Waspada Penipuan! Ini 5 Cara Cerdas Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Masalah kesehatan bukanlah hal yang patut diabaikan. Sering kali kita tidak mampu memprediksi risiko yang mengancam pada kesehatan, sebab seringnya gangguan kesehatan datang di saat-saat tidak terduga.

Cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi risiko pada kesehatan adalah dengan menggunakan asuransi kesehatan. Banyaknya perusahaan asuransi yang sekarang ini muncul, baik offline atau online membuat kita harus lebih waspada terhadap asuransi bodong yang menawarkan berbagai macam keuntungan yang tidak masuk akal.

Agar tidak mudah termakan oleh rayuan asuransi kesehatan bodong yang tentu bisa merugikan, maka ada baiknya perhatikan lima cara cerdas berikut ini dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Kenali yang Anda Butuhkan

asuransi kesehatan
Ketahui apa yang Anda butuhkan

Tahap awal dalam menentukan asuransi kesehatan yang akan dipilih nantinya adalah mengenali terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan Anda. Hal ini bisa dilihat dari pelayanan setiap perusahaan asuransi kesehatan dari rekam jejak medis, perlindungan dan layanan yang dibutuhkan saat ini dan juga kebutuhan yang akan datang.

Bila sudah mengenali kebutuhan Anda, maka akan lebih mudah saat memilih produk asuransi kesehatan. Tak ada salahnya juga untuk mencari informasi lain kepada saudara atau kerabat dekat yang sudah menggunakan asuransi kesehatan. Ini juga bisa menjadi bahan referensi.

Baca Juga: BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Mana yang Lebih Baik?

2. Bandingkan setiap Produk Asuransi

Setiap perusahaan asuransi tentunya menawarkan produk asuransi kesehatan yang berbeda-beda. Pada umumnya, masing-masing perusahaan asuransi memiliki keunggulan yang tentu akan memberikan keuntungan dan kekurangan yang justru membuat rugi.

Namun, sebaik apapun produk asuransi tersebut, kembali lagi ke poin pertama yaitu dengan menyesuaikan kebutuhan. Lakukanlah pertimbangan dengan membandingkan setiap produk asuransi. Konsultasi kepada saudara atau rekan juga yang paham menyoal asuransi juga perlu dilakukan.

3. Cari Tahu Rekam Jejak Perusahaan

 

website asuransi kesehatan
Cari tahu informasi perusahaan melalui website atau media sosial

Mengetahui perjalanan perusahaan penyedia asuransi kesehatan secara keseluruhan sangatlah penting. Hal ini akan memudahkan Anda saat ingin menentukan produk asuransi yang akan digunakan untuk kedepannya. Dapatkan  informasi baik buruk perusahaan melalui orang yang pernah atau masih menjadi klien atau melalui media seperti website dan sosial media setiap perusahaan asuransi.

Lihatlah secara teliti mulai dari usia perusahaan, pelayanan yang diberikan seperti tenaga ahli, laporan keuangan seperti kondisi keuangan sehat, Risk Based Capital atau suatu perhitungan yang dijadikan tolak ukur pada kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah Anda juga perlu cek retensi di masing-masing perusahaan asuransi. Bila perusahaan sudah melakukan reasuransi, artinya perusahaan tersebut sudah tidak kuat berjalan lagi.

Baca Juga: Ini Dia Pilihan Asuransi Kesehatan yang Cocok untuk Wanita  

4. Pahami dan Pilih Sistem Klaim Asuransi

Umumnya, ada tiga jenis sistem pembayaran klaim asuransi kesehatan yang ditawarkan, yaitu:

  • Cashless : sistem membayar biaya perawatan baik rawat inap maupun rawat jalan hanya dengan menunjukkan kartu asuransi kesehatan kepada pihak rumah sakit.
  • Reimbursement: sistem membayar perawatan dengan menanggung biaya medis dari uang pribadi dahulu, kemudian biaya yang sudah dikeluarkan di tagih ke perusahaan dengan melampirkan kuitansi pembayaran.
  • Santunan: sistem pembayaran ini akan dilakukan oleh perusahaan asuransi dengan santunan harian selama klien dirawat di rumah sakit. Biasanya, besar santunan ini telah disepakati dalam polis Anda dengan perusahaan asuransi

5. Ketahui Mitra Rumah Sakit

rumah sakit
Ketahui Mitra Rumah Sakit

Sebelum memutuskan perusahaan penyedia asuransi kesehatan yang akan dipilih, jangan mengabaikan untuk mencari tahu rumah sakit mana saja yang menerima klaim perusahaan asuransi tersebut. Sebaiknya, memilih perusahaan asuransi yang bermitra dengan rumah sakit di dalam negeri maupun luar negeri yang punya kredibilitas baik.

Pilih Asuransi dengan Cerdas!

Apapun asuransi yang akan Anda pilih, tetaplah waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan perusahaan asuransi. Sebab, hal buruk ini bisa dilakukan orang pihak siapa saja yang hanya ingin mengambil keuntungan sebanyak-banyak tanpa berpikir panjang terhadap kerugian yang dialami klien. Cerdaslah dalam memilih perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai macam produk. Kenali dan bandingkan dari masing-masing perusahaan asuransi, jika perlu tanyakan kepada orang yang paham dengan produk asuransi untuk mendapatkan informasi yang lengkap sehingga bisa terhidar dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Baca Juga: Pilih Asuransi Kesehatan yang Dikelola Negara atau Swasta? Inilah Jawabannya