Tentang Pascabayar

HP dan smartphone telah menjadi komoditas umum oleh masyarakat masa kini. Hampir seluruh lapisan masyarakat berbagai kalangan pasti memiliki setidaknya satu gawai tersebut dalam kantong mereka.

Tak ayal jika HP telah dianggap sebagai perangkat yang wajib dimiliki karena fiturnya yang dapat mempermudah kegiatan manusia. Perubahannya dari sebuah kebutuhan tersier menjadi kebutuhan primer membuat mayoritas masyarakat merasa harus memiliki perangkat tersebut.

Namun, agar fitur yang ada pada smartphone dapat dinikmati secara maksimal, Anda perlu memasang sebuah kartu yang disebut sebagai kartu SIM. Tanpa adanya kartu SIM tersebut, fitur yang ada pada HP menjadi sangat terbatas dan tidak dapat memenuhi fungsinya untuk mempermudah kehidupan manusia.

Untuk itu, Anda perlu memasang kartu SIM pada smartphone Anda, baik yang jenis prabayar ataupun pascabayar. Meski kedua jenis kartu SIM tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni agar HP Anda dapat digunakan sebagai alat komunikasi, terdapat beberapa perbedaan spesifik diantaranya. Agar Anda lebih mengenali perbedaan dari kedua jenis kartu SIM tersebut, simak penjelasannya berikut ini.

Dengan begitu, Anda dapat memutuskan jenis kartu SIM mana yang nantinya akan dipilih.

Layanan telepon pascabayar adalah sebuah layanan telepon seluler yang disediakan oleh operator penyedia jasa seluler, dimana para penggunanya bisa terlebih dulu menggunakan layanan seluler selama jangka waktu tertentu yang kemudian baru menerima tagihannya kemudian. Para pengguna layanan pascabayar umumnya diberikan tagihan setiap satu bulan sekali sesuai dengan jumlah penggunaan layanan dalam jangka waktu tersebut.

Layanan telepon seluler yang diberikan kepada para pengguna pascabayar ini umumnya meliputi panggilan telepon, SMS, dan internet. Dalam penggunannya, layanan-layanan yang diberikan tersebut biasanya diberikan batasan penggunaan sampai pada batas tertentu. Apabila para pengguna menggunakan layanan yang diberikan melewati batas yang ditentukan, maka harus membayar lebih sesuai dengan ketentuan penggunaan yang disepakati.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, prabayar dan pasca bayar adalah jenis dari layanan yang ada pada kartu SIM smartphone. Kedua jenis layanan tersebut pada umumnya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Namun, yang membedakan dari kedua jenis layanan kartu SIM tersebut adalah proses transaksinya agar tetap aktif dan bisa digunakan oleh penggunanya.

Untuk kartu SIM dengan jenis layanan prabayar, Anda hanya bisa menggunakan layanannya jika nominal pulsa ataupun paket datanya terlebih dahulu. Jadi, Anda perlu melakukan transaksi terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan kartu SIM prabayar pada HP Anda.

Biasanya, kartu SIM dengan jenis prabayar akan memiliki durasi atau masa aktif. Lama masa aktif pada kartu SIM prabayar juga bervariasi, tergantung dari kebijakan dari provider kartu tersebut. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu SIM prabayar, pastikan bahwa Anda dapat dengan rutin mengisi pulsa atau mengaktifkan paket datanya terlebih dahulu agar bisa dipakai.

Sebaliknya, kartu SIM dengan jenis pasca bayar memperbolehkan pemiliknya untuk menggunakan layanannya tanpa harus membayarnya terlebih dahulu. Namun, seraya Anda menggunakan layanan dari kartu SIM pasca bayar tersebut, biayanya akan selalu diakumulasi hingga datangnya waktu pembayaran.

Semakin sering Anda menggunakan layanan kartu SIM pasca bayar tersebut, semakin besar pula nominal tagihan yang harus dibayarkan nantinya. Jadi, jika menggunakan layanan kartu SIM dengan jenis pasca bayar, Anda perlu menyiasati cara penggunaannya agar tagihannya nanti tidak terlalu memberatkan kondisi keuangan Anda.

Di Indonesia sendiri, kartu SIM dengan jenis prabayar lebih banyak digemari oleh masyarakatnya. Alasannya karena kartu SIM prabayar dirasa lebih simpel, praktis, dan memiliki biaya yang lebih terjangkau. Padahal, penggunaan dari kartu SIM jenis pasca bayar juga memiliki keunggulannya tersendiri. Namun, hal ini jatuh lagi pada kebiasaan si pengguna HP tersebut. Jika mudah kalap dalam menggunakan layanan kartu SIM, sistem prabayar memanglah sangat cocok untuk dipilih.

Meski popularitasnya tidak sebaik kartu prabayar, kartu SIM dengan sistem pasca bayar nyatanya dapat memberikan keuntungan yang tidak sedikit kepada para penggunanya. Bahkan, tanpa disadari, keunggulan dari kartu SIM dengan jenis pasca bayar lebih cocok oleh orang yang menggunakan jenis prabayar.

  • Komuikasi Terjamin dan Praktis:
    Keunggulan dari menggunakan kartu layanan pascabayar adalah komunikasi yang dijamin dapat dilakukan sewaktu-waktu. Karena dapat merasakan fasilitas yang ditawarkan tanpa harus melakukan transaksi terlebih dahulu, pengguna kartu SIM pasca bayar tidak perlu khawatir untuk tidak dapat memanfaatkan layanannya, terlebih lagi saat ada urusan pekerjaan.
  • Kebebasan Memilih Kuota dan Masa Aktif
    Kartu pasca bayar juga memberikan keuntungan berupa kebebasan dalam memilih banyaknya kuota atau masa aktif. Salah satu hal yang membuat kartu SIM jenis prabayar adalah Anda perlu mengganti atau memperbarui layanan saat masa aktif atau kuota penggunaannya telah habis. Sedangkan untuk jenis pasca bayar, Anda hanya perlu memilih jenis layanan saat pertama kali melakukan kontrak penggunaannya. Kontrak layanan tersebut pun biasanya berlangsung antara 12 hingga 24 bulan. Jadi, Anda tidak perlu ribet membeli kartu SIM baru seperti saat menggunakan jenis kartu prabayar.
  • Banyak Promo dan Bonus
    Keuntungan dalam menggunakan layanan pasca bayar selanjutnya adalah mendapatkan berbagai promo ataupun penawaran menarik dari operator kartu SIM tersebut. Jadi, dengan memanfaatkan promosi berupa potongan harga dan cashback yang ditawarkan oleh provider kartu pasca bayar, bukan tidak mungkin penggunakan kartu SIM jenis ini akan menjadi jauh lebih terjangkau.

Selain secara konvensional, pembayaran tagihan telepon rumah secara online di cermati memiliki keuntungan tersendiri sebagai berikut:

  • Praktis dan Mudah:
    Melakukan pembayaran tagihan pascabayar di Cermati membuat Anda tidak perlu repot pergi keluar rumah karena proses transaksi bisa dilakukan melalui smartphone Anda. Pastinya, Anda tidak perlu harus mengantre untuk dapat melakukan pembayaran tagihan telepon rumah.
  • Proses Cepat:
    Hanya berselang beberapa saat sejak proses pembayaran dilakukan, Anda sudah dapat melihat tagihan Anda terbayar dengan cepat.
  • Transaksi Jelas:
    Membayar tagihan pascabayar di Cermati juga memiliki bukti pembayaran. Jadi, jika sewaktu-waktu proses pembayaran telepo yang Anda lakukan di Cermati mengalami kendala, Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran tersebut agar proses transaksi dapat diselesaikan.

Di Indonesia, pengguna layanan kartu SIM pasca bayar memang tidak sebanyak prabayar. Namun, bukan berarti jumlah provider kartu SIM jenis tersebut tidak banyak. Bahkan, persaingan bisnis para operator seluler tersebut juga cukup ketat guna menarik minat beli masyarakat.

Beberapa operator seluler tersebut misalnya:

  • Pascabayar Telkomsel.
  • Pascabayar XL.
  • Pascabayar Tri (3).
  • Pascabayar Indosat.
  • Pascabayar Smartfren.
  • Pascabayar Axis.

Setiap provider kartu SIM pasca bayar tersebut tentu memiliki program yang bervariasi. Tentunya, masing-masing operator seluler tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Jadi, bagi Anda yang berniat menggunakan kartu SIM dengan jenis pasca bayar, ada baiknya untuk membandingkan setiap provider tersebut agar sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan Anda.

Bagi Anda yang telah lama menggunakan kartu SIM dengan jenis prabayar mungkin akan tertarik untuk beralih ke sistem pasca bayar. Barangkali Anda merasa sayang untuk mengganti nomor kartu yang telah digunakan sekian lama.

Mengganti nomor HP juga dapat menyulitkan Anda karena harus memberikan informasi nomor baru tersebut pada setiap relasi Anda. Namun, Anda tidak perlu ragu dengan hal tersebut. Anda tetap dapat beralih menggunakan ke kartu SIM dengan jenis pasca bayar tanpa harus mengganti nomor HP yang selama ini Anda gunakan.

Pasalnya, Anda dapat melakukan migrasi kartu SIM yang awalnya menganut sistem prabayar menjadi kartu dengan jenis pasca bayar. Cara pengajuan migrasi kartu SIM dari sistem prabayar ke pasca bayar pun beragam, tergantung dari provider kartu SIM tersebut.

Untuk kartu SIM Telkomsel, Anda dapat mengajukan layanan migrasi ke pasca bayar melalui GraPARI jika penggunaan kartu masih berselang minimal 3 bulan. Namun, untuk kartu SIM Telkomsel dengan penggunaan lebih dari 6 bulan, Anda bisa melakukan migrasi kartu secara online dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel pada smartphone Anda.

Untuk kartu SIM dengan operator lain, Anda dapat menghubungi langsung ke nomor pelayanan konsumen agar mendapatkan penjelasan mengenai prosedur migrasi kartu. Dengan begitu, nomor HP Anda tidak akan berubah meski jenis layanannya telah berubah dari prabayar menjadi pasca bayar.