10 Instagram Tools yang Mendukung Bisnis Berkembang, Yuk Coba!

Instagram tidak lagi sebatas media sosial untuk memposting foto atau video saja. Kini Instagram banyak digunakan untuk keperluan bisnis, yaitu pemasaran guna meningkatkan angka penjualan. Dan sejauh ini, hasilnya cukup memuaskan, banyak bisnis yang berkembang. 

Ini menjadi alasan kenapa developer instagram terus berupaya untuk mengembangkan aplikasi, sehingga kinerja aplikasi lebih maksimal. Kini, instagram sudah memiliki tools menarik untuk mempercepat laju perkembangan bisnis

Seperti yang dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi tools instagram yang bisa Anda coba untuk mendukung bisnis Anda berkembang. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. VSCO

vsco
Apliaksi VSCO

VSCO merupakan tools Instagram paling populer, termasuk dalam dunia bisnis. Aplikasi ini berguna untuk mengedit semua foto Anda dalam waktu singkat, seperti crop, memperbaiki tekstur, mengatur pencahayaan, hingga menambahkan filter. Dengan fitur editing yang lengkap, kualitas foto yang diedit pun memuaskan.

Perlu diketahui, pada aplikasi edit foto ini tak semua fitur efeknya diberikan secara gratis. Jika ingin mendapatkan fitur efek yang lengkap, Anda perlu membeli aplikasi ini seharga 19.99 dollar per tahun. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto ini Bikin Feed Instagram Jualan Makin Menarik 

2. Afterlight

Ingin mengedit foto dengan template yang beragam? Aplikasi ini paling bisa diandalkan, apalagi Anda bisa menambahkan template buatan sendiri dan memakainya kapan saja untuk keperluan bisnis. Ya, Afterlight membuat aktivitas mengedit foto jadi lebih menyenangkan.  

Aplikasi ini memberikan free trial selama 7 hari kepada seluruh pengguna. Jika aplikasi dirasa cocok, Anda harus membayar $2.99 per bulan untuk melanjutkan penggunaan aplikasi. Afterlight ini, bukan hanya tersedia di iOs saja, tapi pengguna Android juga sudah bisa menggunakannya. 

3. Power Director

power director
Aplikasi Power Director

Bukan foto, aplikasi Power Director hadir untuk memudahkan proses pengeditan video di IG Story bisnis Anda. Terdapat berbagai fitur editing, penambahan backsound, dan pengatur rasio video untuk mendapatkan video yang berkualitas.

Jika suatu saat Anda ingin memperkenalkan produk baru kepada konsumen, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara leluasa tanpa harus mengeluarkan biaya apapun. 

4. InSaver

Seperti namanya, aplikasi ini ditujukan untuk menyimpan video IG story milik akun lain ke galeri foto Anda. Cara kerjanya sangat mudah. Cukup dengan mengetik nama pemilik akun di halaman pencarian, maka semua video IG story milik akun tersebut akan terpampang. Anda tinggal pilih video mana yang ingin disimpan. 

Menariknya lagi, aplikasi ini gratis. Anda bisa mengunduh video sebanyak apapun secara leluasa. Lalu mempostingnya untuk meningkatkan engagement dengan para followers.

5. Followers

sosial media
Aplikasi Followers

Mengetahui siapa yang follow, unfollow, atau block akun Instagram Anda bukan pekerjaan yang sulit. Tools Instagram yang satu ini siap membantu Anda untuk memonitor jumlah followers secara instan. 

Apabila followers berkurang, itu artinya mereka kurang tertarik dengan konten yang dibagikan. Anda bisa jadikan ini sebagai bahan untuk berbenah guna meningkatkan followers di masa mendatang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Tingkatkan Follower Instagram? Begini Caranya

6. Unfold

Meningkatnya jumlah engagement di Instagram tak lepas dari kualitas konten yang dibagikan di feed akun bisnis. Dan untuk memperbaiki kualitasnya, Anda bisa memanfaatkan tools Unfold untuk mengedit foto atau video layaknya profesional.

Ada harga, ada kualitas. Untuk menambahkan berbagai fitur ke Unfold, seperti frame, Anda harus membayar sekitar $1.99. Tapi kalau dihitung-hitung, biaya ini masih terjangkau di kantong.

7. Linktree

Linktree merupakan tools gratis yang memudahkan Anda untuk mengarahkan followers ke situs atau website lain di luar Instagram, tanpa harus keluar dari aplikasi Instagram. Anda bisa menampilkan beberapa situs sekaligus agar followers dapat mengakses konten yang dibagikan secara mudah. 

Aplikasi ini terbukti memaksimalkan kinerja suatu bisnis. Tak heran kalau banyak pebisnis, blogger, dan content creator yang beralih ke tools ini.

8. Social Insight

Social Insight
Sosial Insight

Tools ini memudahkan analisis akun aplikasi Instagram secara keseluruhan, seperti jumlah followers, likes, dan comments. Selain itu, Social Insight akan memberikan gambaran mengenai aktivitas dari semua konten yang pernah di posting sebelumnya. 

Jadi, Anda dapat mengetahui pada pukul berapa sebuah konten mendapat respon terbanyak dari para followers. Ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk posting konten di masa mendatang guna meningkatkan engagement.

9. Later

Later hadir dengan fitur yang cukup beragam. Mulai dari mengatur penjadwalan posting konten, melakukan riset hastag terbanyak, repost, hingga review konten sebelum diunggah ke Instagram. Dengan keberagaman fitur, Anda bisa memaksimalkan kinerja akun bisnis.

Sayangnya, akun biasa atau gratis hanya boleh menjadwalkan posting konten dalam jumlah terbatas. Untuk penjadwalan secara bebas, Anda harus beralih ke akun premium dengan biaya $9 per bulan. 

10. Foursixty

Ingin menjual produk di Instagram? Pakai tools ini saja. Dengan Foursixty, Anda dapat menyematkan link dari berbagai produk yang terdapat pada sebuah konten. Link ini bisa diklik, dan akan langsung membawa konsumen atau followers pada produk yang diinginkan.

Menariknya lagi, konsumen tidak perlu keluar dari aplikasi Instagram bila ingin membeli suatu produk. Karena konsumen bisa langsung checkout dari link yang dikliknya.

Gunakan Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Mengingat beberapa tools instagram yang disebutkan di atas tidak semuanya gratis, sebaiknya pilihlah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan bisnis Anda saja. Pertimbangkan segala aspek aplikasi tersebut agar tidak salah memilih. Selain itu, memaksimalkan aplikasi juga sangat penting sehingga hasil editing dan postingan bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang Anda jual. Dengan begitu, aplikasi yang gratis maupun yang dibeli tidak terkesan mubazir dan buang-buang duit.

Baca Juga: Memanfaatkan Kartu Kredit untuk Bisnis 'Online'