10 Aktivitas di Pulau Karimun Jawa yang Mengasyikkan dan Wajib Dilakukan Para Pelancong

Banyak orang beranggapan bahwa Indonesia memiliki ragam wisata alam memukau yang bahkan sampai dijuluki sebagai surga dunia. Beberapa tempat wisata alam yang paling populer dan banyak dijajaki oleh wisatawan lokal hingga luar negeri adalah Pulau Bali serta kawasan bahari Raja Ampat.

Namun, ada pula destinasi wisata di Indonesia yang underrated meski memiliki suguhan wisata alam yang tidak kalah menariknya dengan kedua tempat wisata tersebut. Destinasi wisata tersebut adalah Karimun Jawa yang terletak di gugusan pulau bagian utara Pulau Jawa. 

Saking banyaknya keindahan alam yang bisa dikunjungi oleh setiap pelancongnya, tempat ini seringkali dijuluki sebagai Surga Pulau Jawa. Bagaimana tidak, wisatawan dapat menikmati wisata pantai, berenang dan menyelam melihat keindahan bawah laut, asrinya hutan mangrove, suguhan budaya yang terjaga di sana.

Selain wisata alam yang memukau, pulau Karimun Jawa tentu menawarkan banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh turis yang bersinggah. Nah, agar liburan di the Paradise of Java ini semakin bermakna dan tak terlupakan, simak 10 kegiatan mengasyikkan yang bisa dilakukan pelancong saat berwisata di pulau Karimun Jawa.

Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Dengan di Mancanegara

10 Aktivitas yang Wajib Anda Lakukan Saat Berada di Pulau-Pulau Karimun Jawa

loader

  1. Terdiri dari Banyak Kepulauan, Pelancong Tentu Wajib Melakukan Island Hopping 

    Sebagai gugusan kepulauan, Karimun Jawa memiliki setidaknya 27 pulau yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Tentunya, akan sangat disayangkan jika hanya menghabiskan waktu liburan di satu pulau saja. Untuk itu, kegiatan island hopping atau menjelajah ke banyak pulau di Karimun Jawa adalah hal yang wajib dilakukan oleh pelancong. 

    Beberapa pulau di Karimun Jawa yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi adalah Pulau Katang, Pulau Bengkoang, serta Pulau Burung. Ketiga pulau tersebut memiliki daya tarik dan keunikannya tersendiri yang tentu bisa membuat Anda takjub saat menjelajahinya. 

    Tak perlu mengeluarkan biaya mahal, pengunjung hanya perlu merogoh kocek 1.3 juta Rupiah saja untuk menyewa perahu dengan kapasitas mencapai 15 orang. Jadi, dengan total biaya kurang dari 100 ribu per orangnya, pelancong dapat berkunjung sepuasnya ke banyak pulau di Karimun Jawa dan mendapatkan fasilitas alat snorkeling serta BBQ di satu pulau pilihan di sana.  

  2. Buat Diri Terkagum-Kagum dengan Desain Bawah Laut Karimun Jawa Melalui Snorkeling

    Hambar rasanya jika berwisata di salah satu surga wisata bahari tanpa melakukan snorkeling. Ya, menyelam adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat berwisata di Karimun Jawa. Pasalnya, desain bawah laut di kawasan tersebut dijamin mampu membuat siapa saja berdecak kagum dan ingin tak henti-hentinya untuk menyelam.

    Tak perlu takut ataupun kecewa bagi wisatawan yang belum bisa berenang, ada banyak lokasi yang menyewakan pelampung hingga alat snorkeling. Jadi, siapa saja dapat menikmati keindahan biota laut yang ada di kawasan bahari Karimun Jawa sepuasnya.   

  3. Explore Kapal Karam Bak Peneliti Ulung di Pulau Kemojan

    Masih seputar kegiatan menyelam, wisatawan juga dapat menjelajahi kapal karam yang ada di kawasan Pulau Kemojan. Pastinya, hanya penyelam terlatih dan yang ditemani oleh ahli saja yang bisa melakukan kegiatan extreme diving atau snorkeling ini.

    Bagi yang penasaran, kapal karam ini adalah peninggalan pemerintah Hindia Belanda yang dulunya mengangkut batu bara. Tak hanya memiliki sisi menakjubkan, meng-explore kapal karam ini juga memiliki nilai bersejarah di dalamnya. Jadi, wisatawan yang menyelam tidak hanya bisa menikmati suasana bahari yang indah, namun juga sensasi misterius dengan menjelajah di area kapal karam tersebut.

  4. Dapatkan Sensasi Berdiri di Tengah Laut dengan Mampir di Pasir Putih yang Mungil

    Siapa yang pernah membayangkan berdiri dan berjalan kaki di tengah lautan biru yang luas? Jika Anda pernah bermimpi melakukan hal tersebut, maka aktivitas di Karimun Jawa tersebut wajib dan tidak boleh untuk dilewatkan. 

    Di destinasi wisata tersebut, terdapat banyak sekali gundukan pasir putih kecil yang ada di tengah lautan. Masyarakat sekitar biasa menyebut pasir putih tersebut sebagai Gosong yang tentunya juga banyak dicari oleh setiap pelancong yang pergi berlibur di Karimun Jawa.

    Terdapat beberapa pilihan Gosong yang bisa dipilih, diantaranya adalah Gosong Kumbang, Cemara, Batu Putih, dan Karang Moncong. Pastinya, tak peduli Gosong mana yang dipilih, wisatawan tentu akan merasakan sensasi seru yang tak bisa didapatkan di tempat wisata lainnya.

  5. Berenang Bersama Hiu hingga Jantung Berdetak Kencang di Pulau Menjangan Besar

    Lanjut ke kegiatan yang agak ekstrim dan mengadu nyali, wisatawan dapat berenang dan bermain bersama Hiu. Bukan di alam liar, kegiatan berenang bersama Hiu tersebut bisa dilakukan di Penangkaran Hiu yang ada di Pulau Menjangan Besar. Pastinya, karena berada di penangkaran, Hiu yang ada di sana telah jinak dan biasa saat ada manusia yang berenang bersamanya.

    Bagi yang doyan update foto di sosial media, kegiatan ini tentu sangat cocok untuk diunggah dan dipamerkan di platform manapun. Jadi, tak hanya dapat membuat jantung berdetak kencang, wisatawan juga dapat membuat takjub para netizen di sosial media.  

  6. Bermain Bersama Lumba-Lumba Cerdas di Tengah Lautan Sekitar Karimun Jawa

    Belum puas berenang bersama ikan Hiu, wisatawan juga dapat bermain bersama Lumba-Lumba yang ada di lautan antara Pulau Cemara dan Pulau Menjangan Kecil. Dengan menaiki perahu, Anda akan berkesempatan untuk menemui kumpulan Lumba-Lumba yang asyik berenang di lokasi tersebut. 

    Bahkan, jika beruntung, wisatawan dapat memegang mamalia cerdas tersebut saat berenang dekat dengan perahu yang ditumpangi. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak menjadikan Karimun Jawa sebagai destinasi liburan selanjutnya. 

  7. Jangan Lewatkan Spot Sunset, Sunrise, hingga Menatapi Bintang-Bintang di Angkasa

    Bermain di pantai tentu akan lebih asyik saat bisa menikmati suasana sunset dan sunrise yang romantis bersama pasangan atau teman terdekat. Tak hanya itu, minimnya polusi cahaya yang ada di Karimun Jawa, wisatawan dapat bersantai menghadap langit dan melakukan stargazing atau mengagumi gugusan bintang-bintang yang indah. 

    Berkesempatan untuk melihat ketiga fenomena alam tersebut tentu dapat membuat siapa saja merasa lebih bersyukur dan takjub dengan keindahan yang diberikan sang pencipta. Rasa penat akibat rutinitas sehari-hari pun dapat sirna dalam seketika itu juga. 

  8. Bersantai Menikmati Hari di Pinggir Pantai Karimun Jawa

    Liburan di pantai memang identik dengan kegiatan bersantai melihat bentangan laut dan deruan ombak yang ampuh untuk menenangkan pikiran. Nah, suasana tersebut tentu sangat cocok digunakan untuk bermeditasi atau sekedar melamun ditemani pasangan, keluarga, atau teman dekat. 

    Yang pasti, jadikan momen liburan di Karimun Jawa tersebut sebagai kesempatan untuk merilekskan diri dan pikiran dari kejenuhan yang selama ini menumpuk. Dengan begitu, rutinitas harian Anda pasca liburan dapat dijalani dengan pikiran yang fresh dan menjadi lebih produktif. 

  9. Jelajah Hutan Mangrove di Karimun Jawa yang Asri dan Penuh dengan Flora dan Fauna yang Mengagumkan

    Puas berwisata di kawasan laut dan pantai, pengunjung dapat melipir sebentar ke kawasan hutan Mangrove yang tak kalah menariknya untuk dijelajahi. Setelah seharian berada di bawah terik matahari dan bermain air, wisatawan dapat menikmati suasana rimbun nan asri di bawah rindangnya ratusan atau bahkan ribuan pohon Mangrove.

    Hutan Mangrove di Karimun Jawa juga memiliki fasilitas gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk memandangi megahnya hamparan hutan bakau dari ketinggian. Lokasi gardu pandang tersebut juga populer dijadikan sebagai spot menunggu sunset yang pastinya membuat suasana liburan jauh lebih romantis. Jadi, butuh alasan apa lagi agar bisa berlibur ke Karimun Jawa?

  10. Abadikan Momen Liburan di Spot Foto Instagramable, Bukit Love 

    Menjelang akhir masa liburan di Karimun Jawa, kurang lengkap rasanya jika tidak mengabadikannya melalui foto atau video yang unik. Nah, agar gambar liburan yang diambil memiliki kesan yang unik dan instagramable, ada spot berfoto yang bisa dikunjungi, yaitu, Bukit Love. 

    Berada di dataran yang cukup tinggi, pengunjung bukit ini bisa mengabadikan momen liburan dengan foto berpadukan latar belakang lautan yang biru, hamparan pasir putih, serta hijaunya kawasan hutan yang ‘wah’. Dijamin masa liburan di Karimun Jawa akan menjadi pengalaman yang paling berkesan dan tidak akan bisa dilupakan.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Destinasi Surga Wisata Serba Ada dan Lengkap, Karimun Jawa

loader

Karimun Jawa memang tidak sepopuler Pulau Bali atau Raja Ampat sebagai destinasi wisata yang dipilih oleh para pelancong. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa spot wisata tersebut memiliki banyak sekali suguhan wisata yang menakjubkan dan beragam. Nah, bagi Anda yang bingung mencari lokasi liburan, Karimun Jawa tentu layak untuk berada di list paling atas. 

Baca Juga:  Pakai Kartu Kredit saat Liburan, Ini 5 Keuntungan yang Didapatkan