Tentang Tagihan Telepon Rumah dan Telkom

Sebagai salah satu teknologi yang sangat membantu kehidupan manusia, tak jarang telepon dianggap sebagai penemuan terhebat di dunia. Bukan tanpa alasan, telepon digadang-gadang sebagai penemuan terbaik karena mempermudah kegiatan komunikasi jarak jauh yang dulunya hanya bisa dilakukan dengan bantuan surat pos.

Hingga saat ini, teknologi telepon telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bahkan, telepon kini bisa dilakukan dengan beragam gawai praktis nirkabel, seperti HP dan smartphone yang bisa dibawa kemanapun Anda mau.

Namun, sebelum banyak dilakukan melalui HP dan smartphone, telepon sempat memiliki popularitas yang cukup tinggi dengan adanya layanan telepon rumah. Seperti namanya, telepon rumah adalah sebuah layanan komunikasi yang terpasang di dalam sebuah rumah. Bahkan, tak sedikit pebisnis yang membuka jasa wartel untuk menawarkan layanan telepon rumah kepada masyarakat umum.

Meski popularitas telepon rumah sudah tidak sebaik dulu, sebagian masyarakat dan pelaku bisnis tetap setia menggunakan layanan tersebut. Jadi, tidak ada salahnya untuk memahami tentang layanan telepon rumah yang mungkin akan Anda butuhkan.

Kata telepon diambil dari Bahasa Yunani, tele, yang bermakna jauh, dan phone yang berarti bunyi. Secara umum, telepon adalah alat atau pesawat penerima getaran yang dapat menghasilkan sebuah bunyi atau suara dari jarak jauh.

Cara kerja dari telepon rumah adalah dengan menggunakan jaringan kabel. Tanpa adanya sambungan dari kabel, telepon rumah tidak dapat berfungsi. Untuk itu, telepon rumah hanya bisa digunakan di satu tempat tertentu dan tidak memiliki mobilitas tinggi seperti HP ataupun smartphone.

Dalam sebuah telepon, terdapat dua hal yang wajib ada, yakni mikrofon dan telepon. Mikrofon memiliki fungsi sebagai pengirim suara dari orang yang bertelepon. Sedangkan untuk telepon adalah perangkat yang berguna sebagai penerima suara untuk orang yang sedang bertelepon.

Telepon rumah sendiri memiliki 2 jenis yang berbeda, telepon meja dan telepon dinding. Kedua jenis telepon ini umum dimiliki oleh masyarakat yang menggunakan layanan telepon rumah. Seperti namanya, telepon meja adalah telepon yang diletakkan pada meja, dan telepon dinding diletakkan di dinding rumah.

Agar pengguna telepon dapat menghubungi sesama penggunanya, setiap telepon pasti memiliki nomor teleponnya masing-masing. Nomor telepon adalah sebuah rangkaian angka yang berfungsi sebagai ‘identitas’ dari sebuah perangkat telepon yang digunakan. Nomor telepon rumah di Indonesia memiliki kisaran panjang antara 6 hingga 8 angka.

Tentunya, kombinasi angka pada nomor telepon sangatlah unik dan tidak ada yang sama antara satu dengan yang lainnya. Jadi, kemungkinan untuk sebuah perangkat telepon memiliki nomor telepon yang sama hampir tidak mungkin terjadi.

Sebagai salah satu teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan masyarakat, telepon rumah memiliki berbagai keunggulan. Keuntungan dari menggunakan layanan telepon rumah tentu sangat berguna untuk membantu kegiatan sehari-hari masyarakat.

  • Koneksi yang Stabil:
    Keuntungan telepon yang pertama tentunya adalah kemudahan komunikasi jarak jauh yang ditawarkan oleh teknologi tersebut. Hanya memerlukan sambungan kabel, pengguna telepon dapat berkomunikasi dengan pengguna telepon yang lainnya secara stabil tanpa gangguan dibandingkan handphone.
  • Biaya Komunikasi Lebih Terjangkau
    Biaya penggunaan dari telepon rumah juga dibilang cukup terjangkau. Dengan fungsi yang sangat praktis dan berguna, biaya yang dibebankan oleh pemberi layanan telepon rumah tidaklah tinggi. Karena alasan inilah mengapa pengguna telepon rumah masih ada hingga masih sekarang meski telah ada teknologi yang lebih canggih seperti HP dan smartphone.
  • Dapat Digunakan Kapan Saja
    Keunggulan yang terakhir dari layanan telepon rumah adalah penggunaannya yang bisa dilakukan sewaktu-waktu. Jadi, Anda dapat berkomunikasi menggunakan telepon rumah kapanpun Anda mau.

Selain secara konvensional, pembayaran tagihan telepon rumah secara online di cermati memiliki keuntungan tersendiri sebagai berikut:

  • Praktis dan Mudah:
    Melakukan pembayaran tagihan telepon rumah online di Cermati membuat Anda tidak perlu repot pergi keluar rumah karena proses transaksi bisa dilakukan melalui smartphone Anda. Pastinya, Anda tidak perlu harus mengantre untuk dapat melakukan pembayaran tagihan telepon rumah.
  • Proses Cepat:
    Hanya berselang beberapa saat sejak proses pembayaran dilakukan, Anda sudah dapat melihat tagihan Anda terbayar dengan cepat.
  • Transaksi Jelas:
    Membayar tagihan telepon rumah online di Cermati juga memiliki bukti pembayaran. Jadi, jika sewaktu-waktu proses pembayaran telepo yang Anda lakukan di Cermati mengalami kendala, Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran tersebut agar proses transaksi dapat diselesaikan.

Untuk bayar tagihan telepon rumah atau telkom, ada 2 macam cara yang bisa Anda lakukan yaitu lewat website atau aplikasi cermati.

Bayar tagihan telkom lewat website cermati:
  • Buka situs cermati.com (https://www.cermati.com).
  • Pilih menu top up dan tagihan (https://www.cermati.com/top-up-dan-tagihan).
  • Pilih menu paket data (https://www.cermati.com/telkom).
  • Masukkan nomor telepon rumah atau ID pelanggan.
  • Pastikan informasi nama pemilik ID, ID pelanggan, nama perusahaan, periode tagihan, dan detail tagihan sudah sesuai di halaman checkout lalu klik tombol "beli sekarang".
  • Masukkan kode promo (bila ada).
  • Verfikasikan potongan dari kode promo di halaman checkout (bila ada).
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Lakukan proses pembayaran dan lakukan verifikasi transaksi pembayaran.
Bayar tagihan telkom lewat aplikasi cermati:
  • Unduh aplikasi cermati di play store.
  • Pilih menu top up dan tagihan
  • Pilih menu paket data.
  • Masukkan nomor telepon rumah atau ID pelanggan.
  • Pastikan informasi nama pemilik ID, ID pelanggan, nama perusahaan, periode tagihan, dan detail tagihan sudah sesuai di halaman checkout lalu klik tombol "beli sekarang".
  • Masukkan kode promo (bila ada).
  • Verfikasikan potongan dari kode promo di halaman checkout (bila ada).
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Lakukan proses pembayaran dan lakukan verifikasi transaksi pembayaran.

Untuk bisa mendapatkan layanan telepon rumah, Anda bisa langsung menghubungi Telkom untuk melakukan pemasangan jaringan telepon di rumah Anda. Tentunya, Anda harus membayarkan biaya pemasangan jaringan telepon rumah terlebih dahulu.

Untuk pemasangan telepon rumah baru untuk kebutuhan bisnis, biaya yang dibebankan berada pada kisaran 175.000 hingga 450.000 Rupiah. Sedangkan untuk biaya abonemen mulai dari 38 ribuan hingga 57 ribuan Rupiah. Bagi Anda yang berniat untuk memasang jaringan telepon baru di rumah pribadi, biaya pemasangannya jauh lebih murah dibanding untuk kebutuhan bisnis. Umumnya, biaya pemasangan telepon untuk kebutuhan rumahan adalah 75.000 hingga 295.000 Rupiah.

Biaya abonemen pada telepon rumahan juga lebih terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 20 ribu hingga 33 ribu saja. Dengan biaya yang murah dan proses pemasangan yang cukup cepat, Anda dapat melakukan pengajuan pemasangan telepon rumah di Telkom sewaktu-waktu dibutuhkan.

Sama halnya saat ingin mengajukan pemasangan jaringan telepon rumah baru, Anda perlu mengunjungi kantor Telkom langsung untuk melakukan pemutusan jaringan telepon. Dengan mengunjungi secara langsung ke kantor Telkom, Anda akan mendapatkan pengarahan mengenai prosedur pemutusan jaringan telepon rumah Anda.

Biasanya, pihak Telkom akan meminta rekening telepon rumah yang terakhir. Setelah itu, Anda akan diminta untuk melakukan deposit uang kepada pihak Telkom. Tujuan dari pemberian uang deposit ini adalah sebagai jaminan bahwa Anda akan membayar tagihan telepon rumah sebelum melakukan pemutusan jaringan telepon.

Uang deposit yang Anda berikan pada pihak Telkom tersebut secara otomatis akan terpotong sesuai dengan tagihan telepon rumah Anda. Jadi, jika uang deposit tersebut masih bersisa, Anda dapat mengambilnya di kantor Telkom tersebut.

Menggunakan sistem pembayaran pascabayar, pengguna telepon rumah seringkali kesulitan untuk melakukan pengecekan tagihan telepon rumah. Padahal, meski tarif telepon rumah, jika dilakukan secara berlebihan, tagihannya pun dapat melonjak tinggi.

Untuk itu, agar dapat mengontrol penggunaannya, Anda perlu melakukan pengecekan tagihan telepon rumah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tagihan telepon rumah Anda:

  • Melalui Website atau Aplikasi Cermati:
    • Cek tagihan telkom lewat website cermati:
    • Cek tagihan telkom lewat aplikasi cermati:
      • Unduh aplikasi cermati di play store.
      • Pilih menu top up dan tagihan
      • Pilih menu paket data.
      • Masukkan nomor telepon rumah atau ID pelanggan.
      • Informasi tagihan telepon akan muncul di halaman checkout.
  • Menghubungi Call Center dan Layanan SMS Telkom:
    Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa tagihan telepon rumah adalah melalui SMS atau Call Center Telkom. Anda dapat menghubungi Call Center Telkom dengan nomor (kode area) 147. Melalui nomor tersebut, Anda dapat tersambung dengan layanan konsumen yang nantinya akan memberikan instruksi dalam melakukan pengecekan tagihan telepon rumah.

    Sedangkan untuk melakukan pengecekan tagihan telepon rumah melalui SMS, Anda diharuskan untuk menggunakan format pesan eBS-email yang terdaftar-nomor telepon yang digunakan. Setelah itu, Anda dapat mengirimkan pesan tersebut pada nomor 02170757147. Sedangkan untuk melakukan pengecekan tagihan telepon rumah melalui SMS, Anda diharuskan untuk menggunakan format pesan eBS-email yang terdaftar-nomor telepon yang digunakan. Setelah itu, Anda dapat mengirimkan pesan tersebut pada nomor 02170757147.

    Hanya berselang beberapa saat saja Anda akan mendapatkan balasan pesan di pihak Telkom mengenai jumlah tagihan telepon yang harus dibayar. Namun, untuk melakukan pengecekan melalui SMS dan Call Center, Anda akan dibebani oleh biaya pulsa. Jadi, sebelum melakukan pengecekan tagihan telepon dengan cara ini, pastikan bahwa Anda memiliki pulsa.
  • Melalui Website Resmi Telkom:
    Anda juga dapat melakukan pengecekan tagihan telepon rumah dengan mengunjungi website resmi Telkom. Melalui mytelkom.co.id, Anda dapat mendapatkan berbagai informasi seperti penawaran terbaru hingga tagihan layanan Telkom yang digunakan.

    Untuk dapat melakukan pengecekan melalui website ini, Anda perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Setelah memiliki akun di mytelkom.co.id, barulah Anda dapat mendapatkan informasi tagihan telepon rumah Anda. Melakukan pengecekan tagihan telepon rumah juga bisa Anda lakukan melalui website yang memberikan layanan pembayaran Telkom seperti cermati.com. Jadi, jika Anda biasa melakukan pembayaran biaya telepon rumah secara online, Anda dapat melakukan pengecekan tagihan telepon melalui website tersebut juga.
  • Melalui Aplikasi MyIndiHome:
    Cara lainnya adalah dengan mengunduh aplikasi MyIndiHome lewat play store atau appstore. Setelah Anda mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut di ponsel, lakukan pendaftaran dan verifikasi. Setelah itu Anda bisa langsung melihat info tagihan telepon dan internet Anda di main menu.

Bagi para pengguna yang menggunakan layanan pembayaran tagihan telepon online di Cermati.com, kami menganggap bahwa Anda telah menerima, memahami, dan menyetujui seluruh syarat dan ketentuan penggunaan layanan dibawah (syarat dan ketentuan layanan pembelian pulsa di cermati.com bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu). Apabila tidak setuju, cermati.com mempersilahkan Anda untuk tidak lagi menggunakan layanan pembayaran tagihan telepon di cermati.com.

Syarat dan ketentuan layanan pembayaran tagihan telepon rumah di cermati:
  • Pastikan nomor telepon atau nomor ID pelanggan yang Anda masukkan benar dan sudah terdaftar pengguna yang masih aktif.
  • Pastikan Anda sudah memiliki akun cermati.com. Pembayaran tagihan telepon hanya bisa dilakukan oleh pengguna akun cermati.com.
  • Apabila Anda belum memiliki akun cermati.com bisa langsung melakukan proses registasi dan verifikasi agar bisa langsung digunakan.
  • Cermati.com tidak akan bertanggung jawab apabila terjadi kesalahan pengisian nomor telepon, nomor ID pelanggan, atau nomor sudah tidak aktif.
  • Pengguna hanya bisa melakukan pembayaran telepon rumah 1 kali dalam 1 transaksi sebelum melakukan proses pembayaran. Apabila ingin melakukan pembayaran kembali, Anda harus menyelesaikan transaksi dan pembayaran sebelumnya sampai selesai.
  • Cermati.com tidak pernah meminta informasi e-mail dan password akun Anda. Jangan pernah beritahukan informasi akun Anda ke pihak manapun.
  • Harga tagihan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari pihak telkom.

Tagihan telepon rumah dapat dibayar antara tanggal 4 sampai dengan 20 tiap bulan. Setelah tanggal 20 biasanya pihak telkom akan mengenakan denda kepada penggunanya. Jadi usahakan lakukan pembayaran maksimal tanggal 20.

Menggunakan layanan telepon rumah memang tidak memerlukan biaya yang cukup besar. Namun, bukan tidak mungkin tagihan telepon rumah akan meningkat tajam karena penggunaan yang berlebihan. Untuk itu, bagi Anda yang berniat untuk mengurangi jumlah pengeluaran telepon rumah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Alokasikan Budget Tiap Bulan:
    Salah satu caranya adalah dengan mengalokasikan budget untuk kebutuhan telepon rumah. Tentunya, Anda perlu melakukan pengecekan tagihan telepon secara berkala agar jumlahnya tidak melebihi dana yang telah Anda alokasikan.
  • Gunakan Seperlunya:
    Selain itu, Anda juga dapat mengurangi penggunaan telepon rumah agar jumlah tagihannya tidak terlalu besar. Caranya adalah dengan memakai layanan telepon rumah seperlunya saja dan menggunakan pembatas waktu. Dijamin pengeluaran Anda untuk kebutuhan telepon rumah akan semakin kecil.