10 Alat Makeup yang Wajib Pemula Miliki dan Ketahui Fungsinya

Lagi belajar merias diri sendiri? Prakteknya tentu tidak semudah apa yang dilihat karena di tahap awal, kamu perlu mengenali beberapa alat makeup beserta fungsinya terlebih dahulu agar pemakaiannya tidak asal-asalan.

Dari sekian banyak peralatan makeup, berikut 10 diantaranya yang wajib kamu miliki dan ketahui sebelum mulai merias diri.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

10 Fungsi Alat Makeup yang Wajib Pemula Ketahui

1. Spons

loader
Spons

Umumnya berbentuk lonjong yang berguna untuk membaurkan foundation ke seluruh area wajah. Spons bisa juga digunakan untuk mengaplikasikan bedak tabur, seperti di bawah mata, dagu, dan pipi. 

Sebelum digunakan, basahi dulu spons menggunakan air. Lalu, tuangkan foundation atau bedak tabur ke atasnya dan baurkan ke wajah secara merata. Pastikan wajahmu dalam keadaan bersih, sehingga foundation maupun bedak menempel sempurna.

Kisaran harga spon: Rp5 ribu - Rp500 ribu

2. Kuas stippling

loader
Kuas stippling

Bagi yang baru belajar makeup pasti agak asing dengan nama kuas ini. Kuas stippling biasa digunakan untuk membaurkan bedak tabur ke area wajah, mata, dan dagu. Selain untuk bedak, kamu bisa gunakan kuas ini sebagai contour agar tulang pipimu lebih terlihat.

Kuas ini terbuat dari bulu sintetis, tapi dengan kualitas yang berbeda-beda. Sebaiknya pilih yang tekstur bulunya lembut berhubung karena kamu pasti sering menggunakannya. 

Kisaran harga kuas stippling: Rp25 ribu - Rp500 ribu

3. Penjepit bulu mata

loader
Penjepit bulu mata

Seperti namanya, alat ini digunakan untuk menjepit bulu mata agar terlihat lentik. Gunakan alat ini sebelum mengaplikasikan maskara untuk memberikan sensasi mata yang lebih hidup. Pilihlah penjepit yang bagus, jadi kamu tidak perlu menjepit bulu mata secara berulang-ulang yang dapat menyebabkan bulu mata mudah jatuh.

Kisaran harga penjepit bulu mata: Rp10 ribu - Rp100 ribu

4. Kuas eyeshadow

loader
Kuas eyeshadow

Pasti sudah pada tahu fungsinya, kan? Ya, kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow ke area mata, mempertegas bentuk lipatan, dan kedalaman mata kamu. Ujung kuas eyeshadow berbeda-beda sesuai fungsinya. Gunakan kuas yang tepat sewaktu pengaplikasian pewarna mata, sehingga matamu terlihat memukau. 

Kisaran harga kuas eyeshadow: Rp30 ribu - Rp1 jutaan

Baca Juga: Percantik Diri dengan Tutorial Make Up Korea dari 5 Beauty Vlogger Ini

5. Spoolie

loader
Spoolie

Spoolie adalah nama lain sikat alis yang sering digunakan untuk merapikan alis yang berantakan. Sikat ini digunakan sebelum maupun sesudah pengaplikasian pensil alis untuk dapatkan tampilan alis yang berisi.

Saat ini beberapa brand kecantikan sudah mengeluarkan sikat alis yang sekaligus berfungsi sebagai pensil alis. Jadi, hasil makeup kelihatan lebih natural. Sangat cocok untuk riasan sehari-hari, seperti berangkat kerja atu kuliah. 

Kisaran harga spoolie: Rp500 - Rp50 ribu

6. Kuas concealer

loader
Kuas concealer

Concealer dapat diaplikasikan dengan dua alat, yaitu spons dan kuas khusus. Hasil akhirnya sebenarnya sama saja, cuma tidak semua orang nyaman memakai spons, begitu pula sebaliknya.

Kuas concealer bekerja secara presisi untuk menjangkau area yang sulit dijangkau oleh kuas lainnya, seperti inner corner. Alasannya karena bentuk ujung kuasnya yang bulat meruncing dan agak panjang.

Kisaran harga kuas concealer: Rp30 ribu - Rp1 jutaan

Baca Juga: 7 Merek Make Up yang Dibanderol dengan Harga Fantastis! Cek Disini

7. Kuas contour 

loader
Kuas contour

Ingin tulang pipi lebih kelihatan? Kamu bisa mengandalkan kuas contour yang secara otomatis membuat pipi lebih tirus. Selain itu, kamu bisa gunakan kuas ini untuk mempertajam bentuk rahang.

Kuas contour menjadi alat makeup yang paling disenangi oleh pemilik wajah bulat. Alat ini membuat bentuk wajah lebih kecil tanpa mengganggu bentuk area lainnya. 

Kisaran harga kuas contour: Rp30 ribu - Rp1 jutaan

8. Kuas untuk pipi

loader
Kuas pipi

Sering juga disebut sebagai blush brush yang berfungsi saat pengaplikasian blush on. Gagang kuas lebih ramping dengan ujung bulu yang lebih lebar dibandingkan contour brush, sehingga pembauran blush menjadi sempurna.

Selain blush, kamu bisa pakai kuas ini untuk mengaplikasikan produk shimmer agar wajahmu kelihatan bercahaya, khususnya saat berada di bawah sinar matahari.

Kisaran harga kuas pipi: Rp30 ribu - Rp1 jutaan

9. Fan brush

loader
Fan brush

Bentuknya memang mirip seperti kipas yang fungsinya untuk membaurkan highlighter ke area hidung, garis bibir paling atas, dan tulang pipi. Terdapat dua jenis fan brush, yaitu yang ujungnya lebih kecil dan satunya melebar. 

Fan brush berukuran kecil paling sering digunakan saat proses highlighting karena lebih mudah dan rapi. Sedangkan yang berukuran besar banyak digunakan sebagai proses finishing dari highlight itu sendiri.

Kisaran harga fan brush: Rp30 ribu - Rp1 jutaan

10. Kuas bibir

loader
Kuas bibir

Kamu membutuhkan kuas ini untuk membentuk garis bibir, baik bibir atas maupun bawah. Ujungnya tipis, runcing, dan agak keras. Tujuannya agar lipstik yang diaplikasikan lebih terlihat rapi mengikuti garis bibir secara presisi. 

Pastikan bulu-bulu kuasnya tetap rapi dan tidak terpisah-pisah untuk menyempurnakan riasan bibir kamu, ya! Jangan lupa dicuci setelah mengaplikasikan lipstik agar warnanya tidak terlanjur menempel karena dapat mengubah warna asli lipstik lainnya.

Kisaran harga kuas bibir: Rp10 ribu - Rp500 ribu

Bersihkan Peralatan Makeup Secara Rutin

Peralatan makeup ada banyak jenisnya, jadi kenali satu per satu untuk memudahkanmu saat belajar merias wajah. Sesudah pemakaian, jangan lupa untuk membersihkan peralatan makeup yang sudah kotor agar senantiasa bersih sebelum digunakan kembali pada keesokan hari. Di sisi lain, alat-alat makeup yang bersih juga membantu terhindar dari masalah kulit, seperti jerawat, purging, dan iritasi.

Baca Juga: 10 Brand Make Up Lokal Berkualitas yang Wajib Dipunyai Millenial