10 Inspirasi Pagar Minimalis Nan Mewah untuk Hunian Impian

Desain rumah minimalis kini memang sedang naik daun dan banyak diminati masyarakat. Hal ini ditengarai karena hunian minimalis memiliki biaya konstruksi yang lebih terjangkau. 

Namun, banyak yang beranggapan bahwa mengusung konsep rumah minimalis menghambat pemilik hunian untuk berkreasi. Padahal, ada banyak cara untuk mewujudkan impian memiliki rumah mewah dengan konsep tersebut, loh! Salah satu caranya dengan memberikan tampilan luar yang menawan melalui pemasangan pagar rumah yang tepat.

Pagar rumah memiliki peran yang penting untuk membuat rumah terlihat mewah. Selain itu, pagar juga dapat memberikan first impression positif kepada tamu yang berkunjung. Jika dari bagian luarnya saja sudah terlihat mewah, orang-orang pasti menganggap bahwa interior rumah akan lebih mentereng lagi.

Nah, bagi yang sedang membangun rumah dan mencari referensi pagar yang mewah namun tetap serasi dengan konsep minimalis, 10 inspirasi ini layak untuk dipertimbangkan. Dengan begitu, bukan tidak mungkin impian memiliki hunian idaman dapat terwujud dengan pemasangan pagar rumah yang tepat.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis Dua Lantai dan Tips Membangunnya dengan Biaya Murah

10 Model Pagar Minimalis yang Cantik dan Mewah

1. Pagar Minimalis dari Material Besi Ulir yang Khas

  Pagar Besi Ulir

Sumber: 22lasers.com

Sebagai permulaan, Anda tentu sering melihat pagar besi dengan model besi ulir. Ya, model pagar rumah satu ini sangat mudah dijumpai pada rumah yang memiliki pekarangan cukup luas dan megah. 

Biasanya, pagar model besi ulir ini dibuat dengan menggunakan warna dasar hitam agar terkesan lebih misterius. Jika ingin memperlihatkan kesan ceria pada hunian, pagar ini juga cocok dipadukan dengan warna lain yang lebih cerah.

Materi dasar pagar berupa besi yang ditimpa dengan bentuk sesuai keinginan dapat membuat hunian terlihat kokoh dan memiliki kesan estetis. 

Terali besi yang dipasang secara horizontal dengan hiasan ornamen artistik dapat membuat pagar rumah model ini terlihat mewah dan menawan. Saat dipadupadankan dengan tembok tinggi dari material batu alam di kedua sisi, pagar model besi ulir akan semakin membuat rumah tampak mewah dan nyaman. 

2. Munculkan Kesan Berkelas pada Rumah dengan Pagar Model Besi Tubular

Pagar Model Besi Tubular

Sumber: kontraktorjogja.co.id

Jika dipikirkan dengan matang, pagar rumah dapat merefleksikan selera serta kelas dari penghuninya. Pagar dengan model besi tubular layak dijadikan pilihan kedua pada hunian yang sedang dirancang.

Dengan tinggi sebahu manusia, pagar rumah model ini dapat membuat rumah tampak menawan dan dapat menjalankan fungsinya sebagai proteksi hunian. Alhasil, pagar rumah dapat menyiratkan selera tinggi pemilik rumah namun tetap menjanjikan keamanan pada hunian. 

3. Simple Namun Eksklusif dengan Desain Pagar Minimalis Berterali Besi Pipih

Pagar Besi Pipih

Sumber: rumahpedia.info

Masih seputar material besi, Anda dapat mengkreasikan model pagar minimalis dengan terali besi berbentuk pipih yang menyerupai tuts piano. Salah satu nilai lebih dari model pagar minimalis ini adalah masih jarang diaplikasikan pada rumah umumnya. 

Hal tersebut bisa memberikan identitas tersendiri pada hunian Anda. Selain itu, pagar berterali besi pipih juga mampu membuat area depan rumah nampak samar-samar dan sulit untuk diamati. Alhasil, pemilik rumah bisa mendapatkan privasi saat sedang beraktivitas di area depan rumah. 

4. Pasang Pagar Rumah Gaya Abstrak yang Out of the Box

Pagar Rumah Bergaya Abstrak

Sumber: popmama.com

Kesan mewah pada rumah juga bisa didapatkan dengan menggunakan pagar bermotif abstrak. Konsep minimalis tentu sangat cocok dengan desain pagar rumah yang unik ini dan dapat menjadi daya tarik utama pada hunian. Tentunya, tamu yang berkunjung juga akan merasa terpukau dengan desain unik ini.

Tidak perlu repot, material besi ataupun kayu yang mudah didapat bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pagar dengan desain abstrak. Yang penting, meski mengusung konsep abstrak, Anda tetap harus menjaga konsistensi pola abstrak serta keteraturan pada motif dan juga warna pagar. 

Bila perlu, padukan cat dasar pagar dengan warna rumah agar kedua area tersebut dapat terlihat lebih serasi. Pemberian sedikit sentuhan warna kontras pada beberapa sisi juga dapat dilakukan untuk memberikan kesan unik pada pagar. Dengan begitu, pagar rumah abstrak akan sukses membuat hunian terlihat lebih menarik dan estetis.

5. Material Kayu Juga Mampu Membuat Hunian Terlihat Mewah

Pagar Minimalis Kayu

Sumber: Rooang.com

Jika Anda mencari inspirasi pagar dengan biaya yang lebih terjangkau, tidak ada salahnya untuk mencoba olahan dari material basic yaitu kayu. Bahan kayu yang sudah mulai sulit ditemui pada hunian masa kini dapat membuat tampilan rumah lebih terlihat istimewa dan berkarakter.

Ditambah kini ada teknologi yang mampu membuat serat kayu lebih menonjol dan dapat menjadi motif alami pada pagar. Sudah pasti pagar rumah akan memiliki permukaan yang natural, namun tetap solid dan tidak mudah rusak saat terkena terpaan panas matahari maupun hujan. 

Dengan begitu, hunian impian Anda akan tampak lebih stand out dibanding hunian lainnya dan pagar dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. 

Baca Juga: Hitung-Hitungan Biaya Membangun Rumah Minimalis

6. Pagar Minimalis Modern yang Sempurna untuk Konsep Hunian Kekinian

Pagar Minimalis Modern

Sumber: ndikhome.com

Tidak ingin ribet dengan urusan pagar namun tetap menginginkan hasil yang memuaskan, coba aplikasikan model minimalis modern pada pagar. Pagar minimalis modern memiliki model terali besi yang longgar dan dapat menunjukkan sisi depan hunian.

Inspirasi pagar ini sangat sesuai dengan para pemilik hunian yang menginginkan keamanan pada rumah tanpa harus membuatnya memiliki kesan tertutup. Jadi, Anda bisa memperlihatkan keindahan yang terpampang pada bangunan utama dan tetap menunjukkan batasan antara hunian dengan area di sekitarnya dengan pagar model ini.

7. Kombinasi Tembok Beton dan Pagar Kayu agar Rumah Terlihat Natural

  Pagar Beton dengan Kayu

Sumber: 22lasers.com

Material beton memang seringkali dianggap sebagai bahan yang kaku dan kurang menarik  untuk dijadikan pagar rumah. Namun, dengan sedikit kombinasi dari bahan kayu yang natural, pagar beton dapat memberikan aksen pada pagar dan membuat hunian terlihat lebih mewah. 

Bagian beton yang solid terlihat sangat serasi dengan material kayu yang bermotifkan serat. Sekarang tidak ada lagi istilah tampilan kaku pada pagar beton karena mendapatkan sentuhan natural dari perpaduan material kayu yang berserat. 

8. Gunakan Pagar Berbahan Gelas Kaca Frosted agar Hunian Terkesan Nyaman

  Pagar Frosted Glass

Sumber: rumahoscarliving.com

Bosan dengan material pagar rumah yang monoton dan itu-itu saja? Mungkin Anda belum pernah melihat hunian dengan hiasan pagar dari bahan gelas kaca yang dibuat seakan mengembun. Dengan model yang unik, pagar rumah berbahan frosted glass akan membuat hunian terlihat mempesona dan nyaman untuk ditinggali. 

Namun, pastikan bahwa bahan kaca yang dipilih memiliki ketebalan yang cukup dan tidak mudah pecah saat menerima benturan. Dengan begitu, dijamin pagar frosted glass dapat memberikan kesan mewah pada rumah Anda.

9. Padu Padankan Material Besi dan Batu Alam agar Pagar Nampak Memikat

  Pagar Besi dan Batu Alam

Sumber: id.pinterest.com

Konsep natural pada pagar tidak hanya bisa didapatkan dengan menggunakan material kayu. Anda juga dapat memberikan kesan alami pada rumah dengan memasang pagar dari bahan batu alam yang dikombinasikan dengan material besi yang kokoh dan tahan lama.

Meski tidak memiliki motif yang beragam, batu alam masih memiliki kesan artistik karena permukaannya yang bergelombang dan unik. Jika dipadupadankan secara proporsional, bukan tidak mungkin pagar dari material batu alam akan menjadi daya tarik utama dari hunian yang ditempati.  

10. Konsep Urban yang Solid dengan Pagar Full Berbahan Wire Mesh

Pagar Wire Mesh

Sumber: popmama.com

Bahan wire mesh adalah kawat besi yang dimodifikasi sedemikian rupa agar nampak seperti anyaman tali yang kuat dan rapat. Bentuknya yang menyerupai lembaran sangat mudah untuk diolah dan dijadikan sebagai material dasar dari pembuatan pagar rumah Anda. 

Selain memiliki bahan dasar yang unik, pagar rumah wire mesh dapat memberikan proteksi pada hunian. Selain itu, model kawat besi ini juga cocok bagi penghuni rumah yang ingin memperlihatkan tampak depan rumah dengan jelas. 

Jadi, pagar dari bahan wire mesh mampu memberikan kesan mewah dan serta proteksi pada rumah, tanpa harus membuat hunian nampak tertutup.

Baca Juga: 8 Tips Hemat Membangun Rumah Sendiri

Wujudkan Hunian Mewah Impian dengan Pemasangan Pagar Rumah yang Tepat

Pagar rumah seringkali luput dari perhatian pemilik rumah. Padahal, bagian tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar agar rumah tampak mempesona meski belum melihat bagian interiornya. 

Untuk itu, jika ingin memberikan kesan mewah pada rumah meski baru dilihat dari luarnya saja, pilihlah model pagar yang tepat dan selaras dengan konsep hunian Anda. Otomatis impian memiliki hunian mewah yang selama ini dipendam dapat terealisasikan. Serta, sesuaikan model pagar minimalis yang dipilih dengan budget yang ada.