Tentang Paket Roaming Online

Promo Novemberia: Diskon 11%  untuk pembelian paket data roaming internasional

Syarat & Ketentuan Promo:

  • Diskon 11% berlaku untuk setiap pembelian data roaming internasional melalui Cermati.com
  • Maksimum potongan yang diberikan sebesar Rp11.000,-
  • Promo berlaku pada tanggal 12 - 30 November 2019
  • Gunakan kode promo ROAMINGCERMAT11 untuk mendapatkan diskon
  • Setiap pengguna hanya dapat menggunakan kode voucher sebanyak satu kali
  • Pengguna dianggap mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku

Bepergian ke luar negeri barangkali adalah hal yang lumrah dilakukan oleh sebagian masyarakat. Baik untuk keperluan pekerjaan atau wisata, tak sedikit kalangan yang rutin melakukan perjalanan ke negara lain.

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, mungkin pernah terpikir tentang bagaimana untuk bisa mendapatkan akses internet. Barangkali, Anda berpikir bahwa harus membeli paket data internet internasional atau yang dijual di negara tersebut. Hal ini mungkin akan terasa sia-sia karena waktu Anda berkunjung di luar negeri hanya beberapa hari saja.

Nah, untuk menyiasati hal ini, Anda dapat memanfaatkan layanan data roaming yang disediakan oleh banyak operator seluler dalam negeri. Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya tentang layanan data roaming. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini agar Anda memahami akan manfaat menggunakan layanan data roaming saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Salah satu keluhan wisatawan saat melakukan kunjungan ke luar negeri adalah kesulitan dalam mendapatkan akses internet. Hal ini disebabkan karena layanan operator seluler dalam negeri tidak menjangkau kawasan sehingga tidak ada sinyal yang dapat terjangkau. Untuk menanggulangi masalah tersebut, operator seluler menawarkan layanan internet terpadu yang disebut dengan istilah data roaming.

Layanan data roaming merupakan fitur yang disediakan oleh operator seluler agar pengguna dapat mendapatkan akses internet saat pergi ke luar negeri tanpa harus mengganti kartu SIM. Fitur ini tentu sangat berguna bagi pengguna layanan operator seluler yang sedang berkunjung ke negeri orang karena tidak perlu ribet mengganti kartu SIM dan juga membeli paket data internet luar negeri yang harganya terbilang lebih mahal.

Tarif yang dibebankan kepada pelanggan yang menggunakan layanan data roaming biasanya disesuaikan dengan harga layanan internet dalam negeri. Namun, masing-masing operator seluler memiliki kebijakan yang bervariasi dalam menentukan harga layanan data roaming. Jadi, pilihlah paket layanan data roaming sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selaras dengan penjelasan sebelumnya, layanan data roaming bertujuan agar pengguna operator seluler bisa mendapatkan akses internet meski sedang bepergian ke luar negeri. Baik untuk keperluan wisata atau bekerja, akses internet tentu sangat dibutuhkan oleh seseorang yang sedang berkunjung ke luar negeri.

Di beberapa lokasi di luar negeri mungkin memberikan fasilitas internet nirkabel. Namun, hal ini bisa menjadi tidak efektif karena Anda harus menuju lokasi tersebut untuk bisa mendapatkan akses internet. Anda mungkin juga dapat membeli paket internet internasional ataupun yang disediakan oleh operator seluler di negara tersebut.

Akan tetapi, lama waktu seseorang berada di luar negeri yang biasanya tidak terlalu lama membuat pembelian paket data di luar negeri akan terasa sia-sia. Mengganti kartu SIM juga seringkali mengganggu kemampuan komunikasi. Jadi, dengan menggunakan layanan data roaming, semua keluhan tersebut dapat diatasi dengan praktis dan mudah.

Jika Anda berencana dalam waktu dekat melakukan perjalanan ke luar negeri, Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk membeli paket internet data roaming. Agar bisa mendapatkan penawaran layanan yang paling sesuai, Anda dapat membeli paket data roaming melalui Cermati.

Tentunya, membeli paket internet data roaming melalui Cermati memberikan Anda beragam keunggulan. Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat membeli paket data roaming di Cermati adalah variasi paket yang bisa Anda pilih.

Dengan banyaknya variasi paket data roaming yang bisa dipilih, Anda dapat membeli paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Harga paket data roaming di Cermati juga sangat terjangkau dan terbebas dari biaya tambahan. Dengan begitu, Anda bisa memperkecil pengeluaran karena membeli paket data roaming yang sesuai dengan penggunaan yang diperlukan.

Melakukan pembelian paket internet data roaming di Cermati juga tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga karena transaksi bisa dilakukan secara online. Melalui smartphone ataupun komputer, Anda dapat membeli paket data roaming dan membayarnya melalui internet banking ataupun ATM. Jadi, Anda tidak perlu repot keluar rumah dan mengunjungi counter pulsa.

Sebagian besar operator seluler yang beroperasi di Indonesia telah memiliki layanan paket data roaming. Provider kartu SIM seperti, Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Axis, dan Smartfren, telah memberikan fasilitas data roaming bagi penggunanya yang berencana bepergian ke luar negeri.

Namun, setiap operator seluler tersebut memiliki penawaran yang beragam tentang harga serta layanan data roaming yang diberikan. Untuk itu, pastikan untuk melihat seluruh paket data roaming yang ditawarkan agar Anda bisa memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Meski sama-sama menawarkan layanan paket data roaming, setiap operator seluler memiliki aturan yang berbeda tentang masa aktivasi data roaming. Hal ini mungkin akan membingungkan pengguna operator seluler yang ingin mengaktifkan paket data roaming.

Untuk pengguna Indosat, durasi aktif dari paket data roaming mulai berjalan ketika pengguna telah sampai di negara yang dituju dan telah terhubung ke jaringan seluler di negara tersebut. Anda dapat mengaktifkan paket data roaming Indosat beberapa hari sebelum melakukan perjalanan.

Namun, perlu diingat bahwa masa tunggu sejak Anda mengaktifkan paket data roaming Indosat hanyalah 15 hari. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa perjalanan ke luar negeri tidak sampai 15 hari pasca melakukan pengaktivan paket data roaming agar tidak hangus.

Sedangkan untuk pengguna Telkomsel, pembelian paket data roaming disarankan untuk dilakukan mendekati tanggal keberangkatan menuju negara tujuan. Hal ini disebabkan karena masa tunggu paket data roaming Telkomsel hanyalah satu bulan dari saat melakukan pembelian. Jadi, pengguna Telkomsel harus menggunakan paket data roaming dalam kurun waktu satu bulan tersebut.

Sama halnya dengan pengguna Telkomsel, XL juga menyarankan penggunanya untuk membeli paket data roaming tidak jauh dari jadwal keberangkatan ke luar negeri. Penyebabnya tak lain karena masa tunggu paket data roaming XL mengikuti masa aktif paket yang dibeli. Jadi, jika paket data roaming yang dibeli memiliki masa berlaku 7 hari, Anda harus mengaktifkannya dalam kurun waktu 7 hari pasca melakukan pembelian.

Pengguna kartu SIM Tri juga tidak memiliki waktu yang cukup lama agar bisa menikmati layanan paket data roaming. Pengguna Tri disarankan untuk melakukan pembelian paket data roaming sebelum melakukan keberangkatan ke luar negeri. Dalam kata lain, saat Anda membeli paket data roaming Tri dengan masa berlaku 3 hari, lakukan pembelian di hari Anda melakukan perjalanan ke negara tujuan.

Sama halnya dengan masa aktivasi, cara mengaktifkan paket data roaming pada setiap operator seluler memiliki beberapa perbedaan. Untuk pengguna Telkomsel, paket data roaming akan teraktivasi 5 hari pasca melakukan pembelian. Pengguna Indosat dapat menikmati paket data roaming yang dibeli langsung setelah terhubung ke jaringan di negara yang dituju.

Sedangkan untuk XL dan Tri, Anda perlu menghubungi nomor tertentu agar paket data roaming bisa diaktifkan. Hubungi *123*747# jika Anda ingin mengaktifkan paket data roaming XL, dan *899# untuk aktivasi data roaming bagi pengguna Tri.

Menggunakan layan paket data roaming memang lebih terjangkau ketimbang membeli paket data internet di luar negeri. Namun, tak dapat dipungkiri jika harga paket data roaming masihlah lebih mahal ketimbang paket data pada umumnya. Untuk itu, Anda perlu lebih bijak dalam menggunakan layanan data roaming agar pengeluaran tidak membengkak.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan paket data roaming adalah dengan mematikannya saat sedang tidak digunakan. Sebagai contoh saat Anda sedang berkendara, mematikan paket data roaming bukanlah hal buruk untuk dilakukan. Barulah saat telah berada di hotel atau lokasi, Anda dapat menyalakan kembali paket data roaming untuk menghubungi relasi atau keluarga Anda.

Menghemat pengeluaran karena membeli paket data roaming juga bisa Anda lakukan dengan memilih paket yang sesuai dengan lama waktu perjalanan di luar negeri. Dengan begitu, Anda dapat membeli paket data roaming dengan harga paling terjangkau, namun, masih bisa memberikan akses internet yang dibutuhkan.