi ambang batas, BPOM pun menarik Unibebi sirup dari pasaran. 

Dosis dan Aturan Pakai Unibebi Sirup

Cara mengonsumsi Unibebi sirup sebenarnya sangat mudah. Di setiap kemasannya, selalu ada petunjuk penggunaan yang bisa diikuti. Cara penggunaan obat ini juga bisa disesuaikan dengan rekomendasi yang diberikan dokter.

Penggunaan obat ini juga harus sesuai dengan dosis, tidak boleh dikurangi atau ditambah kecuali ada petunjuk dari dokter. Agar dosisnya sesuai, minumlah menggunakan sendok takar yang biasanya ada dalam kemasan. Kamu juga harus mengocok botolnya terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini.

Obat ini diberikan sehari sebanyak tiga hingga empat kali. Untuk dosis yang diberikan disesuaikan dengan umur anak. 

Usia

Dosis dan Aturan Pakai

9 hingga 12 Tahun

15ml sampai 20ml atau tiga hingga empat sendok takar.

6 hingga 9 Tahun

10ml hingga 15ml atau dua hingga tiga sendok takar.

2 hingga 6 Tahun

5ml sampai 10ml atau satu hingga dua sendok takar.

1 sampai 2 Tahun

5ml atau satu sendok takar.

6 Bulan sampai 1 Tahun

2,5ml sampai 5ml atau setengah sampai satu sendok takar.

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Menggunakan Unibebi Sirup

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin menggunakan Unibebi sirup. Sama seperti obat lainnya, Unibebi sirup juga harus dikonsumsi dengan dosis yang tepat. Jangan menambahkan dosis karena itu bisa berisiko meningkatkan efek samping.

  • Beberapa jenis obat-obatan bisa berinteraksi dengan Unibebi sirup. Salah satunya adalah obat golongan monoamine oxidase inhibitors (MAOIs) yang biasa digunakan untuk mengatasi gejala depresi.
  • Manfaat dari kandungan paracetamol dalam obat ini bisa berkurang jika digunakan bersama dengan lixisenatide dan kolestiramin. Sementara jika paracetamol digunakan bersama metoclopramide, efek analgesiknya mengalami peningkatan.
  • Kamu juga harus lebih dulu berkonsultasi dengan dokter jika sedang mengonsumsi suplemen atau obat lain saat akan menggunakan obat ini. 
  • Orang yang sangat sensitif atau alergi dengan bahan yang terkandung di dalam Unibebi Cough Syrup tidak boleh menggunakan obat ini.

Hal penting yang juga harus diperhatikan adalah apakah gejala mengalami perbaikan setelah tiga hari minum obat ini? Jika tidak ada perbaikan, hentikan pemakaian dan segera periksa ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

Selain itu, jika setelah mengonsumsi obat ini muncul gejala alergi seperti pucat, sakit tenggorokan, gatal, atau lain sebagainya, segera kunjungi pusat kesehatan terdekat. Hal ini penting agar reaksi alergi yang muncul bisa segera ditangani dan tidak berakibat fatal.

Sama seperti obat lainnya, Unibebi Cough Syrup juga harus disimpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Tempat penyimpanannya berada di suhu ruang yang kering.

Unibebi Sirup Ditarik dari Peredaran Akibat Cemaran Etilen Glikol

Unibebi sirup merupakan salah satu obat flu yang hadir di pasaran dengan harga terjangkau. Senyawa yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk membantu mengurangi berbagai gejala flu dan batuk pada anak-anak. 

Karena dihadirkan dalam sediaan sirup, obat ini jadi lebih mudah diterima oleh orang-orang yang tidak suka dengan rasa pahit. Unibebi sirup juga mudah ditemukan di apotek karena masuk ke dalam golongan obat bebas terbatas. Artinya, bisa dibeli langsung di apotek tanpa perlu resep dokter.

Tetapi sayangnya, pada bulan Oktober lalu BPOM menemukan adanya cemaran etilen glikol yang melebihi batas aman pada Unibebi sirup. Temuan ini membuat BPOM menarik produk ini dari peredaran bahkan mencabut izin edarnya.

Baca Juga: Daftar Obat Sirup yang Dinyatakan Aman dan Bisa Digunakan Kembali